Thursday, September 29, 2016

Theragran-M yang Mumpuni

-
Theragran-M, Multivitamin dan Mineral -- memang sudah sangat familiar di rumahku -- anakku mengkonsumsinya dan ia memiliki badan yang sehat, bugar dan jauh dari sapaan penyakit. Kenapa aku tidak mengikuti jejaknya, meminumnya secara teratur setiap hari? Aku lebih mengandalkan obat-obatan herbal untuk menjaga kesehatanku, namun pola makanku lepas kendali. Sebagai manusia yang belum mantap kedisiplinannya, hehe...terkadang tergoda juga untuk menyantap makanan yang sebenarnya harus dijauhi demi menjaga kesehatan diri.  Lalu apa yang harus dilakukan kalau keinginan sudah tak tertahankan ingin mencicipi makanan favourit yang, wooow...mengandung banyak lemak, tapi begitu menggiurkan.

Wednesday, September 28, 2016

Cara Bijak Belanja Online Melalui Priceza!


Pada cuplikan dari website tekno.liputan6.com terdapat gambaran pengguna internet di Indonesia berjumlah 88.1 juta. Mengingat masyarakat semakin melek teknologi, kemungkinan besar jumlah ini akan segera merangkak naik. Apakah semua pengguna internet ini berhubungan dan suka sekali belanja online? Belum tentu. Lho koq? Iya, karena dari total yang 88.1 juta penggila internet itu tidak semuanya masyarakat pencinta internet sering beraktivitas dengan yang namanya "belanja online." Walaupun sebenarnya belanja online itu peminatnya tidak terbatas pada keterkaitan dengan ekonomi. Siapa saja, asal mampu dan mau belanja online. Pasti boleh dan bisa -- sejauh Anda memiliki Debit Card, Kartu Kredit, atau uang cash untuk COD (Cash on Delivlery). Satu hal yang harus Anda miliki yaitu Cara Bijak Belanja Online Melalui Priceza.

Monday, September 26, 2016

Arisan Link BP Batch#11 Menggaet Seorang Penyair

Arisan Link BP Kel.6 Batch 11 dimenangkan oleh Mbak Susan Indriany, selanjutnya aku akan menyebutnya dengan "Susan" saja. Akrab? Ya, memang anggota Arisan Link BP Kel.6 ini boleh dibilang akrab satu sama lain berkat adanya grup WA. Kami saling berkomentar seputar apa saja di grup ini. Rasanya seperti ngobrol face to face. Kami saling berbagi informasi dan saling menjawab pertanyaan dari salah seorang member Grup WA, sekali pun bukan ditujukan kepada dirinya. Kebayang, kan, akrabnya kami  ONLINE melalui grup WA? Sama-sama juga ada yang berbagi Job Review. Hhmm...asyiiklah pokoknya mah!


Wednesday, September 21, 2016

SimPATI Internet Mania dari Telkomsel


Sejak awal mengenal handphone aku telah menjatuhkan pilihan pada kartu SimPATI,  aku tidak tertarik untuk menggunakan kartu lain. Kenapa? Karena setiap saat tak terduga Telkomsel mengeluarkan produk-produk barunya.  Telkomsel melalui kartu SimPATI seringkali memberikan bonus berupa kesempatan bicara gratis selama 20 atau 30 menit ke sesama pemilik SimPATI. Ada lagi -- kalau kita aktifkan fasilitas yang bernama TM (Talk Mania) ON, kesempatan untuk bebas nelpon selama total 250 menit dan biaya? Super murah, cuma Rp. 3,850. Caranya ketik TM ON -- kirimkan ke 8999.

Thursday, September 15, 2016

Asuransi Kesehatan Terbaik AIA Indonesia

Pengertian Asuransi

Begitu maraknya iklan tentang bermacaam-macam asuransi yang ditawarkan, baik melalui online atau melalui media offline, seperti majalah, surat kabar atau flyers. Juga Anda pasti sudah pernah, bahkan sering mendengar tentang Asuransi Kesehatan Terbaik AIA Indonesia   Sebelum membahasnya, mari kita sama menelaah apa yang dimaksud dengan arti asuransi itu sendiri secara sederhana.


Wednesday, September 14, 2016

Tahukah Anda Asuransi Online Jiwa Terbaik?

Dalam kehidupann di dunia ini tak seorang pun yang menginginkan sesuatu yang fatal terjadi pada dirinya, namun apabila Allah menghendaki, tak satu pun makhluk di dunia ini yang bisa menghentikannya. Nyawa semua makhluk dalam hitungan detik selalu dalam intaianNya. Kita tidak tahu kapan Allah akan menjemput kita dengan caranya. Bisa saja kecelakaan mobil ketika kita bepergian untuk berlibur, mungkin kematian menghampiri saat kita sedang duduk santai bersama keluarga. Semua kejadian itu hanya Allah Yang Mahatahu. Karena itu sebagai umatNya yang arif, kita harus berpikir cerdik dalam menghadapi tajamnya arus kehidupan yang dihadapi. Mereka yang mengerti tentang asuransi tentu akan mencari Asuransi Online Jiwa Terbaik untuk keluarga tercintanya.

Sunday, September 11, 2016

What Is My Favourite Me Time?

ODOP hari ke-14, tema Me Time Favourite, Minggu, 11 September 2016. Aku baru saja mulai tak-tik-tuk di atas keyboard laptopku. Aku akan terus menulis apa yang ada dalam pikiranku melalui jemari yang masih lincah ini. Seperti banyak yang mengatakan, kalau mau menulis, menulislah, jangan memikirkan apa judulnya. Lho? Jadi kalau belum tahu judulnya gimana mau lancar menulis? Karena itu lebih baik aku pilih saja judul yang tidak jauh dari tema yang diberikan oleh Cikgu Ani Berta. Ini judulnya: "What Is My Favourite Me Time?"

Friday, September 09, 2016

DeadLiner Stand Up Comedy On the Blog?

Sourc: pixabay
ODOP hari ke-12, Jum'at, 9 September 2016. Tema: Bebas. I scroll di daftar "Posts" -- aku lihat masih ada satu "draft" yang belum di publish, ya iyalah, masih draft jelas belum di publish, gimana sih bunda ini. Maaf, biasalah karena sedang terburu-buru harus mengerjakan 2 buah Review, jadi bingung juga mau nulis apa ya, untuk postingan ODOP hari ke-12 ini. Sedangkan hari ke-11 aku menyerah membuatnya karen temanya agak susah bagiku karena berkisar dan menyangkut soal agama. Jadi terpaksa aku menyerah sebelum bertempur.  Aku putuskan untuk meng-edit draft yang belum di publish ini. Aku harus meng-editnya di sana sini dan aku gunakan untuk mengu-update blog-ku untuk ODOP hari-12.  Tulisan tersebut ternyata draft yang gak sempet aku publish karena  kendala teknis

Wednesday, September 07, 2016

Kenangan Temu Kangen Keluarga Besar Unicef

Wah, wah, waaah, ODOP hari ke-10 dengan tema "Cerita dari Reuni (Sekolahan/Bebas)" ini bikin keningku yang udah berkerut tambah berkerut. Aku tidak mau terlalu lama tercenung memikirkan apa yang akan aku tulis. Masih ada bahan koq untuk tulisanku.

Tuesday, September 06, 2016

My Home Sweet Home

ODOP hari ke-9 bertema Home Sweet Home, tema yang kebetulan sekali dengan kesempatanku pulang ke Pamulang 2, my home residential, my home sweet home.Ya, itulah istilah yang selalu dipakai oleh anakku almarhum tentang rumahku yang mungil, boleh dibilang 4-L, ya, gitu deh istilah kekinian apa pun namanya, tapi itu artinya Lo-Lagi-Lo-Lagi. Rumah satu lantai. Memang rumah kami kecil dengan ukuran tidak sampai  80 square meters. tapi kami memilikinya sejak tahun 1987. Banyak kisah-kisah manis di balik kemungilan rumah itu.

Kenapa di atas aku katakan kebetulan dan kesempatan. Sejak beberapa bulan belakangan ini aku sulit sekali untuk menengok rumahku. Anakku membutuhkan aku untuk stand-by berada di rumahnya karena tugasnya. Ia harus berangkat di pagi hari pukul 06.45, sementara si Mbak datang sekitar pukul 06.45 or 06.30, sehingga ada kevakuman di mana cucuku akan berada sendirian di rumah sebelum berangkat ke sekolah. Hal ini tidak mungkin aku biarkan. I love my grandson so much. So, kenapa gak, aku yang akan selalu ada di rumahnya ketika pagi hari menanti si Mbak datang. Aku senang dan bahagia melakukannya. Aku hanya tinggal mengatur jadwal setiap week-end dan pada hari-hari libur kantor anakku, pasti aku akan berada full day di Pamulang. 

Monday, September 05, 2016

Mau Tahu Perlengkapan Ngeblog-ku?

Tema ODOP hari ke-8, Senin, 5 September 2016 "Perlengkapan Kegiatan Ngeblog yang Penting Dimiliki." Alhamdulillah, tema yang gak terlalu menguras daya pikir. Secara sederhana akan aku uraikan apa saja yang perlu dimiliki untuk menunjang kegiatanku ngeblog.


Komputer atau Laptop


Pada awal ngeblog aku tidak memiliki perlengkapan apa-apa, selain "fulus di saku" karena aku melakukan kegiatan ini selalu di Warnet, hehe...Tapi kemudian ada perubahan berkat perhatian dari anak-anakku aku diberi hadiah sebuah laptop ACER -- ceritanya aku sudah muat di postingan sebagai cerpen.

Mulailah aku berselancar di dunia maya dengan tenang dan penuh semangat karena sudah ada sesuatu yang utama harus dimiliki oleh seorang blogger. Tanpa alat canggih yang satu ini, bagaimana mungkin aku bisa melakukan kegiatan ngeblog atau pun berkirim-kiriman email dengan anakku yang tinggal nun jauh di sana. Melalui alat yang satu ini komunikasiku dengan anak, menantu dan cucu cukup terjaga dan harmonis, selama jaringan bagus. Jarah yang di antarai oleh benua pun tak terasa. Kerinduan selalu terpenuhi melalui cerita yang bisa dengan leluasa aku atau pun anakku berceloteh tentang apa saja melalui email.



Perlengkapan lain untuk menjadikan kegiatan ngeblog jadi lebih asyik.

Setiap membuat sebuah postingan tentu saja ada usaha untuk menampilan postingan semanis mungkin di blog yang sudah ber-dot-com atau pun yang masih blogspot. Nah, untuk keperluan itu, maka peralatan-peralatan kecil tapi yang menjadikan semangat untuk ngeblog adalah sebagai berikut::



Tas kecil yang berwarna coklat ini bisa memuat semua peretelan alat-alat yang selalu harus stand-by dalam tas besarku.  Kelihatannya kecil, tapi bisa memuat segala yang tertera dalam gambar di atas:
  1. power bank (brand-nya aku lupa, hehe)
  2. BOLT Wifi Super 4-G-451G
  3. Flash-disk penyimpan data
  4. dua buah charger untuk persiapan andaikan battery Wi-Fi dalam kondisi low-battery.
  5. Extra cables untuk Wi-fi dan power bank selalu aku bawa untuk berjaga-jaga, siapa tahu Bolt Wi-Fi low-battery, maka ada cadangan di powerbank. Lho! Kan sudah ada cable yang panjang. Iya, sih, tapi kalau aku sedang mengikuti satu acara dan tempat dudukku jauh dari "colokan" (?), power-bank ini sangat membantu. 
  6. Earphones (2 buah) yang selalu dalam tas, walau pun jarang sekali aku pakai.

Gatgets lain sebagai pelengkap




SAMSUNG Galaxy Tab 10.1 ini juga selalu dalam tas-ku untuk menghilangkan kejenuhan di kala aku beranjak ke tempat tidur. Untuk mempercepat kantukku selalu aku usahakan membuat draft postingan di TAB ini, membuka postingan-postinganku sambil berbaring santai dan membalas komentar-komentar rekan blogger yang berkunjung ke blog-ku. Kemudian tak lupa aku usahakan untuk melakukan blog-walking sesegera mungkin. Melakukan aktivitas ini alih-alih mengantuk aku jadi semangat dan kadang lupa waktu.

Sebagai Wallpaper, baik untuk TAB atau pun handphone terlihat foto anak dan menantu. Kenapa, koq gak fotoku? Karena TAB ini adalah pemberian anakku (si Bontot) sebelum ia berangkat ke negara nun jauh di sana itu. Jadi tetap aku pertahankan menghias Samsung TAB Galaxy sebagai wallpaper untuk mengobati rasa kangen..


Handphone LENOVO 5" -- (kapasitasnya aku lupa, hehe...) ini aku peroleh sebagai hadiah ulang tahunku tanggal 10 Juli yang lalu dan baru aku terima akhir Juli. Belated birthday gift tetapi sesuatu sekali. Beberapa bulan tanpa handphone rasanya "mati gaya". Blogger renta juga boleh donk mati gaya. Coba, kalau ada acara blogger tanpa handphone, mana bisa berpartisipasi dalam lomba livetweet. Walaupun aku sendiri belum begitu canggih ber-twit-ria.

Ternyata anakku juga memperhatikan mengenai tas yang biasanya dipakai oleh kebanyakan blogger, yaitu tas ransel. Haha...anakku membelikan aku sebuah tas ransel. Tapi karena terlalu bagus dan juga pernah aku coba memakainya dengan memasukkan semua perlengkapan perang online-ku. aku merasa kurang nyaman, disamping rasanya "terlalu keren" berada di punggungku, aku gak comfortable aja karena susah juga ya untuk mengambil dompet yang selalu aku buka-tutup ketika dalam perjalanan untuk membayar biaya transport -- uang kan adanya di dompet, wkwkwk...  Padahal harga tas ransel itu cukup mahal. Ketika itu harganya Rp. 750K. Mahal dan bagus tapi tetap aja aku tidak nyaman memakainya.

Ini dia tampilan tas yang sebenarnya sangat efficient dipakai olehku sebagai blogger (cieee...cieee...) andaikan isinya hanya laptop dan handpone doank, tapi aku kan membawa peralatan lain, juga buku catatan dan lain sebagainya, sehingga menyebabkan tas-itu tidak mampu menampung semua keperluanku. Karena itu aku lebih nyaman memakai tasku yang selalu terlihat "gendut", namun aku nyaman dan aman...semua yang aku perlukan...ada di dalamnya.

Tas ransel tampak belakanng
Tas ransel tampak depan

Tas ransel bagian dalam

Tas ransel bagian samping tempat handphone dan earphonenya


Walau pun bagus dan harganya aduhai waktu membelinya, tetap aja gak pernah bunda pake ke acara blogger, ssstttt jangan bilang-bilang si Bontot, ya... Bunda lebih nyaman memakai tas yang gendut ini, hehe...
Harrods yang bikin bunda nyaman, berat pun tak terasa.
Printer? Scanning Machine?

Tersedia di rumah anakku, tapi aku jarang sekali nge-print, kecuali ada "flyer" undangan yang aku malas menulis alamatnya dan rincian acara yang panjang, barulah fasilitas ini aku pakai. 

So, sebagai blogger yang biasa-biasa aja, aku kira semua yang aku paparkan dan merupakan milik sendiri, bukan pinjaman lho...sudah memadai bagiku untuk terus melakukan aktivitas ngeblog. 

Selamat malam dan selamat ngeblog.

.

Sunday, September 04, 2016

Legitnya Kue Pancong

Hari ini aku harus pulang ke Pamulang dengan menumpang Uber dan seperti biasa melewati  Prapatan  menuju arah Pamulang 2. Di situ selalu mangkal tukang kue pancong. Kalau saja aku naik Ojek atau Go-Jek, pasti aku sudah berhenti dan membelinya. Makanan ini sangat, sangat mengingatkan aku pada kue atau masakan ke masa kecilku.

Saturday, September 03, 2016

Badai Pasti Berlalu

ODOP hari ke-6, Sabtu,3 September 2016 adalah menulis Cerpen. Hiks...ide dari mana nih. Tapi, tenang, aku akan bercerita tentang diriku, kan bisa juga dianggap sebagai cerpen. Insya Allah aku usahakan berjalan di lorong waktu ke tahun 2009 onward. Aku akan menuliskan judul cerpenku: Badai Pasti Berlalu."

"Pagi-pagi Mama udah ngonlain deh!" anakku memulai komentarnya di pagi hari. Suaranya agak sedikit sinis, ketika melihat aku sudah mulai menarik kursi dan duduk di depan komputer.

"So what?" jawabku sambil tersenyum, tapi nada suaraku tidak kalah sinisnya.

"Ya, gakpapa sih. Tapi Mama kan harus ingat kesehatan Mama juga. Mama masih harus banyak beristirahat," sambungnya.

"Otak Mama butek rasanya tidur melulu. Capek. Penyakit 4-L lelah, letih, lesu dan lemah masih juga betah di badan Mama."

Aktivitas online-ku selalu saja mendapat hambatan yang membuat hati ini kurang lega duduk di belakang komputer.

Kesempatanku online secara leluasa adalah ketika cucuku ke sekolah dan anakku ke kantor. Itu pun aku harus berhati-hati. Listrik di rumah anakku sudah memakai sistim PLN Pintar alias sistim pulsa. Namun hal ini lebih memberikan aku keleluasaan. Dengan demikian aku bisa melakukan kontrol berapa jumlah pulsa yang tersedot ketika aku melakukan kegiatan online. Tanpa diminta aku akan segera membeli pulsa di Alfa Mart terdekat. Sistim baru ini lebih banyak membantu dibandingkan dengan sistim lama. Aku bisa melihat ke mesin pencatat sebelum mesin itu mengeluarkan bunyi siulannya, hehe...

Suatu ketika salah seorang anakku ingin melihat apa gerangan aktivitas online-ku. Apa yang menjadikan aku addicted melakukannya.

Selama ini tak seorang pun yang memberikan apresiasi terhadap aktivitas online-ku.

"Mau tau apa yang membuat Mama betah ber-lama-lama di depan komputer?" tanyaku tanpa menanti jawaban dari mereka.

Aku puas membuat mereka terpana saat aku minta mereka meng-klik link blog yang berisi postingan-postinganku.

"Wooow, ini semua hasil Mama online? Keren juga Mama-ku ini!"

"Ya, iyalah, masa hasil karya orang lain ada di blog Mama, sih!"

Anakku tersenyum penuh arti. Kemudian aku klik akun Facebook-ku. Aku tunjukkan kepada mereka.

"Gila! Lihat, teman Mama berjumlah 987. Fastastis banget sih, Ma! Temenku jumlahnya masih di bawah 200. Keren, Mamaku." puji anak perempuanku yang tertua.

"Semua ini tak mungkin terjadi bila Mama tidak duduk di belakang komputer, kan?"

Anak-anak tersenyum manis. Serentak mereka memelukku. Indahnya hidup ini bila orang-orang tersayang di sekelilingku mulai mengerti diriku.

Waktu pun terus bergulir...

Dan aku masih tetap dengan kegiatanku yang sama. Ngeblog.

Tahun berganti tahun hingga tibalah pada tahun 2012 aku benar-benar bangga pada diriku karena telah melihat secara fisik hasil karyaku yang dibukukan. Ya, naskah-naskahku yang diikutkan dalam lomba menulis antologi menjadi nyata bisa bertengger di rak-buku di rumahku.

Selang beberapa waktu setelah kejadian dialog itu anak-anak mengajakku berlibur ke sebuah pulau. Dalam rangka ulang tahunku yang ke 73. Kami berlibur selama tiga malam. Pada malam ulang tahunku, tepat pukul 00.00 aku dibangunkan oleh anak-anakku. Mereka menggiring aku ketepi sebuah kolam di Villa itu. Tanpa komando cucu-cucuku kompak membimbingku ke ruang tamu Villa.

Aku sudah mendapat bocoran tentang rencana mereka. Jadi aku berusaha menarik hati cucu-cucuku untuk membela aku.

"Jangan biarkan Bunda diceburin ke kolam renang,ya! Tahu, kan, Bunda paling takut sama air. Awas, kalo gak belain Bunda." ancamku, tapi aku sergap pipi-pipi mereka dengan kecupan sayang bertubi-tubi, agar rona kebohonganku tidak terbaca oleh mereka. Sebenarnya aku tidak pandai berenang.

"Beres, Bun! Tenang aja!" cetus mereka hampir serempak.

Hhhh...leganya hati ini desisku perlahan sambil kutatap satu persatu mata cucu-cucuku yang indah dan berbinar dalam semburat senyum tak berdosa.

Urunglah rencana para Mama dan Papa mereka. Aku selamat dari incaran mereka untuk menceburkan aku ke kolam renang. Suasana tetap meriah. Hadiah kejutan pun diserahkan kepadaku. Hadiah itu adalah apa yang selalu kudamba. Sebuah Laptop ACER. Dengan penuh euforia, aku peluk laptop itu bak aku memeluk seorang kekasih hati.

"Langsung deh si Mama nih ngisi status di fesbuk kalo dapat hadiah laptop. Sampe deh tu kabar ke seantero belahan dunia, maksudnya temen-temen online Mama," canda si Bungsu.

"Jelas donk, status itu perlu koq, berbagi kegembiraan boleh, kan? Mama bangga menerima apresiasi dari anak-cucu-menantu Mama. Insya Allah Mama and tetap eksis di dunia online sampai saatnya jemari ini gak kuat lagi menekan toets keyboard laptop," ujarku.

Aku rasakan ada sesuatu yang hangat memenuhi kelopak mataku. Aku tahan agar tidak merebak. Aku selimuti dengan senyum kebahagiaan. Ya, Allah, lindungilah mereka yang menyayangiku dengan sepenuh kekuasaanMu. Aamiin.

Pikiran negatif yang dulu pernah muncul di hati anak-anakku akhirnya sirna. Berkat kegigihan dan kesabaranku yang selalu berharap suatu saat Badai Pasti Berlalu. Allah telah menjabah do'a dan harapanku.

Alhamdulillah, ya, Allah atas rezeki yang Kau limpahkan melalui anak-cucu dan menantuku.

Friday, September 02, 2016

Investasi Bekal ke Surga Bernama Pahala


 One Day One Post, hari ke-5, Jum'at, 2 September 2016.

Terinspirasi oleh postingan yang aku ikut-sertakan dalam sebuah lomba, aku coba untuk menyalurkan apa yang aku pikirkan menjadi sebuanahtulisan dengan judul seperti tertera di atas. Dalam benakku terbayang tentang sebuah investasi yang bisa kita wujudkan  selama kita masih mampu menghirup udara segarNya kepada orang tua kita. Maksudnya? Tentu saja ia bernanma Investasi Pahala. Kita semua pasti sadar dan tahu betul bahwa pahala itu bukan kita yang menentukan, tetapi Allah, Sang Pencipta seluruh jagad raya dan seisinya.