Posts

Showing posts from September, 2013

Khayalan-khayalanku yang Tersembunyi.

Image
Berkhayal, sebuah pekerjaan abstrak yang terkadang juga mengeluarkan energi. Lho koq bisa sih, berkhayal mengeluarkan energi? Ya bisa aja, coba kalo kita berkhayal mendaki tebing terjal, atau memasuki sebuah lorong yang panjang, seperti yang kita dapati di Bukittinggi -- yang disebut Gua Jepang -- pastinya ngos-ngos-an. Aktifitas yang tak diundang, seperti ngos-ngosan itu sangat menguras energi. Menguras energi berarti memacu adrenalin, kan?

Aku berkhayal dengan santai aja deh ya, seperti berkhayal menjadi seorang Penulis. Khayalan ini bisa saja menjadi kenyataan, kalau saja kita benar-benar berkonsentrasi dan memiliki passion. Apa sih passion kita? Tentu saja menulis-lah.


Khayalanku pun begitu, passion-ku juga sama dengan mereka yang menginginkan menjadi Penulis. My Passion is "Target to Become an Author," --  of course a famous author, say, like Agatha Christie. Jadi selayaknyalah apabila kita (jelasnya aku) tidak boleh merasa bosan dengan melatih diri untuk menulis. Mema…

Orang Kecil Mensukseskan Orang Besar.

Image
Kalau anda pernah tahu, atau mungkin memang anda tinggal di wilayah Jalan Merpati Raya, Ciputat, pasti memaklumi, bahwa sudah sejak bulan lalu sedang ada penggalian untuk pemasangan pipa air minum. Pekerjaan ini total membuat kemacetan lalu lintas sepanjang jalan itu. Tidak saja di wilayah Jl. Merpati Raya terjadi kemacetan, tetapi juga hal ini merembet sampai ke arah jalan Bintaro Junction. Bener-bener macet total. Ojecker pun sangat sulit untuk menerobos kemacetan ini.

Aku teringat kata Pakde Cholik, sang pemberi arahan, bahwa ide itu bisa datang dari mana saja. Ide itu pating sliwer, kata beliau. Dan kini aku akan mulai menggaet ide-ide yang bersliweran itu, huahuahua...
Dapet deh ide yang ini:

Judul postinganku diatas: "Orang Kecil Mensukseskan Orang Besar.". Bingung, kan? Coba lihat gambar yang aku foto pake hape jadulku ini. Di terik matahari sekali pun, mereka, orang-orang kecil ini, bekerja dengan penuh keringat dan semangat untuk mengais rizki di kota. Mereka yang h…

MFF PROMPT #25 - HARUSKAH?

Tantang Dirimu untuk Menulis.

Alhamdulillah, bahagianya aku ketika bisa menyelesaikan postingan untuk menjawab tantangan #30HariNonstopNgeblog yang diadakan oleh DBlogger dan Blogdetik, kemudian ditambah lagi dengan #10daysforASEAN. Selama waktu itu stamina yang aku rasakan benar-benar fit.  Aku tak peduli dengan ide yang belum muncul. Yang penting, ketika aku duduk di depan komputer dan jari jemari ini menari, begitu saja keluar deh bertaburan untaian kata-kata. Setelah selesai, baru  aku koreksi lagi, yang gak enak, aku buang, yang kurang pas, dibuat pas, dan yang nyleneh dibuat gak nyleneh, hehe.... Betul juga sebenarnya kalau ada yang mengatakan bahwa ide itu bersliweran -- tergantung bagaimana kita cepat tanggap dan bereaksi terhadap ide yang bersliweran itu. Dalam satu bulan aku bisa menghasilkan 40 (baca: empatpuluh) postingan. Bayangkan -- empat puluh postingan -- bukan hal biasa, kan? Tapi luar biasa. Koq bisa? Karena ada tantangannya? Bukan! Karena ada jeritan dalam hati: Ayo, terus berkarya menghadapi t…

Banner Warung Blogger.

REVIEW NOVEL "LABIRIN RASA"

Image
Judul Buku: LABIRIN RASA
Penulis: Eka Situmorang-Sir
Penyunting: Faisal Adhimas
Penata Letak: Tri Indah Marti
Designer Sampul: Oxta Estrada
Penerbit: Wahyumedia
Jumlah halaman: 394 12,7 x 19 cm.
Cetakan 1: Jakarta, Wahyumedia, 2013.

Harga:Rp.42,600 (diluar ONGKIR)




KOMENTAR
Cukup lama aku menyelesaikan membaca novel dengan jumlah halaman 394 ini. Biasanya, melihat buku novel dengan jumlah halaman 200an aku sudah mulai mikir 2 x untuk membacanya, tapi novel ini dengan jumlah halaman 394, begitu saja menjadi magnit bagiku untuk membacanya. Bukan karena ada hadiahnya, tapi karena my curiosity tentang apa sih arti Labirin Rasa itu?

Halaman demi halaman telah membawaku semakin larut untuk terus membacanya. Gangguan typo yang bersliweran di banyak halaman tidak mengurangi niatku untuk terus membaca. Dari sini aku bisa menyimpulkan apa yang dimaksud dengan Labirin Rasa itu. Sebuah petualangan rasa dalam mencari sang Pangeran Fajar. Ya, rasa juga mampu untuk berpetualang.

Namun apabila buku ini akan turu…

TangSel Punya Sebuah RSUD yang Megah.

Image
Kalau tidak untuk menjenguk salah seorang adikku yang sedang dirawat di RS itu, pasti aku tidak tahu, bahwa RSUD itu memiliki kamar-kamar yang bersih dan perawat-perawat yang ramah. Entahlah, mudah-mudahan ini bukan karena RSUD itu baru didirikan. Kita harapkan saja nasib RSUD ini tidak akan sama dengan nasib Bis Trans Jakarta, yang hanya pada awalnya saja mewah, bersih dan membuat nyaman, namun seiring berjalannya waktu, menjadi sebuah wadah transportasi yang tidak nyaman bagi penumpan. Terjadinya adu sikut dan aduk "bottom" sudah hal yang biasa. Tidak ada lagi toleransi bagi penumpang yang sudah sepuh.

Nah, semoga saja RSUD ini akan tetap seperti sekarang. Bersih secara keseluruhan, mulai dari area pendaftaran sampai ke semua ruangan pasien. Sungguh, membuat pasien betah.

Ada hal yang menggembirakan, bahwa sejak tanggal 1 Septembert  2013 launching oleh Ibu Airin Rachmi Diany Wardana, Ibu Walikota Tangerang Selatan yang manis dan cantik, bahwa pengobatan di RSUD ini adala…

Jakarta, Diplomatic City of ASEAN.

Image
Hari ke-10 (4 September 2013) #10daysforASEAN. Yeeee....the Last Days of Pompeii, Ooops, maksudnya the last day of #10daysforASEAN.. TEMA: Mengapa Jakarta bisa terpilih sebagai Diplomatic City of ASEAN. Apa dampak positif dan negatifnya bagi Indonesia, khususnya Jakarta? Kesiapan apa saja yang perlu dilakukan oleh Jakarta sebagai tuan rumah dari Perhimpunan Bangsa-bangsa ASEAN?-----------------Lima negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand melalui Deklarasi Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 mendirikan sebuah Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara yang kemudian terkenal dengan singkatan ASEAN (Association of  South-East Asia Nations). Organisasi ini dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Dalam poin yang tercantum dalam prinsip utama dari ASEAN adalah menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan integritas wilayah na…