SANSEVIERIA SI LIDAH MERTUA





 SANSEVIERIA SI LIDAH MERTUA


Aku menyukai tanaman ini karena mudah perawatannya. Tanaman ini lebih dikenal dengan nama lidah mertua, hihihi...mungkin karena bentuknya yang kaku dan tajam. Tahan panas tapi tidak anti air. Kalau kita lupa menyiramnya hingga satu minggu, misalnya, tanaman itu tetap segar.  Akhirnya aku jadi jatuh cinta pada si Sanse ini kemudian mengoleksinya. Baru beberapa jenis saja yang aku punya. 


Yang aku baca dari majalah Trubus, variannya banyak hingga 200an species.  Harganyapun bervariasi dari yang paling murah hingga yang mahal tergantung jenis dan bentuk tatanan helai-helai daunnya. Dari jumlah 200an ini aku baru punya sekitar 20an varian. Itupun ada 5 pot si Gold Flame yang sudah tumbuh dengan suburnya dan harganya pun lumayan.Tapi karena aku tinggal bermalam di rumah anak, lupa memberitahu kalau si Sanse ini tidak suka air, jadi tidak boleh disiram terlalu sering dengan air yang banyak. Dia akan mati terkulai karena akarnya busuk. 
Dokpri (S.brown kirky)

Aku makin menyukai Sanse ini, disamping tampilannya yang kokoh, gagah di pot, juga bisa manfaat untuk lingkungan. Sanse ini bisa jadi penyerap polutan yang memiliki jumlah klorofil (zat hijau daun) yang banyak. Pot tanaman aman untuk kesehatan apabila tetap diletakkan di dalam ruangan. Untuk beberapa jenis tanaman lain harus dikeluarkan pada malam hari karena akan mengeluarkan racun yang tidak menyehatkan bagi tubuh.


Anak-anakku tidak akan marah andaikan budgetku berkurang atau bahkan habis sebelum  waktunya. Kenapa? Karena tanaman ini kalau sudah bergerombol akan menerobos dinding pot yang terbuat dari plastik. Jadi sekalian mengganti medianya akupun harus memisah-misah anakannya, diperlukan ekstra pot, tanah gembur, sekam bakar dan bubuk anti semut diperlukan untuk memelihara tanaman dari serangan semut terhadap akar-akarnya. Mungkin manis ya, hehe...

Aku baru seminggu yang lalu membongkar satu pot yang sudah padat dan perlu di pisah-pisahkan. Kebetulan jenisnya yang bagus dan ada harganya tidak seperti jenis laurenti yang biasa ditanam sebagai pagar-pagar halaman. Nama Sanse yang baru aku pisah-pisahkan  Sansevieria  Moonshine.


dokpri Sanse moonshine dg.kelainannya


Btw ruangan teras di rumahku yang Home Sweet Home sudah terlalu penuh dengan pot-pot tanaman miscellaneous (?) ada satu pot besar pohon Anthurium Hookeri yang menyita ruangan karena semakin lama semakin bertambah helai daunnya. Usianya sudah sejak tahun dua-ribu-tujuh. Tolong hitung usianya jadi berapa tuh sekarang, hehe....

Ini dia si Anthurium Hookeri.


dokpri








Comments

  1. Lidah Mertua ini salah satu jenis tanaman yang banyak dipelihara di taman rumah orangtuaku, bun. Memang menggemaskan ya bentuknya seperti itu, tapi indah dipandang. Kalau terawat dengan baik pasti tampilannya bersih dan indah. Ditaruh di pot bakalan cantik2 semua koleksinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dirawat ya tp cuma seminggu sekali diseka/dilap helai2 daunnya.

      Delete
  2. Wah bunda pecinta tanaman ya
    Tanaman lidah mertua ini juga banyak di tanam di kompleks perumahanku bun
    Bikin tamannya makin cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada jenis yg bisa dibuat pagar taman. Tp kl yg agak mahL ytk hiasan xivruangan krn sifatnya pollutan.

      Delete
  3. Wah, Bunda suka bunga, aku juga suka bunga, awalnya dulu suka yang berwarna hijau atau daun-daunnya, sekarang suka yang ada bunganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg ada bunganya agak berston dompet hehe...kl sanse ini wlp ada yg super majzl tp yang bunda punya yg biasa2 aja. Yg agak berharga jenis Moonshine.

      Delete
  4. Bunda pohon Anthurium Hookeri nya besar bangeet pantesan umurnya udah belasan tahun bunda. Ophi punya jg yg besar pdhal udah dicacah jd beberapa pot kecil tp indukkannya tetap besar dan subur bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ophie itu hasil cacahan dari induk bisa jDi 6 batang pohon baru.Anak2nya udah pd digondol keponakan hehe...Yg ini teras bunda dah kebanting nih mungkin mau diungsiin ke rmh anak yg terasnya jzuh lbh luas.

      Delete
  5. Lidah mertua nih tanaman bandel kalau kataku, karena aku punya juga di rumah. Tahan banting dia sama cuaca, tapi memang belakangan karena panas banget aku jadi 2x menyiram setiap harinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ķl hujan 2 hari or lbh baru disiram tp kl panas hnya sekali sehari aja.

      Delete
  6. Bun, waktu tahu nama tanaman sanseviera disebut juga lidah mertua, aku sempat ngakak lho. Kayaknya lidah mertua ke arah yang negatif, kaku dan "apa kita dia" aja hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tauk tuh knp nm Indonesianya kejem ya lidah mertua hehe...tp bnyk koq mertua yg hatinya super baik. Anyway spalaharti srbuah nama.

      Delete
  7. Di rumah ibuku ada banyak banget tanaman lidah mertua ini. Lidah mertua ya Bund, bukan lidahnya mertua, hehehe, becanda. Tanaman ini mudah dirawat dan juga mudah dikembangbiakan. Saking mudahnya, di rumah ibu sampai bisa dijadikan pagar taman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang yg jenis laurentii bida dijadiin pager tumbuh subur.

      Delete
  8. Saya juga suka sama si lidah mertua ini. Walaupun tajam dan kaku, tapi tidak rewel. Tidak perlu selalu disiram makanya saya suka karena saya tuh tergolong malas ngerawat, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasian donk sayang nti dia ngambek matilah dia. Liat2 aja siapa tau ada kutu putihnya cepetan dipotong.biar gzk nularjn dsun lain.

      Delete
  9. Wah Bunda, baru tau kalau Sanseviera ini gak suka air. Hiks punyaku ada dua tanaman lidah mertua, keduanya mati karena busuk kebanyakan aku siram air.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kejamnyandikau hehe...#becanda. Si Sanse itu gak ngeborosin air sayangky. CUMAN dicepretcepretin air dikit aja juga dia mah oke oke aja.

      Delete
  10. aku juga punya tanaman ini bunda. betul banget nggak rewel jadi meskipun jarang di siram tetap segar.
    bunda tanamannya cantik-cantik dan terawat dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih pujiannya. Suka diajak berdialog pelan2 jd pada subur hehe

      Delete
  11. Samaa kayak aku Bunda. Suka sama tanaman ini. Murah juga harganya. Nggak bandel juga alias nggak butuh perawatan khusus. Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eeeiiit sapa bilang murmer, Alida sayang. Banyak yg bagus2 tapi mahal jd lewat deh dr koleksi bunda. 5 pot Gold Flame dan 1 pot Sanse Twister terkulai busuk akar karena ditinggal ke rmh anak disiramin sm yg nungguin rmh boros air nyiramnya jadilah 6 pot jatuh tetkulai tak tertolong, hks hiks

      Delete
  12. Dulu di belakang rumah ada banyak dan kupikir ya tanaman liar. Pas sudah gedhe, tahu ternyata Lidah Mertua tuh jenisnya banyak. Mana cakep-cakep lagi kaya punya Bunda Yati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dear Jiah ada kurleb 200 jenis sedangkan koleksi bunda kurang dari 20 jenis.

      Delete
  13. Cantik semua Bunda, sanseviera dan anthuriumnya..kebayang betapa home sweet home-nya rumah Bunda Yati. Bikin makin sehat ya Bun:)

    ReplyDelete
    Replies


    1. Makasih pujiannta. Betul sekali kl gak ada pot2 tanaman takut banget cepet p--un hihihiii....

      Delete
  14. Punya 20 varian? Wah, masya Allah... Saya tau lidah mertua itu pas masa pandemi, padahal ternyata udah ada di halaman rumah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ngeh ya?Ayo skrng cepetan dirawat dan dibelai hihi....pasti kl yang buat pagar cepet beranak pinak.zBisa2 kewalahan lho!

      Delete
  15. Bunda Yati hobi bertanam yaaa... sama persis kayak ibuku. Beliau punya banyak tanaman. Tidak khusus mengoleksi jenis tertentu sih. Asalkan suka dengan bentuknya, biasanya akan beli atau bawa dari temannya untuk ditanam di rumah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus itu,mbak Uniek. Nurun gak ke anak beliau hehe...pastilah mbK Uniek gak sempet ya.

      Delete
  16. wah bunda bagus banget koleksi tanamannya. saya seprtinya harus berguru kepada bunda yati karena tanaman saya yang bernama anthurium hookery saya kerdil dan gak sebesar punya bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu hookeri yg ada skrng hasil cacah bonggol sblm Pandemi. Eh, skrng terasnya malah kebanting.

      Delete
  17. Seneng deh lihat Bunda Masih sehat. Bisa terus nulis ditambah punya aneka tanaman di rumah. Jadi inget ibuku yang suka berkebun deh. Beliau juga suka nanam dan koleksi berbagai tanaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp bunda kan cuman sanse doank, sedabgkan yg lain buangan dr temen yg daunnya tinggal 2 o3 lembar dikasih kw nunda. Nah bunda rawat udah jadi 3 pot ukuran 30cm.

      Delete
  18. Saya juga suka dengan tanaman lidah mertua, Bun. Saya senangnya yang ada list kuning di pinggirnya. Katanya tanaman itu bisa membantu membersihkan udara di dalam ruangan dari udara kotor termasuk asap rokok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut TRUBUS semua jenis SANSE afalah bersifat sebagai pollutan jd ditarok di kmr tidur pun rapopo tak akan mengganggu pernapasan seperti beberapa tanaman lain yg kl mlm gak boleh ada di ruangan.

      Delete
  19. Jadi salah satu wishlist kalau punya rumah nanti harus banyak tanaman tapi gak mau repot, wkwk jadi ambil tanaman yang perawatannya minim kayak lidah mertua ini ya bun?

    ReplyDelete
  20. Rumah Bunda Yati pasti asri & sejuk banget yaaa karena banyak tanaman. Tanaman lidah mertua ini aku punya beberapa pot dan kemarin kubawakan ke sekolah anak untuk program penghijauan.

    ReplyDelete
  21. Maasyaallah. Kebetulan di rumah saya juga nanem. Tapi baru satu pot, karena katanya bisa menyaring udara kotor dan menghasilkan o2 di malam hari ya. Pernah juga nyoba perbanyak dengan stek batang tapi akarnya lama muncul, sampai sekarang blm berhasil Hehe. Inspiring tulisannya bun..

    ReplyDelete
  22. bunda, inna juga punya lidah mertua di rumah. dari 2 pohon minta ke tetangga, sekarang numbuh jadi banyaak alhamdulillah. gampang pula perawatannya untuk yang nggak telatenan seperti inna ini hehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu