Saturday, May 26, 2012

Masa Lalu Adalah Masa Terindah..


 


Rentang masa yang dialami oleh setiap manusia pastilah, setidaknya, akan melalui tahap masa lalu, kehidupan sekarang, kemudian kita mempunyai cita-cita dan harapan masa depan. Setelah itu? Tinggal berdo'a dan pasrah kepada ketentuan dari Allah Yang Maha Kuasa tentang apa yang akan terjadi pada diri kita.  Kenapa pula postingan ini aku beri judul "Masa Lalu Adalah Masa Terindah"? Karena bagiku masa itu adalah masa dimana aku masih memiliki kedua orang tua, juga sepasang nenek dan kakek yang amat mengasihiku. Tidak seorang pun yang ingin kehilangan mereka, kehilangan masa-masa keemasan dimana kita bergelimang dengan kasih sayang dan cinta. Pernah nenekku bercerita begitu sayangnya ayak kepadaku, sehingga ketika aku lahir beliau berusaha membuatkan sebuah Surat Lahir yang di kreasinya sendiri. Waktu itu sama sekali belum terpikirkan oleh ayah tentang sebuah Akte Kelahiran. Tapi bagiku secarik kertas itu cukup menjadi kenangan tentang besarnya perhatian dan cinta ayah kepadaku. Masa Lalu Adalah Masa Terindah dapat aku lengkapi dengan cerita antara lain sebagai berikut:

Aku dan ke-2 ortu

Lihatlah tempat lahirku dan nama gadisku dengan ejaan lama ,hehehehehe......


Masa remajaku hingga aku berusia 27 tahun tetap aku sebut dengan  predikat sebagai masa lalu yang terindah. karena aku, walaupun telah kehilangan kedua orang tuaku, namun aku masih memiliki sepasang nenek dan kakek yang aku cintai dan sangat menyayangiku. Kemudian aku mengalami hari bahagia pula ketika memasuki usia 28 tahun (1967), seorang  pria telah memilihku dari sekian banyak wanita yang dikenalnya untuk menjadi pendamping hidupnya sepanjang usia. Aku merasa menjadi wanita yang tercantik sedunia

Masa lalu masa terindah: dimatanya aku adalah wanita tercantik sedunia, hehehehe....

Aku pun dengan mudahnya mendapatkan pekerjaan atas izinNya untuk membantu suami menunjang kehidupan rumah tangga kami.  Aku melahirkan anak-anak yang sehat sebagai buah pernikahan kami. Membesarkannya dan menikahkan mereka sebagaimana kewajiban sebagai orang tua. Tuntas sudah tugas kami sebagai orang tua ketika ke-empat anak kami menikah dan membangun kehidupan masing-masing. Cucu-cucu yang lucu dan sehat pun menghias kehidupan masa laluku yang akan terus terkait dengan indahnya masa kehidupan sekarang. Kehilangan suami dan ayah anak-anakku pada tahun 2003 menempa diriku untuk menjadi seorang yang tangguh dan prihatin menyongsong KEHIDUPAN SEKARANG.


Tahun 2009 adalah tahun dimana aku mulai menguak kesempatan untuk menjadi diriku yang sekarang. Walaupun tahun 2009 adalah masa lalu, namun aku akan mengganggapnya sebagai sebuah kaitan erat dengan kehidupan sekarang. Kenapa pula ini? Karena keadaanku yang galau, peperangan bathin yang aku alami. Ketika itu beberapa tahun sudah aku menjadi seorang pensiunan total (tanpa penghasilan). Aku hanya bernaung dan bergantung pada anak-anakku. Hal ini membuat aku berpikir dan memberi perintah kepada otakku untuk berbuat sesuatu agar hilang rasa galau dan reda peperangan bathin ini.

Aku browsing  di internet tentang aktivitas yang bisa menghasilkan uang tanpa harus kerja keras secara fisik.Akhirnya aku menjadi Reseller sebuah usaha bisnis online. Cukup menggembirakan walaupun hasilnya tidak melejit seperti mereka yang sudah pakar di bidangnya. Tapi cukup mengobati rasa galau dan mampu memberikan aba-aba cease-fire kepada bathinku, hehehehe....

Hidupku menjadi cerah dan semangatku berkobar karena dengan aktifitas ini aku diharuskan memiliki jejaring sosial fesbuk dan harus membuat sebuah blog.  Hal ini berdampak sangat positif terhadap kehidupan sosialku. Aku memiliki banyak teman dari dunia maya.. Hingga kini aku memiliki hampir 700-an pertemanan dari dunia maya. Salah satu alasan aku mendapat sedemikian banyak teman, mengingat usiaku yang sudah uzur, adalah karena aku juga menjadi member dari Group Belajar Bahasa Inggris Santai, English Addicted (Conversation)  -- members dari group inilah yang kebanyakan meng-add aku sebagai teman dan tentunya membuat aku semakin semangat mengaktifkan otakku yang hampir ber-leha-leha -- yang akan  mengundang  cepatnya penyakit pikun. menghampiri.

Kemenangan yang kudapat dari lomba menulis di Blog memacu semangatku untuk tetap menulis.   Yang ini dari Kumpulan Emak-Emak Blogger., merupakan KEHIDUPAN SEKARANG yang penuh semangat!.

Pertemanan demi pertemanan mendekatkan aku pada dunia menulis. Nah, ada apa pula dengan pertemanan koq mendekatkan aku pada dunia menulis? Begini: Beberapa teman di dunia maya men-tag aku untuk ikut dalam sebuah Audisi Menulis -- setelah mengikuti satu audisi aku LOLOS, beruntun undangan demi undangan untuk mengikuti Audisi Menulis Antologi atau Kontes/Lomba Menulis (Antologi)  pun berdatangan. Sebisa mungkin aku mengikuti audisi tersebut  untuk melatih otakku yang mulai melemah dalam usia yang sudah 72 tahun.  Hasilnya sangat menggembirakan. Otakku cerah kembali, jaringan syaraf-syarat otak bekerja seperti yang aku perintahkan - menulis - menulis dan menulis. Hingga saat ini aku telah mengikut kurang lebih 22 Audisi menulis (diluar lomba atau Give-Away dari Blog). Alhamdulillah  -- diantaranya 12 naskah lolos audisi , 6 naskah GUGUR, sedang beberapa naskah masih menunggu pengumuman. Hasil aktifitasku ini menambah gairah kehidupan sekarang yang aku jalani dan berbuntut sangat manis untuk menorehkan sebuah cita-cita.

CITA-CITA-ku  tidaklah terlampau muluk. Aku ingin terus menulis, menulis dan menulis hingga suatu saat nanti, entah kapan, aku bisa menghasilkan sebuah buku solo dan bisa menangguk income dari aktifitas ini.  Aku masih memiliki cita-cita bahwa disamping menerbitkan sebuah buku solo, juga aku menyimpan sebuah keinginan lain yang maha dahsyat dalam dadaku, yaitu ingin menapakkan kakiku di tanah suci, menunaikan kewajibanku sebagai umat pengikut Nabi Muhammad SAW. Semoga Allah Yang Maha Kuasa menjabah do'aku. Amin, Ya Robbal'alamin.

Cita-cita ini tentu saja erat kaitannya dengan HARAPAN MASA DEPAN   -- aku harus banyak berdo'a. Aku harus  beramal semaksimal mungkin dalam moril atau materiil. Aku ingin menyenangkan hati anak-anak dan cucu-cucu serta menantu-menantu-ku dengan jalan memperlihatkan kepada mereka bahwa dengan banyak beraktifitas, memori-ku tidak akan cepat melemah. Dan  di usiaku yang renta ini ,Insya Allah, tidak terlalu menambah beban mereka. Aku tidak ingin duduk manis dengan mendapatkan perhatian yang penuh dari anak-anakku. Akupun ingin bisa menghasilkan sesuatu yang bisa membuat aku bangga pada diriku sendiri.  Aku berharap  mudah-mudahan dengan kegiatanku yang melibatkan otak dan pikiranku ini -- dimasa depan aku terhindar dari penyakit-penyakit tua yang akan merepotkan anak dan cucuku. Semoga Allah mendengar do'aku. Kasih sayang dan perhatian yang mereka limpahkan kepadaku sudah terlalu besar. Semoga Allah memberikan keberkahan kepada anak-anak dan cucu-cucuku serta menantu-menantu-ku sepanjang usia mereka. Amin, Ya Robbal'alamin.

Terakhir dengan segenap rasa simpati dan sayang, aku ucapkan "Selamat Ulang Tahun untuk Noorma Fitriana M. Zain"




Tulisan ini diikut-sertakan dalam GiveAway Cah Kesesi Ayutea yang diselenggarakan
oleh Noorma Fitriana M. Zain.


26 comments:

  1. wau perjalanan hidup yang indah bunda, aku suka dengan semangat bunda, dan semangat itu tanpa kusadari telah membias dlm diriku..

    terimakasih bunda Yati..
    semoga sukses dengan GA nya

    ReplyDelete
  2. Aduh luar biasa sekali semangat Bunda Yati ini. Tak mengeluh oleh keadaan, tapi malah bangkit memperbaiki diri. Kagum sangat Bun..Sangat..sangat..Aku akan belajar semangat ini darimu. Wish me luck..Dan semoga sukses dengan kontesnya :)

    ReplyDelete
  3. Aslm bunda.... duh langsung kangen bunda deh membaca tulisan ini. Kangen bunda Yati yang penuh semangat dalam mengisi kehidupan.

    Kisah kehidupan yang begitu indah, trims telah berbagi dan semoga Allah SWT menjabah doa-doa bunda... Amin...

    semoga menang dalam kontesnya ya bundaaa... :)

    ReplyDelete
  4. Assalammualaikum ibu

    Perjalanan hidup yang luar biasa pastinya

    Tidak menyerah hanya karena usia

    Semangat yang patut dicontoh oleh yang muda2

    Terus berkarya ya ibu

    Salam kenal dari Semarang

    ReplyDelete
  5. setalah aku baca2, postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    ReplyDelete
  6. setalah aku baca2, postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^

    oia salam kenal
    kalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUM
    folloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    ReplyDelete
  7. Bunda... itu beneran poto kedua ortu bunda?
    wahh.. hebatt.. masih ada yaa??

    ReplyDelete
  8. Semoga apa yang dicita-citakan sama bunda bisa tercapai... Amin Ya Rabbi...

    Bun mampir jg di blog aq yah... dn baca artikelnya... mo jalin silahturahmi.... :)

    http://chumhienkslife.blogspot.com/2012/05/aku-yang-dulu-sekarang-nanti.html

    ReplyDelete
  9. Waw, Bunda umurnya bisa sebanyak itu! Masya Allah. Aku bisa nggak ya. Waw. Beneran Waw!

    ReplyDelete
  10. kunjungan gan .,.
    Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  11. Subanallah dan hebat kawan.
    Di usia yang sekarang masih aktif dan energik. Ane salut dengan keinginanmu. Sama persis dengan keinginanku, ingin terus menuliskan sesuatu. Ane perlu banyak belajar sama kamu sobat. Emak-emak juga jago ngeblog. Semoga cita-cita ke tanah suci terwujud.

    ReplyDelete
  12. Aminnn, semoga cita cita Bunda tercapai... :)

    ReplyDelete
  13. BUnda Yati apa kabar? tetap semangat ya

    ReplyDelete
  14. Insan Robanni, alhamdulillah andaikan semangat bunda bisa membias kesegala arah dan sudut, hehehehe..... Insan terlalu berlebihan keknya nih. Ok, makasih untuk do'anya. Makasih juga sudah berkunjung kesini.

    ReplyDelete
  15. Evi, alhamdulillah bunda bisa melaluinya dengan baik. Makasih komentar dan kunjungannya. Of course, I wish you luck, my dear. Makasih do'anya.

    ReplyDelete
  16. Alaika Abdullah, sammmaaa...bunda juga jadi kangen nih liat Alaika ada disini, hehehehe..... Maaf bunda lama gak bisa balas komentar dari Alaika maupun dari yang lain. Bunda absen agak lama juga. Makasih ya Al, untuk do'anya. Kapan nih kita ketemuan lagi? Miss u.

    ReplyDelete
  17. waalaikmslm, esti sulystiawan, t'rima kasih kunjungan dan komentarnya. mf sekali baru bunda balas ya. Bunda emang kadang-kadang terlalu sibuk dengan belajar menulis, hehehehehe.....sampe hampir lupa sama mereka yang perhatian dan mengunjungi blog bunda ini. Itu tidak akan terjadi lagi, mudah2an bunda akan rutin berkunjung dan melihat komentar-komentar yang masuk.Salam kenal balik dari Pamulang. Btw bunda senang sekali kalo baca "Semarang", hehehehe...rasa s'mangat makin menggelegak.

    ReplyDelete
  18. Rizki Pradana, maaf bunda terlambat sekali membalas komentar dari Rizki. Ah, masa sih segitunya postingan-postingan bunda. Belum ada kemajuan setelah berumur 3 tahun lebih. Ide belum terlalu berkembang. T'rima kasih atas komentar dan kunjungannya. Oke bunda pasti ke EPICENTRU (tapi bukan EPICENTRU, Kuningan lho, hehehehehe....).

    ReplyDelete
  19. cah_kasesi_ayutea........ya amplooop, abis potonya siapa donk kalo bukan potonya ibu n ayahku, hehehehe.... Btw foto nenek n kakek bunda aja masih nyimpen lho. Makasih ada kesempatan untuk ber-flash-back tentang masa lalu bersama orang-orang tersayang. Makasih untuk kunjungannya.

    ReplyDelete
  20. Chumhienk, (itu ada huruf yang kecil superscript apa ya....gaptek.com). Makasih kunjungannya. Oke pasti bunda berkunjung ke TKP. Makasih ya do'anya.

    ReplyDelete
  21. Hadi Kurniawan, iya tuh umur bunda udah buanyaak banget. Mau bunda bagi? hehehehe....biar bunda rada-rada mudaan dikit....JK. Insya Allah bisa bila kita selalu merasa bersyukur atas segala karuniaNya.

    ReplyDelete
  22. outbond malang, makasih kunjungannya. Oke pasti bunda berkunjung balik, Gan.

    ReplyDelete
  23. apikecil, makasih Prit doanya untuk bundamu ini. Semoga Prit dan Bro selalu dalam lindunganNya. Amin.

    ReplyDelete
  24. HP Yitno, alhamdulillah, semua itu berkat do'a seluruh rekan-rekan blogger, sanak keluarga dan anak cucu tercinta. Amin, YRA makasih do'anya semoga dijabah oleh Allah SWT. Makasih juga kunjungan dan komentarnya di blog ane ini. Selama ente punya s'mangat dan kemauan serta tekad baja pasti ente akan bisa seperti apa yang ente mauin, hehehehe...........

    ReplyDelete
  25. Lidya - Mama Cal-Vin, hehehehe....bunda baik-baik aja tuh. Memang beberapa hari agak kurang s'mangat ngenet tuh, karena sibuk urusan keluarga. Alhamdulillah sudah mulai longgar sekarang. Makasih ya udah berkunjung. Salam manis buat Lidya.

    ReplyDelete
  26. Subhanallah...
    Perjalanan hidup yang sungguh luar biasa, bunda :)

    Senang melihat foto2nya

    Sukses selalu ya bunda...

    ReplyDelete