Friday, May 31, 2013

Kopdar Dengan Pemilik Nyanyian Burung.

Foto "nyuri" dari Lozz.
Sebelum aku lupa lebih baik aku akan dokumentasikan nih kopdarku dengan penyanyi Nyanyian Burung sesegera mungkin, walaupun ini juga udah terlambat, karena tamu-ku datang pada tanggal 13 Mei 2013. Gakpapa-lah ya, kan ada pepatah orang "sono" yang bunyinya gini nih:  "better late than never". Hayyyooo...
.
Siang itu (lupa jam berapa), Senin, 13 Mei 2013, aku terima telpon dari Lozzakbar Setelah Bulan Sebelas, bahwa Lozz akan berkunjung ke rumahku ditemani Una pada hari Selasa. Wah, senengnya, aku akan kedatangan anak dunia mayaku, besok. Dipikiranku berkecamuk nih mau nyuguhin apa ya? Lha wong dadakan gitu.

Tapi tiba-tiba, Lozz memaksakan kehendak, katanya: "Bun, malam ini aja deh ya?" Nah, daripada gak jadi dikunjungi, ya langsung aja aku bilang "Oke, ditunggu ya? Nanti telpon2an aja untuk arahan tempat tujuan ke rumah bunda."

Thursday, May 30, 2013

Silaturakhim Berkat Kopdar.

Perhelatan yang diadakan oleh Kumpulan Emak2 Blogger dengan nama Srikandi Blogger 2013 memberikan nuansa baru bagi pertemanan di dunia maya antara aku dan Anazkia Aja, blogger dari Malaysia, yang aku kenal via jejaring fesbuk. Sebetulnya pertemuan ini bukanlah pertemuan yang pertama kali. Ketika KEB membuka Booth untuk ikut meramaikan acara Kompasianival tanggal 17 Nopember 2012 yang diadakan di Mall Gandaria City, kami pun pernah bertemu  Kenapa juga judul postinganku ini Silaturakhim Berkat Kopdar ya? Baca lanjutan ceritaku ajaaa....

Semula aku sama sekali tidak tahu bahwa Anazkia juga ada disana. Info yang aku dapat dari MakPon KEB Mira Sahid, katanya:

"Ada Anazkia juga lho!"

Ternyata Anazkia yang aktif di Hibah Sejuta Buku, ikut memeriahkan acara Kompasianival dengan menggelar Booth-nya Hibah Sejuta Buku. Pertemuan ini aku sebut "kopdar tak terduga," karena memang di luar rencana. Ketika aku berkunjung ke Booth HSB, aku dikejutkan oleh sebuah sapaan dari sosok wanita mungil berkerudung:

"Bunda Yati Rachmat ya?" sejenak aku perhatikan wajahnya, tapi aku tidak berhasil mengenalinya.

"Anaz, Anazkia...." serunya.

Spontan, aku peluk dia dengan sepenuh kegembiraan.


Nah, pada malam 28 April 2013 kembali aku dipertemukan dengan Anazkia. Kalau yang ini memang sesuai rencana, hehe.... Lho koq? Iya karena Anazkia berencana untuk bermalam di rumahku di Ciputat. Senengnya! Kemudian menyusul Lala Tsukino, yang baru malam itu aku kenal, juga ikut bermalam di rumahku. Anazkia dan Lala Tsukino adalah peserta-peserta fashion show yang akan memeriahkan acara KEB yang spektakuler yaitu Penganugerahan predikat Srikandi Blogger 2013.  Sayangnya kami tidak bisa berangkat bareng karena kedua calon pragawati ini harus hadir di tempat acara, jam 07.00, untuk keperluan make-up dan lain-sebagainya, sehingga, pastinya, harus meninggalkan rumahku at the latest jam 06.00.

Setelah lebih dari satu kali kopdar, tentunya pertemuan berikutnya adalah sebuah kunjungan silaturakhim. Setuju gak sih yang baca postingan ini? Gimana gak? Sebuah kunjungan yang matang direncanakan adalah kunjungan silaturakhim. Begitu juga dengan kunjungan Anazkia pada hari Kamis, 23 Mei 2013 ke rumahku (sebenarnya rumah anakku, hehe....). Anazkia harus menyelesaikan suatu keperluan esok harinya (Jum'at, 24 Mei 2013) sehingga kembali bermalam di Ciputat. Senangnya! Inilah alasanku menyebut postingan ini Silaturakhim Berkat Kopdar. Betapa indahnya kopdar yang terjadi karena hubungan perkenalan via online, menjadi kenyataan, bahkan menjadi erat, seperti keluarga. Asyiiik!


Jum'at, 24 Mei Me n Anazkia (dok.pribadi).





Tuesday, May 28, 2013

PROMPT#14 Snow White

 Credit: Dokumentasi pribadi Kartika Kusumastuti.
"Dimana kau, Naomi?" suaranya terdengar sangat lemah. Baru kali ini ia menyebutnya Naomi. Biasanya ia selalu memanggil gadis itu dengan panggilan Snow White, karena kulitnya yang putih bersih laksana salju. Foto sebuah desa berselimut salju itu masih ditangannya. Diusapnya seolah foto itu adalah Naomi, kekasihnya yang pergi begitu saja meninggalkan dirinya. Dan ketika dia membaca sebuah berita tentang tragedi di sebuah desa berselimut salju, hatinya berdetak.

"Naomi, dimana kau?  Adakah kau diantara mereka? bisiknya. Andaikan dua tahun yang lalu ia mampu melarang Naomi pergi, pasti kini Naomi masih berada di sisinya.

"Aku tidak akan menyia-nyiakan beasiswa ini. Lucky. Ini kesempatan terbaikku. Pernikahan bisa diundur. Kalau Allah mengizinkan kita berjodoh, apa pun bisa terjadi." masih terngiang suara Naomi. Ada benarnya juga Naomi berkata demikian. 

"Ya, apa pun bisa terjadi atas kehendakNya. Jadi kenapa pula ia masih murung memikirkan keadaan Naomi. Kematian adalah milik setiap insan, Allah tidak akan memilih usia dan jenis kelamin.

"Aku harus pasrah. Apa pun yang menimpa Snow White-ku adalah juga ketentuanNya." desisnya. Untuk melacak ke Jepang, apalah dayanya. Ia hanya seorang buruh kasar yang bergaji mingguan. Jadi yang tertinggal kini hanyalah sebuah harapan. Masihkah ada, nun jauh disana, Naominya?

Tiba-tiba poselnya berdering,. nomor tak dikenal muncul di layar. Dengan malas ia terima juga.

"Halo." nada dalam ditambah suara parau karena dirundung rindu terbias dalam suaranya. 

"Koq, males gitu sih, suaranya?"

"My Snow White? Kau-kah itu? ia hampir saja menjerit ketika tahu bahwa di seberang sana, pemilik suara itu pasti juga sama rindunya dengan dirinya. 

"Allah Maha Mengatur," bisik Lucky penuh rasa syukur. "Kau dimana Snow White?" Lucky tak sabar.

"Aku di alam sana, darling., relakan aku pergi...."

Ponsel pun meluncur dari tangan Lucky tak terkendali. Lucky pingsan..






Thursday, May 23, 2013

Sebuah Kenangan Manis



Ah, ternyata waktu bergulir begitu cepat. Rasanya baru kemarin aku posting, tapi ternyata sudah 3 hari berlalu. Karena blog adalah wadah untuk sebuah dokumentasi, jadi gak ada salahnya donk kalo aku buat postingan dengan judul Sebuah Kenangan Manis. 

Sumber Gb: store.tempo.co
Usia masa kecil adalah usia dimana ingatan untuk setiap kejadian akan terus berbekas dengan pekat dalam benak siapa pun. Manis atau pun pahit. Begitu juga dengan kenangan masa kecilku yang tidak bisa kulupakan begitu saja tentang suka duka kehidupanku bersama nenek dan kakekku. Lho koq bersama nenek dan kakek? Gak bersama ibu dan bapak? Pasti begitu pertanyaan pembaca. Tunggu dulu aku belum selesai nih ceritanya.

Monday, May 20, 2013

PROMPT#13 - Kesalahan Masa Lalu.

Credit foto.

"Heran! Kenapa si Meylan  gak pernah mau  kita ajak belajar bareng," Raffi bertanya perlahan

"Ah, kau ini kayak gak tau aja.  Dia pikir kita-kita ini mengajaknya belajar bareng karena tertarik pada kecantikannya! Hhuuh!

"Segitunya?"

"Apa lagi kalo bukan itu. Memang dia murid baru yang angkuh.!" Ridwan kesal.

"Untuk memastikan, gimana kalo kita undang  Meylan, Dewi, Rini dan Asti untuk rujakan? Kalo dia tidak datang, berarti dugaanmu benar."

"Terserah!  Rupanya kau terbius oleh kecantikannya, ya?" ganggu Ridwan. Raffi  tersenyum. Penuh arti.

“Yes!” suara Raffi ketika melihat Meylan muncul. Melenggang dengan anggun.

"Tumben!" bisik Ridwan

"Sssttt...kau!"

"Maaf  aku telat. Ada yang lebih penting  harus aku kerjakan. Yuk, kita mulai. Atau masih ada yang ditunggu?"

Raffi menggeleng.

Raffi  terpesona melihat penampilan Meylan. Celana Jeans ketat dengan kaos oblong longgar berwarna kuning.

'Manisnya." bisik hati Raffi.

Pesta rujak usai disusul dengan sesi foto-foto. Gelak berderai.. Pertemanan mereka seakan sudah terjalin tahunan.


Foto berbingkai itu masih ditangan ayah Raffi.  

"Siapa gadis ini? Telunjuknya mengarah pada wajah cantik dalam foto.

"Meylan. Cantik. Tapi misterius!" sahut Raffi 

"Misterius  gimana?'

“Sok jual mahal! Tapi aku berhasil mengundangnya untuk pesta rujak." sahut Raffi.  Nada kemenangan dalam suaranya..

 "Kau tau rumahnya?"

 Raffi menggeleng.

 "Tapi temanku bilang, rumahnya sebuah warung kecil berdinding bambu. Pelayanan ala swalayan.Gak susah mencarinya kalo ayah mau. Kita cari aja, yah!”, Raffi menjelaskan.


Ketika sampai ayah Raffi tertegun  dengan mata terbelalak.

"Pak Wiryo?"

"Bapak Raden Sugandi? "

Ayah Raffi  memasuki warung dan memeluk erat pak Wiryo.

"Maafkan saya, pak. Seharusnya saya tidak boleh membiarkan mereka memecat bapak setelah kecelakaan yang menyebabkan kedua kaki bapak harus di amputasi. Maafkan saya," suara ayah Rafii penuh penyesalan.  

"Kau pasti Meylan?" Tanpa ragu ia memeluk Meylan. Bertiga mereka berangkulan. Hangat. 

Dibenaknya sudah tergores sebuah rencana matang untuk pak Wiryo dan anak gadisnya. Dia akan menebus kesalahan masa lalunya.

"Hidup mereka akan terjamin"," bisiknya lirih.

Sunday, May 19, 2013

Workshop Sosial Media BE SMART BLOGGER (bagian lima: Yuk, Nge-blog!).

Si Cilik Alyssa yang jadi Juara 3 nge-blog.
Workshop bertema Be Smart Blogger, diprakarsai oleh Majalah NOOR, venue Swiss Belhotel, Kemang Raya No.7, Jakarta Pusat, Sabtu, 4 Mei 2013, merupakan Workshop yang berbobot lho --  semua tercakup disitu -- maksudnya yang kita butuhkan dan kita inginkan, seperti: Ajakan Majalah NOOR untuk tetap menggalang kesinambungan Workshop antar blogger dengan tema yang beragam; belajar ber-make-up bersama Sariayu Martha Tilaar; peragaan hijab oleh Elzatta Hijab; perkenalan dengan Peragawati kondang, Ratih Sanggarwati dan last but not least -- belajar bikin blog. Ajakanku "Yuk, Nge-blog" pun menjadi judul postinganku.

Thursday, May 16, 2013

Workshop Sosial Media BE SMART BLOGGER (bagian empat: Berhijab bersama Elzatta)

facebook.com
Masih dalam rangkaian postingan berkenaan dengan Workshop Sosial Media Be Smart Blogger yang diprakarsai oleh Majalah NOOR, sengaja aku memuat postingan-postingan tentang acara yang diadakan pada hari Sabtu, 4 Mei 2013 di Swiss Belhotel, Kemang Raya No. 7, Kemang, Jakarta Pusat.

Postingan kali ini adalah tentang cara mengenakan hijap yang akan diperagakan oleh dua orang wanita muda dan cantik  (Maaf sekali aku tidak menyimak siapa nama-nama mereka). Kedua Mbak ini juga menyediakan hadiah-hadiah kejutan untuk mereka yang bersedia menjadi model.untuk peragaan hijab. Juga ada lomba kecepatan dan kerapihan mengenakan hijap bagi beberapa peserta workshop.

Peragaan cara memakai hijab dengan kerudung segiempat  bernama Kaila Layna. (foto dok.pribadi)

Workshop Sosial Media BE SMART BLOGGER (bagian tiga - Ratih Sanggarwati).


Sumber Gb.http://www.goodreads.com/book/show/8143478-kerudungmu-tak-sekedar-cantik
Majalah Noor mengundang seorang pragawati papan atas -- Ratih Sanggarwati untuk mengisi salah satu acara di Workshop Sosial Media Be Smart Blogger, Sabtu tanggal 4 Mei 2013 di Swiss Belhotel, Kemang Raya No.7, Jakarta Pusat.

Ratih Sanggarwati sudah aku kenal namanya sejak aku masih belia, namun pada usiaku yang sudah 74 tahun baru aku bisa bertemu dengan pragawati yang menjadi favoritku itu. Aku sangat bersyukur masih bisa bertemu dengan pragawati idolaku. Bagi yang belum mengenal siapa Ratih Sang ini, bisa berjalan-jalan ke link ini untuk membaca kiprahnya di dunia modeling.

Wednesday, May 15, 2013

Workshop Sosial Media BE SMART BLOGGER (bagian dua: Sariayu Martha Tilaar)

 
Foto dok.pribadi.


SARIAYU MARTHA TILAAR.

Ibu Dewi, Konsultan perusahaan kosmetik Sariayu Martha Tilaar yang tampil sebagai pembicara ini, memaparkan dengan singkat tentang apa dan bagaimana kiprah Sariayu Martha Tilaar dari awal hingga sukses seperti sekarang ini. Dalam perkenalannya itu Ibu Dewi juga menjelaskan bahwa beliau, dengan pengalamannya sebagai Konsultan di Sariayu Martha Tilaar pernah dikirim ke Yordania untuk memperkenalkan produk yang sudah dikenal dengan baik oleh para wanita di Indonesia ini.

Ibu Martha Tilaar, pendiri dari perusahaan ini pada awalnya  --  tahun 1965 ikut suami, Pak Alex Tilaar, yang bertugas ke Amerika -- kagum pada para wanita di Amerika yang memperhatikan kesehatan kulit dan perawatan tubuh. Beliau sangat terinspirasi untuk membuat ramuan kosmetik yang sesuai dengan iklim Indonesia khususnya dan for the Eastern Countries' People pada umumnya.

Workshop Sosial Media BE SMART BLOGGER. ( bagian satu: Majalah NOOR )

Foto: dok.pribadi
Aku diundang melalui telpon oleh mbak Indah Julianti Sibarani untuk menghadiri sebuah Workshop.Media Sosial: Be Smart Blogger  Keren ya? Workshop diadakan pada hari Sabtu, tanggal 4 Mei 2013 bertempat di Swiss Belhotel, Jl. Kemang Raya No.7, Jakarta Pusat, mulai jam 09.00 sampai jam 17.00.

Karena ketertarikanku akan judul Workshop itu aku pun berangkat untuk menghadirinya, walaupun ancer-ancer tempat aku belum tau, lokasi wilayah Kemang, insya Allah. Kemacetan yang tidak bisa di prediksi menyebabkan aku mengambil keputusan untuk naek Ojek aja deh, biar bisa "slasap-slisip" diantara kemacetan. Alhamdulillah sampai juga aku di lokasi, pukul 08.30. 


Monday, May 13, 2013

ACER Srikandi Blogger Lifetime Award.


Siapapun pasti menginginkan setiap peristiwa manis dalam hidupnya didokumentasikan. Dokumentasi itu bisa berupa tulisan atau pun foto-foto..Begitu juga aku yang akan men-dokumentasikannya melalui postingan di blog-ku. Berikut paparanku.

Hari itu, Minggu, 28 April 2013.
 Di Gedung Kemendiknas (Gedung F) Lt. 6 (Sebelah FX Plaza) Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta  --  sebuah acara Penganugerahan Srikandi Blogger 2013 digelar dengan amat spektakuler. Acara ini patut aku sebut spektakuler karena melihat kepada usia group yang baru merayakan hari ulang tahunnya pada tgl. 18 Januari 2012, jadi boleh dibilang masih "bayi", namun mampu menyuguhkan pagelaran yang demikian meriah, Sebuah prestasi yang gemilang -- gemilang, karena beraneka-ragamnya hadiah dari para sponsor. Gemilang pula karena kesempurnaan pelaksanaan perhelatan tersebut yang menggunakan sebuah Event Organizer dalam penyediaan tiket masuk.  Eventbrite digunakan oleh KEB untuk keperluan ini. Semua lancar. Semua oke. Tanpa ada kekacauan dan tanpa ada kekisruhan, baik dalam penyelenggaraan, maupun dalam pembagian hadiah-hadiah, door prizes atau penyediaan snacks dan nasi dalam box lengkap. Pokoknya acara tersebut dikemas secara well-organized. Acungan jempol untuk Komunitas Kumpulan Emak2 Blogger beserta jajarannya. 

Thursday, May 09, 2013

Aku ada diantara 50 besar Srikandi Blogger 2013.


Apa yang akan aku tuliskan dalam postingan ini sebenarnya lebih kepada sebuah catatan atas apa yang telah aku raih selama menjadi blogger. Katakanlah, sebuah prestasi. Sekecil apa pun sebuah prestasi, tetaplah ia memberikan sebuah kebanggaan dalam hati. Tulisan ini aku maksudkan sebagai catatanku yang mesti aku ingat selama aku menjadi seorang blogger, bahkan ketika aku sudah tidak lagi mampu menarikan jari jemariku diatas key-board komputer, tapi otakku masih fresh. Who knows? Nobody knows what's going to happen at a later date.

Wednesday, May 08, 2013

Reportase Seputar Sebuah Ajang Bergengsi.

Pandangan Umum
  Reportase Seputar Sebuah Ajang Bergengsi yang bernama Penganugrahan predikat Srikandi Blogger 2013 telah dilaksanakan di sebuah Gedung F, Lantai 6, Kemendiknas, Jl. Jendral Sudirman (sebelah FX Plaza) pada hari Minggu, 28 April 2013, jam 09.00 -- 15.00. Penggagas acara ini adalah sebuah Grup Kumpulan Emak2 Blogger, yang lebih dikenal dengan Grup KEB dengan motto yang tidak asing lagi bagi para emak yaitu: "Kami Ada untuk Berbagi."

Ketika tiba di sebuah ruangan yang tertata rapih dengan meja penerima tamu, booth-booth para Sponsor dengan para emak yang cantik dibelakang meja, kursi-kursi yang sebagian besar telah ditempati oleh para tamu, aku berdecak kagum: "Woow" cuma itu yang bisa kuucapkan.  Pandang kulepaskan kearah  panggung yang penuh dengan berbagai hadiah bagi para finalis dan para pemenang. Ternyata aku telah ketinggalan beberapa acara. Tak mengapa, selama aku bisa hadir dan menyaksikan perhelatan ini beserta anak-cucu-menantuku.

Saturday, May 04, 2013

Pemeliharaan Kecantikan Wanita.


The True Exotic Colors of Indonesia
Source gb. :http://www.sariayu.com/

Hari ini  Sabtu, 4 Mei 2013 Workshop  yang bertema "Be a Smart Blogger" diadakan di sebuah hotel di Jalan Kemang Raya No. 7, Arion Swiss-Belhotel.

Acara ini adalah sebuah kerja-sama yang spektakuler antara Majalah Noor dan Sari Ayu Martha Tilaar. Pemimpin Redaksi Majalah Noor, Ibu Yetty R. Hadi memperkenalkan diri. Maksud dari acara ini adalah bertujuan untuk menambah semangat para wanita untuk mencuatkan semangat membuat blog. Karena di era digital ini kaum perempuan sudah seharusnya mengikuti, paling tidak mengikuti perkembangan teknologi digital yang sudah beberapa tahun terakhir mem-booming. Utamanya adalah tentang pemeliharaan kecantikan wanita, pun untuk remaja pria dan wanita.

Friday, May 03, 2013

Narsis Berarti Bahagia.


Setelah merasa puas scrolling postingan-postingan di blognya mbak Evi, akhirnya aku menjatuhkan pilihan kepada postingan yang berjudul "Narsisis, Ijinkan Saya Bicara." Why? Karena disamping isi postingannya sangat ringan dan tidak memberikan otakku beban yang berat, juga isi postingannya itu lho "Aku banget!" hehe.. Aku juga seperti mbak Evi Indrawanto -- suka ber-narsis-ria.  Tapi sama sekali aku tak pernah mau lebih jauh meng-hubung-hubungkan arti narsis itu dengan artian yang sebenarnya. Apa itu? Ya, seperti yang disebutkan oleh mbak Evi bahwa kata tersebut menggambarkan orang yang mencintai dirinya secara berlebihan dan si penderita di sebut narsisis. Oo..tidaaak! Aku tidak pernah berpikir kearah itu. Memang kita harus mencintai diri kita sendiri, tapi tidak mencintai diri sendiri secara berlebihan. Ah, seureum atuh! Tidak, aku tidak pernah berpikiran kearah arti yang sebenarnya. Titik. Narsis, ya narsis, seneng difoto alias sebutan yang lebih hebob adalah "banci foto" hehe.. Aktifitas narsis selalu, pasti, selalu dibarengi dengan rasa happy, rasa bahagia. Nah, narsis berarti bahagia.

Wednesday, May 01, 2013

Sebuah Rencana yang Matang.

Gb.d/Google.



Sebelum aku membuat postingan tentang acara perhelatan SB2012, sebaiknya aku posting juga bagaimana hebobnya kami mempersiapkan diri untuk hadir pada hari H. 

Biasanya saat-saat yang paling menegangkan adalah ketika kita mempersiapkan sesuatu untuk menghadapi suatu acara, apa pun itu.  Nah, begitu juga menjelang acara penganugrahan Srikandi Blogger 2013 yang akan digelar pada tanggal 28 April, sebuah rencana yang matang harus dipersiapkan  --  tentang bagaimana aku akan tampil, tentang pakaian apa yang akan aku kenakan.  Lho koq kenapa mikirin yang begitu? Ya, iyalah karena pada hari H itu akan diadakan satu acara yang menarik, yaitu pemilihan pakaian terbaik yang dikenakan oleh pengunjung perhelatan, sedangkan "dress code"nya adalah nuansa kebaya untuk wanita dan pakaian daerah untuk pria. Kemudian ada ralat secara lisan untuk wanita boleh pakaian daerah dan pria boleh mengenakan baju batik.