Sunday, October 16, 2011

SANSE-SANSE DAN SANSE.

 Sanse Centong (anakan) dan Sanse Kipas.
Kiri:Sanse Air Mancur; Kanan Sanse Kirki


Ternyata sejak 11 Oktober aku gak pernah bikin postingan. Bukan apa-apa tapi karena lom ada ide, hehehehe......Tapi kemaren tuh aku baca di Warung Blogger ada pertanyaan dari rekan fb-ku yang manis ni campereniQ tentang gimana menghilangkan bau gak sedap di kamar mandi.

Nah, aku jadi tergelitik bikin postingan tentang sesuatu yang mungkin aja bisa menolong niQ menemukan solusi. Lalu kenapa pula aku beri judul postingan ini Sanse, Sense dan Sanse?. Karena dirumahku baik itu di ruang tamu, teras depan, teras belakang, dikamar tidur pun ada pot dengan tanaman Sanse ini. Sanse adalah kependekan dari SANSEVIERIA sejenis tanaman yang mempunyai jenis sampai ratusan spesis. Iiiccchh....koq jadi ngebahas tentang Sansevieria sih, katanya mau ngasih solusi buat si manis niQ. Iya, iya, iya....sabar dulu lah. Kalo mau baca novel kan harus (mau gak mau) baca kata pengantarnya, heheheheh.... Lho, gak nyambung ya?


Sejarah ketertarikanku untuk memelihara tanaman ini adalah ketika suatu ketika (kira2 tiga tahun yang lalu) aku baca majalah tentang Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan nama Lidah Mertua. Ternyata tanaman ini mampu menyerap racun di udara. Lebih lanjut baca yang ini ya? Selain menyerap racun, tanaman ini juga antara lain mampu menyerap segala bau-bau yang gak sedap di ruangan tempat tinggal kita. Trus juga untuk menyedot polusi karena asap rokok. Kebetulan ke-empat anakku pada suka merokok, begitu juga menantu-menantuku. Nah, semula kubeli tiga pot aja tuh Sansevieria dari jenis Sanse Tiger. Ketiga pot aku tempatkan di ruang tamu, Ternyata setelah beberapa bulan dari tiga pot jadi beranak pinak. Mau gak mau aku harus ikhlas extra kerja dan beli pot-pot untuk memindahkan anakan. (sayang kan kalo dibuang, mubazir!). Alhasil aku jadi kecanduan memelihara tanaman ini dan mulai hunting untuk jenis-jenis lain. 
Sanse-ku diteras depan hasil  jerih payah membiakkan kurang lebih 3 tahun, hehehehe....

 Solusi untuk niQ bisa dicoba ya dengan membeli (kalo udah ada ya gak usah) satu pot or dua pot Sanse jenis apa aja -- letakkan di kamar mandi dengan memakai stand biar manis. Coba rasakan senssainya, hehehehehe............pasti bau yang gak sedap itu perlahan tapi pasti akan sirna. Koq bisa-bisanya bilang begitu? Lho! Ini kesaksian dari sebuah Salon Kecantikan (sori, jangan tanya Salon apa, dimana dan kapan, karena aku pasti gak bakal ingat tuh). Yang tertinggal dalam ingatan adalah hasil bacaanku tentang manfaat Sanse aja. Singkat cerita (padahal dari tadi udah cerita terus....) di Salon itu para karyawan/wati mengeluh pada sang Pemilik karena lama-lama gak tahan tuh sama bau yang beragam dari cat rambut, obat-obatan untuk untuk kriting rambut, hair-spray dlsb. Si Pemilik pun menempatkan beberapa pot tanaman Sanse ini diruangan. Kesaksian kedua dari aku sendiri, karena sejak ada pot-pot Sanse ini ruangan terbebas dari segala bau yang gak sedap.

Sekali lagi buat niQ yang manis -- coba ya tempatkan pot tanaman Sanse ini di kamar mandi-mu, disamping mempermanis ruangan tempat bersih-bersih badan (xixixiiii....), juga mempercantik ruangan itu sendiri.
Last but not least, setelah hampir 4 tahun aku memelihara tanaman jenis Sanse ini, jadilah aku kolektor amatiran tanaman Sanse. Ada beberapa teman/tetangga yang pesan dibuatkan pot untuk di meja tamu, dan aku pasti kenakan tarip donk, jasa art-nya lho. (sok-aksi.com). Ada juga yang beli dengan catatan: angkut sendiri. Jadi kalo mau beli kudu bawa kendaraan -- sepeda, becak, motor or mobil, qiqiqiqiqiiiiiiiiiiii. Kalo mau kerumahku (asal tahu alamatnya) gak susah nyarinya coz ciri-cirinya didepan rumah (tepi jalan) ber-jejer pot-pot besar tanaman SanseTiger. Monggo pinarak seduluuuurrr...................


8 comments:

  1. bundaaaaaaaaaaaaaaaa
    jadi klo aku datang ke rumah bunda, dapet gratis berapa pot sanse-nya???? *mupeng bin ngeces*

    *siap2 ganti baju mluncur ke rumah bunda Yati*

    ReplyDelete
  2. bentuk tanaman sekarang ini kok mirip mirip hewan ya.. agak serem hahaha

    ReplyDelete
  3. Ibuku yang nanam tanaman, aku yang nyiram. Bisa warna-warni indah gitu ya. Katanya kalo diajak bicara tanaman bisa lebih subur ya?

    ReplyDelete
  4. Niiiiik, koq kebalik seh? Bukan mustinya dibayar 3xlipat harga bunda, hahahahaha......boleh pilih mana yang suka....jadi emak suka gak tega-an, makanya kantongnya bolong teyuuuss, hehehehe.....(ganti rhytm ketawanya).
    Nik bunda jadiGR nih pengen didatengin. Rumah bunda buanyak...nih telpon dulu 081385649658 or 085782932590. Iiiccchh...si bunda GeEr abeeezzz.... Makasih kunjungannya NiQue yang manis.

    ReplyDelete
  5. ndop......awas lho ntar malem didatengin salah satu tanaman yang dibilang mirip hewan and seureummm, huahuahua....makasih kunjungannya.

    ReplyDelete
  6. Ami, embeeerr...bunda juga suka ajak ngomong (tapi pelan banget, penuh kasih sayang....), hehehehe.... Makasih kunjungannya. Btw, tanaman ini bandel jadi gak perlu disiram tiap hari. Trus bisa indah warna warni? Yaaaa....dikreasi-in toh sama bundamu ini. Makasih kunjungannya.

    ReplyDelete
  7. hahahaha... aku kalau malam ndak tidur. Tidurnya pagi... hahaha

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah, s'lamet deh dari gerayangan makhluk yang seureuuummm itu. Btw nama bagus2 koq jatohnya cuman di 'ndop' thok, qiqiqiqiqiiiii...

    ReplyDelete