Tuesday, April 09, 2013

Hikmah di Balik Noda.


Kalau aku mengikuti kontes ngeblog untuk me-review buku ini, maka ini adalah kali pertama aku membuat review sebuah buku. Kebetulan sekali buku yang harus di review adalah karya seorang Penulis favorit-ku Fira Basuki. Aku jadi tambah semangat ingin belajar mereview buku ini.
Aku percaya bahwa ada Hikmah di Balik Noda.

Ketika membaca judul buku Cerita di Balik Noda, asumsi negatifku langsung berkembang, membayangkan sesuatu yang buruk, noda yang menimbulkan aib dalam kehidupan seseorang.  Namun setelah kubaca lebih jauh tentang pengumuman Kontes Ngeblog Review Buku Cerita di Balik Noda dan Berani Kotor itu Baik, ternyata judul ini erat kaitannya dengan kebersihan, kepedulian kita pada lingkungan dan sebagainya dan sebagainya.



Let me start to review this book written by my favourite Author: Fira Basuki.

Aku sangat menyukai gaya bahasa Fira dalam buku TRILOGI-nya ATAP, PINTU dan JENDELA. Namun dalam buku Cerita di Balik Noda ini walaupun ber-genre lain, Fira tetap berhasil mengembangkannya menjadi suatu bacaan yang menarik, bahkan sangat menginspirasi seluruh kaum ibu.  Dan seperti yang ditulis di awal bukunya : Untuk para ibu di Indonesia. Berani kotor itu baik.

Buku Cerita di Balik Noda ini memuat 42 kisah inspirasi jiwa yang di tulis oleh ibu-ibu dari pelbagai pelosok Indonesia. Ada quote yang sangat menarik yang ditulis oleh Fira dalam buku ini, antara lain seperti berikut:

.....hidup semakin kaya ketika kita bersentuhan dengan "noda". Ya, hidup ini seperti baju kotor.
 Ketika noda dihilangkan dengan mencucinya bersih-bersih, kita ibarat telah 
memasuki hidup baru, masa depan baru, dan harapan baru. 
Selalu ada hikmah di dalam sepertik "noda."

Dalam buku ini diungkapkan dengan manis betapa hubungan antara ibu dan anak itu sangat erat, bahwa anak-anak itu adalah segalanya. Mereka adalah permata-permata hati yang tak tergantikan. Jadi kalaulah mereka membuat atau menimbulkan sebuah "noda:", dimana pun, diatas apa pun, biarkan dia berbuat itu. Biarkan dia berekpresi dengan :"noda" yang akan segera dengan mudah dibersihkan oleh sang ibu dengan rinso. 

Betapa perasaan kehilangan seorang ibu yang ditinggalkan oleh anak semata wayangnya bisa kita baca dalam kisah karya Fira Basuki "BOS GALAK".(halaman 1) Kepribadiannya berubah total sejak itu. Namun berkat ia kena percikan kue ulang tahun dari para karyawannya, senyum pun tersungging dari bibirnya yang menghias wajahnya yang cantik. Tak ada lagi Bos Galak. Cerita yang sangat apik.

Karya Fira Basuki dalam buku ini yang berjudul FOTO  (hal. 17) mengingatkan aku akan kisah diriku. Judul Foto begitu berkesan karena bersamaan dengan membacanya seolah kenangan itu kembali lagi. Kekuatan bathin karena besarnya cinta seorang istri mampu membangunkan suami dari koma. Mu'jizat cinta dari Allah SWT. 

Setelah aku membaca dari awal sampai akhir 42 kisah inspiratif ini,aku berpendapat bahwa seyogianyalah ke-42 Penulis dalam buku ini bisa belajar bagaimana memberi judul untuk karyanya. Karena hampir semua judul yang "tidak menjual" di-sulap oleh Fira menjadi "sesuatu yang menarik.". Pada halaman 106 "Koki Cilik" adalah judul yang telah disulap oleh Fira dari judul aslinya "This is it! Kue Lumpur ala Chef Annina Queen! Haha", karya Ummi Fadhilah. Keberadaan seorang anak dengan polah dan tingkahnya bak mentari yang menghangati bumi. Aktifitas seorang permata hati, sekalipun meloncat-loncat di dalam lumpur, tetap saja merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Anak yang banyak bergerak pasti sehat. Betapa seorang anak akan menjadi mandiri apabila dibiarkan untuk berkreasi, sekalipun menimbulkan "noda"  Sebuah kisah yang manis. 

Kisah Baju Boneka (hal.115), judul asli "Persahabatan di Balik Noda" karya Sati Gulo. Kisahnya sangat mengharukan. Tentang seorang gadis kecil, Louise, yang cacat dan mendapat ejekan dari teman-teman sekolahnya karena dianggap lelet dan tulalit.  Dengan segala keberanian Louise ingin agar dirinya tidak lagi menjadi bulan-bulanan teman-teman sekolah. Apa syarat yang dikemukakan oleh Louise? Louis akan mencuci sampai bersih baju boneka milik temannya, tanpa noda. Dan berhasil. Sebuah ending yang mengharukan dalam kisah ini karena setelah Louise menjelaskan bahwa dirinya tidak bodoh seperti yang banyak disangka orang, pada saat itu juga sebuah perpisahan terjadi. Louis akan pindah sekolah.

Sebuah kisah yang mengharukan pada halaman 122 : Kreasi Batik Ivan" dimana diperlihatkan tentang indahnya berbagi. Kesan yang paling mendalam tentang kepedulian seorang anak yang menghargai karya asli seseorang. Begitu pedulinya, hingga hasil yang diperolehnya diberikan kepada si pencipta design amburadul namun attractive.  Sebuah kisah yang menawan, karya Musyarofah berjudul asli: "Kreasi Batik Daun-daunan Karya Ivan"  Indahnya judul yang diberikan oleh Fira "Kreasi Batik Ivan" dari judul yang begitu panjang. Sebuah karya yang tercipta karena "noda" cipratan daun-daunan yang dipukul-pukul hingga mengeluarkan cairan dan menjadi bercak-bercak serta membentuk sebuah design abstract. Kisah yang menawan.

Dari kisah "Harta Sebenarnya" (halaman 132)karya N. Puspa Surasmiharsih D, kita bisa petik arti yang dapat dijadikan sebuah teladan agar kita mampu tetap menjadi orang yang rendah hati dan tidak sombong. Diceritakan tentang anak dari kota yang tidak mau bermain kotor, namun setelah ia tahu betapa nikmat dan gembiranya bermain kotor, katakanlah kotor itu indah, jadilah ia seorang yang lebih menikmati dibandingkan dengan anak desa itu sendiri. Kisah tentang Donny  si anak kota.

Dalam kisah "Master Piece" (halaman 157) bagi ibu-ibu yang biasanya melarang dengan "Jangan coret-coret ini dan itu", layak membaca buku ini. Si kecil Aninda dibiarkan oleh ibunya men-coret-coret apa saja sesuai keinginan. Hasilnya? Setelah Aninda besar, ia menjadi anak yang pintar menggambar dan akhirnya menghasilkan deretan piala. Biarkan anak berkreasi sesuai keinginan hatinya sejauh tidak membahayakan dirinya.

Kisah-kisah dalam Buku Cerita di Balik Noda ini tidak lepas dari dunia anak-anak yang penuh kejutan, sarat dengan cerita-cerita tentang tingkah polah mereka yang lucu, terkadang nekad berbuat sesuatu demi menunjukkan jati dirinya, bahwa mereka, anak-anak, juga bisa menjadi seseorang yang mandiri dan berguna serta berarti bagi keluarga, terutama bagi ibu. Percayalah pasti ada Hikmah di Balik Noda.


Buku Cerita di Balik Noda adalah buku ke-4 karya Fira Basuki yang aku miliki.



Postingan tentang Buku Cerita di Balik Noda dan Berani Kotor itu Baik diikut-sertakan dalam Kontes Ngeblog Review Buku "CERITA DI BALIK NODA", karya FIRA BASUKI yang diselenggarakan oleh KEB bekerja-sama dengan Rinso.

8 comments:

  1. kisah-kisah yang penuh makna ya bun

    ReplyDelete
  2. Reviewnya kereeen. Bund...semoga berjaya ya Bund...

    ReplyDelete
  3. LENGKAAAP!

    saya masih ngetik, ini :p

    ReplyDelete
  4. Lidya - Mama Cal-Vin, makasih kunjungan Lidya. Iya ceritanya bagus2.

    ReplyDelete
  5. Arga Litha, yaaa...udeh de gak usah ikutan deh, biar bunda bisa menang, hehehehe.....Awas lagi flue jangan begadang ya.

    ReplyDelete
  6. saya juga masih belajar, Bunda.. Ini pertama kalinya bikin review buku yang 'niat', walau gak tahu formatnya benar atau enggak :D

    semangat, Bundaaa! Kalau saya sih ngikut yang senior aja. Yg senior ikutan, junior jugaaa. Kalah-menang, yang penting nampang duluuu :p Biar terkenal gt :D

    ReplyDelete
  7. Hehe...tau aja nih! Tenang via online? Ember tuh.

    ReplyDelete