Sunday, May 19, 2013

Workshop Sosial Media BE SMART BLOGGER (bagian lima: Yuk, Nge-blog!).

Si Cilik Alyssa yang jadi Juara 3 nge-blog.
Workshop bertema Be Smart Blogger, diprakarsai oleh Majalah NOOR, venue Swiss Belhotel, Kemang Raya No.7, Jakarta Pusat, Sabtu, 4 Mei 2013, merupakan Workshop yang berbobot lho --  semua tercakup disitu -- maksudnya yang kita butuhkan dan kita inginkan, seperti: Ajakan Majalah NOOR untuk tetap menggalang kesinambungan Workshop antar blogger dengan tema yang beragam; belajar ber-make-up bersama Sariayu Martha Tilaar; peragaan hijab oleh Elzatta Hijab; perkenalan dengan Peragawati kondang, Ratih Sanggarwati dan last but not least -- belajar bikin blog. Ajakanku "Yuk, Nge-blog" pun menjadi judul postinganku.



Yuk, Nge-blog bersama Mbak Indah Julianti Sibarani dan Mas Benny Ramdhan (ft.dok.pribadi)
Penampilkan mbak Indah Julianti Sibarani dari Kumpulan Emak2 Blogger bikin peserta  yang belum punya blog "gregetan" ingin belajar dan merealisasikannya. Ditambah lagi arahan dari ahlinya nge-blog yaitu Mas Benny Ramdhan  --  lengkaplah sudah keinginan itu menuntut prompt action peserta Workshop yang belum memiliki blog.  Apalagi ada Kontes Blog yang diadakan dengan postingan khusus Sariayu Martha Tilaar. Hadiahnya? Woow, Majalah Noor menyediakan hadiah yang gak tanggung-tanggung pula: Uang tunai satu juta untuk Pemenang Pertama; Kedua tujuhratus lima puluh ribu dan Ketiga lima ratus ribu rupiah. Ngiler gak sih? Nah, itulah sebabnya postingan ini aku beri judul "Yuk, Nge-blog!" agar nanti ada lomba nge-blog, dimana pun, kapan pun, bisa ikutan dan memangkan hadiahnya. Yeee....!

Mbak Indah Julianti Sibarani, dalam kesempatan itu mengajukan pertanyaan: Kenapa harus nge-blog?" Ya, apa sih pentingnya nge-blog itu? Jawabannya benar-benar membuka mata hati peserta, pastinya.  Karena dengan memiliki blog,  kita bisa mengungkapkan segala curhatan yang ingin kita curahkan kedalam tulisan. Jadi intinya dengan memiliki blog, segala uneg-uneg yang bersarang di dalam hati dan pikiran kita bisa terealisasi. Alhasil? Stress pun menghindar jauh-jauh, hehehe.... Yang lebih penting lagi sebuah dokumentasi telah tercipta. Dokumentasi inilah yang akan menjadi kenang-kenangan yang bisa kita tinggalkan untuk anak-cucu kita kelak bila kita sudah menghadapNya.

Btw, selama ini aku hanya mengenal Mbak Indah Julianti sebatas sebagai Co-Founder dari  Kumpulan Emak2 Blogger. Kalau saja aku tidak menghadiri Workshop ini, pastilah aku tidak akan tahu seberapa jauhnya sudah kiprah dan gebrakan Emak yang satu ini di kancah perbloggingan.

Foto: dok.pribadi

"Thank you for inviting me to attend this Workshop, mbak Indah."

Singkat cerita: karena kecintaannya pada dunia blogging, perannya sebagai pegawai di sebuah stasiun TV Swasta Indosiar ia tinggalkan. Indosat meliriknya dan menyerahkan sebuah proyek kepadanya dengan imbalan income untuk jangka waktu yang cukup lama, karena bercokolnya banner  Indosat di blog beliau.(silahkan jalan-jalan kesini). .Income bagi seorang ibu yang memang menguasai dunia perbloggingan ini sangat, sangat, sangat lumayan dan bisa diandalkan untuk membantu kebutuhan ekonomi rumah tangga. Aku kagum pada mbak Indah ini. Mudah2an aku pun akan memiliki keseriusan dan fokus dalam dunia blogging, hingga suatu saat nanti aku pun bisa menangguk income karena nge-blog.. Insya Allah.  Ada kalimat yang sangat menarik yang aku kutip dari blog mbak Indah:

“Menulis memberimu tempat untuk menyimpan dan menikmati kenangan, pengetahuan, pemikiran, perasaan dan tujuanmu. Menulis dapat membantumu menciptakan kembali dirimu. Menulis dapat memberimu harapan, membantumu bermimpi luas dan dalam, serta membuatmu tahu bahwa kamu tidak sendirian.” – Caryn Mirriam – Goldberg, Ph.D. (penulis buku Write Where You Are: How to Use Writing to Make Sense of Your Life)

Bagaimana dan apa saja langkah-langkah penting dalam menulis konten blog yang disuguhkan oleh Mas Benny Ramdhan akan aku buatkan postingan khusus ya nanti. Disamping untuk catatanku sendiri, juga bagi yang membutuhkan info terkait.

Ada kejutan yang benar memesona ketika Panitia mengumumkan siapa-siapa saja yang jadi Pemenang Blog hari itu: Coba lihat nih: Juara tiga diraih oleh blogger cilik berusia 10 tahun. Alamaa....kalah aku sama si cilik yang manis ini.: Namanya Alyssa. Sedangkan Pemenang Pertama adalah mbak Fita Chakrawati  Siapa ya Pemenang Kedua nge-blog hari itu? Sayang sekali aku tidak mencatat namanya.

Foto-foto berikut aku ambil dari blognya mbak Fitri Pity Firmansyah dengan seizin Fitri Pity.
 
Juara I Nge-blog Fitri Chakrawati -- Sumber foto: http://fitrianifirmansyah.blogspot.com/2013/05/workshop-smartblogger-my-first-stone.html


Juara Sumber foro: http://fitrianifirmansyah.blogspot.com/2013/05/workshop-smartblogger-my-first-stone.html

Sumber foto:http://fitrianifirmansyah.blogspot.com/2013/05/workshop-smartblogger-my-first-stone.html
Foto para Jawara nge-blog di Workshop Be Smart Blogger. -- Sumber foto: http://fitrianifirmansyah.blogspot.com/2013/05/workshop-smartblogger-my-first-stone.html  (Juara 2-nya siapa ya??)


Selesai.


23 comments:

  1. aaaaa.... kapan saya bisa ikut acara2 gini. ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Susi Susindara, suatu saat, insya Allah akan datang waktunya tuh untuk ikutan acara yang seperti ini. Btw tadi udah 2 x lho bunda kasih respon untuk komentar Susi, tapi koq menghilang ya. Aneh bin ajaib. Mkash udah nili-i bunda via blog.

      Delete
  2. ngeliat semngat bunda saja saya udah smngat juga ngeblog ..smoga bia menebar manfaat bagi yg lainnya ya..aku pngn ikut acara yg ginian bun, tapi tnggal di kampung mana ada acara ginian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..kita udah berteman belum ya di efbi? Karena Meutia bilang tinggal di kampung, jadi barusan aja bunda ke blognya Meutia, tapi disitu kan gak tertera t4 tinggal tuh. Tapi wlp tinggal di kampung, siapa tahu suatu saat Meutia bisa dikirim di kekota untuk ikutan Workshop serupa ini. Insya Allah. Btw t'rima kasih kalo udah ketularan semangat dari buna. Mksh juga untuk kunjungan Meutia ya.

      Delete
  3. Saya kenal InJul pada awal-awal saya ngeblog beberapa tahun yang lalu ...

    Saya kagum dengan beliau ...
    sepertinya sudah ada beberapa buku anak-anak yang beliau tulis

    salam saya Bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Si Om ini koq ya nyingkat nama yang bikin bingung bunda nih. Bunda pikir siapa sih yang disinggung Om ini, Injul siapa ya, eee..gak taunya Indah Julianti toh. Iya Om, betul sekali. Makasih ya sudah berkunjung ke blog bunda.

      Delete
  4. wah bunda hebat, exis terus jd inspirasi buat kita, ingin jg seprti bunda, bunda follow aku ya
    http://ealisnawatie.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lho, kan bunda mengikuti workshop, kan sayang kalo gak bikin dokumentasi untuk sendiri di blog bunda, seburuk apa pun postingan itu, tetap harus bunda bikin. Insya Allah, pasti Ea akan bisa lebih dari bunda karena Ea masih muda, langkah Ea masih sangat panjang. Berdo'a aja yang penting agar selalu diberi kesehatan. Aamiin. Oke bunda akan ke TKP setelah ini ya. Mksh udah jalan-jalan ke blog bunda.

      Delete
  5. Wow, ada saya, terharu nih ditulis di postingan Bunda Yati :)
    Bunda Yati salah satu perempuan yang menginspirasi saya untuk terus menulis dan berbagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda yang bangga. Mbak Indah itu sudah lama banget merupakan figure yang ingin bunda kenal. Kenapa? Karena bunda kepengen banget bisa jadi penulis cerita, apakah itu cerita anak atau cerita yang lain. Alhamdulillah yuk kita sama-sama menginspirasi ya. Mksh mbak Indah sudah datang ke rumah online bunda.

      Delete
  6. Wow, ada foto saya juga. Makasih, Bun :D Kalau inget Bunda Yati jadi semangat nulis terus nih. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak Fita kalo bunda bisa mencuatkan semangat untuk nulis. Iya donk, masa bikin berita tentang nge-blog, jawaranya gak ditampilin, qiqiqiii..tapi siapa ya yang jadi jawara 2? Mksh Fita udah menjenguh bunda di rumah online ini. Bunda suka banget liat foto Fita di blognya. So Sweet.

      Delete
  7. Setuju sekali Bunda. Ngeblog mendokumentasikan hidup kita. Yang suatu saat bisa kita tengok ke belakang atau membuat perbandingan hidup masa lalu dan kini, lalu akan kemana kita menuju..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Evi. Bunda liat nama Evi disini jadi inget tuh gak dapat bagian gula, hiks, hiks... Mksih juga ya Evi sudah berkunjung ke rumah online bunda.

      Delete
  8. Aih .. anak umur 10 tahun, Bunda? Tak lama lagi ia bisa jadi pemateri di acara2 semacam ini :)

    Waaah Bunda semangat ya ikut workshop ini ... ^__^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Niar, bunda dikalahin sama si mungil manis itu. Gak nyangka ya dia bisa ngalahin emak-emak. Mkasih kedatangan Niar ke blog bunda.

      Delete
  9. wah bun..mupeng bgt..pasti byk ilmu yg bisa didapet dr acara ini ya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali dan sensari ikutannya itu lho yang gimanaaa gitu. Makasih ya kunjungannya.

      Delete
  10. waaah, ada blogger yang masih anak-anak, bun? wawww, keren banget yaa. jamanku dulu aku kenal blog pas kuliah, hehe. baru seriusin dua tahun ini :D

    makasih sharingnya, bun. bermanfaat banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul sekali, Ila. Umurnya 10 tahun, ibunya malah gak ikutan lomba lho. (mungkin ikutan tapi gak menang, hehehe.....) Bunda malah tahu blog tahun 2009 karena masuk bisnis online Formulabisnis tuh. Mksh kunjungan Ila ya.

      Delete
  11. wah acaranya seruh, boleh bagi2 infonya, salam

    ReplyDelete
  12. Wow....seru bun postingannya lengkap banget....detail dan gak ada yang terlewatkan dari acara itu. Jadi kangen sama bunda, pengen belajar langsung nih dari bunda. Oh ya, bunda masih inget sama aq gak ya....(itu lho yg paling gaptek n sempet sebelahan sama bunda di sesi akhir)

    ReplyDelete