Wednesday, June 29, 2011

KEISTIMEWAAN BULAN RAJAB (I)

Saran utama:
Hari ini, Rabu, 29 Juni 2011 bertepatan dengan jatuhnya tanggal 27 bulan Rajab. Ada "do'a Rajab" yang baik sekali untuk dibaca hari ini s/d menjelang magrib: "Alloohumma bimasyaahadati asrooril muhibbiin, wabilkholwatillatii khosshoshta bihaa sayyidal mursaliin, hiina asroita bihi lailatassaabi'i wal-isyriin, antarhama qolbiil haziin, watujiiba da'watii yaa akromal-akromiin = Ya Allah dengan kesaksian rahasia orang-orang yang mencintainya dan dengan kholwat (ibadah) yang Kau khususkan terhadap junjungan para Rosul, tatkala Engkau isrokan dia pada tanggal 27 Rajab, maka kasihanilah hatiku yang sedih ini dan kabulkanlah do'aku, Wahai Yang Maha Mulia".
Ganjaran bagi yang berpuasa 1 hari pada tanggal 27 Rajab ini: akan mendapatkan pahala seperti ia berpuasa 5 tahun.


Beberapa waktu yang lalu aku membaca blog Masim Vavai Sugianto yang jago IT itu. Ada satu postingan yang berbunyi (kalau gak salah): "Kalau mau menulis, tulis aja". Antara lain Vavai juga menulis kira-kira begini: "jangan pedulikan apa pendapat orang lain tentang tulisanmu". Pagi ini aku cari tuh blog yang berisi postingan tsb. koq ya gak ketemu. Ya, udahlah. Aku akan ikuti aja sarannya secara sekarang aku lagi kepengen banget nulis. Walaupun aku search di google udah banyak banget yang nulis tentang hal yang berhubungan dengan judul diatas, tapi gak ada salahnya aku nulis lagi dengan versi yang berbeda. Iya gak sih? Supaya keinginan aku untuk menulis pagi bisa terlaksana, hehehehe.........
Sudah pasti postingan ini "agak" terlambat, tapi setiap tahun akan ada bulan Rajab, bukan?. Jadi gak ada salahnya kalo saya berbagi dengan anda.

Berikut ini adalah "kutipan" yang kudapat dari Ustadzah (Hajjah Edah),Guru Mengaji-ku.

Bulan Rajab artinya bulan agung atau bulan yang dihormati, juga disebut bulan Allah karena pada bulan ini Rosulullah SAW menghadap Allah untuk menerima perintah sholat wajib lima waktu dan pada bulan ini Allah melimpahkan keridoan kepada mereka yang berpuasa. Bulan Rajab termasuk "asyhurul hurum" (هوروم) yaitu bulan yang dihormati/dimuliakan. Kenapa saya sisipkan aksara Arab? Karena hampir disemua tulisan yang saya baca adalah diterjemahkan sebagai bulan haram. Bulan yang dimuliakan ini ada 4 yaitu: Zulqa'dah, Qulhijjah, Muharram dan Rajab. Bulan Rajab merupakan bulan persiapan dan latihan untuk menghadapi bulan suci Ramadhan. Dalam bulan Rajab cukup banyak pahala yang diberikan kepada mereka yang melakukan amal ibadah.


Ibadah di bulan Rajab:
Malam tanggal satu (sebaiknya ba'da magrib) membaca sholawat "husnul khotimah" 10x: Alloohumma sholli'alaa sayyidinaa Muhammadin wa'alaa aalihi washohbihi bi'adadi kulli maa jaroo bihil qolamu = Ya Allah limpahkanlah sholawat (kesejahteraan) kepada Muhammad, keluarganya dan para sahabatnya sebanyak goresan pena.
Hari tanggal satu, berpuasa sunt sebagaimana hadist Nabi (Ibnu Abbas): Barangsiapa berpuasa diawal bulan Rajab dapat menghapus dosa tiga tahun kebelakang. Berpuasa sunah di bulan Rajab tidak hanya harus pada tanggal satu saja, tapi boleh dilakukan kapan saja, sebanyak-banyaknya, asal kurang dari jumlah hari bulan itu. Artinya tidak boleh satu bulan penuh sehingga menyamai puasa di bulan Ramadhan.
Diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim bahwa di surga ada sebuah sungai yang bernama "sungai Rajab" yang airnya putih lebih putih dari susu, rasanya manis lebih manis dari madu dan baunya harum lebih harum dari minyak wangi yang terharum. Barang siapa yang berpuasa satu hari di bulan Rajab, maka ia dapat memanfaatkan sungai tsb. Pahala lain yang diperoleh orang yang berpuasa di bulan Rajab, mendapat ampunan Allah dan pada hari qiyamah tidak merasa lapar dan dahaga. (bersambung)




2 comments:

  1. Selamat hari Isro Miroj ya BunDa..

    ReplyDelete
  2. Selalu anakku ini yang komentar. Makasih Bro, sama-sama.

    ReplyDelete