Target yang Ingin Dicapai Tahun 2021

 Target yang Ingin Dicapai Tahun 2021

 

Sumber gbr.:transducation.com

Setiap tahun sudah pasti selalu ada target yang ingin dicapai, namun terkadang ada saja kendala yang membuat target itu hanyalah tinggal menjadi target belaka. Banyak hal yang menyebabkan aku tidak dapat mengimplementasikan apa yang sudah kucanangkan pada tahun tertentu. Target tahun ini Insya Allah akan aku tuliskan di bawah ini:

I.  Konten Blog

    Terus terang selama ini aku akui konten  postingan-postinganku di blog masih jauh dari sempurna. Aku harus menempa kemampuan untuk bisa memperbaiki kualitasnya agar pembaca yang mampir ke blogku bisa merasa terinspirasi, paling tidak tetap membaca postingan yang kutulis up to the end, tidak hanya menjadi pembaca paruh bagian saja, belum selesai membaca sudah kabur karena bosan dengan konten yang aku sajikan.  Aku harus berusaha bounce rate-ku akan sangat menurun di Google Analytic.

Untuk sampai ke tahap ini tentu saja aku harus banyak belajar dan rajin membaca artikel-artikel milik blogger lain yang sudah jelas memiliki konten atau tampilan yang super menarik.  Aku tahu tidak semua yang harus aku kunjungi itu milik blogger terkenal. Terkadang blogger pemula juga bisa lho jadi panutan isi blognya karena judulnya menarik dan isinyapun sesuai kata hati pembaca. Nah! Akan mampukah aku mengimplementasikannya ke dalam konten artikel di blogku. Inilah salah satu targetku tahun ini. Hanya waktu yang akan menjawabnya. 

 

II. Perdalam tentang Google Analytic

Beberapa tahun yang lalu aku mengikuti pelatihan untuk mengenal apa itu Google Analytic. Pengetahuanku untuk mampu membaca GA betul-betul big zero padahal aku mengikuti pelatihannya. Aku harus mencari di mana kesalahanku. Aku harus tekun dan objektif mengeritik diri sendiri agar kemajuan step by step bisa didapat. 

Kelemahanku memang dalam mengulik ilmu secara online. Sulit bagiku untuk mampu menyerapnya, kecuali dengan bantuan tutor pendamping secara konkrit. Hal yang tidak mudah aku lakukan, karena setiap orang memiliki kesibukan-kesibukan mereka yang tidak bisa dikorbankan begitu saja hanya untuk langsung mengajariku  GA. 

Jujur, di usia hampir 82 tahun memang menyimak secara online satu ilmu  teramat sulit bagiku. Aku bertanya pada diri sendiri: "Haruskah belajar itu mengandalkan seorang pendamping yang akan mengajariku dengan sabar?" Kalau tidak memecut diri lalu akan sampai kapan hal ini dibiarkan berlalu tanpa solusi dan usaha yang maksimal.


III.  Membangkitkan Semangat Rajin Membaca

Sumber gbr.dreamstime.com
 

Aku juga heran kenapa aku sekarang jadi kurang suka menyisihkan waktu untuk membaca. Untuk memperkaya diksi dan memperkaya variasi dalam menulis aku harus menggalakkan aktivitas ini. Dengan rajin membaca aku yakin akan timbul lagi semangat untuk menulis secara berkala dan tidak membiarkan blog  yang  aku bina nerasa kesepian berbulan-bulan. Aku sadar membaca itu bukanlah semata harus membaca buku tetapi juga membaca postingan atau artikel milik blogger lain serta juga mengikuti berita-berita dari sumber mana saja yang secara objektif bisa menyulut keinginanku untuk menuliskan sesuatu di blog, hehe...

 

IV. Belajar Aplikasi Canva

Aku perhatikan aplikasi ini banyak sekali digunakan oleh para blogger untuk mempercantik tampilan blog maupun gambar-gambar yang dibutuhkan untuk mempercantk tampilan sebuah artikel.  Mungkin hanya aku yang tertinggal. Apalagi infografis  yang akan membantu menyederhanakan bahasan yang ditulis dengan panjang lebar dan rumit untuk ditangkap menjadi begitu menarik dan sangat simple dirangkum dalam sebuah gambar. 

Untuk hal ini sudah kutemui sebuah link yang memuat beragam informasi tentang apa  yang disebut infografis dan apa manfaat mempelajari dan/atau menggunakannya dalam membuat postingan yang dibuat agar lebih menarik. Insya Allah aku akan mulai membaca dan mempelajari tentang infografis ini. Kalau blogger lain bisa kenapa aku tidak? Yang penting ada niat untuk menguliknya dengan serius tanpa seorang pendamping. 


Empat topik ini untuk menjadikan pencapaian targetku tahun 2021 mungkin terlalu banyak. Tetapi sekali lagi Insya Allah aku akan mendisiplinkan diri untuk mempelajarinya.

Dengan ketekunan dan kepercayaan diri, bukan halyang tidak mungkin aku akan bisa memahaminya dengan baik dan menerapkannya ke dalam penulisan artikel di blogku. Mudah-mudahan target ini akan berhasil aku realisasikan tahun ini.  Aamiin.

 

Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu