Monday, February 27, 2012

Mashed-potatoes ala Bunda YR


Pagi-pagi kebiasaanku selalu sarapan nasi goreng, nasi plus lauk or makan roti isi ceplok telor. Pengen donk cari sarapan yang lain. Aku lihat ada kentang, ada buncis, ada wortel, ada jagung manis. Nah,kenapa gak? Aku mau eksperimen dengan mashed-potatoes aja deh buat sarapan pagi ini.  Jadilah sarapanku seperti ini:

Sebetulnya aku hobi banget sama yang namanya backed-potato. tapi bikin backed-potato ini harus kentang pilihan, sedangkan yang ada dirumahku tuh kentang biasa-biasa aja lagi. Jadi ya bikin mashed-potatoes aja deh, hehehehe...mashed-potatoes ala bunda yr.

Bahan-bahan:
3  biji kentang yang besar.(kupas, rebus atau kukus) .
2  wortel yang sedang besarnya (dipotong kecil-kecil bentuk dadu)
10 buncis  (dipotong kecil-kecil)_
1  jagung manis (disisir kasar).
2 sendok makan susu cair putih tawar.
2 sendok makan mentega/blue-band/margarine. (untuk menumis)

Bumbu-bumbu: bawang bombay, bawang putih (sesuai selera) - iris halus, lada halus, garam, bumbu penyedap masako/royko..

Cara Membuat: 

  1. Kentang rebus dihaluskan dalam keadaan panas, tambahkan 2 sendok makan susu putih enter (tawar), bumbu2  lada, garam, bumbu penyedap masako (secukupnya - sesuai selera)- sisihkan.
  2. Rebus jadi satu wortel/buncis/jagung hingga matang  - sisihkan.
  3. Tumis irisan bawang hingga harum, masukkan bahan2 (2), taburi lada, garam, penyedab masakan --  aduk sebentar, angkat.
  4. Atur deh dipiring : mashed-potatoes + sayuran hasil tumisan.
Sajikan dipiring, cukup untuk 3 orang.

Bagi yang suka bisa ditambahkan saus sambel pedas dan/atau saus tomat.

Selamat mencoba resep sarapan mashed-potatoes ala bunda yr.

Sehat koq coz banyak sayurannya, yeeeeee..............








8 comments:

  1. huaaaa.... gampang banget ya bun bikinnya
    mana klo sarapannya seperti itu dijamin lebih sehat toh, daripada nasi goreng hehehe
    gimana klo dikirim aja ke sini bun? Pasti saya terima dengan senang hati xixixi ....

    bunda paling bisa deh bikin orang tambah laper :P

    ReplyDelete
  2. Oh, niQue cantix yang paling setia berkunjung ke lapak-q. Sehat banget lha wong isine mung sayuran sing iji kres-kres ngono lho. Makasih ya niQue kunjungan dipagi yang cerah ini.

    ReplyDelete
  3. wah wah wah. . . . bisa buat temen sarapan nih. . . .

    ReplyDelete
  4. selain enak juga bergizi ya bun. mau dong aku cicipi masakannya bunda

    ReplyDelete
  5. mashed potato makanan kesukaan aku bundaaa.. jadi laperrr.. :D

    ReplyDelete
  6. waitsss semangat berbagi kawan...


    kunjungan pertama
    salam kenal dan follow juga
    Revolusi Galau
    ya

    ReplyDelete
  7. Wah terima kasih resepnya, belum pernah coba masak mashed potato sih sebelumnya :D

    ReplyDelete