Thursday, March 15, 2012

KESEHATAN BUNDA ADALAH SEGALANYA.


Tergelitik oleh adanya “Blog Writing Competition” yang bertema “Ayo Dukung Bunda: Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita”, aku berusaha untuk mencari referensi yang berkaitan dengan tema tersebut. Walaupun usiaku sudah memasuki 73 tahun, pengetahuan yang bisa aku share dengan teman-teman tentang hal yang berkaitan dengan tema tsb. sangatlah dangkal. Namun berikut ini ingin juga aku berbagi melalui tulisanku tentang hal yang bertalian dengan “sosok seorang bunda”.

Mengingat kata bunda, pasti akan terbayang oleh kita sesosok perempuan yang penuh kasih sayang dan penuh perhatian kepada anak-cucu-dan keluarga. Membicarakan seorang bunda, tak lepas dari masalah kehamilan, karena sosok perempuan yang mempunyai predikat bunda itulah yang telah membawa-bawa kita dalam kandungannya selama 9 bulan 10 hari. Ada juga yang lebih dari masa periode tersebut dan yang disebut “hamil kebo”.  Dibawah ini saya akan share dengan teman-teman bagaimana dan apa saja yang telah dan harus dilakukan oleh bunda selama masa kehamilannya.


        Setiap wanita pasti mendambakan bahwa suatu saat akan menikah, mempunyai anak dan membesarkannya dengan penuh kebahagiaan dan kasih sayang. Hal ini sangat erat hubungannya dengan bagaimana emosi sang bunda ketika hamil. Sang bunda harus selalu bahagia, benar-benar menerima kehamilannya dengan rasa syukur. Semua ini akan berdampak positif bagi kecerdasan emosionil sang jabang bayi. Hindarilah sekuat mungkin keadaan stress dimasa kehamilan, karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan perkembangan otak dan emosional bayi yang dikandungnya. Jadi cerialah dimasa kehamilan. Siapapun anda!.Cheer up during your pregnancy!




  • ·        Selama kehamilan bunda harus menjaga stamina. Baik bunda maupun calon-calon bunda yang hamil sering mengalami kelelahan. Itu wajar!. Saat hamil, tubuh berusaha keras untuk beradaptasi dengan janin yang berkembang di dalam tubuh kita. Penulis buku Nutrition for a Healthy Pregnancy: The Complete Guide to Eating Before, During, and After Your Pregnancy” memberikan solusi yang tepat untuk masalah kelelahan, yaitu dengan menjaga asupan zat besi tiap harinya. Zat besi berfungsi untuk membawa oksigen ke dalam darah. Saat kita kekurangan zat besi, kadar oksigen yang dibutuhkan ltubuh menurut. Inilah yang menyebabkan kelelahan yang berrlebihan. Makanan yang disarankan untuk mengatasi hal ini adalah: kerang, sereal, kacang-kacangan, brokoli dan bayam. (Source: Majalah Mother & Baby, Mei 2011, hal.34)

  • ·        Untuk menjaga agar bayi terhindar dari penyakit selama enam bulan pertama usianya, sangat dianjurkan apabila sang bunda mendapatkan vaksinasi influenza (flue). Selama tiga tahun penelitian yang dilakukan oleh Yale School of Medicine di Amerika Serikat, ditemukan bahwa tindakan tersebut sangatlah efektif. Penelitian dilakukan dengan membandingkan bayi-bayi yang dirawat di Yale New Haven Hospital karena penyakit flu dan sekelompok bayi lain yang sehat. Hasilnya, sebanyak 91.5% bayi yang dirawat, sang bunda tidak mendapatkan vaksinasi flue selama hamil. (Source:Mother & Baby, Mei 2011, hal.34.

  • ·        Persiapkan rencana pemberian ASI sebelum melahirkan: Tidak ada di dunia ini seorang bunda yang tidak ingin memberikan ASI untuk si buah hati. Nah,karena itu perawatan payudara sudah harus dilakukan sedini mungkin ketika hamil. Pada saat hamil biasanya payudara akan membesar, bila tersentuh akan terasa nyeri. Gunakan BH dengan ukuran yang sesuai sehingga dapat menopang payudara dengan baik. Ingat! Jangan malas menggunakan bra dan membersihkan payudara secara teratur. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan payudara selama kehamilan. Salah satunya yang terpenting adalah menjaga kebersihan putting susu. Bersihkan puting susu dengan mencucinya dengan air hangat, kemudian di usap-usap dlengan kain yang agak kasar untuk membersihkan kotoran-kotoran dari puting..

  • ·        Mengkonsumsi sayur dan buah adalah keharusan bagi sang bunda: Tak luput juga harus rajin pula selama hamil minum susu untuk kesehatan, baik untuk janin ataupun untuk sang bunda sendiri. Bunda sehat, bayi yang dikandung pun akan sehat. Sang bunda ceria, bayi yang dikandung pun akan memiliki perkembangan yang optimal.


  • ·        Sang bunda harus pula mengikuti program OR bagi bunda-bunda yang hamil. Biasanya program seperti ini diadakan oleh Rumah Sakit dimana sang bunda memeriksakan diri selama kehamilannya. Bunda rajin mengikuti program ini, Insya Allah tidak usah khawatir untuk untuk menyongsong kedatangan bayi, sang buah hati.. Selama masa kehamilan sang bunda harus sehat, stamina prima dan selalu ceria karena Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita.
Tulisan ini diikut-sertakan pada Blog Writing Competition dengan tema Ayo Dukung Bunda: Kesehatan Bunda, Kesehatan Kita"

4 comments:

  1. dalam mempersiapkan ASI harus mempersiapkan mental juga dukungan keluarga dekat terutama ASI. karena dukungan suami merupakan dukungan yg paling besar supaya si ibu tidak stress dan bisa memberikan ASI pada bayinya. semoga sukses ya bunda dengan kontesnya

    ReplyDelete
  2. ibu hamil harus mendapat perhatian lebih karena ada satu calon nyawa yg dikandungnya...
    :)

    ReplyDelete
  3. Lidya - mama pascal, makasih kunjungannya. Iya betul sekali memang harus dipersiapkan mental juga. Btw ini bunda ikut2an partisipasi, lihat tuh blm bisa ngatur letak postingan, hahahahaha..... Makasih do'anya.

    ReplyDelete
  4. Dihas Enrico, alhamdulillah, mudah2an semua pihak yang bersangkutan akan mengerti dengan hal-hal ini. Mksh kunjungannya.

    ReplyDelete