Sunday, January 29, 2012

Warung Blogger Tempatnya Berbagi Ilmu.



Semula ada juga tuh rasa yang menggelitik dihati "kok namanya Warung Blogger sih? Apa gak ada yang lebih keren apa? Misalnya Cafe Blogger or Resto Blogger or Disco Blogger, hihihiiii...... itu pada awalnya lho! Aku berterima kasih banget diundang untuk jadi member di Warung Blogger sama Pak Komandan Warung Blogger.

Itu cerita jaman baheula..........sekarang?

Tentu Warung Blogger sekarang mempunyai arti tersendiri bagiku. Kenapa? Karena disinilah aku jadi aktif menulis postingan yang berkaitan dengan acara Kontes, Giveaway atau Lomba semacamnya. Jadi member Warung Blogger akan mudah mendapatkan info yang up to date tentang perbloggingan, hehehehe.... Banyak kesempatan bagiku untuk mendapatkan ilmu-ilmu atau trik-trik baru dari teman-teman blogger yang baik hati. Semua hal ini membantu aku untuk tetap eksis di dunia maya, tentunya selama aku mampu. Hal penting lainnya aku jadi punya teman buanyaaakkk banget setelah jadi member Warung Blogger. Bravo untuk Komandan Warung Blogger beserta jajaran admin dan para asisten-asisten yang siap bergantian nunggu Warung, agar Warung Blogger tetap berkibar. (emang bendera Merah Putih aja yang tetap berkibar? hahahaha.....). Mentang-mentang pernah jadi Juara Ngakak koq hobinya ngakak terus nih.

Udahan dulu ya, aku mau bergegas nih ke Warung Blogger -- selak kehabisan kopi ntar keasyikan blogging malah gak kebagian nyerusup kopiiii..................Daaaaggg.


AUDISI BUKU "HANGAT DEKAPAN CINTA IBU" -- Buat Teman-Teman diWarung Blogger



Selamat siang temanS yang lagi nongkrong di Warung Blogger or Blogger dimana aja deh.

Beberapa hari yang lalu bunda di tag-sama Ari Tunsa tentang adanya sebuah Audisi Buku "Hangat Dekapan Cinta Ibu". Lengkapnya adalah: 


Event WR PUBLISHING 2012: AUDISI BUKU "HANGAT DEKAPAN CINTA IBU", 


bunda akan sangat senang sekali kalau ada diantara para blogger yang mau ikutan Audisi ini. Karena bunda pengen ikutan dan ada persyaratan harus  menyebarkan informasi sebanyak-banyaknya di FB dan Blog. Nah, namanya juga persyaratan, ya harus diikutin donk. Ya gak sih? Siapa tahu bunda bakal lolos lagi di Audisi ini dan punya buku rame-rame deh. Cetak sendiri kan belum punya quality yang oke punya, hehehehe....


Deadline: 22 Februari 2012

Syarat dan Ketentuan:
  1. Terbuka untuk umum dan anggota Writing Revolution.
  2. Tema: "HANGAT DEKAPAN CINTA IBU".
  3. Merupakan kisah nyata yang ditulis dengan gaya bercerita (narasi) yang mengalir dan indah (boleh memasukan dialog). Berisi tentang kerinduan kenangan-kenangan indah bersama ibu, momentum paling berkesan, dan hangatnya kasih sayangnya.
  4. Setiap peserta hanya boleh mengikutkan 1 tulisan.
  5. Panjang tulisan dengan judul maksimal 750 kata atau 3 halaman spasi 2 (ganda), kertas A4, margin 3 cm semua sisi, jenis huruf Times New Roman ukuran 12.
  6.  Tulis biodata di bagian akhir tulisan maksimal 100 kata.
  7. Tulisan dikirim dalam LAMPIRKAN FILE (Attach File) ke email: Antologi_WR@yahoo.co.id
  8. Tulis di judul email: Event WR Publishing: JUDUL TULISAN-Nama Penulis.
  9. Sebarkan informasi ini sebanyak-banyaknya di FB dan Blog kamu.
  10.  Koordinator: Rurin Kurniati.

Penghargaan:
  • Lima tulisan terpilih mendapatkan beasiswa SMCO (Sekolah Menulis Cerpen Online) Writing Revolution.
  • 50 tulisan terpilih akan dibukukan yang diterbitkan oleh WR Publishing yang akan dipasarkan ke toko buku besar di seluruh Indonesia.
  • 50% royalti buku ini untuk para penulis, 40% akan disumbangkan kepada para wanita lansia di sejumlah panti jompo, sedangkan 10% lainnya untuk beasiswa menulis di Writing Revolution.Laporan penjualan buku akan diumumkan secara transfaran.
Sponsor
  • Sponsor event ini adalah: Sekolah Menulis Cerpen Online (SMCO).
Info SMCO lebih lengkap silakan klik: http://menulisdahsyat.blogspot.com/2011/03/sekolah-menulis-cerpen-online-smco.html
  

 ·  ·  · Share · Delete

Saturday, January 28, 2012

Cool and Smart Blogger? We Are!


Gb.dari Google.

Sangking pengennya berpartisipasi di Giveaway-nya mbak Kakaakin untuk sharing pendapat tentang  apa dan bagaimana sih Blogger yang Cool and Smart itu. Untuk tujuan ini terpaksalah aku mulai mikir nih apa, siapa dan gimana sih ya blogger yang layak mendapat predikat Cool  and Smart itu. Secara global kita selalu menterjemahkan Cool and Smart Person sebagai orang yang menarik, keren, pintar dan cerdas.

Sebelum memberikan pendapat yang mudah-mudahan bisa dipakai sebagai acuan tentang blogger yang Cool and Smart, maka acara kebet-mengebet kamus pun memberikan jari-jemariku tugas khusus,  untuk mencari arti Smart dan Cool, t'rus  kapan seorang blogger dikatagorikan sebagai Cool and Smart Blogger.  Wuih, susah banget menentukan kriteria apa sih blogger yang berhak mengusung predikat ini.? Pertama-tama pastinya donk aku harus menjajagi arti cool dan smart tadi.



Lihat punya lihat and pikir punya pikir, hehehehehe….   Smart berarti cerdas, pintar, bijak (adjective = kata sifat), misalnya “smart boy”, “smart blogger”, “smart bunda”, prikitiiiieeeew…. etcetera, etcetera, etcetera (jadi inget film The King And I nih, itu lho Yul Brynner si King yang sering banget nyebut kata itu. Eeeiiittt…sori kalo nulis nama sang bintangnya salah! Maklum udah puluhan tahun berlalu, hehehehe…).

T'rus Cool berarti kesejukan (verb=kt kerja), bisa juga diartikan “ketenangan” (Slang=logat kasar), keren.. Lho, lho, lho koq jadi membahas kosakata sih. Sorry! Let’s go back to our subject “Cool and Smart Blogger”. Kembali kepada arti “smart” tadi.  Apakah orang yang Smart itu otomatis bisa disebut Cool juga? Jawabannya: Belum tentu!  Lho koq bisa? Ya bisa aja donk.  Apa alasannya? Ini dia: Menurut aku orang yang pintar setinggi langit juga belum tentu patut mendapat predikat “cool person” kalau tidak memiliki daya imaginasi, mencetuskannya, berkreasi penuh, menularkan semangat kepada orang lain, melahirkan sebuah teori  dan mempraktekkannya serta sangat berguna untuk kepentingan orang banyak, memiliki keingin-tahuan (curiousity) yang tinggi dan maha dahsyat, kemudian menjadikannya sebagai pengetahuan dan pengalaman serta mengembangkannya, low profile walaupun perkenalan hanya di dunia maya, tidak snobbish (tinggi hati/sombong) karena kepintarannya.  Tanpa dibarengi kriteria yang aku sebutkan itu, alih-alih dia bisa disebut Smart n Arrogant person. hahahaha….  Memang tidak mudah untuk menjadi Cool and Smart person di dunia nyata.  Namun di dunia maya kemungkinan itu ada. Kenapa? Karena semua blogger yang aku kenal memiliki salah satu, bahkan ada yang memborong semua  kriteria tersebut.  Jelas di dunia maya ini antar blogger saling asih, saling asah, saling asuh., saling berbagi kepintaran, saling menyebarkan s’mangat yang membara dan saling mengisi kekurangan antara satu dan lain blogger.  So,Frankly speaking, all of us are Smart and Cool Bloggers. Absolutely!Yes, yes, yes, we are!

Terpulang kepada pendapat blogger yang lain, tapi itulah pendapatku sebagai blogger renta, tapi miskin pengalaman ber-blogging-ria, penuh antusias untuk belajar hal-hal yang baru,  tentang apa dan bagaimana seorang blogger layak untuk  mendapat predikat "Cool and Smart" dibelakang namanya.
 .
My advice to Kakaakin, if you so required, you can change your blog’s name into COOL N SMART BLOGGER, because you are one of  us – The Cool and Smart Bloggers. Yeeeee..............


“Artikel ini disertakan pada Cool and Smart Blogger Giveaway yang diadakan oleh KakaAkin”

Tuesday, January 17, 2012

Belajar itu penting!


Gb.dari Google.

Aku bingung lihat postingan yang "absen" sejak tgl. 4 Januari 2012. Kemana aja aku ya? Oops, baru ingat! Aku belajar ikutan beberapa Kontes Menulis atau Audisi Nulis Buku. Jadi harus belajar menulis, menulis dan menulis. Diantara Kontes-Kontes yang aku ikuti itu ada juga yang mengharuskan peserta mengikuti persyaratan (ya pastilah!). Dan persyaratan itu  yang aku  kelabakan gimana ya bikinnya? Hehehehe....alhasil aku sangat beruntung mempunyai teman fb yang manis dan baik hati yang guru Komputer pula. Jadilah si manis teman fesbukku ini jadi sasaran pertanyaan-pertanyaanku. Aku gencar mengirim berbagai tanya melalui SMS-SMS. Dan jadilah naskahku dengan tampilan yang manis dan pengetahuanku jadi bertambah. Belajar apa pun akan aku lakukan selama itu menyangkut pengetahuan yang positif. Barangkali ada yang kebetulan membaca artikelku ini dan bertanya: Apanya sih yang susah?
Nah, ini :dalam kontes itu aku diharuskan membuat (1) kalimat pertama harus menggunakan Dropcap bentuk Dropped (2) screen shot blog ke email).  Jangan diketawain ya. Mungkin hal-hal tersebut merupakan piece of cake bagi fesbukers atau bloggers, tapi tidak bagiku. Kedua hal tsb. merupakan hal yang baru. Nah, apa bukan menambah pengetahuan namanya tuh? Kemudian mengenai penentuan margin juga aku terpaksa SMS lagi ke mbak Jumia Lely Bukit: gimana sih koq persyaratan margin harus 4433 or 3333. Itu apa sih? Inchi atau centimeter. Ternyata aku harus mengganti margin dengan mengetikkan 4cm atau 3sm dstnya.
Khusus untuk mbak Jumia Lely Bukit yang tinggal nun jauh disana. Semoga betah ditempat yang baru. "Jangan kaget ya kalau tiba-tiba HP berdering ada SMS dari bunda. Angkat ya, belum tentu itu mau nanya-nanya lagi, hehehehe.....tapi ungkapan kangen aja. Mudah2an kita bisa kopdar lagi ya?"













Wednesday, January 04, 2012

From Surabaya With Blog: Surabaya Kota Impianku.

Ketika aku tahu ada Kontes Blog, From Surabaya With Blog aku merasakan ada sesuatu yang menyedihkan. Kenapa? Karena keinginan yang besar untuk ikutan Kontes ini tidak akan bisa terlaksana. Kenapa lagi? Karena aku sama sekali belum pernah ke Surabaya. Entah sejak kapan keinginan untuk menjejakkan kaki di kota Surabaya ini bergelantung manja dalam anganku. Katakanlah sebuah asa yang terpendam, hehehehe.....sejak aku belum berpenghasilan hingga aku sudah mapan, bahkan setelah aku menjalani masa pensiun pun tetap saja keinginan itu semakin melekat dalam benakku, hiks, hiks.. Keinginan itu tetap saja belum bisa direalisasikan. Hingga kini.


Siapa pun tahu pasti bahwa Surabaya adalah identik dengan Kota Pahlawan. Tapi ada juga lho sebutan lain untuk kota idamanku ini, yaitu Kota Buaya. Apa yang menyebabkan Surabaya disebut sebagai Kota Buaya aku sendiri tidak tahu. Cuma aku guessing aja barangkali karena di Surabaya itu banyak para hidung belang, hihihiiii..... Tapi para hidung belang itu kan gak cuma ada di Surabaya,. di setiap kota selama masih ada kupu-kupu malam alias madame butterflies maka selama itu pula pasti ada para hidung belang. Eeeeiiittt.... aku bukan membela kota yang jadi kota idamanku lho, tapi kenyataannya kan seperti itu. Tadi aku sebut bahwa Surabaya adalah kota idamanku, bukan berarti aku tidak mencintai kota Jakarta . Jangan salah! Aku tetap cinta Jakarta sampai kapanpun.

Keinginan untuk bisa menginjakkan kakiku di kota Surabaya sebenarnya sempat menghilang dari benakku ketika pada tahun 2006 terjadi banjir lumpur panas di Sidoarjo. Kita kenal dengan bencana Lumpur Lapindo. Aku rajin searching di Google tentang kota Surabaya. Mudah ditebak salah satu sebab utama yaitu pengen banget ikutan Kontes Blog: From Surabaya With Blog.  Alhasil dapat pengetahuan dari Google --  bahwa peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran Lapindo di dusun Balongnongo Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo itu terjadi sejak 29 Mei 2006. Memang lumpur Lapindo itu terjadi di Kabupaten Sidoarjo, mungkin berjarak sangat jauh dari Surabaya. Tapi tetap aja kedua kota itu terletak di Jawa Timur.Jadi terpaksa aku urungkan menggantung harap untuk ke Surabaya.

Keinginanku seperti nyala sebuah pelita yang tertiup angin. Nyala pelita hampir padam. Namun seiring dengan meredanya hembusan angin pelita itu menyala dengan indahnya. Begitulah keinginan itu kembali menggelora dalam hati. Banyak alasan yang mendukungnya. Bayangkan, siapa yang tidak ingin melihat jembatan Suramadu -- jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.438 meter. Suramadu singkatan dari Surabaya dan Maruda yang artinya Jembatan ini menghubungkan antara Surabaya dan Madura. (Selat Madura). Bangganya warga negara Indonesia memiliki jembatan Suramadu dan khusus kebanggaan ini diusung oleh kota Surabaya; Aku memiliki sepupu yang tinggal di Surabaya; Kebon Binatang Surabaya yang memiliki satwa-satwa liar dari berbagai tempat dan penjuru dunia; Hebatnya Surabaya! Bikin aku jadi pengen banget ke Surabaya. Last but not least sejak tahun-tahun terakhir ini aku banyak punya teman online baik dari Facebook atau pun Blogger yang tinggal di Surabaya. Aku menghayal bisa KOPDAR dengan mereka suatu ketika nanti. Kapan ya? Boleh donk menghayal, dari pada tidak memiliki satu pun hayalan dalam hidup ini.

 Lengkap sudah alasan-alasan yang mendukung keinginanku yang menggelora di dada ini, hehehehe..... untuk menginjakkan kakiku di kota Pahlawan atau kota Buaya ini. Surabayaaaa...wait for me! Dan suatu saat pasti aku akan bilang kepadamu: Surabaya, here I come! Huuuhh...senangnya andai keinginan itu terwujud. Ya Allah, semoga Kau bisa wujudkan keinginan ini. Amin, YRA.












Persahabatan Itu Memang Indah.

Hari ini ketika menelusuri hasil Audisi tentang Indahnya Persahabatan, hati ini kembali bergemuruh karena senangnya. Ternyata namaku bersama dua rekan facebook sesama blogger dinyatakan lulus Audisi. Bedanya dengan dua rekanku itu Abi Sabila dan Bunda Lily ialah aku sampai se-renta ini belum pernah menerbitkan sebuah buku pun. Salut untuk mereka berdua. Karena itu ketika melihat namaku tercantum diantara peserta yang memenangkan Audisi dalam Lomba Menulis tentang Indahnya Persahatan yang diselenggarakan oleh  Kantin Menulis Penerbit Mitra Pemuda alangkah senangnya.hati ini.