JAJANAN KHAS RAMADAN



 JAJANAN KHAS RAMADAN


Sumber: cookpad.com

Membaca judul postingan Jajanan Khas Ramadan langsung terbayang satu mangkuk  kolak ubi plus singkong yang  pulen berkuah kental dan gurih. Biasanya setelah menghirup minuman hangat untuk membatalkan puasa, aku tak sabar untuk melahap kolak yang wangi di mangkuk yang menantang, hehe.... Untungnya tidaklah mengganggu kekhusukan solat magribku. Berusaha untuk khusuk dengan mensyukuri kesehatan yang Allah berikan, karena aku telah mampu melewati satu hari puasa di hari terakhir hingga waktu berbuka. Alhamdulillah. 


Coba lihatlah foto yang aku ambil dari cookpad.com begitu menggiurkan semangkuk kolak ubi plus singkok dengan kuah kental disiram pula dengan santan kental yang memutih di atas hamparan kuah kolak yang yummy untuk diserusup selepas menjalankan sehari penuh puasa. Namun tentu saja aku tidak akan terlalu tergoda begitu saja karena ada tugas yang harus aku laksanakan terlebih dahulu sebelum duduk santai melahapnya. Alhamdulillah aku sudah terbiasa ketika bedug dan adzan magrib berkumandang aku sudah siap berwudhu. Hanya meneguk air hangat atau makan sebutir buah kurma sudah cukup sebagai pembuka puasa.


Tapi rasanya seusai solat magrib aku  penasaran untuk tidak hanya menyantap kolak kental dan menantang selera itu, aku masih juga menginginkan segelas minuman segar Tapi yang aku inginkan agak sulit dicari karena di wilayah tempat tinggalku belum pernah aku lihat penjual Es Campur yang  berisi beragam buah-buah seperti nangka, nenas yang diparut kasar, selasih, susu kental dan serutan batu es yang membumbung seperti gunung kecil dalam mangkuk sebelum diguyur dengan kucuran sirup vanila berwarna merah. Heeemmm yummy. 


Sumber: Wikipedia

Bagiku cocok setelah menggigit sepotong atau dua potong gorengan apapun lalu menghirup kuah es campur yang manis menyentuh bibir membuat berbuka puasa adalah sesuatu. Cukup menghindari makanan berat sebelum sebelum selesai menjalankan solat tarawih. Aku melakukannya sendiri di rumah karena kondisiku yang tidak memungkinkan untuk solat tarawih di Mesjid. 

Sumber: detikfood



Sebetunya aku bisa saja menyediakan Jajanan Khas Ramadan sendiri. Maksudnya aku buat sendiri misalnya saja aku membuat sendiri JaSuKe atau jagung susu  keju yang rasanya juga tak kalah nikmatnya dengan es teller.  Tapi agak repot untuk mencari dan membelinya di pasar, memilih jagung yang bagus tidak bisa hanya sekilas saja. Pastilah harus ada acara pilah pilih dengan menyingkapkan kulit jagungnya. Laah, ribet dan repot  membayangkan harus pula memipil biji-biji jagung, merebusnya sedangkan di rumah aku tidak memiliki stok ukeju yang bisa menambah yummy si JaSuKe.  Aku putuskan untuk Jajanan Khas Ramadan  aku olah saja bahan-bahan yang ada di rumah. 






Comments

Popular posts from this blog

Ada Apa Dengan Panggilan Bunda?

Khasiat Serai Merah

Eratnya Ikatan Kekeluargaan Itu