Friday, February 25, 2011

Hanoi......Kota Yang Indah.

Aku gak peduli kalo ada yang baca postinganku trus berkomentar : "yaaaa....critanya basi". Mang gue pikirin (hehehehe....). Yang penting aku bisa ngisi blog ini dengan postinganku.

Ketika pada tahun 1983 selama beberapa bulan aku ditugaskan oleh kantor ke Hanoi (Vietnam) udah terasa tuh cuaca dingin menyengat tubuhku ketika kaki melangkah turun dari pesawat, kemudian melaju dengan kereta barang menuju terminal (jaraknya lumayan jauh untuk berjalan kaki). Perjalanan dengan kendaraan yang menjemput aku terlihat bahwa Hanoi adalah sebuah kota yang bersih dan indah. Setelah istirahat di Apartemen aku bisa liat dari lantai 5 bahwa pada malam hari sebuah mobil dengan penyemprot air membersihkan jalan raya tsb. Pekerja-pekerjanya? Aneh, kebanyakan wanita...........Kota Hanoi (wlp masih diliputi suasana yang belum 100% pulih setelah perang melawan Amrik) memang indah dan bersih. Ttapi ada yang lebih aneh lagi kalo crita tentang indah dan bersih ini. Apa? Akan aku critakan di postinganku berikutnya. Insya Allah. Dengar punya dengar nih ya katanya kota Hanoi itu dikelilingi oleh lima danau yang indah, sehingga kota ini jadi bertambah indah. (Untuk kesekian kalinya sayang banget aku gak sempet tanya tuh nama-nama danaunya, hehehehe..).

Makan Ho Chi Minh? Yes, aku juga sempet ikutan antri disebuah museum dimana jenazah Ho Chi Minh disemayamkan. Sayangnya didalam sana gak boleh ada yang bawa kamera jadi aku gak bisa bikin foto kenang-kenangan disamping ruang kaca dimana Uncle Ho (kala itu almarhum dikenal akrab dengan sebutan Paman Ho or Uncle Ho) beristirahat untuk selamanya dalam pakaian lengkap disertai segudang medali-medali yang pernah ia miliki. Wajahnya seperti yang sedang tidur nyenyak. Setelah berpuluh tahun aku gak pernah mengikuti perkembangan apakah museum itu plus jasad Ho Chi Mink masih dipertahankan atau gak.

Masih ada bahan crita lain yang akan kubuat sebagai postinganku berikutnya. Mudah2an jemari lentikku (biarpun udah kriput, hehehehe...) masih bisa lincah menari-nari diatas toets key-pad komputer andalan ini. Semoga aja.

2 comments:

  1. BunDa Yati emang keren, kaya pengalaman dan pandai menceritakan;

    ReplyDelete
  2. Lagi-lagi anakku yang satu ini yang perhatian and kasih komentar. Tapi bunda kan masih punya tugas nih n untuk menyelesaikannya perlu tuh arahan dari Bro. Please, please, please. Gak mau kan kalo bundanya tetap "o-on", hehehehe....

    ReplyDelete