Pemenang Naskah Terbaik LOMBA Menulis Cerpen.

Gak ada salahnya kalo aku copas  Pengumuman Pemenang Naskah Terbaik ini untuk jadi postingan di blog aku. Soalnya ini penting banget, suatu saat aku lupa Link Gawangnya Berkarya, aku masih bisa baca pengumuman ini di blog-ku sendiri, yeee senengnya! Disini juga ada contoh bagaimana menulis biodata secara narasi buat nambah pengetahuan juga, kan. Apalagi buat dibanggakan tuh sama anak-anakku yang semula pada kontra dengan kesibukanku menghadapi dan melototin komputer jadi lumer dan ikut bangga. Begitu... Siapa tahu aku dibeliin laptop, hahahaha....ngarep.com

Pemenang Naskah terbaik LOMBA Menulis puisi & cerpen - EVENT ke-2 bersettingkan "Masjid, Surau, Musholah, atau Langgar

by Gawangnya Berkarya on Monday, 19 December 2011 at 22:57
Bismillahirrahmannirrohim

Assalamu’alaikum Wr Wb

Alhamdulillah tepat tgl 28 November 2011 semoga di awal tahun baru Islam bisa menjadikan awal bagi diri kita untuk saling mengintropeksi diri. Hari ini, sesuai amanah dan janji kami, kami akan mengumumkan nama-nama naskah terbaik dan terpilih buat dibukukan.

Buat naskah terpilih, selamat ya, dan naskah akan kami bukukan paling lama 2 bulan. Karena naskah sudah kami edit dan susun rapi. Hanya saja untuk antalogi Puisi, mohon maaf kami tidak bisa mencantumkan nama biodata peserta. Karena peserta sedikit sekali yang mengirimkan biodatanya. Jadi bila kami harus menanti kembali akan menunggu lama, belum lagi proses ke penerbit dll.

Naskah puisi sebenarnya semuanya ingin kami bukukan, tapi melihat kekualitasan puisi, karena sudah beberpa kali juri mencoba membantu untuk mengedit naskah tersebut untuk diikutkan dalam 1 buku tapi tetap tidak bisa, karena naskah tersebut belum “renyah” dinikmatin sebagai puisi. Karena bahasa terlalu standar, judul, isi, dan penuturan dalam tipografi masih jauh dari harapan.

Untuk naskah Cerpen banyak sekali yang tidak bisa kami ikutkan, karena: 1) judul dan setting masih jauh dari yang kami harapkan. 2) isi dan pesan masih belum bisa kami dapatkan karena ada beberapa naskah di awalnya bagus tapi di tengahnya terkesan menghayal. 3) kami hanya memilih naskah cerita pribadi atau cerita yang menyentuh di hati. Bukan kisah aib, bukan kisah hayalan, bukan kisah terkaan. Artinya, kisah ada beberapa naskah yang banyak sekali percakapan dibanding kisah bernarasi atau deskrifitif.
.
Oleh karena itu buat naskah yang tidak terpilih kami minta maaf sedalam-dalamnya untuk terus berkarya. Naskah yang tidak terpilih boleh ditarik kembali silahkan direvisi dan bisa diikutkan kembali pada lomba-lomba berikutnya. Buat nama naksah terpilih nantikan kelanjutan kabar buku terbit selama 2 bulan kedepan.

A. Biodata Pemenang Cerpen Terbaik :

Sjahrijati Yati Rachmat, lahir di Cirebon, pada tanggal 10 Juli 1939. Ayah Sumatera Barat, ibu Bogor. Sekolah SMA di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kuliah di Universitas Krisnadwipayana, Fakultas Hukum (3 tahun, non-graduate), Akademi Bahasa Asing (Bahasa Inggris) – Akademi Jakarta – 2 tahun, non graduate). Tahun 1967 sampai dengan 1991 bekerja sebagai staff di Unicef Jakarta; tahun 1991-1999 bekerja sebagai staff temporair di berbagai perusahaan asing). Sejak tahun 1999 hingga sekarang sebagai tenaga sukarela mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak yang kurang mampu mulai dari Kelas 5 Sekolah Dasar s/d kelas 3 SMA. Memberikan kursus privat, bila diperlukan bagi mereka yang ingin melancarkan conversation dalam bahasa Inggris. Pengalaman menulis: Cerpen dimuat di majalah FEMINA no.
129, tanggal 14 Maret, 1978, hal.52/58 berjudul NELIA (dengan nama pena: Hendra J.) – Catatan: nama pena kini tidak dipakai lagi.)

Nama naskah Cerpen  yang lolos:
  1. Aku Pada Mu Karya: ENDANG SSN
  2. Rumah Kedua karya Abi Sabila
  3. KUTEMUKAN KETULUSAN HATI karya: Himmah Mahmudah
  4. Tiada Kata Terlambat DimataMu karya: Yati Rachmat 
  5. DI PINTU-MU AKU MENGETUK karya: Oktaviana M
  6. Beranda Taubat Karya: Sandza
  7. Cahaya Surau Kami Mengalahkan Mentari karya: Hakiki Erawati (Harap kirim ulang biodata ke inbok ya biodata narasi)
  8. Cintamu, Kagumku di surau-Nya karya: Hylla Shane Gerhana
  9. Speaker Masjid Kampungku Karya:  Faiz Fathur Roshan (Harap kirim ulang biodata ke inbok ya biodata narasi)
  10. MOSKEE SELWERD karya: Sri Aktaviyani Harap kirim ulang biodata ke inbok ya biodata narasi)
  11. SUBUH GEMETAR RINDU karya: Zuliana  Ibrahim
  12. Sebuah Kota Asing karya: Dodi Prananda
  13. TAMASYA DARI MASJID KE MASJID karya: Meidian Putri Zusana
  14. Sehangat Dekapan Masjid karya: Syifa Enwa (Harap kirim ulang biodata ke inbok ya biodata narasi)
  15. Wak Sariman, Penjaga Masjid karya: Bendi Saputra
  16. Rindu Masjid karya :  Widya N.
  17. Langgar karya:  Aisyah Lsety
  18. Malaikat Masjid karya: Dwi Sysil

Ini salah satu contoh Narasi biografi dewan juri:

BIODATA PENULIS:

Ady Azzumar, adalah penulis yang memiliki nama asli Supriadi, S.Pd.I. putra dari K.H Iskandar Ab. Ba dan Hj Nurmassianah. Kelahiran bungsu dari 8 bersaudara ini adalah Putra Daerah Muara Enim,  23 September 1986.
Menyukai bidang baca puisi sejak kelas III SD. Beberapa karya tulisanya: Cerpen, Puisi, Esai nongkrong di media Sabili, Gi-Zone, Majalah Gaul, Literasi, Tunas Gemilang, tinta,  harian Berita Pagi, Sriwijaya Post, Sumatera Ekpres, dll. Penulis sejak kelas III SD sampai bangku Kuliah sering menjuarai baca puisi. Prestasinya di bidang kepenulisan: Juara 1 karya Cipta  menulis puisi Biologi (Unsa, 2011), Nominasi 15 besar karya cipta puisi Kajian Zionis Falestina bersama FLP Depok (Depok, 2011), juara 1 karya cipta menulis Bekasi Berpuisi (FLP Bekasi, 2010), Juara pilihan puisi terfavorit Telkomsel 2010, Pilihan Cerpen Kontroversi Persahabatan Unsa Awards (2011), Juara III menulis puisi se-Sumsel, di kota Lubuk Linggau (2009), juara II menulis cipta Cerpen se-Sumsel (Palembang, 2007), dll

Beberapa buku karya terbaiknya: Ruh dalam Maksiat (Literer Khatulistiwa, 2010), Tak Selamanya Nikah Dini itu Indah (Inzpirazone Publisher, 2011), Sepucuk Surat untuk Rasulullah (Inzpirazone Publisher, 2011) beberapa antalogi: Kerdam Cinta Palestina (Folipenol, 2010), Simfoni Munajat Padamu (FLP SUMSEL, 2010), Munajat Sesayat Doa (Leutika Prio, 2011), Selaksa Makna Rhamadhan (Leutika Prio, 2011), Cantik (Leutika Prio, 2011), Ibuku adalah Segalanya Bagiku (Leutika Prio, 2011), Antalogi Puisi Festival Bulan purnama Majapahit Trowulan 2010 (Dewan Kesenian Mojokerto, 2011), Bening Subuh Musi (Indie-Publhising, 2011), Kisah Pelangi (Nulis Buku, 2011), dll.

Penulis yang mengawali karirnya sejak tahun 2008. Ketua Forum Lingka Pena Wilayah Sumsel thn 2008-2010. Pendidikan S1 alumni IAIN Raden Fatah Palembang, Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam, angkatan 2005. Penulis bisa dihubungi melalui hp: 085267557556, FB: Ady Azzumar, alamat: Jl Ir H Djuanda No 21 Kel Ps III Muara Enim, 31314 (SUMSEL).

Comments

  1. Bunda..selamat ya..memang benar..manusia bertambah usia jadi mudah lupa, karena itu pindahkan saja memori kita ke teknologi ini hihihi
    keep creatif Mom..:)

    ReplyDelete
  2. Lidya - Mama Pascal, hanya suatu kebetulan aja tuh Lidya. Alhamdulillah bunda menang. Makasih kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. ketty husnia, betul sekali. Untung banget ada teknologi yang canggih nih, qiqiqiqiii........Tq kunjungannya ke blog bunda.

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu