Friday, May 03, 2013

Narsis Berarti Bahagia.


Setelah merasa puas scrolling postingan-postingan di blognya mbak Evi, akhirnya aku menjatuhkan pilihan kepada postingan yang berjudul "Narsisis, Ijinkan Saya Bicara." Why? Karena disamping isi postingannya sangat ringan dan tidak memberikan otakku beban yang berat, juga isi postingannya itu lho "Aku banget!" hehe.. Aku juga seperti mbak Evi Indrawanto -- suka ber-narsis-ria.  Tapi sama sekali aku tak pernah mau lebih jauh meng-hubung-hubungkan arti narsis itu dengan artian yang sebenarnya. Apa itu? Ya, seperti yang disebutkan oleh mbak Evi bahwa kata tersebut menggambarkan orang yang mencintai dirinya secara berlebihan dan si penderita di sebut narsisis. Oo..tidaaak! Aku tidak pernah berpikir kearah itu. Memang kita harus mencintai diri kita sendiri, tapi tidak mencintai diri sendiri secara berlebihan. Ah, seureum atuh! Tidak, aku tidak pernah berpikiran kearah arti yang sebenarnya. Titik. Narsis, ya narsis, seneng difoto alias sebutan yang lebih hebob adalah "banci foto" hehe.. Aktifitas narsis selalu, pasti, selalu dibarengi dengan rasa happy, rasa bahagia. Nah, narsis berarti bahagia.


Dibalik narsis-ku ada kebahagiaan ketika berada di Ktr.Unicef ber-narsis-ria dg. my very nice old colleague yang kutinggalkan sejak tahun 1991.
 Mbak Evi, aku suka postingan ini: "Narsisis, Biarkan Saya Bicara" dengan foto narsis Evi plus keluarga. membuka mataku, bahwa tidak cuma aku, si grandma dengan empat orang cucu ini aja yang suka narsis, tapi juga mbak Evi yang jauh lebih muda dari aku. Mungkin ada ratusan, bahkan ribuan emak lho yang sama seperti aku dan mbak Evi. (Cuma aja malu untuk ngakuin kalo diri mereka narsis juga seperti kita, qiqiqiqiiii...) Why should we? Narsis or whatever you call it means happiness.  Tanpa rasa bahagia kita gak mungkin bisa mewujudkan satu foto pun. Iya gak sih?
Pasti pernah liat foto ini, kan? Sangking narsisnya pokok kamboja aja di senderin, bermanja-ria, hehe..

Kata narsis ini sebenarnya baru aku kenal setelah aku bergabung dengan jejaring sosial yang bernama Fesbuk. Kemudian bertambah tenar dan berkibar kata "Narsis" itu dalam benakku ketika aku sering ikutan beberapa Give Away yang diadakan oleh sesama blogger. Nah, jadilah arti narsis itu benar-benar melenceng dari arti yang sebenarnya. Dan aku tidak mau tahu tentang itu. Yang penting -- aku suka di foto. Titik. Aku narsisis? Absolutely, yes! Masalah buat lo? hahaha.. (minjem kata-katanya Soimah --  boleh donk.)
Apakah aku Narsisis? Yups, liat lagi priksa naskah antologi aja minta di-jepret! Bunda2x

Ada satu hal yang harus diingat seperti yang telah aku sebutkan diatas, bahwa ada yang tak bisa lepas dari ke-narsisan tersebut yaitu perasaan bahagia. Ya, keadaan hati yang sedang ceria, bahagia yang hakiki. Jadi dibalik kata narsis itu bagiku juga ikut bersamanya kata bahagia. Tanpa bahagia pastinya tak akan ada narsis. Coba bayangkan, apa bisa ketika sedang bersedih kita ber-narsis-ria? Bisa gak? Hayo..jawab! Pasti gak bisa, kan? Coba aja liat foto-foto mbak Evi di postingan yang bersangkutan, semua foto-fotonya memperlihatkan suatu kebahagiaan yang tak terucap, tapi tersirat, walaupun hanya dalam sentuhan sebuah senyum. Itulah hebatnya "narsis" So, bagiku narsis berarti bahagia.

Liat lagi bukti narsis-ku berikut:
Karena aku bahagia Antologi-ku Who Am I, Lord terbit -- aku perlu donk jadi narsisis.
Postingan ini diikut-sertakan pada First Give Away Jurnal Evi Indrawanto berjudul
 "Narsisis, Biarkan Saya Bicara/"

30 comments:

  1. Sedih bisa narsis..?

    bisa dong Bun.. Narsis sambil mewek hehehe

    terima kasih duah bernarsis ria di GA mbak Evi ya Bun.. sudah tercatat sebagai peserta.. matur nuwun Bunda

    ReplyDelete
  2. astagaaaa Bundaaaa :O
    Kayak Mama saya, suka fotooo >.<

    ReplyDelete
  3. Sepanjang tak berlebihan dan masih dibatas-batas wajar, narsis itu untuk dinikmati Bun. Karena tiap jaman punya logika sendiri, dan jaman sekarang kita hidup eranya narsis, kita ikuti saja logikanya..

    Makasih ya Bun..Bunda emang keren :)

    ReplyDelete
  4. Xixixi...aq juga narsis bunda, kalau di foto pasti nyengir mulu

    ReplyDelete
  5. semoga sukses ya bunda give awaynya. selamat juga untuk bunda atas prestasinya dlm penganugrahan srikandi blogger 2013. iya bunda narsis bikin bahagia, saya juga suka berfoto2, hehehehhehe

    ReplyDelete
  6. Wah, aku kalah narsis sama bunda :D Saya suka foto2 ceria dg tawa lepas seperti bunda, bukan yang di jaim2in. Ceria selalu ya, Bunda.

    ReplyDelete
  7. bunda yati.. salam kenal yaa.. ^^
    suka deh liat foto2 narsisnya, karena keliatan banget pancaran bahagianya. Bahkan yg liat jd ikutan senyum2 sndri.. hihihi
    sukses ya bunda buat GAnya.. smoga menang ^^

    ReplyDelete
  8. Ahaaaa...seneng liat poto2 Bunda yang ceria ini...menularkan semangat kepada kami Bund...

    ReplyDelete
  9. Bunda Keren, Narsis itu tinggal bagaimana orang menilai kalo menurutku, hihiii. Aku suka foto sendiri *dibilang orang narsis, ah...kan untuk kenangan buat besok dan besok lagi *hihii ngeles *

    BunKer, sukses GAnya, yang di pohon itu Keyen

    ReplyDelete
  10. mantap aduh mak yati,, semangat narsisnya,,, TOP deh,,,

    ReplyDelete
  11. Bunda memang narsis dan aku suka banget! Met malam bunda sayang, sukses untuk ngontesnya yaaaa. :)

    ReplyDelete
  12. Keren bun, hidup narsis! Hehe

    ReplyDelete
  13. Bunda ...
    menurut saya ...
    narsistik adalah salah satu bentuk ketulusan ...

    Inilah aku ... apa adanya ...
    tak ditutup-tutupi ... tak dimisterius-misteriuskan ...

    just the way you are

    dan itu juga membuat bahagia ...

    Salam saya Bunda Yati

    ReplyDelete
  14. ternyata, arti narsis pada tiap orang berbeda-beda ya Bun...

    kalau saya menganggap narsis itu penyakit.. Kalau bunda menganggapnya suatu kebahagian..

    Meski memiliki arti beda, kita tetep bisa temenan kan bun? hehe

    ^^

    ReplyDelete
  15. LAdangduters, so pasti bisa x ya "mewek" sambil narsis kalo lagi action nangis untuk Sinetron, haha.. Makasih ya kunjungannya dan do'ain Narsis-nya bunda menang ya.

    ReplyDelete
  16. Arga Litha, bilang mama ya kenalan donk sama bunda, nti ber-narsis-ria bareng. Mksh ya udah berkunjung ke blog bunda.

    ReplyDelete
  17. evi, setuju! Mksh kunjungan evi ke blog bunda.

    ReplyDelete
  18. EGi Etnik Galeri, kalo bunda suka kasih insltruksi tuh sama yang moto :"Tunggu ya, ampe bunda nyengir wajar, gak dibikin-bikin." Gitu. Mksh kunjungan EGi ke blog bunda.

    ReplyDelete
  19. Lisa Tjut Ali, makasih. Ucapan selamat buat bunda sebagai Srikandi Blogger (Lifetime) Achievement juga bunda ucapin terima kasih ya. Lagi terima kasih untuk kunjungan Lisa ke rumah online bunda.

    ReplyDelete
  20. Lusi, seperti yang bunda sebutin diatas tuh, bunda selalu bilang sama fotographernya, hehe..jangan dijepret sebelum bunda ketawa lepas. Jadi musti ada objek yang bisa bikin ketawa atau sedetik mengingat sesuatu yang bisa bikin ketawa itu gak sumringah. Mksh kunjungan Lusi ya.

    ReplyDelete
  21. covalimawati, salam kenal balik dari bunda di Ciputat. Masa sih yang liat ikutan senyum? Wah, bunda dapat pahala nih dariNya. Aamiin. Makasih do'anya dan makasih juga kunjungannya.

    ReplyDelete
  22. lieshadie, makasih dan senang kalo emang bisa menularkan semangat. Mksh juga untuk kunjungan lies ke blog bunda. Kapan ke Jakarta dan nginep di rumah bunda.

    ReplyDelete
  23. Hihihii, bunda dapat julukan baru nih dari anak online-1 Astin Astanti: Bunker. Hehe..itu foto waktu anak bunda mau pindah rumah, kesempatan deh pokok kambojanya jadi objek buat senderan. Abis kan hunting untuk dapet yang begitu bagus aja sampe hampir seminggu, baru nemu tuh pokok yang buagus kek gitu. Mksh kunjungan Astin ya.

    ReplyDelete
  24. Dian Fernanda -- hidup! Gv me 5 then. Mksh ya kunjungan Dian ke blog bunda.

    ReplyDelete
  25. back to right way, well"back to right way" I didn't do in a wrong way, did I? LOL. Mksh kunjungannya ke blog bunda.

    ReplyDelete
  26. alaika abdullah, one of my beloved online girls, makasih do'anya. Mg berhasil bunda ya di Kontes ini. Bunda baru online siang ini, jadi selamat siang, Al sayang. Mksh kunjungan Al ke blog bunda.

    ReplyDelete
  27. Rina, makasih untuk keren-nya dan mksh juga untuk menjadi tamu di rumah online bunda ini.

    ReplyDelete
  28. nh18, ini dia artian yang bikin bunda seneng banget. Makasih ya Om Trainer dan mksh juga untuk kunjungannya. Tapi kapan ya kunjungan untuk "pick it up" nya nih. Ntar keburu lusuh lho.

    ReplyDelete
  29. Novia Wahyudi, waduuh, gak segitunya x Novia -- pengertian narsis keknya sementara ini sama buat para fesbukers and bloggers. Se-7? Bagi bunda narsis itu bahagia -- kalo gak bahagia kita gak bisa narsis. Se-7? Jadi bagi bunda narsis adalah "bahagia", sayang bukan "kebahagiaan". Laen lho. Se-7? So pasti kita masih dan akan terus bisa berteman. Mksh kunjungan Novia ya.

    ReplyDelete