Wednesday, December 16, 2009

BISAKAH KITA MELUPAKAN MASA LALU?



Terkadang kita berpikir bahwa akan mudah bagi kita untuk melupakan masa lalu? Tapi, kita harus berpikir objektif lho! Kenapa pula kita harus melupakan masa lalu, sedangkan kehidupan kita yang kita hadapi sekarang adalah karena adanya masa lalu itu. Bener gak sih? Kita tidak akan ada tanpa adanya masa lalu. Jadi kenapa pula kita harus melupakannya. Tetapi ingat deh jangan terpaku pada masa lalu. apalagi kalo kehidupan kita di masa lalu penuh dengan cerita kelabu. Huuuhh, bisa bikin kita kalo yang udah stres, bertambah stres. Ketergantungan kita pada masa lalu akan membahayakan kehidupan kita dimasa kini. Bila demikian adanya, maka anda, saya atau siapa saja seolah-olah berada pada kehidupan yang semu. Penuh illusi.

Biarlah masa lalu itu berlalu - mungkin itulah istilah yang lebih tepat - tetapi bukan berarti kita membuang masa lalu. Kenang-kenangan kita dimasa lalu adalah bagian dari kehidupan kita tetapi semua itu - diakui atau tidak - bukanlah lagi bagian dari kehidupan kita masa kini. Jadi jelas banget ya kalo masa lalu itu boleh, mungkin juga harus dilupakan, karena kita gak bisa lagi mengontrol masa lalu. Segalanya udah berlalu. Kita tidak lagi dapat berpaling ke masa lalu. Jadi sebaiknya let it go and move on.

Sunday, December 13, 2009

SEUNTAI KATA UNTUK JASADMU




jasadnya kini terbaring...........
jasadnya tanpa helaan nafas lembutnya..........
hari-hari telah dilaluinya penuh bahagia bersama anak-anak, cucu-cucu dan
menantu-menantu tercintanya
ia dikelilingi oleh orang-orang yang menyayangi dan menyintainya...........

dan...................

aku adalah hanya sebongkah hati yang juga amat menyayanginya dengan sepenuh hati

namun................

jarak jua yang memisahkan kami sehingga sesuatu yang nyata
tiada pernah terwujud:

bahwa aku amat sayang padanya
bahwa aku amat kehilangan dia
bahwa aku masih ingin bersama dia
menikmati sisa-sisa hari tua kami dengan penuh canda tawa
melihat geliat cucu-cucu kami yang beranjak dewasa
melihat generasi kami yang akan semakin dan semakin bertambah

Tapi Tuhan berkehendak lain................
Dia telah mengambilnya disaat-saat kami masih membutuhkan
perhatian dan kasih sayangnya
hatiku ikut berdetak keras
bagaimana mungkin begitu cepat dia meninggalkan kami

Dia Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi umatnya yang taqwa kepadaNya

Innanillahi wainailaihi rojiun...........
selamat jalan ibu Ithriyah yang tercinta
semoga Allah menempatkanmu ditempat yang layak
sesuai dengan amal ibadahmu.
Amin, amin, yarobbal'alamin


Tuesday, December 08, 2009

DISAAT AKU TUA




Ketika browsing di Google.com aku menemukan banyak
sekali artikel ini sehingga aku pun terpikat erat
untuk menyajikannya untuk para blogger
yang mungkin belum membacanya:


Disaat aku tua, maklumilah diriku, bersabarlah dalam menghadapiku
Disaat aku menumpahkan kuah sayuran di bajuku dan lupa mengancing bajuku,

ingatlash saat-saat bagaimana aku mengajarimu dan membimbingmu untuk melakukannya....

Disaat aku denga
n pikunnya mengulang-ulang kembali apa yang aku ucapkan dan membuatmu bosan, bersabarlah dalam mendengarkan aku, jangan potong ucapanku, tetaplah tersenyum....

seperti aku tgersenyum saat kau ingin aku mengulang-ulang cerita penghantar tidurmu...