AKU BANGGA JADI BLOGGER

 

Aku Bangga Jadi Blogger 


Aku tak pernah menyangka sama sekali di awal aktivitasku sebagai member,  Founder Komunitas  Kumpulan  Emak Blogger, Mak Mira Sahid memberi aku kesempatean untuk berpartisipasi dengan Co-Founder KEB, Mak Indah Julianty Sibarani menemani beliau, Mak Eliza Koraak dan Mak Oline Koraak untuk wawancara di Stasiun Radio, Jalan Petogogan, Blol A, Kebayaron Baru, Jakarta Selatang. Semula aku bingung. Tapi setelah diberi arahan aku paham dan wawancara berjalan lancar. Alhamdulillah.


Dokpri

Tunggu dulu, bukan itu saja. Di acara lain yang aku hadiri di Gedung CDC (CDC stands for Cyber Data Center, beliau (Founder KEB) menarik tanganku dan memperkenalkan aku dengan seseorang yang sedang memegang standing camera. Singkat cerita aku langsung di foto setelah sedikit wawancara. Ternyata aku dicalonkan untuk menjadi salah seorang pemeran untuk shooting DVD tentang LINIMASSA2. Hingga sekarang aku belum pernah menerima DVD-nya.

Kemudian, di tahun yang sama (Oktober 2013) aku dapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam Kelas Menulis Fiksi Komunitas Kumpulan Emak2 Blogger. Aku ingat dijelaskan tentang perbedaan antara Fiksi dan Non Fiksi. Ini hal baru bagiku. Karena selama ini aku hanya menulis tanpa tahu spesifik arti antara Fiksi dan Non Fiksi.

Source: Google


Selama ini yang aku tahu perbedaan antara keduanya terletak pada gaya bahasa saja. Fiksi berkenaan dengan cerita yang fiktif, cerita yang direka-yasa, tidak berdasarkan kejadian sesungguhnya. Sedangkan yang non-fiksi, satu cerita tentang kejadian nyata dibuat sedemikian rupa dengan gaya bahasa yang teratur dan rapih. Cerita berdasarkan kejadian yang pernah ada, baik tokoh, tempat kejadian sebenarnya, baik nama tokoh dan tempat kejadian memang pernah ada.(CMIIW) 


Dari sini aku dapat pelajaran yang manfaat sekali. Aku sedikit banyak sudah bisa membedakan mana cerita yang fiksi dan non fiksi. Sungguh aku mendapat kesempatan untuk belajar menulis lebih baik lagi. Ilmu yang sangat manfaat.

Bayangkan, andaikan aku bukan member dari Komunitas Kumpulan Emak2 Blogger, setidaknya akan sulit ikut berpartisipasi di Kelas Menulis ini, karena kelas ini hanya untuk para blogger, hehehe...

Nah, aku tidak salah kan memberi judul postingan ini sedemiian rupa, karena memang AKU BANGGA JADI BLOGGER. Sungguh!

Btw, walaupun fiksi itu merupakan cerita hayalan, tapi si Penulis harus teliti dan waspada lho untuk tidak membuat kesalahan yang fatal dalam menulis, misalnya sang penulis mengutarakan Karaban Sapi itu berasal dari Sumatra, padahal sesungguhnya budaya Madura. Lalu me+nyebutkan JAM GADANG itu ada di Solo, Jogja atau di daerah lain di Pulau Jawa, padahal yang betul adalah di Bukittinggi, Sumatera Barat. Hal-hal kecil seperti itu bisa membuat kesalahan fatal dalam sebuah cerita walaupun hanya cerita fiksi. 

Nah, dengan pengalaman yang aku dapatkan seperti yang aku sebutkan di atas, tak pelak lagi aku untuk mengatakan dengan lantang AKU BANGGA JADI BLOGGER.

Hati-hati ya dalam menulis.

SELAMAT MENULIS, GUYS.


 




+/-431Words


 


Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu