Monday, April 15, 2013

Arti Srikandi Blogger Buatku..

Source: facebook.com
Sejauh ini aku berhak menyebut diriku sebagai seorang blogger. Karena setahuku, mereka yang memiliki blog dan mengisinya dengan various  type of articles, mereka itulah para blogger. Dan keterlibatanku dengan sebuah group yang bernama Kumpulan Emak2 Blogger, sama sekali tidak pernah terbayangkan  akan melaju seperti ini.  Bersama KEB aku menjadi seorang grandma blogger yang penuh semangat.



Beberapa bulan yang lalu, ketika ada pengumuman tentang pemilihan Srikandi Blogger 2013, entah magnit berkekuatan berapa yang membuat aku berani ikut mendaftarkan diri. Mungkin karena rasa bersyukur yang membawaku menjadi salah satu tokoh dalam CD "linimasa#2" (Internet Sehat/WatchDoc). Bisa jadi karena kekagumanku pada Founder dari KEB ini, yaitu Mak Mira Sahid dengan gebrakannya yang mantap di segala langkah. Aku sempat berpikir setelah pendaftaran itu "Iiiich, kenapa juga aku mendaftar. Udah gaek, udah uzur. Dan udah masuk dalam wadah MANULA pula." Tapi whatever will be will be-lah (sambil mengingat-ingat Doris Day, pelantun lagu tersebut). Prinsipku yang "whatever will be will be" ternyata membuahkan sebuah berita yang mengejutkan. Setua ini usiaku, masih aku mampu untuk berjingkrak-jingkrak didepan cucuku.

"Yeeee...bunda masuk 50 besar SRIKANDI BLOGGER 2013!".


Bulan ini, April 2013 KEB membuat lagi gebrakan yang lebih dahsyat dalam aktifitasnya. Sebuah  ajang pemilihian SRIKANTI BLOGGER 2013  Sementara postingan ini aku buat 50 Srikandi Blogger telah terpilih, termasuk aku  sebagai salah satu nominee yang beruntung.  Jumlah ini akan semakin ketat dalam penjurian untuk memilih 10 Srikandi Blogger. Perhelatan penganugrahan gelar SRIKANDI BLOGGER 2013 akan dilakslanakan pada tanggal 28 April. Waktu dan tempat akan diberitahukan kemudian..

Berbicara soal Srikandi Blogger, aku mempunyai pendapat yang mungkin berlainan dengan pendapat para blogger lain. Aku ingin menghapus, kalau ada, pendapat yang negatif  tentang usia seorang blogger. Siapa bilang blogger itu harus berusia muda. Siapa bilang blogger itu harus mempunyai the utmost education, the specialized skills. Siapa bilang para manula tidak boleh beraktifitas online, katakanlah, menjadi seorang blogger  -- doing with blogging. Dan siapa juga yang boleh berkomentar seperti ini: "sebaiknya kondisi orang yang sudah dalam wadah "Manula" itu sebaiknya harus "duduk manis" saja. Aku ingin seperti Olive Riley yang bisa menjadi blogger sampai akhir khayatnya. Beliau wafat pada usia 108 tahun pada bulan Juli tahun 2008. Hanya Allah Yang Maha Tahu apakah aku akan melaju sampai batas usia yang sama dengan beliau untuk menjadi blogger.Aamiin.

Kembali kepada topik tentang ajang SRIKANDI BLOGGER2013. Aku tidak ingin dan tidak mau mengupas terlalu jauh tentang arti SRIKANDI. Opiniku sangatlah sederhana: predikat Srikandi Blogger yang ini akan dilahirkan karena aktifitas seorang blogger, meaning, secara online. Jadi Srikandi Blogger yang sedang akan digalakkan itu, menurut hematku, tidak harus seorang yang genius, bertitel, muda, energik dan mempunyai reputasi yang, notabene, jempolan, baik secara online maupun offline. dan lain sebagainya. Untuk bisa disebut sebagai Srikandi Blogger. Ia, pada intinya,  adalah seorang yang mau belajar, mau berbagi ilmu dengan sesama blogger, sekecil apa pun, tidak malu bertanya, mempunyai sense of humour, ramah, low profile dan jauh dari sifat arogan, memiliki pengetahuan nge-blog, sekali pun pas-pas-an. (pengetahuan ini bisa dikembangkan selagi kemauan bersarang di dada.), selalu membuat status yang sopan, menginspirasi dan menimbulkan gairah pembaca serta membakar semangat untuk tetap nge-blog.

Blogging adalah sebuah kegiatan  online --  melahirkan pertemanan online dan segala hal yang bersifat online. Kegiatan offline adalah sebagai bukti keberadaan blogger di dunia maya. Rasa kebersamaan dan rasa kedekatan yang terbentuk berawal dari komunikasi secara online akan menjelma menjadi sebuah kedekatan yang hakiki. SRIKANDI BLOGGER harus bisa dan harus mampu menciptakan suasana seperti ini. Jelas, in my opinion, seorang blogger baru bisa disebut SRIKANDI BLOGGER bila memiliki kriteria yang aku sebutkan diatas tadi. Disamping itu Srikandi Blogger harus memiliki tekad dan kemauan segala kegigihan untuk belajar apa yang dia tidak tahu. Berbagi apa yang dia punya, dalam ilmu pengetahuan yang erat kaitannya dengan dunia blogging.. Juga dia harus cepat tanggap dan merespon komentar-komentar yang masuk, routinely.. Harus siap menyediakan waktu untuk bersilaturakhim ke rumah-rumah online sesama blogger yang dikenal dengan istilah "blogwalking". Ajang Srikandi Blogger 2013 sangat bisa dijadikan sebagai ajang berkompetisi secara objektif dan sehat.
Source: divapress.online.com

Seandainya (walaupun aku pernah dengar tauziah seorang Ustadz  bahwa kita tidak boleh ber-andai-andai), namun kali ini, ingin aku mengandaikan diriku terpilih menjadi SRIKANDI BLOGGER 2013. panah Srikandi pun akan aku bidikkan untuk langkah yang sangat sederhana: (1) Mengajak ibu-ibu rumahan untuk melirik aktifitas blogging. Mereka yang selama ini seringkali melihatku dengan sebelah mata karena aktifitasku, sudah saatnya membelalakkan mata mereka serta melihat bahwa mereka memiliki sebuah potensi diri yang harus dikembangkan. Mereka tidak harus bergumul dengan kesibukan rumah-tangga seputar tanggung-jawabnya sebagai ibu rumah-tangga. Mereka harus menyisihkan waktu untuk memanjakkan otak mereka, dengan belajar nge-blog.  Mereka bisa baca tulis, bahkan ada diantara mereka yang berpendidikan S1.

(2) Aku akan bertindak sebagai guru typing untuk mereka  -- kalaulah alasan "tidak bisa mengetik" yang menyebabkan mereka menjauihi dunia online. Aku akan membagikan ilmu nge-blog-ku kepada mereka. Meyakinkan mereka bahwa di era digital ini, siapa pun pastilah ingin menjadi bagian dari ilmu yang canggih itu. Juga bagi mereka.

Harapanku, ajang pemilihan Srikandi Blogger2013 ini tidak hanya diadakan untuk tahun ini saja, namun ada baiknya dilakukan secara berkesinambungan, tiap tahun, untuk memacu semangat para blogger untuk bisa menjadi Srikandi Blogger tahun berikutnya. Sebagai member KEB aku sungguh berbangga hati, bahwa ajang sehebat ini bisa divisualisasikan oleh Kumpulan Emak2 Blogger.

Last but not least, siapapun yang akan terpilih menjadi SRIKANDI BLOGGER 2013  tetaplah untuk menggalang kebersamaan sesama blogger.  Yuuuk, kita tunggu saat penganugerahan predikat Srikandi Blogger 2013 pada tanggal 28 April 2013 yang sejak awal April ini sudah sangat membahana.

Salam semangat!

46 comments:

  1. Makk bunn, terharu sama semangatnyaa ^^
    semoga saya juga bisa nge-blog seterusnya ya makbunn #peyukk

    Suksess buat makbun ke 10 besar ^^

    ReplyDelete
  2. Makasih Shinta. Makasih juga udah berkunjung ke blog bunda. Masih belajar nih nge-twit yang bener, hiks, hiks. Trus nanti harus update via Twitter lagi, haddeuuh...

    ReplyDelete
  3. Bunda sayang, aku sepakat dengan semau uraianmu. Kereeen deh! Sukses yaaaa. Go go go Bunda, go go go Srikandi Blogger. #Ikut bersemangat deh membaca ulasan Bunda. :)

    ReplyDelete
  4. tetap semangat bun, nanti colek-colek aku ya kalau ada pertanyaan lagi siapa tau bisa bantu :)

    ReplyDelete
  5. Go bunda Yati Go! Aku dukung banget bunda bisa menang, biar kita ketemu di Solo. Hehe. Semangat ya, bun. Kaloa da yang bisa aku bantu, aku bantuin. Colek2 aja di inbox. hehe ^^

    ReplyDelete
  6. So proud of you bunda Yanti..aku senang bisa kenal bunda yanti lewat ajang ini. Terus semangat dan berkarya ya bunda :)

    ReplyDelete
  7. banggaaaaaa sekali, bisa kenal bunda Yati. Baca tulisan ini bikin terharu bund, bener ya, sampai kapanpun, kita semestinya bisa memberikan manfaat bagi orang lain dan memaksimalkan potensi diri yang kita punya, jangan terhalang oleh umur ya bund.

    ReplyDelete
  8. Keren, Bunda! Semangat terus ya, Bun! ^__^

    ReplyDelete
  9. Semangat bund.. bunda memang cocok kok jadi srikandi blogger ;)

    ReplyDelete
  10. aihh semangat menulis mak bunda mesti dicontoh.. diteladani.. :)

    yukkk.. menulis terus yuuuk...

    ReplyDelete
  11. Semangat yang luar biasa, Mak, :) semoga sukses, ya. Salam kenal, mak :)

    ReplyDelete
  12. Bunda, saya terinspirasi semangat Bunda, semoga tahun 2014 saya bisa ikutan ajang yang sama :)

    ReplyDelete
  13. Pokoknya aku mlipiirr sama Bundaku yang satu ini..
    Semanggat menulisnya itu looh luaaar biasa..


    Sukses yaa bundaaaa..
    Semangaat menuju 10 besar Srikandi Blogger 2013

    ReplyDelete
  14. Hebat Bunda... bisa masuk 50 besar Srikandi Blogger 2013!
    Siapapun pasti iri dengan Bunda Yati yang tetap semangat menulis di usia yang tak bisa dibilang muda.
    Aku berharap semoga aku kelak bisa spt Bunda, tetap menulis sampai kapan pun... Aamiin..
    Semangat Bunda.. aku mendukungmu!

    ReplyDelete
  15. Ayo Bun, aku semangatin 2013 daach...Emang masih ada ya yang enggak bisa typing? hehee, aku pikir semua orang sudah pinter-pinter. Bun Ker, astin dukung 100% ayooo

    ReplyDelete
  16. Alaika Abdullah, makasih Al, untuk sejalan tentang pendapat. Sama-sama, bunda mendukungmu juga wahai the owner of Virtual Corner. lv u.

    ReplyDelete
  17. Lidya, so pasti, semangat gak kan luntur selagi Allah memberi stamina yang okpu.

    ReplyDelete
  18. Ila, Go Ila go!! Bunda juga dukung Ila. Yee..emang kalo gak menang kita gak ketemu apa?

    ReplyDelete
  19. myshelomitashop, I visited ur blog yesterday. Wood u r really awesome in terms of English writing matter. Musti belajar nih si makbunbun. Apa namanya blognya ada hubungannya dengan onlineshop?

    ReplyDelete
  20. Maya Siswandi - bunda 3F, bunda juga bangga bisa kenal sohibS online yang muda dan kece-kece, biar kebawa muda. Insya Allah qt semua bisa melakukan itu. Aamiin.

    ReplyDelete
  21. Haya Aliya Zaki, makasih anakku Haya.

    ReplyDelete
  22. SunDhe, iiich, jadi GeeR nih bundanya. Md2an bisa maju ke 10 besar dulu x ya.

    ReplyDelete
  23. Hana Sugiharti, makasih, sayang.

    ReplyDelete
  24. Wahyuti, makasih do'a. Salam kenal balik dari bunda.

    ReplyDelete
  25. Titi Alfa Khairia, alhamdulillah. Bunda do'akan agar tahun depan Titi bisa ikutan ajang serupa ini. Aamiin.

    ReplyDelete
  26. Nchie Hanie, adu-du-duh, jangan pake mlipir sagala altuhm, sayang. Yuk kita sama berdoa supaya bareng lomcat ke 10 besar SB2013. Peganging bunda ya kalo loncat.

    ReplyDelete
  27. the others, gpp iri untuk yang positif kan? Bunda ikut mendo'akan. Aamiin.

    ReplyDelete
  28. Astin Astanti, makasih u/support semangatnya. Pastinya ada tuh, tapi ada "banget" yang pinter ngetik pake 11 jari.

    ReplyDelete
  29. Buat semua sayang-sayangku yang udah silaturakhim ke blog bunda, bunda ucapkan banyak terima kasih ya. Nantikan jg kunjungan bunda ya, suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  30. Enak banget bacanya bun, mengalir...tak terasa air mata juga mengalir. Salut sama semangatnya. Semoga nanti aku bisa ngikuti jejak bunda *ambil tisu

    ReplyDelete
  31. keren bunda. saya kagum sama bunda...semangatnya luar biasa. sukses ya bund...semoga masuk 10 besar Aamiin..

    ReplyDelete
  32. Bunda Yati,sungguh penyebar virus cemunguuud,jadi malu sama diri sendiri,karna suka keder liat blog emak-emak yang lain,tulisannya apik tenan...makasih Bund..

    ReplyDelete
  33. ya Allah ...
    semangat bunda jadi menulariku. Sungguh, lama saya tidak BW, kalaupun nulis, selesai.
    Pertemenan di KEB memang mencerahkan. Masalahnya, saya belum pernah kopdar (dgn siapapun)
    Bund, saya sepakat dgn apa yang bunda tulis dengan apik dan ringan. Semoga bunda masuk ke tahap berikutnya, bahkan terpilih sebagai Srikandi Blogger 2013. aaamiiin ...

    ReplyDelete
  34. Salut banget nih sama bunda yati. umru tak menghalangi untuk berkarya. Semoga mak yati terpilih jadi 10 besar, aamiin

    ReplyDelete
  35. oma yati menginspirasi...kalau sudah tua saya mau seperti oma yati tetap nulis dan ngeblog..:)

    ReplyDelete
  36. Murtiyarini-Arin, makasih banget pujiannya, tapi jangan ampe nangis donk. Dengan tekad Arin yang mantap pasti bisa koq. (nah sekarang tak ambil tissuenya, hayooo!). Makasih kunjungan Arin ke blog bunda.

    ReplyDelete
  37. Nunung Nurlaela, makasih supportnya buat bunda. Makasih juga kunjungan Nunung ke blog bunda.

    ReplyDelete
  38. Enny ridha, sama donk, bunda juga kalo liat tampilan blog milik para blogger bisa-bisa minder abis deh, tapi why should I? Lha wong bunda masih terus belajar tentang tampilan koq, jadi ya slow but sure-lah, gitu aja prinsip bunda. Makasih kunjungan Nunung ke blog bunda.

    ReplyDelete
  39. annie, alhamdulillah kalo memang annie memang ketularan semangat bunda. Mksh do'a dan support annie. Makasih juga kunjungan annie ke blog bunda.

    ReplyDelete
  40. windi teguh, t'rima kasih do windi untuk bunda, namun bagi bunda masuk gak masuk dalam 10 besar SB2013, bunda tetap gak akan ninggalin KEB. Mksh kunjungan windi ke blog bunda.

    ReplyDelete
  41. Rina Susanti, Satu lagi nih yang support bunda. Mksh Rina. Do'a bunda untuk niat Rina yang bagus itu. Bunda meng-amini ya. Mksh juga kunjungan Rina kerumah online bunda.

    ReplyDelete
  42. Semangat ya, Bunda! Love you and support you full. :*

    ReplyDelete