Posts

Showing posts from May, 2019

Mengisi Waktu Selama Ramadhan

Image
Day-26
Dalam setahun ada duabelas bulan. Alangkah baik dan bermaknanya bila satu bulan terakhir kita gunakan untuk melakukan hal-hal mulia berkaitan dengan bulan suci Ramadhan. Mengisi waktu selama Ramadhan adalah dambaan setiap umat muslim. Namun terkadang ada saja yang menghambat aktivitas positif ini disebabkan kesibukan duiawi. Lalu apa yang dapat kita perbuat untuk tetap menjaga kelurusan hati agar semaksimal mungkin kita dapat melakukan hal-hal baik dan bermakna pada bulan Ramadhan -- sebagian sudah pernah aku muat di sini.

9 Tradisi Lebaran yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu

Image
D-25
Tradisi Lebaran yang Tak Pernah Lekang oleh Waktu. Dari waktu ke waktu -- sejak aku mengerti dan tahu arti Lebaran, suasananya tak pernah berubah seolah sudah dipatenkan untuk kemeriahan seluruh bangsa Indonesia yang beragama Islam.  Lalu apa saja yang  tak pernah lekang oleh waktu. Aku akan sebutkan kira-kira 9 tradisi atau katakanlah kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia yang Muslim untuk melakukan hal-hal berikut ini. Seolah sudah menjadi kebiasaan yang harus dilakukan, tak bisa dengan cara yang lain. Apa saja ya? Yuk, lanjut ikuti celotehku, hehe...:
MUDIK : lebih jelasnya aktivitas ini dilakukan hampir oleh seluruh perantau untuk kembali ke kampung halaman. Persiapan dilakukan jauh-jauh hari, karena semakin dekat dengan tanggal jatuhnya hari raya semakin pula sulit mendapat kesempatan bisa mendapat fasilitas yang baik, apalagi istimewa -- karena banyaknya manusia yang melakukan mudik. Berdesak-desakan seolah tak pernah dirasakan kelelahannya. Yang penting mereka …

Pentingkah Baju Baru di Hari Lebaran?

Image
Day-24
Kalau saja ada pertanyaan seperti di atas, maka jawabanku tergantung dari situasi dan kondisi.
Misalnya ketika anak-anakku masih berusia di bawah 20 tahun, maka jawabannya adalah: "ya" baju baru penting di Hari Lebaran apabila keuangan memungkinkan. Tapi kalau tidak terbeli karena kondisi keuangan yang sangat mepet -- tak beli baju baru pun tak mengapa -- anak-anakku sangat maha mengerti dengan kondisi kami.

Berbuka Puasa Bersama Keluarga dan Teman

Image
Day-23
Sudah menjadi tradisi bagi keluarga kami, lengkap atau tidak lengkap untuk mengadakan "bukber" atau buka bersama pada salah satu hari di bulan Ramadhan. Kali ini Berbuka Puasa Bersama Keluarga dan Teman telah kami lakukan pada tanggal 31 Mei  2019 bertempat di sebuah restoran yang cukup asri di wilayah Bintaro.

3 Hunian Mewah di Jakarta dengan Harga Lokasi Termahal

Image
Sebagai ibu kota negara, Jakarta memiliki supply hunian mewah yang cukup banyak, keberadaannya tersebar di berbagai wilayah. Biasanya rumah mewah tersebut akan dilengkapi dengan beragam fasilitas yang cukup lengkap dan memanjakan.

Make Up Saat Lebaran

Image
Day-22
Secara umum, siapapun dia, para perempuan pasti ingin tampil cantik, berseri dan menawan. Apalagi untuk menghadapi hari yang fitri setelah sebulan menjalani puasa di bulan Ramadhan. Tampil cantik make up saat lebaran memerlukan sedikit trik dalam menyatukan paduan bedak dasar yang senada dengan kulit, kemudian usapan taburan powder akan menyempurnakannya. Tidak hanya dalam balutan pakaian nan indah tapi juga mereka ingin menampilkan keserasian dalam ber-make up. Sesederhana seperti apapun penampilan seseorang, keindahan yang natural tentu akan menjadi pilihan yang paling tepat. 

3 Tips Berpuasa untuk Anak Kecil

Image
Day-21
Judul postingan Tips Berpuasa untuk Anak Kecil akan aku paparkan tentang bagaimana aku mengajarkan kepada anak-anakku ketika mereka sudah berusia tujuh tahun. Cara yang aku terapkan sangatlah sederhana yaitu, apa boleh buat, dengan iming-iming kalau tak puasa maka;
(1)tak akan diberi uang jajan. Mungkin cara ini terlalu ekstrim ya, tetapi itulah yang aku trapkan. Anak pertamaku tidak berhasil diselamatkan karena aku mengalami keguguran. Kemudian kehamilan kedua yang merupakan anak pertamaku lahir dengan selamat, bayi laki-laki -- sama -- ketika berusia 7 tahun juga aku ajarkan berpuasa dengan cara yang sama. Selisih usia antara anakku yang pertama dan kedua berselisih hanya 11 bulan, hehe... Yang kedua dan ketiga yeeaayy...KB berhasil. Selisih usia mereka  4 tahun. Daaan...yang ketiga dan keempat balik lagi tuh usia mereka berbeda hanya 11 bulan. Allah mempercayaiku untuk mengasuh anugerah buatku -- titipanNya -- Aamiin

Aplikasi yang digunakan selama Ramadhan

Image
Day-20
Ketika membaca tema hari ke-20 tentang aplikasi apa yang digunakan selama Ramadhan aku bertanya pada diriku sendiri: "Apa ya?" Tapi dengan memulai menulis postingan ini paling tidak aku sudah tahu aplikasi apa saja. Baiklah secara acak akan aku buatkan list aplikasi apa saja yang aku gunakan selama Ramadhan.

Tak Terhitung Banyaknya Amalan Puasa

Image
Day-19
Sebagai seorang yang dangkal akan kedalaman ilmu agama yang aku anut yaitu agama Islam, tentu saja ingin sekali menambah ilmu tentang betapa tak terhitung banyaknya amalan puasa. Kita hanya tahu kata puasa lalu melakukannya. Akan tetapi banyak sekali yang tidak sepenuhnya kita ketahui tentang amalan-amalan yang terkandung di dalam kata puasa. Puasa bukan sekadar menahan lapar dan dahaga. Banyak sekali yang tersirat dalam kata puasa khususnya yang dilakukan dalam bulan suci Ramadhan -- Puasa Ramadhan.


Cerita Mudik yang Berbeda

Image
Day-18
Sengaja aku beri judul postingan ini Cerita Mudik yang Berbeda karena boleh dikatakan aku ini tidak punya kampung untuk dijadikan tujuan tempat mudik. Memang ayah dan ibuku orang dari luar Jakarta, tapi mereka kan sudah meninggalkan kami untuk selama-lamanya, jadi sudah "mati obor" baik dari pihak ayahku (Padang) atau pihak ibuku (Bogor). 
Sebelum lanjut mengisi postingan ini, izinkan aku mengulik apa artinya "mudik" dari Wikipedia. Ini dia:
Mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.[1] Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Transportasi yang digunakan antara lain : pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunak…

Kenangan Ramadhan Saat Masa Kecil

Image
Day-17
Kenangan Ramadhan Saat Masa Kecil  mengingatkan akan saat aku diasuh dan dirawat oleh nenek dan kakekku. Sejak aku tahu arti puasa dari nenek, maka aku menjadi gadis cilik yang selalu bangga kalau puasaku sampai pada waktu berbuka. Kenapa aku begitu bangga? Karena celenganku yang  terbuat dari kaleng itu akan segera terisi dan  bergemerencing uang receh berjatuhan ke dalam celengan itu. Bangganya. 

Pantai Pasir Putih Pangandaran yang Memesona

Image
Pantai Pasir Putih Pangandaran, Surga Tersembunyi di Selatan Jawa Barat
Orang sering menyebut Pangandaran dengan sebutan Bali-nya Jawa Barat. Salah satu alasannya adalah keberadaan pasir putih di Pantai Pangandaran. Pantai Pasir Putih Pangandaran masih jadi favorit wisawatan. Tak lengkap jika berwisata ke Pangandaran tanpa menikmati kawasan yang sering disebut surga tersembunyi di Pangandaran ini.

Zakat, Infak dan Sodaqoh

Image
Day-16
ZAKAT, INFAK dan SODAQOH Sebagai umat muslim pasti kita semua tahu ketiga istilah naku jadikan judul postingnkunamun masih banyak yang belum melaksanakannya dengan baik dan benar. Kapan Zakat itu dikeluarkan, bilamana Infak kita laksanakan dan pada saat apa Sodaqoh kita terapkan. Semua itu perlu pengetahuan dan keikhlasan yang murni untuk mengerti dan sekaligus mempelajarinya serta melaksanakannya dengan ikhlas. Walaupun aku sudah mengaku muslin puluhan tahun, menjalankan solat wajib, solat sunnah dan melaksanakan ibadah lain yang berkaitan dengan keagamaan yang aku anut, agama Islam.
ZAKAT
Karena itu tak ada salahnya kalau di postingan ini kita sama mempelajari secara singkat tentang arti zakat. Aku segelintir umatNya yang belum paham 100% tentang arti zakat dan bermacam-macam zakat yang ada. Yuk, kita mengulik satu persatu secara singkat dari tulisan para pakar agama Islam ini.
Zakat adalah sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Muslim dan diberikan kepada golongan yang b…

No Wonder Bedak Wardah Go International

Image
Day-15
Pastinya andai aku tidak terlibat dalam kegiatan tantangan BPN30DayRamadhanChallenge2019 aku tak kan kenal dan bahkan tak kan terbuka mataku bahwa bedak yang selama ini aku pakai memoles wajahku adalah produk nasional.  Aku ini kemana saja sih ya, selalu mengira bedak yang kupoleskan di wajahku itu BUKAN produk luar negeri, tapi buatan anak negeri yang telah Go International. Ya, betul sekali -- No Wonder Bedak Wardah Go International. Mari, kita intip siapa di belakang kesuksesan produk nasional ini.

THR yang di Tunggu para karyawan

Image
Day-14
TUNJANGAN HARI RAYA YANG DI TUNGGU PARA KARYAWAN
THR kepanjangan dari Tunjangan Hari Raya. Iya, siapapun sudah tahu kepanjangannya, tapi kenapa THR -- tiga huruf itu yang didamba. Karena THR yang Ditunggu Para Karyawan setiap tahun datangnya hanya satu kali dan yang satu kali itu akan membuat hati siapapun yang bakal menerimanya penuh dengan euforia seperti gelembung balon yang mau pecah. Seperti biasa untuk menambah pengetahuanku, aku harus mengulik pengertian lebih banyak lagi tentang THR dari sumber yang bisa dipercaya. Tentu saja Wikipedia.

Beragam Gaya Rambut

Image
D-13
Berbincang tentang gaya rambut pastinya para wanita sangat menyukainya, sekalipun mereka berhijab. Hair-do bagi wanita berhijau sangatlah sederhana. Sebagus apapun kepangan rambut yang tertutup hijab tentu tak terlihat, tapi memelihara dan menampilkan gaya rambut yang unik sama saja dengan memelihara kesehatan rambut.  Rambut perlu dipelihara dan diperhatikan kesehatannya. Seperti ada pribahasa yang mengatakan "Rambut adalah mahkota wanita" --  Walaupun berhijap bukan berarti kita boleh saja sembarangan memperlakukan rambut, sehingga tak memedulikan kesehatannya.  Rawatlah rambut, beri perhatian, sekalipun seharian anda akan berada di rumah.

Sporty Look Baju Tunik Bikin Fresh

Image
Day-12

Seingatku baju tunik itu adalah baju atas atau blus yang panjangnya hingga mencapai setengah betis dengan krah baju bentuk kemeja pria. Sangat sporty dikenakan dengan celana panjang yang agak ketat yang dikenal sebagai legging. Baju tunik ini "sedang IN" kalau tidak salah ketika usiaku masih 40 tahunan, hehe... Sangat suka memakainya karena Sporty look baju tunik bikin fresh. Tapi ternyata panjangnya baju tunik beragam dan kenapa disebut "tunik" -- yuk, kita telisik melalui Wikipedia, hehe...

Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presco

Image
D-11

Betapa sangat menghemat waktu Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto -- setiap tiba saat Lebaran aku selalu teringat masa-masa ketika mulai memiliki panci ajaib yang disebut Panci Presco. Panci itu sudah aku miliki sejak anak pertamaku berusia 5 tahun, berarti tahun 1974, pasti rekan-rekan blogger banyak yang belum lahir, masih di langit yang ketujuh, hehehe...  Panci Prestoku  bermerek ISA cuma tipe-nya aku lupa. Mendapatkannya pun dengan melalui arisan ibu-ibu komplek tempat aku tinggal sekian puluh tahun yang lalu.

Penyebab Bau Mulut yang Menyebalkan

Image
Day-10
Kadang kita terlalu pede tentang diri sendiri (bukan aku lho, ada dweh!) suka merasa udah sempurna memelihara kesehatan diri, termasuk gosok gigi dan segala aktivitas yang berhubungan dengan mulut. Penyebab bau mulut itu kemudian terlepas dari perhatian. Kalau sudah ini yang terjadi, baru deh nyeselnya selangit. Trus mau ngapain? Ya, usahalah mencari solusi, kenapa sih nih mulut yang sangat dibanggakan ini jadi bau begini, hiks... Padahal penyebab bau mulut yang menyebalkan itu harus diupayakan pemulihannya.Tuntas-tas-tas.

Bolehkah Sikat Gigi Saat Puasa?

Image
Day-9
SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA
Sebetulnya setiap individu yang beragama muslim sudah sangat paham dan bisa menjawab sendiri pertanyaan di atas. Tapi di sini aku ingin sedikit berbagi pengalaman tentang Bolehkan Sikat Gigi Saat  Puasa.

Secara pribadi aku berpendapat tidak ada masalah apabila kita sikat gigi saat berpuasa. Yang penting ketika menggosok gigi, yakinkan tidak ada air atau bahkan pasta gigi yang tertelan, sengaja atau tidak sengaja. Apabila hal ini terjadi tentu saja puasa kita kemungkinan bisa jadi batal. Jangankan air yang kita telan berasal dari luar, sedangkan air liur pun bila kita telan akan membatalkan puasa. 

5 Tips untuk Memulihkan Kulit Kering

Image
Day-8

Apakah kulit anda kering? Apakah anda merasa terganggu karenanya dan menyebabkan di usia yang masih muda anda merasa kurang percaya diri? Tentu saja siapapun di usia yang masih muda sudah pasti malu mengalami kulit kering. Ini bisa menyebabkan anda kurang percaya diri. Kepercayaan diri sangat penting untuk membantu mensukseskan anda dalam pergaulan. Apakah anda berusaha mencari apa yang menyebabkan kulit anda kering dan sekaligus berusaha menemukan solusinya? Sudah pasti! Kulit adalah pelindung tubuh yang amat penting. Akupun ingin mengulik apa yang menyebabkan kulit kering dan sekaligus in sha Allah aku temukan 5 tips untuk  memulihkan kulit kering agar kembali lembab dan indah.

5 Tips Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Image
Day-7
Sebelum kita mencari Cara Menghilangkan Ketombe yang Membandel, kita cari tahu dulu deh ya apa sih ketombe itu. Aku sendiri, bukan sombong ya, belum pernah ketombean. Tapi dari pada bingung untuk membantu orang yang ketombean, yuk, cari tahu apa sih ketombe itu?

Dari Wikipedia aku dapat keterangan kurang lebih sebagai berikut:

Promo Belanja Online

Image
Day-6


Di zaman mellenial ini baik kawula muda ataupun paraorang tua bahkan para sesepuh tahu dan paham betul apa yang dimaksud dengan Belanja Online.  Apalagi kalau sedang ada Promo. Nah, Promo Belanja Online pun semakin membuat orang terlena untuk duduk di depan laptop atau gadget mereka. Cara unik belanja tanpa tatap muka dengan penjual. Belanja tanpa menguras tenaga dan mengucurkan keringat. Dan belanja sambil duduk santai bersama keluarga tercinta. 


Opor Ayam Bumbu Putih Favorit Keluargaku

Image

Sayur Lodeh Ala Bundayati

Image
D-4
Alhamdulillah dengan ikutan challenge ini aku sangat terbantu dengan tema-tema yang biasanya membuat aku stuck dalam membuat postingan. Heeemmm...Sayur Lodeh Ala Bundayati.  
Aku sangat suka sayur lodeh ini karena kuahnya dari santan kelapa yang akan membuat sayur lodeh sangat gurih.  Sebenarnya aku belum tahu sayur lodeh ini asalnya dari mana dan merupakan masakan khas daerah mana. Kenapa? Karena kalau aku ke Jawa Barat dengan mudah kita  menermui di warung sayur yang bernama lodeh ini.Begitu juga bila kita ke Jawa Tengah juga dengan mudah kita temui masakan yang satu ini. Tentu saja akan sedikit berbeda dalam apa saja isi dalam sayur lodeh itu.  Ada yang hanya satu macam saja, misalnya lodehan labu siam, maka sayur itu hanya akan terdirsatu macam sayuran yaitu buah labu.

Menu Buka Puasa Skippy No Baked Snack Special Taste

Image
Kenapa aku bubuhi resep ini dengan kata special? Alasanku yang kuat karena aku menggunakan Granola yang terdiri dari bermacam kacang-kacangan, terutama ada cashew nut favoritku di dalam campurannya, jadi sambil menguleni adonan tetap saja nih tangan jahilnya bukan alang kepalang terus memilah dan memilih cashew nutnya, kemudian? Hup! masuk ke mulutku dan terkunyah sampai lenyap di tenggorokan.  Woow...yummy! Itulah sebabnya penganan kali ini aku beri judul  Menu Buka Puasa Skippy No Baked Snack Special Taste. Spesial untukku tentunya.


Hokben Tempat Buka Puasa Favoritku

Image
Day-2 BPN30DayRamadhanBlogChallenge
Entah sejak kapan aku mulai menyukai makanan menu Jepang ini. Yang jelas sampai sekarang aku tak pernah bosan menyantapnya kapanpun.  Jawaban yang sama aku berikan kepada siapa saja yang menanyakan makanan apa yang paling aku suka. Pasti hokben.  Beragam macam hokben, kan, jadi aku selalu berganti-ganti memilih menunya.  Hari ini misalnya hokben beef teriyaki, maka lain waktu aku akan memilih hanya hot spicy teriyaki-nya. Pokoknya yang berbau hokben-lah.

Ngabuburit Istilah yang Bikin Hepi di bulan Ramadhan

Image
 Day-1 BPN30DayRamadhanBlogChallenge
Ngabuburit istilah yang bikin hepi di bulan Ramadhan yang tak asing lagi di telinga kaum muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Istilah yang paling sering dan mungkin satu-satunya  untuk menggambarkan kegembiraan menanti beberapa jam ke depan akan tiba saat berbuka puasa.

#AyoHijrah Magnit untuk Mengenal Bank Muamalat Indonesia

Image
#AyoHijrah dan Bank Muamalat Indonesia
Apa itu #AyoHijrah
Sesuai dengan arti Hijrah yang memiliki arti "lebih baik" -- program #AyoHijrah  merupakan satu gerakan yang berusaha untuk mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama meningkatkan diri dalam hal ketrampilan dan cara berpikir ke arah yang lebih unggul. Towards a better way of life