5 Hal yang Ingin Aku Lakukan di Tahun 2019

Day-17

5 Hal yang Ingin Aku Lakukan di Tahun 2019
Dipenghujung tahun 2018 ini aku belum sempat memikirkan apa yang ingin aku lakukan di tahun 2019 yang sudah diambang pintu ini. Yang ada dalam benak di sisa-sisa bulan Desember ini adalah menyelesaikan tugasku yang sudah terjadwal dengan baik dalam buku catatanku. Mengejar ketertinggalan dengan serius semaksimal yang aku bisa. Ini sebuah komitmen pada diriku sendiri.
Tapi ber-andai-andai di kala menjelang tidur sebelum mata terpejam boleh kan. Ini yang aku lakukan. Sambil meregangkan otot-otot kaku karena terlalu lama duduk tegak di kursi aku menggeliat nikmat. Desah kepuasan dan rasa bersyukur kepada Allah karena setelah 3 hari aku diberinya kelemahan tubuh dan hanya mampu berbaring dengan android ditangan tetap beraktivitas. Kini tidak lagi. 

Alhamdulillah.

Aku sudah bisa duduk tegak di kursi, menghadap laptopku yang dua hari nganggur. Laptop sekarang suka membuat ulah -- kadang-kadang huruf-hurufnya lincah banget, menari-nari, berlari-lari ke sana ke mari hampir menimbulkan emosi karena gak terkendali sih, bikin jemariku jengkel aja jadilah ketukannya lebih keras dari biasanya,hahaha...#jemaringambekceritanya. Aku sebenarnya gak lupa sih memang laptop ini sudah terlalu lama aku pakai tentunya jelas kalau sering membuat ulah dengan berlarian ke sana ke mari tuh di layar monitor. Tapi tetap dengan sabar aku menarikan jemariku di toets yang sudah hampir hilang semua huruf-hurufnya, hiks... Lho? Kenapa harus hiks? Kan usia laptop itu sudah uzur (bukan orang aja yang uzur).  Geliat dan stretch di punggung dan pinggangku semakin membuat nyaman. Sebelum anganku terbang ke alam mimpi aku berharap 5 hal yang ingin aku lakukan di tahun 2019 dijabah Allah Swt. 
"Apa sih keinginanmu itu?" ada tanya jauh di dasar hati


(1) "Mengganti beberapa potku yang terbuat dari plastik dengan pot keramik KW-lah gakpapa. Kualitas KW juga cukup bagus untuk menggantikan posisi pot plastik di ruangan tamu," ujarku tanpa lawan bicara.
Source: Google

Aku tidak akan memaksakan diri. Memiliki keinginan  untuk melakukan hal-hal yang masih menyangkut di dalam hati dan pikiran adalah sah-sah saja. Namun tentu saja aku harus bisa mengukur diri. Maksudnya tidak terlalu melihat ke atas dengan membandingkan kehidupanku dengan kehidupan orang lain yang jauh lebih baik dariku.

Juga jangan terlalu melihat ke bawah agar semangatku tidak menjadi pudar bahkan menjadi hilang sama sekali. Owww...tidaaak, jangan sampai aku mengalaminya. Allah sedang mengujiku. Kalau bisa kelihatan manis hanya menggunakan pot-pot plastik, kenapa harus bingung untuk menggantinya dengan pot dari keramik yang harganya sekian kali lipat? Laksanakan kalau sepanjang tahun 2019 ada rezeki. Agree, forget it for the time being.

(2) Pasang Canopi di teras karena kalau hujan air tertiup angin , maka seluruh teras sampai ke depan pintu akan basah. Sekarang kan sudah sering hujan lebat disertai angin kencang. Oke, yang ini akan aku laksanakan pada tahun 2019 agar pot-pot plastikku tidak terlalu basah yang bisa menyebabkan tanaman dalam pot terguyur air juga -- kemudian busuk dan mati...hiks. Jadi yang ini yuk, aku harus catat dalam buku.

(3) Mengatur waktuku sebagian besar dari hari ke hari dalam tahun 2019 untuk meng-upgrade diri dalam skill blogging. Coba lagi, coba lagi, praktikkin, paling salah, hehe... gakpapa salah kan Learn by mistakes harus diterapkan untuk bisa mencapai gradually ilmu yang ingin aku raih. In Shaa Allah.

Ingat selalu akan mottoku sendiri "Tak satu jalan ke Roma" -- selama ada kemauan pasti di situ ada jalan. Walaupun jalan terseok-seok karena berbatu-baru, pasti akan sampai juga ke tujuan. Begitu juga dalam menggali ilmu yang aku inginkan mungkin harus dengan kepercayaan seperti itu juga. Dari jumlah l0  yang harus aku pelajari alam tahun 2019 tak mungkin kalau tidak satu pun yang aku capai. Apa? Satu? Dari 10 harus diusahakan tercapai 9, hahaha...#maksa.



(4)Ganti laptop tua ini dengan yang baru agar lebih lancar dalam melaksanakan tugas blogwalking etcetera, etcetera... dengan menyenangkan. Untuk yang satu ini tentu saja aku harus berusaha mempercantik tampilan blog dan belajar membuat konten yang bagus agar lebih banyak dan lebih sering lagi dilirik para client. Bukan hal yang tak mungkin sebelum akhir tahun laptop yang sekarang ini sudah di LEMBIRU, hehe... 

 
(5) Merealisasikan resolusi yang tertunda karena satu dan lain hal yang tak bisa dihindari sejak tahun 2014. Mudah-mudahan resolusi tersebut bisa aku implementasikan di tahun 2019.

Resolusi yang tertunda begitu lama menerbitkan sebuah buku kumpulan cerpenku. Kenapa sampai begitu lama? Karena aku coba mengirimkannya ke penerbit mayor untuk diterbitkan #soksiiih.   Padahal aku ini apalah hanya remah-remah rengginang yang terserak. Ya jelaslah dalam tiga bulan dikembalikan naskah contoh yang aku kirimkan. Sedih? Gak. Kecewa? Sedikit. Masih ada Self Publishing, aku gak perlu sedih dan kecewa. Yang penting ada sesuatu yang bakal ditinggalkan untuk anak cucu menantu.


 
Note: Tidak ada orang yang akan bodoh selamanya selagi masih ada minat dan hasrat di hatinya untuk belajar. #reminderformyself. Punya semangat untuk belajar. Itu yang penting. Betul gak sih?



Comments

  1. Kena banget nih paragraf terakhir...

    Semoga terwujud keinginan buku terbit tahun depan, Bunda.

    ReplyDelete
  2. kalau saya, 2019 pengen ganti status aja bukan single lagi :v
    intinya memperbaiki kesalahan2 yang dilakukan tahun sebelumnya

    ReplyDelete
  3. Aamiin, semoga tercapai ya bunda :)

    Kalau saya juga mau ganti laptop, #2019GantiLaptop :D
    Biar kegiatan bloggingnya bisa lebih memungkinkan dan gak lelet ngabisin waktu

    Resolusi emang harus direalisasikan ya, tak peduli seberapa lamanya itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, kita sama-sama mendo'akan semoga harapan kita memiliki laptop baru yang ringan dibawa dijabah Allah. Aamiin. Setuju, Reyne, yang penting selalu ada usaha ke arah itu.

      Delete
  4. Yang perlu di lakukan di tahun 2019 adalah niat doa dan usaha agar bisa membeli pot bunga keramik. Kalau bisa jangan yang KW, asli dong. Semangat terus mencapai cita cita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mpo ratne, yang penting pot-pot bersih dan gak pada somplak, hehehe...gak kebayang sih mau beli yang keramik...

      Delete
  5. Semoga semuanya bisa dilaksanakan ya, Bun. Saya sellau kagum dengan semangat Bunda untuk sellau mau upgrade skill

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya, Chi, cuma masalahnya bunda tuh sukanya ribet belajar sendiri, maunya pake tutor yang konkrit, hehe...

      Delete
  6. aku juga pengen menyelesaikan tulisanku mbak, hihi..
    semoga cita-cita kita terwujud yaa untuk menerbitkan tulisan sendiri :D

    ReplyDelete
  7. Duuh, buk, keren euy Bunda, udah mau terbitkan buku aja, selamat deh, semoga akan terwujud, Allah SWT mengabulkan

    ReplyDelete
  8. Semoga bisa terealisasikan semua yaa Bunda.. saya juga pingin ganti laptop yg kecilan, yg sekarang terlalu gede jadi susah buat ditenteng sana sini hehee

    ReplyDelete
  9. Semoga semua keinginan dan niatnya bs terealisasi ya Bunda...
    Semoga bunda senantiasa sehat dan dilindungi Allah SWT. Aamiin Allohumma Aamiin..

    ReplyDelete
  10. Iya bener bunda. Sekarang kalo hujan suka disertai angin kencang jadi tempias air bisa sampai pinti. Kayak rumahku. Jadi akhirnya pintu susah dibuka

    ReplyDelete
  11. Bunda mirip suamiku. Dia juga berencana buat ganti semua pot plastik taneman di rumah dengan pot porselain satu satu nyicil

    ReplyDelete
  12. Wah aku juga point 5 jadi resolusi tahun ini mba, masih proses sih, akan ikut private mentoring non fiksi. Semoga sama2 dilancarkan yaaa

    ReplyDelete
  13. bunda semoga keinginannya terwujud yah aku juga masih terus belajar kalau untuk blog heheeh

    ReplyDelete
  14. Semoga leptop barunya nanti manfaat ya bunda. Biar semangat Bw nya.

    ReplyDelete
  15. Barakallahu fiik, Bunda.
    In syaa Allah tercapai dan rejekinya berkah di tahun 2019 ini.

    Impian bunda mengenai berkebun bikin aku sadar, selama ini niat hati juga ingin memiliki tanaman gantung yang di pot plastik lucu-lucu itu loo, Bun...
    Tapi belum sempat karena merasa gak ada yang bantu.

    Harusnya mah...meskipun ga ada yang bantu, tetep aja jalan yaa, Bun...

    ReplyDelete
  16. Semoga impian bunda Yati di tahun 2019 bisa terwujud. Aku terpicu oleh semangat bunda, semoga senantiasa diberikan kesehatan ya

    ReplyDelete
  17. Semoga resolusinya terwujud ya Bunda. Kujuga mau upgrade diri soal blogging biar makin oke. Laptop juga semoga ada rejeki

    ReplyDelete
  18. Aamiin bun moga2 semua resolusinya terwujud ya. Kepoh yg no 5 tapi apapun itu moga dilancarkan :D
    Moga laptopnya jg ada rezeki ganti yaaa :D

    ReplyDelete
  19. Iya nih Bunda, aku 2019 ini pengen banget dua bod terhandle dengan baik, namun harus bisa berbagi waktu dengan anak-anak. terutama karena ada baby, tapi Alhamdullilah jadi amal dan ladang inspirasikku

    ReplyDelete
  20. Masalah mengukur diri gak cuma buat bunda kok, aku jug aharus bis amengukur diri sesuai kemampuan. Sehat2 trus ya bun

    ReplyDelete
  21. semoga tercapai semua yaaa Bunda...aku just go with the flow, Yang pasti berdoa agar 2019 penuh berkah

    ReplyDelete
  22. Semoga semua resolusinya terealisasi ya bunda sayang. Tetep semangat bunda dan sehat terus. Muahhhh.

    ReplyDelete
  23. hahh keren mbak bikin cerpen dan nunggu diterbitin sama penerbit terkenal hueheh sukse ya mbak untuk segala resolusinya in isemoga one by one terwujud. aamiin

    ReplyDelete
  24. Semoga tercapai semua ya bundaa. Aku pingin ganti agap rumah nii

    ReplyDelete
  25. Wah lumayan juga nih dananya buat mewujudkan resolusi. Semoga tercapai semua tahun ini ya

    ReplyDelete
  26. saya pun pengen ganti laptop mba hahaha, semoga yah apa yang kita inginkan di tahun ini terwujud, amiinn

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu