Posts

Showing posts from June, 2012

Sirih Merah Itu.

Image
Pagi ini aku berdiri di halaman belakang rumah anakku. Di rumah ini hampir 80% waktu aku habiskan, ketimbang di rumahku sendiri, di Pamulang 2. Angin yang bertiup pagi ini menyebabkan daun-daun sirih merah itu bergoyang-goyang. "Alangkah suburnya kau tumbuh", begitu kataku dalam hati. Andaikan aku memiliki sirih merah itu beberapa tahun yang lalu, tentu tidak usah jauh-jauh keponakanku mencarinya untuk mengobati ayahnya, iparku yang sedang sakit. Daun Sirih Merah telah menyembuhkan adik iparku dari penyakit yang di deritanya: penyakit 3 huruf yang menakutkan.

Hasil rontgen membuktikan bahwa paru-paru iparku ini telah hampir seluruhnya keropos, badannya pun teramat sangat kurus. Kala itu anaknya, keponakanku, harus mencari daun sirih merah itu sampai ke Bogor. Harganya pun masih mahal, satu pot kecil yang hanya memiliki dauh tidak lebih dari 20 helai daun berharga Rp. 50,000.  Setelah meminumnya sesuai anjuran seseorang: 5 lembar per hari direbus dengan air 3 gelas hingga t…

Ponsel Pintar Bikin Aku Berpredikat Nenek Gaul.

Image
Sebelum kita membahas "Paket bundling Indosat Mobile dan Nokia berisi Kartu Indosat Mobile dan handset Nokia kini hadir untuk para Wanita Indonesia dengan benefit GRATIS paket Hebat Keluarga Selama 30 Hari dan Layanan Info Wanita",  terlebih dahulu aku ingin sedikit bercerita dan yang sedikit ini perlu juga disimak ya...........:

"Aku lupa tahun berapa mulai menggenggam ponsel ke mana pun aku pergi. Ponsel Pintar ini yang membuat aku pada awalnya sempat gerah juga karena ibu-ibu di sekitar rumahku memberikan aku predikat: "Nenek  Gaul". Tapi yang aneh aku malah bangga abis disebut "nenek gaul:" ini. Mereka bilang "wah si ibu udah senyawa ya sama ponselnya, kemana aja pasti lagi "monsel" (istilah ibu-ibu yang rada-rada nyeleneh!). Itu belum seberapa, ada lagi tambahannya nih: "Masih berani ya pake celana jeans?". So what?!?  bantahku dalam hati. Sejak gadis aku sudah ber-jeans-ria, dan aku akan terus menyukai jeans sampai aku…

Persahabatan di dunia maya: JALINAN YANG INDAH.

Image
Untuk kesekian kalinya aku mengupas tentang arti Persahabatan di dunia maya. Kali ini lewat  cerita yang akan aku ikutsertakan dalam Kontes Menulis Cerpen di Blog Of  Friendship.

Aku suka sensasi partisipasinya, walaupun tidak akan meraih kemenangan menjadi Juara 1, 2 atau 3, hehehehehe..............

Buat para blogger yang belum ikutan...........ayo cepetan, masih ada waktu hingga tanggal 25 Juni pukul 24.00 lho!!

Oops....lupa! Untuk info dan persyaratannya? Kunjungi:

http://www.bloofers.org.http://www.bloofers.org





UCAPAN ORANGTUA YANG MELEMAHKAN SEMANGAT ANAK: Anak Adalah Kebanggaan Orangtua.

Image
Mungkin sudah kehendak alam bahwa seorang nenek biasanya lebih menyayangi cucu ketimbang menyayangi anak sendiri. Tapi jangan salah menafsirkan bahwa rasa sayang ini mempunyai tingkat yang berbeda. Hati seorang ibu tidak bisa dipungkiri lagi akan selalu menyayangi anaknya, siapa pun dia, apa pun dia, dalam kondisi apa pun. Karena anak adalah kebanggaan orangtua. Begitu juga dengan sayang seorang nenekyang tidak berbatas kepada cucu
Namun seiring berjalannya waktu, ketika seorang anak sudah berumah tangga dan memiliki anak, maka  peran seorang nenek dalam mendidik cucu harus 100%  diserahkan kepada ibu kandungnya.  A grandma is not allowed to interfere, at all!.  Aku cukup bangga melihat anakku mendidik cucuku dengan penuh disiplin, walaupun terkadang anakku terlalu men-trapkan disiplin yang berlebihan. Aku tidak bisa berbuat apa-apa. Coba ikuti ceritaku berikut ini:

Ketika sekian tahun yang lalu anakku sekeluarga pindah ke Luar Negeri, anakku sangat kagum pada cucuku karena ternyata…

Romansa Telaga Senja - Antologi-ku Bersama Tri Lego Full.

Image
Ternyata, gak sia-sia aku belajar menulis untuk pencerahan otakku yang, pastinya, sudah mulai malas bereaksi. Maklumlah pada usia 73  banyak sekali  yang bisa dijadikan alasan  paling tepat, malas ini, malas itu. Tapi syukur alhamdulillah aku tidak seperti itu. Aku masih ingin membuat benakku sibuk, se-sibuk-sibuknya, hehehehe......Selalu ingin belajar, dalam hal ini belajar menulis. Namun menulis itu juga harus dibarengi dengan minat membaca. Tanpa banyak membaca, apakah itu membaca cerpen, koran, novel atau apa pun, maka kemajuan yang akan dicapai akan menjadi lamban. Kenapa? Karena kosakata yang kita miliki tidak berkembang. Jadi dengan banyak membaca, kosakata kita pun akan menjadi semakin kaya, sehingga dalam tulisan kita tidak perlu terjadi "redundancy" atau pemakaian kata yang sama ber-ulang-ulang, misalnya:

Aku seringkali menjumpai anak itu di pasar. Aku seringkali juga melihatnya menjadi pak ogah. Bandingkan dengan yang ini:

Aku seringkali menjumpai anak itu di pas…

Sary Melati's Book:: Save The Animals

Syukur Alhamdulillah........... tulisan bunda termasuk yang ikutan untuk dibukukan. Terima kasih Sary Melati.   DAFTAR PENULIS BUKU #SAVE THE ANIMALS Hai, akhirnya saya berhasil menyelesaikan peer lanjutan dari proyek #SaveTheAnimals yang bertema Kisah Persahabatanku Dengan Hewan. Mohon maaf ya kalau menunggu lama, deg-degan, gak sabar :) Berikut adalah daftar tulisan teman-teman yang masuk dalam buku #SaveTheAnimals nanti:
1. Setyawan – Maafin Aku Puss

2. Ria Tumimomor – Me And Unofficial Pet

3. Jeffry Widiatijono – Kastrasi Miko

4. Jeffry Widiatijono – I Love Her And She Loves Me Too

5. Eka Situmorang-Sir – Saya Memanggilnya Sahabat

6. Agra Utari – Loyalitas Tak Terbatas

7. Pungky Prayitno – Seekor Tanggung Jawab Bernama Mili

8. Dhani Chan – Tujuh Tahun Kemudian

9. Jusmalia Oktaviani – The Wild Cats Story

10. Atica – Kisah Persahabatanku Dengan Uno

11. Ni Kadek Diwayami Sahasradewi – Zira

12. Zeth Radtra Syam – Karena Bob

13. Kisah Tiga Bayi Kucing – Yuu Sasih

14. Nur Astiti Ript…

Apresiasi dari Blogcamp.

Image
 Kontes Unggulan Indonesia Bangkit diikuti 75 orang blogger dari segala penjuru tanah air. Jenis artikel yang diterbitkan oleh para peserta guna membangkitkan Indonesia beraneka ragam. Banyak sahabat menulis artikel yang bersifat strategik dan tak sedikit pula yang menyampaikan ide atau gagasannya yang bersifat terapan. Semua artikel muaranya sama yaitu agar negara dan bangsa Indonesia menjadi lebih baik lagi dari keadaan sekarang. Saya yakin semua blogger mencintai negeri ini, negeri tempat tumpah darahnya. Sayapun percaya bahwa semua kritik baik yang disampaikan secara santun maupun agak kurang santun tetap diabdikan untuk kebaikan tanah airnya. Namun seperti yang telah saya sampaikan dalam beberapa kesempatan : ” Jika tak mau ikut membangun janganlah merusak “ . . Dari hasil penilaian juri berikut disampaikan Daftar Pemenang Kontes Unggulan Indonesia Bangkit.
Juara I Nama ; Evi
Judul : Indonesia Bangkit : Beli Indonesia
Url : http://www.eviindrawanto.com/2012/05/indonesia-ban…

Mimpi dan Kenyataan.

Image
Pernahkah anda bermimpi indah? Mimpi dalam arti sebenarnya yaitu ketika kita tidur nyenyak di malam yang sunyi. Bukan bermimpi dalam arti kata "menghayal" lho!.Orang-orang tua zaman dulu (bunda gak termasuk, hehehehe....) katanya mimpi itu hanya "bunga" tidur.  Tapi ada beberapa kejadian yang membuat tidak ada bedanya antara Mimpi dan Kenyataan. Gak percaya? Nih beberapa contoh:
Cucu bunda yang selama ini hingga usianya mencapai 6 tahun tidak pernah "ngompol" bisa lho ngompol. Dan ketika ditanya "koq ngompol sih, kenapa". Jawabnya simpel banget and nyantai. "Aku mimpi pipis, bun!".

Mau tau kenapa bunda koq membahas tentang hal yang gak penting ini -- Mimpi dan Kenyataan. Pastilah bunda punya alasan khusus. Mau tau? Ini lho:

Hari Kamis malam Jum'at minggu lalu bunda tidur teramat nyenyak. Bunda mimpi indah, bahkan mimpi itu sangat indahnya. Bunda rasa-rasanya ber-kejar-kejaran (sama siapa gak perlu bunda sebutkan deh, qiqiqiqiqiii.…