Sunday, September 30, 2012

INTERNET SEHAT.

Source gb.mellagopolitel.blogspot.com
 Memang ternyata Allah telah mengarahkan jari-jariku untuk meng-klik blog KEB, itu lho blog Kumpulan Emak-Emak Blogger yang bagiku benar-benar sudah memberikan keberuntungan yang bikin aku rasanya "eksis", hehehehe......Aku sering terpacu untuk menulis berkat info-info yang ada di blog KEB. Bagiku duduk beberapa jam di depan komputer dan ber-Internet-ria, sungguh  merupakan  aktivitas yang menyenangkan. Kali ini aku akan beri judul postinganku INTERNET SEHAT  Sore ini aku membaca postingan mbak Lusiana Trisnasari yang berjudul  Internet Sehat Silver's Blog. Setelah itu aku jadi terpacu untuk,meng-update blog-ku.

Pasti ada yang bertanya:

"Lho! Mau ikutan Internet Sehat Blog Award - ISBA 2012 ya? Mau dapet award kayak mbak Lusiana Trisnasari?"

"Ya, iya-lah! Masa ya iya donk, hehehehehe............" bathinku menjawab tegas. Walaupun blog yang aku miliki belum ada apa-apanya, maksudnya gak berbobot, tapi kenapa gak? Siapa pun boleh ikutan asal memenuhi persyaratannya. Nah! Sore ini aku sudah (menurutku) memenuhi kriteria persyaratan. Walaupun ada satu poin yang aku sampe keringetan tuh mikir gimana harusnya membuat supaya sebuah banner nge-link ke URL yang diminta. Ya ampuun.....bingung tujuh putaran, hahahahaha.... Tapi kan ada pepatah yang berbunyi: "Never say die" - jangan pernah putus asa. Coba lagi, coba lagi, sampai bisa. Alhasil  sore ini aku berteriak: "Yeeee...........ternyata aku bisa!!" Berarti aku berhasil mendaftarkan blog-ku dalam ajang Internet Sehat Blog Award - ISBA 2012!!


Apakah aku berpikir bisa memenangkan salah satu Award?  Terbersit memang pikiran seperti itu. Namun  keikut-sertaanku dalam ajang Internet Sehat Blog Award - ISBA 2012 ini semata-mata untuk menambah pengetahuanku thok.  Syukur alhamdulillah seandainya aku beruntung mendapat salah satu Awar untuk salah satu periode. Tapi gak kebayang aku bakal menang.............lho koq aku jadi pesimis gini sih?

"Buang rasa pesimis itu!! You are Bunda Yati Rachmat yang selalu ingin menimba ilmu, kan?" kata hati mengingatkan aku...

Siapa tahu walaupun aku belum bleruntung mendapatkan Award dari ajang ini, paling tidak aku akan mendapat sebuah apresiasi sebuah VCD linimasa#2 dimana aku (katanya) ada di dalamnya, hehehehehe.............ngarep.com.

Pesan buat para blogger yang belum berpartisipasi dalam ajang ini: yuk tunjukkan blog-mu.



Friday, September 28, 2012

Berbagi Itu Indah.

Source: gb. meliluthfi.blogspot.com

tahun yang lalu.....
Pada tanggal 24 September aku merasakan sakit perut yang hampir tidak tertahankan, rasa melilit, mulas dan ingin kebelakang. Rasa itu datang dan pergi. Keringatku mengucur merata di wajahku karena sakit ini. Klimaksnya terjadi pada tanggal 25 September 1975 jam 09.37...........
Rasa sakit yang teramat sangat seketika hilang terbawa suara tangis seorang makhluk Allah yang mungil dan merah. Seakan aku masih merasakan sesuatu menggelontor dari organku dan sekaligus sirnalah  semua sakit yang aku rasakan. Bahagianya aku. Ya Allah...........Terima kasih Kau telah memberikan lagi aku anugerahMu yang tiada terkira, seorang bayi perempuan, mungil, merah dan wangi yang khas sebagai titipanMu. Kini ia telah berusia 37 tahun.

TitipanMu memiliki hati yang penuh kasih, ya Allah. Aku bahagia dan bersyukur bisa membesarkannya dengan penuh kasih sayang. Dia adalah salah satu permata hatiku yang tiada ternilai..

Pada hari Selasa, 25 September 2012 si mungil yang kini telah menjadi seorang ibu dari seorang anak laki-laki gagah dan tampan berusia 14 tahun kini mengajarkan kepada anaknya (cucuku) untuk berbagi dengan memulai dari dirinya sendiri. Terlambat memang, tapi tidak ada kata terlambat di mataNya selama kita masih memiliki degup jantung pemberianNya.

Minggu-minggu sebelumnya anakku memintaku untuk melakukan survey sebuah Yayasan dimana ada anak-anak yatim. Akhirnya aku memutuskan untuk memilih Pondok Pesantren Zamrud Al Munawaroh di Ciputat, yang menampung 22 anak yatim dari berbagai kota. Yayasan ini dipimpin oleh Umi Dra. Hajjah Farida, M.A.

Segala persiapan berupa bingkisan-bingkisan sederhana untuk diterimakan kepada mereka telah disiapkan oleh anakku.  Aku merasa bangga dengan niatnya yang sudah mantap untuk berbagi.. Cucuku juga tidak mau kalah ikut mempersiapkan "angpaw" yang tidak seberapa, namun ada keikhlasan bersamanya.





Di Pendopo Pondok Pesantren Zamrud Al-Munawaroh, Ciputat  anak-anak itu sudah siap menanti kedatangan kami sekeluarga. Mereka menyambut kami dengan menyanyikan beberapa lagu bernada Islami dan membacakan ayat suci Ar-rahman. Mereka terdiri dari anak-anak berusia 5 tahun sampai dengan 14 tahun.  Persiapan kami yang melebihi jumlah anak-anak yang hadir kami serahkan kepada Umi Hj. Farida.. Jumlah 22 orang anak tersebut adalah mereka yang "mondok" di Pesantren itu (anak-anak yatim), sedang di luar sana yang menerima bantuan dari Yayasan berjumlah kurang lebih 100 orang (SMP dan SMA). Mereka adalah dari keluarga yang kurang mampu.

Ternyata tidak saja anak-anak yatim, anak-anak dari keluarga yang kurang mampu yang dibantu oleh Umi Farida, tetapi juga ada seorang ibu dengan dua orang anaknya yang masih berumur 4 dan 2 tahun, homeless, ditampung oleh Umi di Pesantren tersebut. Subhaanallah, telah begitu tertanam di hati Umi bahwa berbagi itu indah, dalam bentuk apa pun.

Foto-foto yang aku sertakan di postingan ini mudah2an banyak bercerita. Mohon postingan ini tidak dianggap sebagai sesuatu yang "ria" namun sebagai gambaran bahwa berbagi itu indah dan sebagai himbauan bagi yang berkenan bahwa bukan hanya orang-orang kaya atau para selebriti saja yang bisa berbagi, namun kita juga sebagai sesama makhluk Allah bisa melakukannya atas dasar ikhlas tanpa memikirkan besar kecilnya jumlah yang kita bagikan. Insya Allah keberkahan akan mengikuti keikhlasan. Aamiin.


Semoga tulisan ini menginspirasi rekan-rekan blogger.. .... yang kebetulan mampir ke blog-ku.

Friday, September 21, 2012

Rene Suhardono yang sepintas aku kenal.

Aku diapit oleh Rene dan Muna
  
Kamis, 20 September 2012 ternyata bagiku adalah hari keberuntungan. Kenapa? Karena hari itu aku mengenal seorang public speaker, social entrepreneur, career coach dan Penulis  -- Rene Suhardono.

 Anakku -- permata hatiku yang bontot -- tahu betul bahwa aku suka menulis, walaupun belum bisa dikategorikan sebagai seorang Penulis -- dan senang kalau berkenalan dengan seorang Penulis. Nah, diajaklah aku berjalan-jalan -- yang semula aku tak pernah mengira bahwa aku akan diajak kerumah Rene Suhardono. Sebelum bertemu beliau, anakku menunjukkan sebuah buku dengan cover indah dan judul yang bikin penasaran "Apa sih isinya:?" Langsung aku "grab" buku itu dari tangan anakku dan aku baca judulnya: "Your Journey to be the ULTIMATE-U.  Ketika aku minta buku tersebut anakku berkata:

"Ntar deh mama bisa ketemu sama Penulisnya dan minta bukunya!"
"Haaah? Yang bener?" kataku gak percaya. Anakku cuma mengangguk sambil tersenyumj.

Dengan postingan ini aku ingin berbagi kegembiraan bahwa aku telah berkenalan dengan seorang Penulis "sejati" -- Rene Suhardono dan menerima pula tiga buah buku karya-karya-nya yang tersebut diatas. Maaf sekali aku belum bisa memberikan review karena aku sendiri belum baca tuh, hehehehehe..... Pemberian ini dilakukan setelah bincang-bincang bahwa aku ingin membuat postingan tentang pertemuan yang menggembirakan ini. Rene terkejut bahwa aku masih suka nge-blog.. Kelihatan air mukanya menunjukkan kekaguman, hehehehehehe......(bangga donk si nenek renta ini!)

Singkat cerita ketika pamitan  -- tanpa membuang kesempatan yang baik  ini -- aku bertanya pada Rene:

"Pak Rene, gimana kalo para blogger mau mengundang Pak Rene?"
"Boleh, boleh, boleh!", sahutnya dengan wajah sumringah dan mimik serius tapi lucu dan dengan mata yang berbinar.
"Gimana fee-nya?" tanyaku tanpa basa-basi. (haregene gitu loh basa-basi udah gak lumrah - yang penting melihat sikon dan dalam keadaan keakraban. Ya toh?).
"Gampang-lah kalo untuk para blogger." jawabnya santai tanpa meninggalkan mimik ramah diwajahnya.


Oya, bukan aku kallleee kalo gak ber-narsis-ria dimana ada kesempatan. Aku minta izin untuk bikin postingan di blog dengan menyertakan foto bareng bersama isteri tercintanya -  Muna.

Langsung donk acara ceklak-ceklik dan kilat-kilat lampu blitz dari HP pun menjilati ruangan, hehehehehe.....
Ketiga buku karya Rene Suhardono yang akan bertengger di rak-buku sebagai pendatang baru, hehehe....
 
Setelah googling, ternyata aku nih yang ketinggalan jaman untuk mengenal siapa Rene Suhardono, padahal beliau sudah lama berkiprah sebagai seorang Konsultan Human Resources (Ref. Wikipedia), career coach, public speaker, penulis, juga social entrepreneur  

Apa yang aku tulis ini adalah apa yang aku tahu tentang sosok Rene Suhardono yang sepintas aku kenal. Sayang sekali aku tidak sempat mewawancarai beliau lebih jauh. Kalau itu terjadi pasti postinganku lebih menarik dan berbobot.






Thursday, September 13, 2012

SEKAR, Majalah Wanita..

Tanggal 5 September jam 15.36 sebuah SMS aku terima dari mbak Anny Berta: bunyinya bikin hati gembira banget, begini:


Assalamualaikum bunda, majalah sekar yang ada kita di monas 
sudah terbit hari ini, covernya arzeti bilbina, edisi 5 september.
 Harga majalah 14,500, 
bunda jelas banget disini, hehehehehe...

Aku seneng banget dapet SMS dari mbak Anny, langsung aku hunting majalah tersebut di kios majalah terdekat, tapi terpaksa harus kecewa karena stok majalah sudah habis. "Ya ampuun....baru aja terbit koq udah habis sih", aku menggerutu dalam hati sambil nyemplak lagi di ojek yang membawaku..  Hari itu juga aku minta tolong someone out there-ku untuk beli dan MMS ke aku cover majalah plus foto.... Segitunya....... Hasilnya ya aku muat untuk menghias postinganku ini. Terima kasih untuk s.o. out there ya. Tanpa MMS-nya postingan akan hambar bak sayur tanpa garam.

Keesokan harinya baru deh aku bisa memegang majalah itu setelah minta bantuan seorang teman untuk "hunting" ampe dapet, hehehehehe.....

Tanpa melihat daftar isi  -- karena udah gak sabar, dengan seru aku buka SEKAR, Majalah Wanita itu dan dengan seru pula mengebetnya lembar demi lembar.  SEKAR, Majalah Wanita yang hampir sebulan kunanti itu hampir aja sobek. Maklum artis and foto model dadakan jadi ya grasa-grusu gitu deh....... antusias sekali mau lihat foto diri di majalah. Akhirnya di halaman 82 mataku terhenti melihat deretan kata SEMANGAT SORE DI MONAS kemudian jelalatan sang mata mencari-cari :"mana ya aku?". Nah, ternyata berkat jadi member KEB alias Kumpulan Emak-Emak Blogger wajahku, walaupun sedikit, bisa terpampang di sebuah Majalah Wanita, SEKAR.  Pada usia 73 aku menghias halaman sebuah majalah bersama Komunitas Blogger. Senangnya. Kereeen.......(muji sendiri aja deh!).

T'rima kasihku untuk jajaran Admin KEB yang aktif, penuh inisiatif dan mbak Anny Berta yang menjadi Koordinator acara tersebut.

Untung ada mbak Anny Berta yang memberitahukan kepadaku bahwa majalah itu sudah terbit -- mbak Anny yang juga memiliki buah hati seorang gadis kecil yang hitam manis bernama SEKAR..

Last but not least -- untuk kenang-kenangan -- Sekar foto session aku muat di postingan ini. Sebuah mikroskoip diperlukan untuk melihat siapa saja di foto ini karena terlalu kecil, hehehehehe...., tapi biarpun merupakan titik thok aku tahu yang mana penulis postingan ini, siiiip..........abis kalo dibikin xtra-large akan pecah berantakan, alhasil gak keliatan donk wajah-wajah optimis para blogger perempuan yang manis ini. (yeee....aku kebawa manis nih!).




Saturday, September 08, 2012

Allah telah mengembalikan anakku.



 
Pada kesempatan ini aku akan membuka diri bahwa setiap manusia yang beriman sama sekali harus menjauhkan pikiran dari “memberontak” terhadap ketentuanNya. Aku punya pengalaman yang selama ini aku pendam sendiri. Tapi memang Allah masih memberi kita sisi baik yang bisa menjadikan kita kembali kepada “penyadaran diri” – sebuah “reviving moment”. The reviving moment dimana Allah telah mengembalikan anakku.

 Bertahun sudah aku memiliki seorang anak laki-laki yang ber-emosi tinggi. Sejak tahun 2003 hingga tahun 2007 sikapnya tak pernah ramah terhadap siapa pun juga. Ego terlalu mencuat kepermukaan sikapnya. Tak  ada keramahan yang membias di wajahnya. Ia mudah tersinggung dan sedikit saja perasaan nya tersinggung, seketika emosinya akan meledak tanpa kendali. Ia bisa memecah kaca mobil tetangga. Ia sanggup melempar apa pun kearah rumah tetangga. Karena kekhawatiranku yang terlalu berlebih aku bawalah anakku itu berobat ke “orang-orang pintar” mana saja yang aku dengar dari teman, tetangga atau kerabat. Berbagai persyaratan yang diajukan oleh “orang-orang pintar” itu aku lakukan. Dari satu orang pintar pindah ke orang pintar lainnya. Namun hasilnya big zero. Anakku tetap tidak berubah perangainya.

Thursday, September 06, 2012

Guruku Berbulu dan Berekor -- Indi Taufik


Berkat apresiasi yang diberikan oleh pakdhe Abdul Cholik dari blogcamp aku jadi kenal Indi Taufik, seorang Penulis  Pakdhe Cholik menghadiahkan aku sebuah buku karya Indi berjudul: "Karena Cinta itu sempurna" yang kemudian ternyata bersama karya lainnya "Waktu aku Sama Mika" menjadi dua buku "best-seller". Judul postinganku "Guruku Berbulu dan Berekor" adalah merupakan sebuah buku antologi dimana salah satu naskah yang aku kirimkan lolos  dan menjadi salah satu tulisan dalam buku antologi ini. Untuk mengingatkan kembali pada rekan blogger bahwa undangan pernah aku sampaikan untuk ikut berpartisipasi dalam ajang amal tersebut diatas, inilah dia cuplikan postinganku tertanggal 30 Oktober 2011:

Monday, September 03, 2012

Giveaway Novel Cinderella Syndrome, Leyla Hana


 

Hehehe....angan-angan sih pengen jadi Novelist, tapi gak gampang untuk menulis cerita berdasarkan fiksi, sulit, sulit, sulit banget. Musti ber-angan-angan, kudu menghayal. Nah, kebetulan ada GA Novel Cincerella Syndrome, karya Leyla Hana nih yang bisa aku ikutin untuk melatih jadi seorang Novelist, hahahahaha....

Dari 3 pilihan karakter dalam novel itu, aku pilih Erika.
Erika, 30 tahun. Wanita karier sukses yang tidak mau menikah seumur hidupnya karena ada trauma masa kecil yang sulit dihilangkan. Namun, ia tiba pada pilihan harus menikah, karena hanya dengan menikahlah ia bisa terlepas  dari masalah yang sedang membelitnya.

Bismillahirrakhmaanirrakhim............. aku mau mulai berfantasi-ria, semoga memenuhi kriteria mbak Layla Hana.
 ------------------------------