Wednesday, June 26, 2013

Review Blog: DREAM FOR OUR NATION.

Setelah beberapa kali ber-iklan-ria mencari pasangan, tidak jua kunjung datang, putuslah harapanku untuk bisa mendapat kesempatan turut meramaikan Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan-nya pakde Cholik. Piye iki? Dalam kegalauan ini, tiba-tiba saja aku teringat akan Mbak Jumialely, seorang teman nun jauh disana. Dengan harap-harap cemas aku kirimlah SMS kepada Mbak Jumialely, nun jauh di sana. Dengan ber-pura-pura bertanya: "Mau gak Lely me-review blog bunda yang amburadul? Atau Lely sudah ada pasangan?". Jawaban Mbak Lely sangat positif:  "Belum ada me-review blog lain, bun. Nanti aku review blog bunda aja."


Alhamdulillah, akhirnya aku dapat "pasangan" juga dan pasanganku blog yang hebat nih. jumialely.com




Bismillaahirrahmaanirrahiim -- perjuangan belajar me-review dimulai!

I. Kata Pengantar:

Untuk me-review sebuah blog, termasuk salah satu hal yang penting (menurutku) adalah mengenal siapa pemilik blog. Karena itu aku mulai dengan Kata Pengantar dalam mengulas apa dan siapa pemilik blog Jumialely.com ini.
:
Tidak berkelebihan kiranya, kalau aku memutuskan minta "dilamar" oleh Mbak Jumialely ini. Kenapa? Karena kami sudah saling kenal secara pribadi. Aku pernah menjenguk Lely di rumahnya, ketika Lely  mendapat anugerah dari Allah, buah cintanya dengan seorang tambatan hati Roni Rudianto Nababan Ginting, seorang bayi mungil yang cute and handsome bernama Juan Edric Conroy Nababan Ginting.

Disamping itu, aku telah mengenal namanya pertama kali, ketika Lely menjadi salah seorang Juri pilihan di Kontes-nya Pakde Cholik. (Aku lupa tahun berapa, tapi aku sempat kagum melihat penampilannya dengan kerudung putih.). Rasa kagumku sudah melekat. Sorot matanya menandakan Lely seorang yang brilliant. Lely adalah seorang guru Komputer di sebuah Sekolah Menengah Atas, jauh di seberang lautan (Kota Medan). Kini Lely tinggal di Pulau Kalimantan. Keramahannya, sorot matanya yang memancarkan ketulusan, membuat aku nyaman menjalin pertemanan dengan Lely. Tak jarang pula Lely aku buat repot dengan segala pertanyaan-pertanyaan seputar blogging. Namun semua dilayaninya dengan ramah dan penuh kepedulian dalam berbagi ilmu.
Ft. dok. pribadi: 4 Feb.2013.

Sepertinya, aku dan wanita bernama Jumialely, lahir di salah satu Desa di Sumatera Utara bernama Munthe, pada tanggal 3 Juni 1979 ini, sedikit banyak memiliki sisi kesamaan, yaitu: sebuah motto: "Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar dan Berjuang Meraih Mimpi." Sebuah motto yang seharusnyalah dimiliki oleh setiap insan yang ingin maju.


Terus terang aku tidak ahli dalam me-review sebuah blog, mengingat pengetahuanku tentang apa yang disebut html, script atau semacamnya masih jauh dibawah jangkauan pengetahuanku.

Blog Jumialely.com  genap berusia 2 tahun pada tanggal 09 April 2012. Sebuah surprise dari suami tercinta ia terima pada hari ulang tahun ke-2 blog jumialely.com, berupa sebuah Laptop Acer Aspire 4752 G  berwarna Coklat yang eksotik. Kegembiraan melanda hati Lely, ia bisa NGEBLOG lagi, BLOGWALKING lagi, yeeee........senengnya hati Lely serasa aku bisa ikut merasakan kegembiraannya.

Blog yang aku review memang blog jumialely.com, namun aku tetap mengintip blog milik Lely yang lain. Ternyata Lely adalah seorang blogger yang berkaliber SUPER dengan blog-blog lain yang dikelolanya dan dengan pengetahuan umum sangat luas yang dimilikinya. Silahkan diintip tiga blognya yang lain  --   "Tidak Ada Kata Terlambat", "Kebiasaan yang Baik" dan . "Biarkan Hati Ini Bicara - My Hear".
Maksudku untuk membuktikan, bahwa Pemilik blog ini seorang blogger yang brilliant dan smart serta berpengatuan luas. Itu saja.


II. Nama dan Tampilan Blog, serta Content Blog..

Nama/Alamat Blog: Dream For Our Nation.

Tag-line: Tidak Ada Kata Terlambat untuk Belajar dan Berjuang Meraih Mimpi.
Very awesome, dengan header DREAM FOR OUR NATION (Terjemahan bebasku:"Impian untuk Bangsa.", katakanlah bahwa Bangsa yang ingin maju, tidak boleh berhenti bermimpi. Selaras dengan bunyi tagline-nya. Gambar pada header (Foto keluarga) -- menunjukkan sebuah karakter yang kuat, betapa pemilik blog ini menjunjung tinggi cinta-kasih keluarga, kebersamaan, kerukunan serta sebuah pernikahan yang sakral dibalut dengan cinta dan kesetiaan. 

Tampilan template yang sederhana dengan background header dominan biru, kemudian warna putih untuk bagian text, sehingga  membuat nyaman mata ketika membaca postingan demi postingan.

Dibagian atas sebelum "header" dan "tag-line" tertulis:
 About - My Other Blogs - Awards - Link  Sahabat - Koleksi Buku.
Pada side-bar blog juga bisa dibaca: ARCHIVES  (Postingan sejak April 2010 s/d Maret 2013), sedangkan pada :
Personal

kelihatannya PERSONAL, namun setelah aku klik, ternyata berisi beragam categories, link-link yang menarik, antara lain aku suka link tentang HUMOR  

Note: Ada yang aku tidak mengerti, ketika box Blogtoplist ini aku copas, ternyata angka 272 berubah jadi 271. (Wis-lah aku gak mau terlalu mikir), pokoknya di Blognya Mbak Lely ini segalanya ada. Lengkap-kap-kap. Mau tutorial komputer? Disini. Perlu ketenangan untuk baca-baca puisi, poems? Ya, disini. Pokoknya, semua yang dibutuhkan oleh blogger, ada disini.

Secara teknis aku tidak akan mampu menjabarkan tentang tampilan TEMPLATE-nya, namun tidak dapat diragukan lagi tentang kepiawaian Pemilik Blog dalam mengelola blog, baik dalam segi tampilan, maupun dalam segi konten.


Berbicara tentang isi atau konten? Kalau saja aku memiliki sepuluh, dua puluh jempol pun, mungkin akan kurang untuk memberi acungan untuk kontent blog ini. (hehehe....ini untuk menggambarkan betapa aku kagum dan terpesona membaca satu demi satu postingan Mbak Lely ini.). Coba lihat list dibawah ini! Apa sih yang gak ada di antara 37 categori yang diulas di blog ini? Setiap kategori memiliki postingan-postingan yang bagus dan berbobot.
  1. About Colour
  2. About Friends
  3. Anakku
  4. Budaya
  5. Celoteh sang Pengelana
  6. Cerita Fiksi
  7. Company
  8. Contest
  9. Culture
  10. Do'a
  11. Family
  12. Food
  13. Home Sweet Home
  14. Joke
  15. Kata Mutiara
  16. Kopdar
  17. Learning
  18. Lirik
  19. Lomba Puisi
  20. Motivation
  21. Notice
  22. Pernikahan
  23. Plant
  24. Plugin
  25. Poems
  26. Pregnant
  27. Resensi Buku
  28. rumah dan properti
  29. Seputar sekolahan
  30. Seputar Wanita
  31. Sosial
  32. Sport
  33. Story
  34. surat cinta
  35. Warung Blogger
  36. Web Hosting
  37. Word
 Dengan penuh ketertarikan aku klik mulai dari kategori 1 (About Colour) sampai dengan kategori ke-37 (Word), yang aku lakukan secara bertahap, agar aku puas membacanya.

Karya Mbak Lely dalam postingan, baik fiksi, lirik, poems, puisi, do'a, kata-kata mutiara, about friends, Word dan postingan umum, sangat berbobot dan menyentuh hati.  Tapi aku benar-benar jatuh cinta pada hasil karyanya, ketika membaca tentang  "Word", "do'a" dan "Dua Lelaki". Speechless aku dibuatnya.  Kagum pula pada "about friends" yang berisi info terlengkap tentang apa dan bagaimana sejarah berdirinya WARUNG BLOGGER.

Note:  (Kalau tidak karena me-review blog ini, mana akutak akan tahu, hehe....).  Alhamdulillah dengan adanya Blog Review Kontes Saling Berhadapan dari BlogCamp, bertambahlah isi benak ini. Makasih pakde Cholik.

Walaupun aku sangat awam dalam mereview sebuah blog, namun terus terang aku katakan bahwa dari segi tampilan dan konten, blog jumialely.com ini  rrruaaar biasa bagus, lengkap, jelas, tidak banyak accessories yang nek-neko. ....sehingga membuat nyaman ber-lama-lama di blog ini.


Jumlah postingan Mbak Lely adalah sebagai berikut:

Tahun 2013  --   7 postingan
Tahun 2012  --   9 postingan
Tahun 2011  --  26 postingan
Tahun 2010  --  27 postingan

Dalam kurun waktu 3 tahun postingan berjumlah 69 judul. Jumlah yang terhitung sedikit ini adalah disebabkan antara Juni dan Desember 2012 tidak ada postingan. Sebab utama antara lain pasti keadaan Lely ketika sedang dalam masa-masa kehamilan pertamanya. Sebenarnya Mbak Lely adalah blogger yang sangat produktif, bisa dilihat dari beragam link yang dikelolanya.

Sebagai pengamat blog, aku suka postingan Lely bulan Mei 2010 yang berjudul "60 Tahun untuk Ayah". Untaian kata-katanya begitu menyentuh. Aku sangat terharu membaca deretan kalimat yang berikut ini:

Jika narsis di era 2000 an memberi warna-warna yang cerah, sejuk maupun kelam, maka seandainya aku terlahir 60 tahun yang lalu, maka kenarsisanku akan berwarna hitam dan putih. Tetapi hitam yang tak selalu kelam dan putih yang belum tentu terang.


Postingan bulan Juli 2011 menambah khasanah pengetahuanku tentang adat-istiadat suku yang ada di Indonesia: Ngamen Ala Penganten Karo  -- Dalam adat istiadat Batak Karo dikenal sebuah istilah "Ngayo",yang artinya sepasang manusia yang menikah  dan meninggalkan orang-tuanya untuk membentuksebuah rumah-tangga baru. Pasangan harus menari dan mengamen untuk mengumpulkan uang. Lihat foto-foto dibawah ini. Menarik ya?








III. Index Google.

Ketika aku search di google dengan menuliskan DREAM FOR OUR NATION, blog mbak Lely tidak muncul. Tapi ketika aku ketik "jumialely.com", muncullah di awal halaman Dream for Our Nation jumialely.com. Semua postingan Lely muncul memenuhi halaman 1 s/d halaman 4, ada juga di beberapa halaman lain. Hebat nian Mbak Lely ini. Beruntung aku me-review blognya, dimana aku, sebagai blogger sepuh yang berpengalaman NIL dalam blogging, bisa belajar banyak setelah melihat, membaca dan merenungi betapa keren blog ini. Sebuah blog yang SEO friendly pula. 

  Google Page Rank: 3.



IV Index ALEXA:



Sumber: http://www.charthunt.com/jumialely.com



Last but not least, aku mohon maaf kepada Pemilik Blog, Mbak Jumialely, andaikan jumlah postingan yang aku kalkulasi tidak benar, hehehe.... yang penting Blog ini akan jadi pegangan aku untuk belajar.




15 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Segera dicatat sebagai peserta Kontes Unggulan Blog Review Saling Berhadapan
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  2. Ya... ampun bund... lengkap banget..lebih berisi... seperti makalah Bab I , Bab II dst...
    keren ....

    dijamin deh.. bakalan dpt nomer...,

    Sukses reviewnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nova Violita, bisa aja nih, bikin hati bunda ber-bunga-bunga bakung, hehe... Makasih ya kunjungannya.

      Delete
  3. Makasih pakde, semoga memenuhi kriteria. Makasih juga udah berkunjung.

    ReplyDelete
  4. Bundaaa..sistematis sekali nulisnya.. ngiri dehh ah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayu Cintraningtias, masa sih sistimatis? Lha wong nulis asal nulis aja. Pengen sih masukkan kedalam postingan itu tuh -- gambar header dari Blog yang bunda review, tapi gak ngerti carane, hiks, hiks. Trus pengen juga masukin itu lho kayak mereka-mereka yang pada udah pinter banget masukin Google Rank itu. Tapi, yo wislah, sak iso bunda wae. Sing penting partisipasi and, and, and....menang, hahaha... ngayal.com

      Delete
  5. walaupun jumlah tulisan turun dibandingkan 2013 dan 2012, gapapa lah, yg penting bisa tetep blogwalking. kalo saya, walau sibuk ngajar, blogwalking mesti disempatin. sukses buat kontes blognya bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang bener banget, blogwalking itu perlu ya, walaupun dilakukan seminggu sekali, gpp-lah sing penting bertandang untuk silaturakhim. Iya, gak Mas rusydi hikmawan? Mksh kunjungannya.

      Delete
  6. Blognya bu Lely emang top markotop, bunda.
    keren abis...aku jg sudah lama kenal sama bu lely sewaktu blognya masih di blogdetik :)

    Sukses ya bunda ngontesnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, Mell. Bunda sampe kewalahan tuh nge-reviewnya. Blognya yang di blogdetik masih koq. Mudah2an isi review bunda berkenan di hati Mbak Lely, ya? Mksh kunjungan Mell ke blog bunda.

      Delete
  7. Bund keren pisan euy reviewnya ampe ngiri bacanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marchia Diandra, makasih pujiannya, Cha. Lho, koq bisa sih ampe bikin ngiri, hehe... Mkasih kunjungan Chacha ke blog bunda.

      Delete
  8. Wow, Bunda keren reviewnya nih! Sukses yaaaa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda punya pengagum? Makasih, y, Allah. Makasih untuk kunjungan sang "pengagum bunda" dan makasih untuk do'a suksesnya.

      Delete
  9. Hehehe....bunda baru aja jalan-jalan naek ojeck nih ke blognya "pengagum bunda". eeee.....gak taunya itu anakku Alaika Abdullah toh. Makasih ya, sayang udah jadi pengagum bunda. lv u

    ReplyDelete