Posts

Showing posts from June, 2013

Masuk Mringis, Keluar dengan Senyum.

Image
Pada hari Kamis, 27 Juni aku sudah berada di rumah anakku di Bekasi, karena pada tanggal 28 Juni 2013, cucuku, Ghazi, berumur 8 tahun, duduk di kelas 3 SD akan dikhitankan. Sebenarnya anakku sendiri belum berniat untuk menghitankan Ghazi, namun karena selama bulan terakhir dan bulan ini Ghazi selalu merengek ingin di-khitan, sehingga kedua orang-tua mengabulkan permintaan Ghazi tersebut, walaupun dengan selamatan yang sangat sederhana sekali. Sekalipun Ghazi sudah siap untuk dikhitan, namun tetap saja waktu dipanggil ke ruang dokter, wajahnya sedikit "mringis". Tapi begitu keluar dari ruang dokter, kira-kira 15 menit, woooo, very big smile menghias wajahnya. Heeeiibaat, cucuku. Disamping cucuku hebat, juga, pastinya dokternya dan para suster juga super hebat nih.

Review Blog: DREAM FOR OUR NATION.

Image
Setelah beberapa kali ber-iklan-ria mencari pasangan, tidak jua kunjung datang, putuslah harapanku untuk bisa mendapat kesempatan turut meramaikan Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan-nya pakde Cholik. Piye iki? Dalam kegalauan ini, tiba-tiba saja aku teringat akan Mbak Jumialely, seorang teman nun jauh disana. Dengan harap-harap cemas aku kirimlah SMS kepada Mbak Jumialely, nun jauh di sana. Dengan ber-pura-pura bertanya: "Mau gak Lely me-review blog bunda yang amburadul? Atau Lely sudah ada pasangan?". Jawaban Mbak Lely sangat positif:  "Belum ada me-review blog lain, bun. Nanti aku review blog bunda aja."

Alhamdulillah, akhirnya aku dapat "pasangan" juga dan pasanganku blog yang hebat nih. jumialely.com

SIM Sekedar untuk Ber-gensi-ria.

Image
Aku memiliki empat orang anak. Tiga orang perempuan. Satu laki-laki. Keempat anakku ini semua bisa mengemudi, baik sepeda motor, maupun mobil. Entah bagaimana cara mereka belajar, aku sama sekali tidak tahu menahu. Tahun 1989 ketika aku pindah dari Tanjung Priok ke wilayah Tangerang Selatan, aku dibuat terkejut. Ape pasal tekejut tu Ma'cik? hehe... Gimana gak terkejut, lha wong anakku (perempuan) yang ke-3, umur 15 tahun, tiba-tiba dengan nekatnya mengemudi sebuah mobil Jeep. Alamaa...SIM pun ia tak punya. Tapi karena ada adikku yang laki-laki mengiringi dengan mobil Avanza, aku jadi tenang. Salut, tanpa SIM pun ia berani mengemudi dan cara stir mobilnya? Okpu alias oke punya. (Menurut adikku yang mengiringinya. Alhamdulillah.)

MUSIK ADALAH HIDUP

Image
Sebelum aku mulai membuat postingan tentang judul diatas, lebih baik terus terang aku jelaskan nih, bahwa bagiku musik asyik itu ya musik yang mampu bikin badan bergoyang dan bikin pikiran super happy. Atau kalau lagi bete banget, aku pasang kaset Hip Hop dan aku mulai bergoyang sambil dengarkan musiknya yang aduhai, seolah tak pernah ada duka. Apalagi kalo udah dengerin musik REGGAE, hallah, serasa dunia ini milikku. My favorite raggae singer until now is Bob Marley (the late).

"One good thing about music when it hits you feel no pain." (Bob Marley).

Menyemai Cinta melalui Perhatian.

Image
Mereka yang mengenalku, kebanyakan mengatakan bahwa aku ini selalu kelihatan bahagia.  Aku selalu kelihatan fresh, tidak pernah terlihat sirat di wajahku yang murung. Aku pastikan, bahwa bukan hanya kelihatannya saja aku bahagia, tapi memang aku bahagia. Bahagia, karena caraku dalam menyemai cinta melalui perhatian setelah anak-anakku berumah-tangga cukup berhasil. Bahagia, karena rasa syukur atas nikmat yang Allah berikan kepadaku. Dan bahagia, karena di usia senjaku, 74, aku masih bisa menghasilkan karya, berupa postingan yang sederhana ini.

Hargailah Pembantu Rumah Tangga..

Image
Blog-ku ini adalah sebuah blog yang berisi campur-sari. Karena itu dari awal lahirnya blog ini 9 April 2009 aku beri nama "MISCELLANEOUS goodcrab." (goodcrab disini aku artikan dengan bebas sebagai seekor kepiting yang baik, hehehe...-- ojo diguyu!). Lalu dibawahnya kan ada tulisan tuh: -- berbagi yuuk -- 
Nah, jadi aku punya alasan yang kuat nih untuk berbagi cerita tentang judul postinganku.

Yati Rachmat: Tetap Menulis di Usia Senja

Image
Note: Atas izin Mbak Leyla Hana, bunda meng-copas postingan ini dari blog Menghidupkan Kehidupan.



Tulisan ini disertakan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri Minggu Ketiga  Saat senja nanti, apa yang akan kulakukan? Insya Allah, jika umurku panjang, tentu saja aku akan terus menulis. Sebab, menulis sudah menjadi napas hidupku sejak kecil. Sewaktu SMA, aku sudah bercita-cita menjadi ibu rumah tangga yang penulis. Kini aku membayangkan di usia senjaku kelak, kuhabiskan waktu bersama peralatan menulisku, barangkali lebih modern daripada sekarang, aaamiin…. Dan tentu saja juga semakin giat beribadah sebagai bekal pulang ke rumah-Nya.

Aku sudah pernah bertemu dengan penulis senja yang sangat produktif, Pipiet Senja. Dunia memang sempit. Kini aku dipertemukan dengan penulis yang lebih senja lagi. Sungguh aku tak menyangka, usianya sudah 70 tahun, tapi semangatnya seperti baru 40 tahun. Iya, kukira usianya baru 40 tahun. Beliau adalah Bunda Yati Rachmat. Jika saja aku tak mencemplun…

Allah Selalu Menyayangi UmatNya.

Image
Semalam, Rabu, 19 Juni, salah seorang tetanggaku yang bersebelahan rumah denganku di Pamulang, juga teman dekatku, telah meninggalkan semua rekan-rekan yang menyayanginya untuk selama-lamanya. Innanilahi wainna ilaihi roojiuun. Semoga arwahnya diterima di sisi Allah SWT sesuai dengan amal dan ibadahnya, diberi kekuatan,  kesabaran kepada keluarga besar dan rekan-rekan yang ditinggalkan.

Pagi ini, secara tidak sengaja, kutemukan secarik kertas yang berisikan  cuplikan dari bagian ayat-ayat suci Al Qur'an, untuk mengingatkan, betapa Allah selalu menyayangi umatNya. Secara lengkap bunyi ayat-ayat tersebut dapat dibaca langsung dari Al Qur'an.

Sajikan FIESTA Seafood di Rumah Anda.

Image
Siapa yang tidak mengenal jenis makanan seperti shrimp nugget, shrimp roll, atau shrimp shumai? Apalagi ketika mendengar nama FIESTA Seafood.  Pasti sudah tidak asing lagi, bukan?

Saya gembira sekali ketika menerima tiga paket dari FIESTA Seafood, hari Selasa, tanggal 18 Juni, sekitar jam 20.00 WIB.  Saya menahan diri untuk tidak memasaknya malam itu, tapi menunggu keesokan harinya, yaitu hari ini, Rabu, 19 Juni 2013. Berikut adalah hadiah yang saya terima dari FIESTA Seafood melalui Mbak Indah Julianti Sibarani, Mak Sepuh dari Kumpulan Emak2 Blogger. 


Hati yang Tertoreh.

Image
. Aku masih juga menekur dihadapannya. Tanganku melilit-lilitkan saputangan di jemariku. Aku semakin menunduk, seolah aku  ingin memastikan bahwa  kuku jari-jari kakiku terawat dengan apik dan bersih.  Andro menyukainya. Tiga tahun yang lalu, aku gadis lugu, 19 tahun, cantik. 

Kegiatan Nyekar Bagi Keluarga Kami..

Image
Bukanlah merupakan suatu keharusan, bahwa setiap menjelang bulan suci Ramadhan, kita harus melakukan kegiatan "nyekar". Namun, kegiatan nyekar bagi keluarga kami sudah menjadi kebiasaan yang turun temurun dilakukan setiap akan memasuki bulan suci Ramadhan.
Tanpa terasa bulan suci bagi umat Islam sudah berada diambang pintu lagi.  Puasa pertama 1 Ramadhan 1434, mungkin akan jatuh pada tanggal 8 atau 9 Juli 2013.  Aku harus membuat sebuah program, hehe...biar sedikit keren kedengarannya, tentang kemana saja tujuan "nyekar": yang akan kami aku lakukan.

Cincin Itu Bukan Untukku..

Image
Sepucuk surat yang aku terima bukan ditujukan untukku, tapi untuk kakakku, Netty. Pengirimnya? Ya, ampun, dialah nama yang selalu aku corat-coret di atas lembaran buku Diary-ku. Nama seseorang yang belum pernah aku kenal. Dan nama sesosok makhluk Allah yang begitu menarik hatiku. Kenapa? Karena namanya bagus sekali Bhirawa. Ada embel-ember di depan namanya: Kapten. Wah, pikirku, pasti nih orangnya gagah dan berwibawa. Dia adalah kawan karib kakakku. Ingin rasanya aku tanyakan pada kakakku, siapa dia? Atau langsung saja barangkali apakah Kapten Bhirawa itu, pacarnya, atau paling tidak seberapa dekat hubungannya.

Perjalanan Hati -- Berjodoh.

Image
Mbak Riawatielyta mengadakan sebuah Give Away Perjalanan Hati .

Bunda mencoba untuk ikutan Give Away ini, untuk melatih menulis FF.



“Apakah kau siap menerima dia, Tresia?” Siska berbicara dengan hati-hati. Tresia tetap menunduk. Diusapnya jari-jari kakinya yang bagus. Bersih dan terawat. Wajahnya menengadah. Pandangnya menyapu kaca jendela kantor kecil yang akan disewanya. Kotor dan lembab. Tresia perlu memberikan keputusan cepat. Kalau tidak, pasti akan dibutuhkan lebih dari satu orang karyawan.

“Baiklah. Suruh dia menghadapku. Besok pagi. Jam sepuluh. Dengan catatan, aku tidak bisa memberinya gaji besar. Kau bilang dia seorang mahasiswa, kan?”

“Nanti, kau bicarakan saja dengan Hendi. Calon pegawaimu.”

Siska tersenyum puas. Usahanya membantu Hendi semoga berhasil. Sebuah pekerjaan. Sekali-gus, mungkin, jodoh buat Tresia.

Alangkah terkejutnya Tresia, ketika keesokan harinya, sosok yang selama enam bulan terakhir selalu menjadi hayalnya. Mengisi mimpinya. Yang selalu m…

Sebelum dan Sesudah Jadi Member KEB

Image
Sebelum bunda menjadi member KEB (baca: Kumpulan Emak2 Blogger), sebenarnya bunda sudah lama berkecimpung di dunia maya, yaitu sejak bulan April 2009. Kegiatan bunda biasa-biasa aja tuh.. Aktifitas pun paling mengikuti audisi menulis yang diadakan oleh Penerbit atau oleh KordinatorAudisi.Teman di dunia maya memang banyak, tapi tidak lebih dari 600-an. Jumlah ini pun juga bertambah karena bunda memenangkan beberapa audisi menulis, sehingga banyak fesbukers muda usia yang meng-add bunda. Mereka juga mempunyai hobby yang sama, yaitu menulis.