Tuesday, June 28, 2011

LOMBA DUNIA MAYA -- MANISNYA PERSAHABATAN.



Aku persembahkan kisah nyata Dunia Maya ini untuk seorang pakar Internet Marketing yang paling kondang. Siapa yang gak kenal Internet Marketer nomor wahid di dunia Bisnis Online: JokoSusilo, Pengelola Formulabisnis. Bagiku Formulabis telah secara tidak langsung mengantarkan aku menjadi seorang yang percaya diri dan mempunyai prinsip positif thinking.

Perkenalanku dengan dunia maya tak bisa lepas dari ketrampilan jari-jemariku ketika melakukan browsing diatas ke-board komputer. Berawal dari keinginanku yang menggebu untuk bisa menangguk uang sendiri melalui dunia maya. Hampir setiap hari aku meluangkan waktu untuk duduk ber-jam-jam di Warnet. Maklum komputer dirumahku belum tersambung dengan Internet. Banyak berita di Internet yang menonjolkan nama-nama orang yang telah berhasil meraup penghasilan segudang, hanya dari ketekunan menjalankan bisnis online. Apa itu Bisnis Online alias bisnis di dunia maya? Sesuatu menggelitik dengan dahsyatnya didada si tua renta ini untuk mencobanya. Ya, betapa tidak, karena usiaku saat mengenal dunia maya adalah 68 (baca: enam puluh delapan) tahun. Bulan Maret tahun 2009 aku ingat betul ketika itu awal jari-jemariku berhasil
menemukan suatu penampilan di layar monitor yang amat menarik. Pandangan ini terpaku
pada beberapa baris yang diam tak bergerak. Dada ini jadi gedebak-gedebuk. Inikah lyang kucari? Tanya itu terus muncul semakin menguatkan keinginanku. Lihatlah betapa menariknya deretan kata-kata itu. Siapapun pasti akan tergelitik untuk meng-kliknya:

Rahasia Tersembunyi Metode Mencari Uang
di Internet Akhirnya Diungkap...

Jika And
a Bisa Mengetik dan Mengakses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang Melimpah dari Internet... Hanya Jika Anda Tahu Cara


Semua kriteria yang diminta aku miliki: Mengetik? Itu aku banget. Juara ke-2 Typing Speed versi sebuah Akademi AMI/ABI tahun 1978 pernah aku gondol. Mengakses Internet? Di dunia ini pun aku sudah mulai kecanduan. Jadi tunggu apa lagi? Tanpa ragu aku langsung meng-klik link tersebut dan jadilah aku Reseller dari Formulabisnis. Aku mulai aktif dengan link URL yang kudapat dari Formulabisnis. Menjadi Reseller Formulabisnis dianjurkan untuk memiliki sebuah blog, antara lain untuk lahan berpromosi. Berkat arahan dari Pak Jokosusilo ini aku pun mulai membuat sebuah blog dan mengisinya dengan postingan se
bisaku. Akupun dianjurkan untuk membuka jejaring pertemanan melalui facebook. Itupun aku lakukan dengan serius.

Waktu terus berjalan.....kini bulan Juni tahun 2011 akan kutinggalkan. Berarti aku telah berkecimpung di dunia maya hampir 3 (tiga) tahun, dan usiaku telah memasuki 72.

Kembali kepada judul Kisah Nyata Dunia Maya yang sedang kugarap ini. Entah kenapa judul "Manisnya Persahabatan" begitu saja muncul dan tertoreh diatas postinganku. Sementara otakku menerawang entah kemana mencari ide untuk bisa menyelesaikan tulisan ini. Sebuah ide yang akan membuat tulisanku semenarik mungkin, hehehehehe..... Setiap orang yang normal pasti memiliki keinginan , yaitu ingin agar tulisannya menarik. Menarik bukan saja untuk para Juri, tetapi juga bagi siapa saja yang sempat mampir ke blogku dan membaca Kisah Nyata Dunia Maya ini. Bisakah aku? Mampukah aku? Tentunya waktu dan keseriusan aku yang akan menentukan.

Seiring dengan berjalannya waktu, semakin bertambah jua jumlah temanku di dunia maya. Mereka kagum dan salut dengan keterlibatanku di dunia maya, terutama dalam menjalankan Bisnis Online. Mereka peduli. Mereka kagum. Pastinya bukan kagum pada kehebatan yang tidak aku miliki, tetapi pada jumlah bonus usia yang dikaruniakan Allah kepadaku, hehehehee.... Alhamdulillah pada usia ini aku masih mempunyai semangat untuk memberikan tugas kepada otakku. Aku tidak ingin cepat menjadi pikun, karena itu aku selalu berusaha untuk mengasah otakku. Aku selalu berusaha untuk bersahabat dengan dunia maya. Tidak mengertikah anak-anakku akan keinginanku ini? Sebuah keinginan yang layaknya harus mereka kagumi dan mereka dukung. Dikelak kemudian hari apabila Allah memberikan bonus usia lebih banyak lagi aku tidak akan terkapar diatas tempat tidur dirumah Jompo atau sejenisnya. Setidaknya mereka tidak akan terlalu direpotkan oleh adanya si tua renta ditengah mereka.

Sudah sering kali aku mengirimkan link-ku ke wall mereka di fesbuk tentang hasil kerjaku, hasil karyaku berupa postinganku. Namun sejauh ini tak pernah ada komentar apa pun dari mereka. Kenapa hati mereka tidak tersentuh untuk meneliti sejenak apa yang menyebabkan aku begitu asyik dan tekun di depan komputerku. Haruskah aku bersedih? Mestikah aku berhenti dari kegiatan yang menyenangkan ini? Sedangkan jauh di luar sana, di dunia maya, berdatangan ucapan salut dan kekaguman atas kegigihan aku menulis berbagai postingan. Mengikuti berbagai Kontes atau Lomba Menulis, walaupun akhirnya aku masih terus harus terhempas jauh melesat keluar tanpa menyandang satu predikat apapun. Aku tidak peduli. Aku harus terus berusaha. Dan aku harus terus menulis untuk mengasah otakku.

Dunia Maya memberikan suatu arti tersendiri bagiku. Persahabatan secara online yang begitu manis pun mulai terbina. Bermula dari kepedulian seorang karibku di dunia maya Yusi Setiawati yang menulis tentang aku di website-nya berjudul: Kisah Nenek 70 Tahun Ikut Kontes. Ho-ho-ho....Opo ora hebat (baca: hebat karena jumlah usianya).

Bukan cuma itu kepedulian yang diperlihatkan oleh teman-temanku dari dunia maya. Melalui tulisan Yusi Setiawati aku mengenai sosok yang bernama Bro Zabriansyah beserta groupnya Tamasyakata. Lain lagi kepedulian yang mereka persembahkan. Mereka memberikan apresiasi untukku melalui sebuah lagu berjudul Untuk Bunda yang khusus diciptakan untukku. Indahnya syair lagu tersebut dan manisnya persahabatan yang terjalin.

Siapapun seharusnya menyadari bahwa persahabatan tidak hanya bisa kita bina secara online. Tetapi persahabatan mampu terwujud dari persahabatan online menjadi nyata. Manisnya Persahabatan melalui online pun kini telah aku reguk dan aku rasakan betapa hangatnya. Foto-foto yang terpampang menemani postinganku ini menggambarkan betapa kisah nyata Dunia Maya melalui jejaring fesbuk mampu melahirkan persahabatan yang manis secara offline. Bahkan aku telah pula berkenalan walaupun hanya melalui telpon dengan ibu dari teman fesbukku yang belum lama ini mengunjungi aku. Lihatlah persahabatan antara cucuku Ayman Pascal Nasution dengan baju Spiderman-nya dan Sigit Nurwicaksono dengan T-shirt merahnya. Manisnya Persahabatan dengan niat yang baik dan positif thinking bisa terbina dengan mudahnya. Siapapun mereka. Usia tidak membatasi adanya pertalian persahabatan yang manis. Persahabatan yang tulus dan jujur. Dan yang dilandasi oleh niat baik. Mudah-mudahan kami tetap menjaga tali silaturakhim ini sebaik-baiknya. Amin, YRA.


Alhamdulillah selesai juga untuk diikut-sertakan dalam Lomba Kisah Nyata Dunia Maya





Bismillahirahmanirahim...
Teman…. Banyak sekali kejutan di dunia maya, bukan sedikit para artis bisa terkenal ke seluruh Indonesia bahkan Internasional melalui dunia maya. Di era berkembangnya komunikasi virtual dan jejaring sosial, yang saya sebut dunia maya ini, virus pun dapat menyebar cepat dengan menyalahgunakan pertemanan dan kepercayaan. Tak usah mencari contoh jauh-jauh karena saya sendiri pernah mengalami menjadi korban di dunia maya.

Baiklah tidak perlu panjang lebar. Dunia maya adalah segalanya untuk sebagian orang termasuk saya. Untuk itu, saya pribadi akan mengadakan lomba menulis yang bertemakan ‘Dunia Maya’. Seberapa pentingkah dunia maya untuk teman semua…? Dampak apa yang didapat di dunia nyata akibat dunia maya. Atau teman-teman punya pengalaman menarik di dunia maya entah itu pengalaman sedih sampai mengharu biru, kesal karena ditipu, lucu, inspiratif, menemukan jodoh di dunia maya, buruan tulis kisah teman-teman untuk diikutkan lomba ini.

Syarat Lomba:
  1. Terbuka untuk umum, kecuali anggota FLPHK
  2. Peserta harus punya blog atau notes FB
  3. Naskah non fiksi/kisah nyata
  4. Naskah sedang tidak diikutsertakan lomba
  5. Panjang naskah bebas
  6. Bahasa EYD, boleh juga menggunakan bahasa gaul, syarat ada Notefoot
  7. Naskah harus sesuai dengan tema
  8. Naskah harus asli karya sendiri. Bukan terjemahan, saduran, atau nyomot ide orang lain
  9. Keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat
Ketentuan Teknis
  1. Setiap peserta wajib menaruh link naskah di kotak kementar yang tersedia
  2. Tuliskan ”Lomba Dunia Maya” kemudian judul naskah. Contoh:(Lomba Dunia Maya-Judul)
  3. Naskah ditulis di blog/notes masing2 peserta dilampiri link materi lomba
  4. Naskah yang sudah didaftarkan tidak boleh diedit
  5. Setiap peserta wajib menggunakan satu akun. FB, MP, BS, KOMPASIANA, DLL
  6. Naskah diposting paling lambat 9 Juli 2011.
Hadiah:
  • Pemenang 1: uang tunai $HK 300 (tiga ratus dollar HongKong) + cindera mata dari HK, buku “Surat Berdarah Untuk Persiden” sumbangan dari FLPHK (Forum Lingkar Pena HongKong)
  • Pemenang 2: uang tunai $HK 200 (dua ratus dollar HongKong) + cindera mata dari HK + buku “Ketika Tuhan Jatuh Cinta”
  • Pemenang 3: uang tunai $HK 100 (seratus dollar HongKong) + cindera mata dari HK
  • Pemenang 1, 2, 3, masing2 akan mendapatkan satu buku PDR (Penjajah Di Rumahku” sumbangan dari Ukhti Susie Utomo sang management PDR.
  • Tersedia satu buku “TKW Menulis” yang menceritakan perjuangan penulis (seorang TKW) dalam mengejar impiannya menjadi seorang penulis.
Insya Alloh hadiah masih bisa bertambah lagi *merayu teman2 penulis*

Silahkan pilih link lomba yang teman punya.



2 comments:

  1. Saya senang sekali bisa mengenal BunDa (dan akan selamanya begitu).

    Tulisan ini saya lahap dari awal hingga selesai, dan sekali lagi, saya terinspirasi oleh BunDa.

    Semoga sukses ya BunDa...

    ReplyDelete
  2. Makasih Bro, bunda cuma pengen aja bikin otak bunda ini gak cepet butek alias beku. Pengen terus aktif biar otak kerja keras, fresh terus....terus....terus bisa deh ke Jember nilik-i anak-anaknya. Soal menang kalah sih udah biasaaa....kalah, hehehehehe....jadi gak masalah. Hepi2x wae.

    ReplyDelete