Berbuat Sesuatu Untuk Mengurangi Global Warming


Tema postingan kali ini adalah apa yang telah kita lakukan dalam mengurangi kondisi global warming. Nah, pertama-tama tentu kita, khususnya aku, harus tahu dulu donk arti global warming itu apa sih? Dapatkah kita Berbuat Sesuatu Untuk Mengurangi Global Warming?
Yang dimaksud dengan "global" adalah secara umum atau keseluruhan dan bukan menjelaskannya secara terperinci. Kemudian "warming' yang berarti pemasanan. Bila diterjemahkan kita mengartikannya bahwa "global warming" itu sama juga dengan pemanasan yang terjadi secara menyeluruh di semua tempat, dan bahkan dunia.  Koq bisa terjadi global warming? Aku mencoba mengintipnya dari Google supaya tidak terlalu jauh membuat kesalahan dalam mengartikannya. Dari Wikipedia aku dapati seperti ini:

Global Warming adalah pemanasan global
 -- suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi --

Secara awam tapi sesuatu yang masuk akal usaha kita untuk mengurangi global warming tentu saja dalam skala kecil -- dilingkungan rumah kita sendiri. Sedapat mungkin memelihara tanaman-tanaman sebagai penghijauan, baik dalam pot-pot atau bahkan bagi mereka yang beruntung memiliki lahan -- walaupun tidak begitu luas, tanamilah dengan berbagai tanaman sebagai penghijauan. Tanaman apa saja. Alangkah baiknya dengan tanaman yang bisa kita manfaatkan. Tidak sekadar menjadikannya sebagai hiasan di pekarangan untuk mempercantik tampilan rumah kita, tapi juga sebagai sarana untuk kesehatan kita. Tanaman seperti pohon-pohon kelor, salam, sirsak, mangga, dan masih banyak lain tanaman pohon besar yang bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kondisi global warming seperti pohon Mahoni. Alhamdulillah di halaman komplek tempat anakku tinggal ditanami pohon Mahoni yang besar.
Sumber Gbr.kamaribedo.blogspot.co.id
Pendapatku ini secara sangat awam, karena pohon yang aku sebutkan di atas itu sangat baik untuk membentuk kesehatan kita karena dapat menghisap dengan sangat kuat gas karbon dioksida. Sekalipun tanaman-tanaman dalam pot sangatlah berguna, misalnya tanaman yang menjadi favoritku Sansevieria. Tanaman ini sangat baik untuk menjadi hiasan dalam pot untuk diletakkan di dalam rumah -- aman untuk dibiarkan ketika malam tiba. Kenapa? Karena tanaman ini mampu menghasilkan zat yang merupakan udara yang kita butuhkan dan kita hirup sehari-hari, yaitu Oksigen (O2). Tidak semua tanaman yang boleh atau bisa dibiarkan semalaman dalam ruangan rumah karena pada malam hari tanaman-tanaman itu banyak yang mengeluarkan zat-zat beracun  Sedangkan tanaman Sansevieria memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde dan trichloroethylene.
Dokpri

Setelah aku tahu tentang kemanfaatan tanaman favoritku Sansevieria sangat membantu untuk mencegah global warming, semakin aku bersemangat  mengembang-biakkannya. Mulailah dengan cara yang paling sederhana untuk mencegah terjadinya global warming seperti yang aku sebutkan dalam postingan ini. Giat dan bersemangat untuk menanam pohon saja yang bisa kita taman di rumah kecil dengan halaman kecil  misalnya, mulailah dengan menanamnya dalam pot-pot seperti aku ini...ciee-ciee...

Banyak cara untuk mengurangi dampak global warming kalau aku baca di beberapa postingan dari Google ini tapi rupanya penulis adalah para Scientist karena mengetahui secara mendetail tidak seperti aku nih yang hanya dengan cara yang paling super sederhana.

Yuk, marilah kita Berbuat Sesuatu Untuk Mengurangi Global Warming dengan cara kita masing-masing untuk mengurangi kondisi global warming  dan yang bisa kita lakukan semaksimal mungkin.





References:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemanasan_global
http://kamaribedo.blogspot.co.id/2011/05/tanaman-terampuh-untuk-mencegah-global.html

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu

Khasiat Serai Merah