Wednesday, December 16, 2009

BISAKAH KITA MELUPAKAN MASA LALU?



Terkadang kita berpikir bahwa akan mudah bagi kita untuk melupakan masa lalu? Tapi, kita harus berpikir objektif lho! Kenapa pula kita harus melupakan masa lalu, sedangkan kehidupan kita yang kita hadapi sekarang adalah karena adanya masa lalu itu. Bener gak sih? Kita tidak akan ada tanpa adanya masa lalu. Jadi kenapa pula kita harus melupakannya. Tetapi ingat deh jangan terpaku pada masa lalu. apalagi kalo kehidupan kita di masa lalu penuh dengan cerita kelabu. Huuuhh, bisa bikin kita kalo yang udah stres, bertambah stres. Ketergantungan kita pada masa lalu akan membahayakan kehidupan kita dimasa kini. Bila demikian adanya, maka anda, saya atau siapa saja seolah-olah berada pada kehidupan yang semu. Penuh illusi.

Biarlah masa lalu itu berlalu - mungkin itulah istilah yang lebih tepat - tetapi bukan berarti kita membuang masa lalu. Kenang-kenangan kita dimasa lalu adalah bagian dari kehidupan kita tetapi semua itu - diakui atau tidak - bukanlah lagi bagian dari kehidupan kita masa kini. Jadi jelas banget ya kalo masa lalu itu boleh, mungkin juga harus dilupakan, karena kita gak bisa lagi mengontrol masa lalu. Segalanya udah berlalu. Kita tidak lagi dapat berpaling ke masa lalu. Jadi sebaiknya let it go and move on.

No comments:

Post a Comment