Saturday, August 27, 2011

Tradisi Bikin Kue Lebaran

Hhhmmmm.....Lebaran beberapa hari lagi. Kesibukan akhir-akhir untuk bikin kue Lebaran semakin menjadi-jadi tuh. Di keluargaku sudah jadi tradisi kali ya kalo bikin kue Lebaran tuh pasti gak pernah ketinggalan hidangan yang 3 macam. Maksudnya untuk jenis snack-nya, yaitu kue nastar, kastengels dan kacang bawang. Ketiga jenis penganan tersebut gak pernah absen dari atas meja, baik meja makan ataupun meja tamu.



Bentuk kue nastar dan kastengels sekarang sudah semakin beragam, tapi di keluarga terutama aku sebagai ibu dan nenek selalu membuat kue yang bentuknya khas keluarga, yaitu seperti bentuk pastel. Dalam gambar yang kebetulan diambil oleh cucuku dan mudah-mudahan bisa di upload di postingan ini. Kesibukan yang bikin aku bahagia. Lelah bisa terbayar dengan meliat kegembiraan diwajah anak-anakku.

Nah, untuk hidangan besar teman untuk makan ketupat gak pernah ketinggalan tuh yang namanya "rendang a la bunda yati" yaitu rendang hitam, pedas dan dagingnya kalo digigit........bheeeeuuhhh....empuk, gurih tapi kalo dibanting dipiring akan berbunyi........"kletuk".  Yeeee......... si bunda muji diri sendiri. (Abis gak ada yang muji sih, heheheheh....). Kan ada pepatah tuh: Air laut asin sendiri, gak ada yang ngasih garem, qiqiqiqiiii..........



hehehehe...........si bunda lagi sibuk nih yeee..... tapi hilang lelah lihat hasil 
karya yang renyah dan gurih.......
Sori, kacang bawangnya lom sempet ke upload, dah keburu siang nih.....



Siapa yang mau mencicipi kue hasil karya bunda?
Yuuuk.......kerumah bunda.

10 comments:

  1. nastarnya kiclong banget bunda, manggangnya pas banget ya....,penampilannya cantik menggoda

    selamat Idul Fitri ya bunda, taqabballahu minna wa minkum

    ReplyDelete
  2. Pagi-pagi disuguhin nastar & kastangel. makasih Bunda. :)

    ReplyDelete
  3. Hehehhe...buat mbak Monda, makasih pujian buat kuenya. Makasih juga buat kunjungannya. Oya, bunda lom nemu tuh link ke postingan tentang Wordpress.

    ReplyDelete
  4. Iya Sama2 Susi, makasih juga untuk kunjungan paginya.

    ReplyDelete
  5. yaelah bun... pagi-pagi lihat postingan bunda sumpah *laparrrr*

    Mupeng deh saya :)

    ReplyDelete
  6. Datang dari jauh mau cicipi kuenya...

    ReplyDelete
  7. mau Bunda...kapan ya saya bisa mencicipi kue buatan Bunda...

    ReplyDelete
  8. Sharing cara buatnya, dunk, Bunda.... hehe :D

    ReplyDelete
  9. enak nii....
    boleh donk bagi2.... :)

    ReplyDelete
  10. bunda mau dong kuenya...biasanya klo bikin sendiri rasanya maknyusss....jd kangen pengen bikin kue lebran sendiri...sejak punya bayi ngga sempet lagi bunda...jdnya beli terus

    ReplyDelete