Posts

Showing posts from October, 2012

Gulai Kambing ala Bunda YR.

Image
Sebelum bikin postingan tentang Gulai Kambing ala Bunda YR, terlebih dahulu bunda ucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha. Mohon maaf lahir dan bathin -- gakpapa kan biarpun ada diantara kita yang belum berpredikat Haji atau Hajjah, hehehehehe........ yang penting kita ambil hikmah dari Idul Qurban ini.

Seperti biasa seminggu dua atau tiga kali bunda pulang ke alamat bunda di Pamulang (biasanya on the week-end), karena week-end kan mamanya cucu bunda libur jadi gantian bundanya yang libur. Maksud kepulangan bunda ke rumah asal (hehehehe....) adalah untuk menengok pot-pot tanaman kesayangan bunda yang bikin kangen. Dari rumah cucu bunda di Ciputatmenuju Pamulang untuk menghindari macet bunda naik ojek. Ojecker juga banyak banget, tapi paling gak bisa "selap-selip kesana-kemari", pokoknya asyiklah kalo bepergian untuk mengejar waktu dan gak terlalu pusing dengan kemacetan, ya satu-satu pilihan adalah ber-ojek-ria.

Begitu sampai di tujuan -- baru juga turun dari Ojek, bunda dipang…

Cucuku Belajar Ikut Berbagi.

Image
Bagiku tak ada lagi yang bisa aku ceritakan tentang anak. Kenapa? Karena anak-anakku sudah dewasa semua dan  mandiri serta memiliki  anak-anak yang sehat & ganteng -- berarti aku sudah punya cucu nih. Jadi sekarang yang akan aku ceritakan tentang cucuku aja deh. (gak mau kalah sama ibu-ibu muda yang pada cerita tentang anak di blog masing-masing, hehehehehe..........).

Begini: Pada saat cucuku berusia 4 tahun sudah masuk Play Group, kemudian usia 5 tahun langsung ke TK-A. Oops, lupa aku cerita kalo cucuku ini laki-laki, ganteng, berkulit putih. Sampai ia masuk TK-B sifat pemalunya tetap bertahan. Ia gak mau bergabung dengan teman-teman, maunya ditungguin, walaupun di dalam kelas. Bila ada acara untuk naik panggung ia akan berontak dan menolak kemudian menangis. Ketika latihan ia oke2 aja tuh, karena ia suka banget menari. Bertahan enam bulan di TK-B kami pindahkan ia ke Sekolah Alam. Baru beberapa bulan bersekolah di Sekolah Alam ini, suatu kejutan ia berikan untuk mama dan bunda…

Cara Mencegah dan Menanggulangi Tawuran.

Image
Setiap kali ada peristiwa tawuran antar pelajar hatiku miris dan sangat prihatin dengan tingkah polah dan arogansi pelajar-pelajar yang sedang mencari jati diri. Lebih miris lagi kejadian tawuran antar warga yang banyak membawa korban baik, nyawa, harta maupun rumah tempat mereka bernaung ataupun kendaraan beroda dua atau empat yang mereka hancur lelburkan di luapan api yang melalap semuanya. Semua ini pastilah di picu oleh meluapnya api emosi yang ber-kobar-kobar tersulut baik oleh sakit hati, dendam ataupun ketidak puasan untuk suatu keadaan.

Untuk kedua jenis tawuran yang aku sebutkan diatas, baik tawuran antar pelajar, maupun tawuran antar warga, antar desa atau apa pun namanya -- semuanya diakibatkan oleh tidak adanya komunikasi yang terbina dengan baik dan kurangnya kepeka-an tentang kaidah beragama, sehingga kesalahan sedikit dan perasaan tersinggung, dengan mudahnya akan memicu tawuran yang berakibat fatal dan merugikan bagi semua fihak. SoCara Mencegah Dan Menggulangi Tawura…

Let By Gone Be By Gone

Image
Ada masanya kita harus melupakan masa lalu, namun tidak seharusnya masa lalu, betapapun pahitnya kita hapus hingga pupus dari ingatan kita. Kenapa? Karena keberadaan kita sekarang ini juga karena masa lalu.
Nah, untuk mengikuti 1st giveaway Bunda Lahfy di blognya Lovely Little Garden ini yang berjudul FROM ZERO TO HERO. aku akan menyusuri liku-liku kehidupan masa lalu yang tidak bisa kulupakan, just like that -- karena disana ada kasih sayang, kecintaan, kekerasan hati, tanggung-jawab dan kesetiaan.


Kalaupun aku memberi judul untuk postingan ini Let By Gone Be By Gone, aku akan tetap selalu menyimpan bagian yang manisnya, sedangkan yang pahitnya biarlah akan aku jadikan sebagai sebuah tonggak untuk melalui jalan-jalan terjal yang akan aku lalui. Dan kenangan pahit ini telah benar-benar membimbingku ke jalan yang seperti sekarang aku alami, sebuah berkah untuk menghadapi kehidupan, bagaimana pun sulitnya dengan rasa syukur tanpa suatu pemberontakan terhadap Illahi.

Pengalaman pahitku d…

Hari Kemenangan yang Dinantikan.

Image
Bagi setiap umat Nabi Muhammad SAW menjalankan ibadah puasa adalah suatu hal yang menimbulkan kebanggaan tersendiri. Dengan menapaki hari demi hari berpuasa akhirnya kita akan sampai pada hari yang penuh barokah.,  Hari Kemenangan yang Dinantikan, Hari Raya Idul Fitri.

Hari Raya Idul Fitri tahun ini (H-1433) adalah hari yang sangat spesial buatku.  Betapa tidak! Anak-anakku tidak mengizinkan aku untuk ber-lelah-lelah membuat kue menyambut Hari Raya Idul Fitri. -- aku bebas dari membuat kue-kue lebaran. Tugasku telah dialihkan kepada anakku yang perempuan, yeeeeeee.....senangnya gak harus bertempur dengan bahan-bahan kue dan harus merasakan panasnya uap dari oven, hehehehehe. Anakku yang kedua (perempuan) mendapat limpahan tugas untuk membuat berbagai macam kue kering. Walaupun resep asli aku yang mengajarkan, tapi kenyataannya kue buatan anakku ini jauh lebih bervariasi. Berawal dari dua macam kue kering yang kuajarkan (nastar dan kastengel), maka ditangan anakku bisa dibuat variasi …