Friday, December 14, 2012

Sebuah Nostalgia.

Gb: intisari.online.com

Aku termasuk salah seorang "penggila" GA dan seringkali hunting tentang adanya GiveAway atau Audisi Menulis atau Lomba Menulis, atau apa aja deh yang sifatnya bisa buat update blog dan mencerahkan otak. Hari ini aku seneng banget karena ada Giveaway nih dari  blog Menara Hati. Langsung donk aku tertarik. Walaupun aku sudah uzzzuuur dan punya empat orang cucu yang sudah berumur 15 tahun, tapi kan aku pernah juga lho melahirkan dan bingung tujuh keliling cari nama buat the baby. Nah, apa bukan sebuah nostalgia namanya kalau kita berpikir kebelakang ketika kita mau punya baby? Sebuah nostalgia tentang betapa indahnya perasaan kala kita sedang menantikan si buah hati hadir dan betapa romantisnya aku dan sang suami ketika sama-sama mencari sebuah nama bayi yang penuh arti.



Pada kehamilan pertama, aku sangat sedih. Aku harus ikhlas kehilangan anakku karena janin tidak terselamatkan. Ternyata aku mengalami miskram atau keguguran di usia kandungan 5 (lima) bulan, sehingga ide nama yang telah aku sediakan pun sirna sudah.

Ketika aku melahirkan anak kedua tahun 1969 bukan main bahagianya hati kami, namun sebuah ide nama tak pernah aku sediakan untuknya. Traumakah aku? Mungkin ya mungkin juga tidak. Whatever will be will be saja lah, begitu pikirku. Tapi karena bayiku lahir pada tengah malam - pertukaran hari, yaitu hari Jum'at  pukul 00.02 kala sepanjang malam beduk ditabuh ber-talu-talu di Masjid  menyambut Hari Raya Idul Adha. Bukankah ini merupakan hari yang Akbar? Hari yang Besar? Jadi pas kalau ide nama yang tiba-tiba menyapa benakku, Ari Akbar aku berikan untuk bayiku. Suamiku oke-oke aja.

Sebelas bulan kemudian (qiqiqiqiiiiiiiiiiiii.....cepet banget ya???) lahir anakku yang kedua, genre perempuan. Sama halnya dengan kelahiran kakaknya, tetap aku tidak memilihkan dengan rencana matang sebuah nama. Namun aku masih ingat bahwa, dulu, sebelum mengenalku, suamiku jatuh cinta pada seorang wanita di pulau Sumatera bernama Machdalena. Apakah nama ini saja untuk anakku? Tapi koq pendek amat ya? Ini juga akan merupakan sebuah nostalgia : mengingat bahwa tahun 1960 (baca: seribu sembilan ratus enam puluh) aku pernah menulis sebuah cerpen di harian Berita Minggu (zaman baheula) berjudul Rini, Gimana kalau digabungkan? Maka jadilah nama anakku ini Rini Machdalena (aku lebih suka menuliskannya dengan "ch" daripada dengan "kh").  Nama apa pun yang kita berikan kepada sang buah hati adalah sah-sah saja  -- yang penting ada unsur cinta yang mendalam ketika kita memberikan nama tersebut kepadanya.Jangan lupa mengumandangkan azan dengan khusuk di kedua belah telinganya lho! Afdhol sudah!

Tibalah kini giliran aku untuk membagi atau share kebahagiaan kepada sepasang suami isteri yang tengah menantikan kehadiran seorang bayi laki-laki.Aku juga ikut bahagia sebagai sesama blogger. Tidak lama lagi pasangan ini akan saling berebut menggendong dan mencium sang buah hati, bahkan saling berebut mengganti popoknya. Tidak akan dibiarkan orang lain membantunya. Kenapa? Karena pengalaman pertama dengan bayi pertama sangatlah memberikan kebahagiaan tersendiri. Ada sensasi khusus yang bisa kita nikmati. Serious lho! Jangan-jangan sang bapak karena terlalu senang dengan kehadiran sang buah hati akan dengan rela hati pula "m'bolos ngantor" dan kerjanya hanya memandangi sang buah hati dengan penuh perasaan syukur kepada Allah SWT bahwa kehidupannya sampai detik ini telah sempurna, sebagai suami, bapak, dan Imam dalam sebuah rumah tangga yang sakinah mawaddah dan marrokhmah.

Tentang sebuah nama bagi si buah hati? Wah! sulit memang mencari dan memikirkannya. Tapi buat apa ada paman Google ya? Oke aku akan search di situ dan akan mencari nama yang begitu aku lihat nyantel di hati aku. Lho? Koq dihati aku sih? Ya, iyalah -- masa dihati kedua calon ibu dan bapak-e. Lha wong ibu and bapak-e ngadain Giveaway ini untuk cari nama je! Oke, setelah googling, aku jatuh cinta nih pada sebuah nama yang aku comot dari blog  milik  rekan yang belum jadi friend sama aku yaitu Mas Uways.  Pilihan nama  Akhdan Arief Athaya  yang artinya: Sahabat laki-laki yang berwawasan luas dan mendapat anugerah dari Allah. Muslim banget khan dan namanya keren --  triple A lho: Akhdan Arief Athaya.

Saatnya sekarang aku serahkan pada kedua calon bapak dan ibu itu untuk menentukan pilihannya. Tapi itulah pilihan dari neneknya, hehehehehe.....ngaku-ngaku.com. Gakpapa kan, nenek online gitulah. Oya keterangan tambahan buat calon mam n pap nih ya atau mungkin nanti mau manggilnya Umi n Abi, aku rasa asal bahasa Akhdan Arief Athaya adalah dari Arab.(sok tahu aku ini, yuuk tanya sama Mas Uwas!).
  
Sebagai tambahan aku mau bikin pengumuman bahwa pada hari Rabu, 12 Desember 2012 pukul 13.00 telah lahir cucu keponakanku, seorang bayi laki-laki dengan bobot berat 3.5 kg melalui operasi Caesar, karena usia kehamilan sudah sepuluh bulan 7 hari dan air ketuban sudah kering. Sayangnya pada saat dicari oleh Suster, keponakanku, sang bapak sedang ke apotek, jadi sebenarnya dokter bilang bisa dilakukan operasi pada jam 12.00. Tuh kan, kalo keponakanku stand-by di tempat kan manis sekali tanggal kelahiran cucu keponakanku itu 12-12-12 pukul 12.00. Pasti nanti bakal dapat hadiah dari bapak Presiden R.I., hahahaha......

Kembali kepada pilihan nama dari aku untuk calon cucu online-ku ini yaitu Akhdan Arief Athaya. Semoga ibu dan bayi dalam kandungan dalam keadaan sehat-sehat wal'afiat. Oya, nasehat dari aku nih buat calon ibu agar banyak-banyak-lah latihan jongkok ya, ngepel rumah kalau perlu, hehehehe.....agar kelahiran lancar dan sang buah hati akan meluncur bak pesawat roket, zzzzzzzzzzzzzzzzzzzz...............ketangan sang dokter dan sang ibu akan merasakan sesuatu yang hangat menggelincir licin dan menimbulkan rasa lega dan bahagia tiada tara.


Tulisan ini di-ikut-sertakan dalam  Welcoming Baby. Giveaway MENARA HATI.





20 comments:

  1. walaupun tidak lahir dijam 12 yang penting sehat ya bunda

    ReplyDelete
  2. Good luck GA nya Bunda, nama yang dipilihin bagus deh

    ReplyDelete

  3. informasi yang sangat menarik dan mengagumkan yah utnuk itu salam kenal dari saya dan jangan lupa kunjungan baliknya
    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    ReplyDelete
  4. semoga sukses di GA nya ya bunda

    saya pengen ikut tapi dah banyak uh GA yg udah diikutin di akhir bulan

    ReplyDelete
  5. semoga sukses di GA nya ya bunda

    saya pengen ikut tapi dah banyak uh GA yg udah diikutin di akhir bulan

    ReplyDelete
  6. Honeylizious, yeeee...koq bingung toh, sayang? Tinggal klik aja tuh di Uncle Goggle, ketemu deh....Makasih ya kunjungan Hani disini.

    ReplyDelete
  7. Lidya - Mama Cal-Vin, iya Lidya, sehat, alhamdulillah, putih lagi. Makasih ya kunjungan setianya. Bunda juga mau bertamu ah kerumah Lidya, hehehehe.......

    ReplyDelete
  8. fitri3boys, makasih kunjungan fitri. Iya, mudah2an kepilih deh jadi namanya si permata hati pasangan yang bahagia itu.

    ReplyDelete
  9. commonwealth, aduuh, segitunya. Masa sih mengagumkan? Makasih pujiannya dan kunjungannya. Salam kenal balik dari Bunda. Oke insya allah bunda berkunjung.

    ReplyDelete
  10. Imam Boll, makasih do'anya ya dan makasih juga kunjungannya. Waaah, bunda malah lagi cari-cari lagi nih dimana ya ada GA biar bunda update blog lagi, hehehehe.... Kasi info dong. Makasiiih.

    ReplyDelete
  11. Pemberian nama pada anak ini memang gampang2 susah. Kalo referensinya sama akan ada kemungkinan nama anak juga sama dengan anaknya para tetangga.

    ReplyDelete
  12. Semoga menang ya bunda...
    membaca lika-liku kehamilan dan pencarian nama, saya jdi bernostalgia sendiri dn agak lama menulis komentarnya. :)

    ReplyDelete
  13. waaaahhhh bagus banget tulisannya Bunda,, aku suka :) serasa ikut terlibat di dalamnya =)

    Bund, makasih ya sarannya, nanti aku banyak jalan + jongkok2 deh, biar cur meluncur gampang

    soal nama, bagus juga.. nanti aku rembug sama mas bojo dulu, semoga dia suka ya Bund..

    ReplyDelete
  14. skrg simpel ya bun, cari nama tingga buka laptop cari di internet.. Kl wkt sy krn blm melek internet jd beli banyak buku :D

    ReplyDelete
  15. HALAMAN PUTIH, betul sekali, tapi gpp koq coz tinggal ngimbuhi nama sang Abi atau sang bapak dibelakang nama anak. As simple as that, qqqqq... Makasih sudah berkunjung ke blog bunda yang seringkali menjadi halaman putih - contohnya liat aja deh udah hampir 2 minggu halaman blog bunda putiiiih terus alias gak di update.

    ReplyDelete
  16. Susi Susindra, makasih mbak untuk do'a dan kunjungan ke blog bunda. Biarpun lama memberikan komentarnya....yang penting akhirnya muncul juga kan disini.

    ReplyDelete
  17. Armita Consultant....waaah, jangan bilang bagus "banget" douwnzx...coz risikonya berat tuh buat penyelenggara GA, tulisan ini harus jadi salah satu pemenang, hahahahaha...........just kidding. Makasih untuk kunjungan Armita dan pujiannya yang melambung. Teriring do'a dari bunda semoga persalinan lancar tidak kurang suatu apa pun, aamiin.

    ReplyDelete
  18. myra anastasia, betul sekali coz zaman semakin maju dan teknologi semakin oke. Kalau pun gak tanya paman Google, gampang koq tinggal me-reke-reka berdua sang suami tercinta, pasti ditemukan kesepakatan, hehehehe.....

    ReplyDelete
  19. Sebuah susunan aksara penuh dengan makna pembelajaran Bun. Semoga sukses dengan kontes GA nya.

    Sukses selalu
    Salam Wisata

    ReplyDelete