Wednesday, January 23, 2013

Bermain Adalah Dunia Anak-Anak.

Cak Medure ta' ye, hehehehe....
Banyak blogger yang mengisi postingannya dengan cerita-cerita tentang anak-anak mereka yang lucu dan pintar. Aku disini akan menceritakan (lagi) tentang cucuku yang bontot. Sejak sekolah TK-A semester akhir cucuku ini dimasukkan oleh anakku ke SekolahAlam yang terletak di wilayah Ciputat. Sejak masuk sekolah alam ini kemajuan tentang kepribadian dan kepercayaan diri mencuat dengan dahsyat. Cucuku sudah berani tampil di panggung sejak masuk TK-B, senang bermain, penuh semangat dan penuh gairah. Bermain Adalah Dunia Anak-Anak dan disinilah, di sekolah Tanah Tingal berwawasan lingkungan inilah tempatnya.

Sekolah Alam yang terletak di area tanah yang amat luas ini adalah milik mantan Menteri Penerangan di jaman Order Lama, Bapak Budihardjo, alm. Kini Sekolah Alam ini di kelola oleh anak-anak beliau. Fasilitasnya memadai dengan arena bermain yang luas (termasuk out-bond), kolam renang, lapangan futsal dan lain sebagainya.
Ayman bergaya


Juga siswa/siswi diperkenalkan dengan berbagai kegiatan seperti bertani, bercocok-tanam dan berkebun. Setiap anak diberi tugas dan tanggung menanam sayuran. Cucuku setiap tiga bulan sekali membawa hasil panen dari tanaman yang ditanam dan dipeliharanya sendiri seperti kacang pandang, oyong, jagung.Sangat menyenangkan memang bagi anak-anak karena mereka bekerja sambil bermain bergembira.

Sebelumnya, ketika dia masih di TK-A disekolah lain, cucuku, Ayman  --  selalu menarik diri apabila ada acara tari dan nyanyi. Apalagi untuk naik pentas. Huuuu....dia akan nangis meraung dan minta pulang. Kini tidak lagi.
Alhamdulillah sejak masuk sekolah alam ini kepribadian cucuku telah tergali dengan baik. Arahan dan didikan para guru sangat memesona kami - para orang tua siswa/siswi. Cucuku giat masuk sekolah dan agak sedikit kecewa hatinya kalau ada hari libur.  Anak-anak mutlak harus memiliki dunia bermain yang cukup dan terarah. Dan disinilah, di Sekolah Alam Tanah Tingal yang berwawasan lingkungan cucuku memperolehnya dengan puas. Kemandirian dan sense of responsibilities-nya terbentuk dengan baik di sekolah alam ini.

Di wilayahku ada dua Sekolah Alam yang baik yaitu Sekolah Tanah Tingal, dimana cucuku bersekolah dan Sekolah Alam Dik Doank

Hari ini, Rabu tanggal 23 Januari di sekolah cucuku ini diadakan satu kegiatan untuk memperkenalkan budaya bangsa kepada anak didik.  Acaranya adalah mengangkat  Budaya Madura . Siswa/siswi kelas I sampai dengan kelas VI "diharuskan" memakai pakaian ala Maduranese dengan celana hitam, baju dalam kaos putih polos bermotif garis-garis warna merah-putih plus gesper antik, ikat kepala pun dari motif batik.  Bukan hanya bajunya saja yang diperkenalkan, tetapi juga Sejarah Madura, tarian Madura, Fashion Show dengan berpakaian Madura yang diikuti oleh siswa/siswa  kelas 1 sampai kelas 6.

Horeee.....alhamdulillah cucuku menggondol Juara I. Begitu pulang dari sekolah diantar mobil jemputan, dia berlari kearahku dan berteriak:

"Aku Juara Satuuuuuuuuuu...........". Tentu pelukan sayang yang memagutnya langsung dariku. Sayang foto saat fashion show belum aku miliki. Yang terpampang di postingan ini  adalah  ketika cucuku baru sampai di sekolah.

Mudah-mudahan cucuku akan bisa tetap di sekolah alam ini hingga menamatkan kelas enam. Insya Allah.

Catatan: Maaaaaf banget nih bagi orang asli Madura kalo bunda telah mendandani cucu bunda dengan tidak semestinya. Abis waktunya mendadak sih, pengumumannya  sehari sebelum hari H. Nah blingsatan deh nyari tempat sewa baju. Udah dapet, eee.....topinya kekecilan, ya sudahlah terpaksa sang bunda ini membuat sendiri dalam waktu 30 (baca: tiga puluh menit) selendang dan ikat kepala dari kain batik, hehehehe....akhirnya cucuku jadi Juara 1 Fashion Show.........

Ini dia selendang dan ikat kepala Made in Bunda, "mayan kan?"


25 comments:

  1. waaah,asyiknya bawa hasil panen ke sekolah ya bun. apalagi ada jagungnya tuh, jagungnya bisa dibakar bareng-bareng dikasih mentega, nyummyy :D

    ReplyDelete
  2. Salam kenal bunda,
    Wah seru bgt ya sekolah alamnyaaaa..sayang di rantau prapat belom ada

    ReplyDelete
  3. wah, juara satu ya bunda.. selamat... harus berterima kasih sama orang madura ini hehehee

    ReplyDelete
  4. Dandani mendadak aja bisa juara 1.

    Hebat bun, cucunya. :D

    ReplyDelete
  5. Wh heubat Juar 1 ya Bunda, mmmh Bundanya ajah heubat, apalagi cucunya ya..

    ReplyDelete
  6. Ila Rizky Nidiana, iya bawa hasil panen dari sekolah buat bundanya, hehehe....jagungnya dibikin bakwan tuh. Makasih Ila kunjungannya ya. Seneng banget bunda liat ada Ila disini.

    ReplyDelete
  7. Lidya - Mama Cal-Vin, yeee....emang belum pernah ketemu bunda ya? Siapa dulu bundanya, huahuahua.....(abis gak ada yang muji). Makasih kunjungan Lidya ya.

    ReplyDelete
  8. ayu, salam kenal balik dari Pamulang. Hhmm....pindah aja ke Pamulang gimana, hehehe.... Makasih kunjungan Ayu ke blog bunda ya.

    ReplyDelete
  9. cumakatakata, iya juara 1, hebat ya bunda hehehehe....Lho apa gak kebalik tuh bukannya orang Madura yang harus berterima kasih karena bajunya di promosiin? just kidding-lah. Makasih kunjungan cumakatakata ke blog bunda.

    ReplyDelete
  10. Muji Suwarno, iya tuh dadakan bikin slendang dan ikat kepalanya. Lho koq hebat cucunya tok toh, ya bundanya juga hebat, hehehehe........ Makasih ya kunjungan Muji Suwarno ke blog bunda. Keknya baru pertama kali nih. Bunda juga mau bersilaturakhim nanti ya ke rumah online-nya Muji. Ditungguuu...

    ReplyDelete
  11. fitri3boys, betul, betul, betul...bundanya hebat...ops maksudnya cucunya hebat - gara2 masuk sekolah alam jadi pede abis tuh. Makasih ya kunjungannya.

    ReplyDelete
  12. cumakatata, haddeeeuuuhj....udah capek rasanya kaki bunda berjalan untuk berkunjung kerumahnya cumakatata, maksudnya mau kasih komentar itu lho tentang yang "Ngintip" hehehehe.....tapi gak bisa-ee ribeddah. Maklum bundanya awam terus nih.

    ReplyDelete
  13. Jempol untuk anak yang berani.

    ReplyDelete
  14. selamat buat cucunya ya Bunda ... selendang dan ikat kepala buatan bunda Yati itu yang membuat juri terpesona ... :D

    O ya bunda Yati kuciprati Sunshine Award, cek disini Bunda :
    http://liannyhendrawati.blogdetik.com/sunshine-award/

    ReplyDelete
  15. Bunda apa kabar?

    Lama tak bersua, ya?
    Tapi Hani percaya Bunda itu selalu sehat, semangat dan penuh energy ;)

    Sekolah alam memang memiliki kurikulum yang bagus ya Bun...yang terpenting bisa meningkatkan kepercayaan diri anak, karena kunci sukses bukan kepintaran itu sendiri melainkan kepercayaan diri :)

    Salam peluk-peluk ya Bund.... he he he

    ReplyDelete
  16. elamat buat Ayman yang udah juara satu..

    Jempol juga buat bunda yang walopun blingsatan tapi berhasil bikin ayman juara 1 ya :)

    sklh alam itu konsepnya bagus bun.. Sempet kepengen bgt utk nyekolahin anak2 di SA sayang gak ada yg deket sama rumah lokasinya..

    ReplyDelete
  17. bagus kok bunda dandanannya.... :)

    ReplyDelete
  18. Kami adalah perusahaan percetakan, berbadan hukum CV, dengan nama CV. Cipta Restu Fellynda, berlokasi di salah satu kawasan percetakan terkemuka di Ibukota Jakarta, yaitu di kawasan jalan Pramuka Raya, dengan pengalaman lebih dari 30 tahun. Di dalam mengerjakan order pelanggan, kami memangkas berbagai macam rantai pengerjaan menjadi sederhana dan simpel, sehingga dapat mengefisienkan biaya produksi, yang ujung-ujungnya akan dapat memberikan kepada pelanggan harga yang paling murah, tanpa mengurangi mutu hasil cetakan sesuai dengan keinginan pelanggan.

    ReplyDelete
  19. bunda apa kbr?
    sepertinya sekolah alam ini bagus konspenya ya bun...oya cucu bunda mulai umur brapa masuk sd nya? umar baru 6 th di juli nanti..kira2 baiknya pu tahan sampe 7 tahun dulu baru masuk sd ato gmn ya bun? soalnya kata beberapa orang ketika kls 4 sd pelajaran baru mulai dg logika dan anak usia kurag akan lebih lambat menangkap pelajaran logika...

    ReplyDelete
  20. waaaah..., juara satu neh... mantapss...

    ReplyDelete
  21. tingkahnya kayak arek arek madura nih ye hehehe

    ReplyDelete
  22. 37 Mw makasih jempolnya untuk anak yang berani. Untuk bundanya? hehehe.... Makasih kunjungan 37 Mw disini.

    ReplyDelete
  23. liannyhendrawati, bisa aja. Lucky day for my grandson. Makasih Sunshine Award-nya. Makasih juga kunjungan dan komentarnya. Bunda segera ke TKP untuk menggondol Award dari liannya.

    ReplyDelete
  24. cucunya hebat nih..
    tapi lebih hebat lg yg dandaninnya :)

    ReplyDelete