Monday, December 26, 2011

Cinta Adalah Sebuah Pengorbanan.


Aku akan mencoba untuk menjabarkan apa itu arti cinta setelah pernikahan. Setiap orang pasti punya persepsi yang berbeda satu sama lain. Bagiku Cinta Adalah Sebuah Pengorbanan. Kenapa pula aku pilih judul "Cinta Adalah Sebuah Pengorbanan". Aku sendiri pernah merasakan cinta yang membara ketika pacaran pertama kali dan kandas setelah berjalan 8 (delapan) tahun. Kepergian pacarku meninggalkan aku tidak dengan begitu saja, tapi dia memperkenalkan secara tidak langsung seorang pria yang jauh lebih ganteng dari dirinya. Kulitnya putih bersih, hidungnya mancung, badannya tinggi. Pokoknya ganteng abis-lah. Namun getar cinta itu tidak pernah membakar hatiku. Entah karena apa. Seluruh cintaku sudah dibawa pergi oleh pria pertama yang aku cinta dan dialah yang memenuhi rongga dadaku.

Foto jadul pernikahanku yang "super" sederhana.


Cinta Adalah Sebuah Pengorbanan memang tepat aku sebut seperti itu karena apabila kita mencintai seseorang dengan sepenuh hati, maka apa pun yang kita suka tapi tidak disukai oleh partner kita, harus kita tinggalkan, demi menjaga keutuhan cinta. Ada pepatah lama yang berbunyi: "Apabila kau mencintai seorang wanita/pria, maka apa pun kesayangannya, sekalipun itu adalah seekor anjing kurap, tetap harus juga kau sayangi". Pepatah ini ditulis oleh seorang kawanku yang sebagai kata perpisahan di  di Album Kenangan milikku. Nah, itulah salah satu arti dari "pengorbanan" untuk cinta dalam sebuah hubungan sakral, suami-isteri. Apabila usia pernikahanmu menjajagi genap 5 tahun, jangan khawatir akan ada goncangan hebat selama ada pengertian dan kasih sayang yang menyertai cinta..


Do'a yang tulus aku panjatkan untuk ananda Zoothera beserta suami yang sudah menapaki tahun ke-5 dalam pernikahannya. Semoga pernikahanan ananda berdua menjadi ikatan yang langgeng, seia-sekata, sehidup-semati, saling sayang menyayangi dan saling mencintai sampai akhir hayat. Amin, YRA.

Ketika menikah dengan suamiku cinta yang kumiliki mungkin hanya 10% saja untuknya, sementara dia memiliki yang 90%. Aku bangga karena dia mau menikahi aku atas kehendak papaku yang sedang sekarat. Tiada penyesalan yang timbul dalam diriku setelah pernikahan itu. Karena dia adalah sepenuh hati mencintaiku. Aku tahu dan aku bisa merasakannya. I have a good feeling about love. Pernikahan tidak harus dilandasi dengan cinta yang menggebu. Cinta yang hanya 10% pun bisa kita ramu menjadi sebuah jalinan kasih sayang. Dan kasih sayang melebihi kadar cinta, seberapa besar pun cinta itu. Aku merasa wanita yang paling beruntung bersuamikan seorang pria yang mencintai aku. Rasanya aku menjadi wanita tercantik sejagat raya,
Foto jadul setelah melalui 20 tahun pernikahan. Kacamataku juga jadul tuh, hahahaha...

Yang membuat aku semakin menyayanginya adalah setiap kali aku mengandung anak kami, suamiku selalu "over" memperhatikan kesehatanku. Sehingga aku jadi gerah, hehehehe.... (gerah apa seneng???) Yang  hebat dari besarnya cinta suamiku adalah setiap kali aku melahirkan anak-anakku, selama aku dirawat di RS, maka tak pernah seorangpun yang diperbolehkan atau diizinkan untuk mencuci pakaianku yang penuh dengan noda-noda merah dan hitam.. Tidak juga zuster RS. Suamiku akan membawa semua pakaian itu pulang dan dia sendiri yang mencucinya dengan sepenuh cinta. Aku tahu semua kisah ini dari ibuku (ibu tiriku yang sudah aku anggap ibu kandungku) yang kebetulan waktu itu tinggal satu rumah denganku. Hebatnya suamiku. Aku semakin sayang.

Resep yang aku terapkan dalam kelangsungan dan kelanggengan pernikahan kami hingga puluhan tahun, antara lain adalah..................AKU:

  1.  tidak pernah menanyakan slip gaji sejak awal aku menjadi isterinya;
  2.  tidak pernah membuka dompetnya, untuk alasan  apa pun; 
  3.  tidak pernah menanyakan siapa yang menelponnya, kala ia menerima telpon dari seseorang:
  4.  selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik untuk keluarga pihak suamiku (kebetulan dia hanya memiliki seorang adik perempuan dan seorang keponakan.di Jakarta);
  5. selalu berusaha mencari tahu apa makanan kegemarannya tanpa bertanya langsung kepadanya. (bisa kutanyakan kepada adiknya, atau kepada saudara-saudaranya yang lain) -- kreasikan suatu surprise untuknya;
  6. selalu menyediakan waktu, kapan pun, untuk bisa berdua saja dengan dia dan ini yang paling ia sukai tentang aku. (Katanya aku romantis-tis-tis..........qiqiqiqiqiiiiiiiiii)


Teknologi semakin canggih dan dengan adanya handphone maka nasehatku akan ku + satu lagi nih: "bagi pasangan suami isteri, sebaiknya menjaga privasi masing-masing. Jangan membuka handphone, tanpa persetujuannya/atas permintaannya. Demikian pula sebaliknya. Insya Allah pertengkaran kecil yang akan menjadi bumbu-bumbu nikmatnya sebuah pernikahan akan terhindar dari pertengakaran hebat yang akan mengguncang rumah tangga yang sedianya sakinah, mawaddah, marokhmah. Semoga.".

Cinta bukan suatu landasan bertahannya sebuah pernikahan. Namun lebih kepada pengertian dan kasih sayanglah yang mempererat ikatan bathin dua insan ciptaan Sang Khalik itu.


Last but not least: Biarkan suami untuk sekali-sekali hang-out dengan teman-temannya tanpa isteri. Begitu juga sebaliknya, isteri harus diberi waktu oleh suami untuk hang-out bersama teman-temannya. Oke gak sih?


41 comments:

  1. wah, Bunda ngontes lagi nih. Semakin berat saingannya,belum lagi temanya yang sepertinya membuat saya berpikir ulang sebelum memutuskan untuk ikut apa tidak.

    Oh ya, Bunda katanya pengumuman pemenang lomba menulis indahnya persahabatan katanya malam ini. masih ada kesempatan untuk berdoa, semoga kita bisa sama-sama menang lagi. amin.

    ReplyDelete
  2. ok banget resepnya Bun..
    saya setuju untuk tidak selalu ingin tahu siapa yg menghubungi kita atau dia..karena setiap orang ingin privasi..:)

    ReplyDelete
  3. Bunda, coba cek lagi link kontesnya, saya coba klik kok nda berhasil membawa saya ke TKP ya?

    ReplyDelete
  4. Bunda, coba cek lagi link kontesnya, saya coba klik kok nda berhasil membawa saya ke TKP ya?

    ReplyDelete
  5. tips dari bunda yati perlu diikuti nih apalagi junior seperti saya. good luck ya bun

    ReplyDelete
  6. Bingung mau komentarnya, Bun...

    Banyak belajar dari postingan ini

    ReplyDelete
  7. Ahh Bunda So sweet bangget..
    memang betul sekali Bun Tips2nya..

    Meskipun kita sudah menikah,aku dan suami masih mempunyai privacy masing2,mis masalah hape,sms,
    Aku bangget deh tipsnya..

    Bunda Lap Yu dah..
    Sukses ya..
    Moga menang..

    ReplyDelete
  8. Perlu dicontoh ini Bund, Saya jg ga berani buka2 HP suami, tp kadang2 suka marah kalao bolak-balik di telpon cewek HIkz, Musti lebih sabar lg ini ya... :)

    ReplyDelete
  9. waahh..tipsnya oke punya buu....
    itu fotonya vintage sekalii...hehehehe...
    suka deh liatnya...

    ReplyDelete
  10. Andai suami Bunda Yati masih ada.. saya manggilnya apa ya Bun..?

    sukses ya Bun

    ReplyDelete
  11. Maaf bunda Yati aku baru turun gunung nih, jadi baru bisa apdet peserta GA Ce I eN Te A..
    Sepertinya aku tersentil dengan beberapa resep bunda di atas deh hehehee, maklum suka "kepo" sama urusan-urusan suami, terlebih soal rekan kerja di kantornya yang berlainan jenis. Tapi itu dulu di awal-awal nikah, skarang-skarang Alhamdulillah sudah bisa mulai mengurangi curiga-curiga yang tidak beralasan.. :)

    Link Tulisan ini segera kuapdet di list peserta ya bund.. makasihhh

    ReplyDelete
  12. Aiih dalem banget bunda, sampai merinding nih ... sepertinya bunda bakal menang deh .. habis sudah 20 tahun ... wah ....

    Semoga langgeng yah hingga akhirat ^_^

    ReplyDelete
  13. Aduh maaf ... salah ya, bukan 20, tapi puluhan ... tadi baca cepat, baca 2 kali koq ya masih 20, balik yang ketiga kali baru tepat: puluhan tahun ...

    Btw bunda, link kontes-nya koq gak nyambung nih, gagal terus ... pingin liat kontesnya, kalo bisa mo ikutan juga ... ^__^

    ReplyDelete
  14. Subhanallah...
    Tulisan Bunda Yati insya Allah bisa menjadi salah satu referensi rumah tangga saya kelak :D

    ReplyDelete
  15. setuju ama bunda,
    aku juga berusaha tidak melihat hp suamiku hehe

    selamat ya bun..

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Salam kenal ya Bunda...

    Aku dari blognya Anis Zoothera langsung kemari ;)

    Sebuah resep pernikahan yang lengkap ya Bun, semoga bahagia selalu BUnda ;)

    ReplyDelete
  18. Mf buat semua yang mengunjungi blog bunda ini. Beberapa hari bunda absen. Baru hari ini tahu kalo bunda tuh adalah salah satu pemenang dari GA-nya Zoethera. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  19. Abi Sabila, makasih ya. Btw tentang Kontes Indahnya Persahabatan kita bertiga (Abi & Bunda Lily) plus bunda YR, hehehehe....bisa satu kopdar artikelnya di satu buku.

    ReplyDelete
  20. Lidya - mama pascal, makasih kunjungannya.

    ReplyDelete
  21. Ketty Husnia, itu resep yang bunda jalankan sampai beliau meninggalkan bunda selamanya, hiks, hiks, pada tahun 2003. Makasih kunjungannya ya.

    ReplyDelete
  22. Jangan bingung-bingung Naz, nanti kalo udah punya pasangan dijalanin aja resep dari bunda. Oke? Makasih kunjungannya, sayang.

    ReplyDelete
  23. Nchie, makasih kunjungan n komentarnya. Emang donk ampe kapanpun privacy itu no.1 yang harus dijaga. Ai lap yu tu juga dah.

    ReplyDelete
  24. Bro, siapa dulu yang muji? Kan pasti anaknya donk. Makasih ya Bro kunjungannya di blog bunda ini.

    ReplyDelete
  25. muamdisini, makasih pujiannya dan kunjungannya di blog bunda ini. Suka liatnya? Ambil aja, gratis-tis-tis, hehehehe.......

    ReplyDelete
  26. Lozz, boleh panggil apa aja, asalkan jangan panggil Panda, hehehehe.... Makasih kunjungan, Lozz.

    ReplyDelete
  27. Zoethera yang manis, waktu buka blog bunda ini, pengumuman pemenang udah keluar tuh. Makasih ya. Doa bunda semoga langgeng kehidupan berumah-tangga antara Zoethera dengan suami. Amin.

    ReplyDelete
  28. mbak Mugniar, mf waktu buka blog ini, pengumuman udah keluar jadi gak bisa ikutan tuh, qiqiqiqiiii....lain kali pasti ada lagi Kontes/Kuis/GA yang lebih seru. Makasih kunjungannya.

    ReplyDelete
  29. kakaakin, alhamdulillah kalo bisa diambil manfaatnya dari tulisan bunda itu. Makasih untuk kunjungannya.

    ReplyDelete
  30. Nia Angga, memang seharusnya seperti itu sayang. Kalo sayang suami apalagi disertai cinta, maka berilah kepercayaan kepadanya. Ditanggung halal....ooops....maksudnya ditanggung langgeng. Makasih kunjungan dan komentarnya.

    ReplyDelete
  31. Yunda Hamasah, makasih atas kunjungannya dan komentarnya. Salam kenal dari bunda juga ya. Bunda akan langsung nih mau nyambang blognya Yunda Hamasah.

    ReplyDelete
  32. Jangan sampai pengorbanan mengotori hati. Pengorbanan juga membutuhkan pemikiran, agar cinta tersampaikan ke hati dengan ikhlas.

    ReplyDelete
  33. 17 tahun usia pernikahan saya bunda... komunikasi 2 arah betul-betul diperlukan. Banyak pelajaran yg bisa diambil dari tulisan ini. Terimakasih untuk share nya.

    ReplyDelete
  34. Salam kenal bunda,mlewati angka 10th pernikahan kami tulisan bunda ini menyemangati saya....terimakasih

    ReplyDelete
  35. mak, link penyelenggara GA nya kok not found?

    ReplyDelete
  36. terharu baca ini..dan sukaaa denga foto-foto jadulnyaaa bunda hehehe...

    ReplyDelete
  37. dapat pelajaran baru lagi nih dari bunda.. :) terima kasih bunda

    ReplyDelete
  38. situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,judi bola online,poker online indonesia, daftar situs poker online indonesia
    poker 88,situs poker online indonesia uang asli,situs poker online terpercaya, dewa poker, texas poker, poker club,poker online indonesia
    nice post....
    article yang menarik untuk dibaca dan bermanfaat...
    maju terus sob,,,
    kunjungan balik blog saya juga ya sob, http://chaniaj.blogspot.com
    dan kunjungi juga situs kesayangan kami http://www.oliviaclub.com/oliviaclub/index.php
    link alternatif http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
    https://www.facebook.com/oliviaclubpk?fref=ts
    http://www.oliviaclub.net/oliviaclub/index.php
    oliviaclub poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    Poker Indonesia, Indonesia Poker, Poker Online Indonesia
    yuk,,buruan gabung,,ada bonus nya lho,,,,

    ReplyDelete
  39. saya PAK SLEMET posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa
    setiap gajian selalu mengirimkan orang tua
    sebenarnya pengen pulang tapi gak punya uang
    sempat saya putus asah dan secara kebetulan
    saya buka FB ada seseorng berkomentar
    tentang AKI NAWE katanya perna di bantu
    melalui jalan togel saya coba2 menghubungi
    karna di malaysia ada pemasangan
    jadi saya memberanikan diri karna sudah bingun
    saya minta angka sama AKI NAWE
    angka yang di berikan 6D TOTO tembus 100%
    terima kasih banyak AKI
    kemarin saya bingun syukur sekarang sudah senang
    rencana bulan depan mau pulang untuk buka usaha
    bagi penggemar togel ingin merasakan kemenangan
    terutama yang punya masalah hutang lama belum lunas
    jangan putus asah HUBUNGI AKI NAWE 085-218-379-259
    tak ada salahnya anda coba
    karna prediksi AKI tidak perna meleset
    saya jamin AKI NAWE tidak akan mengecewakan

    ReplyDelete