Monday, July 22, 2013

Mudik Asyik dan Aman. Perjalanan ke Magelang.

Sumber gb.blogdetik.
Mengingat kampungku  nun jauh di seberang lautan, tak aku mempunyai keinginan untuk pulang kampung halaman. Hampir semua kerabat sudah hijrah ke Jakarta. Jadi yang akan aku ceritakan adalah perjalananku ketika mengunjungi salah seorang keponakanku yang akan menikah di kota Magelang pada bulan Desember 2012.

Kami berlima bersaudara menuju kota Magelang pada jam 20.00. Maksudnya pada jam 8 malam itu kami mulai berangkat dari Jakarta. Dengan berkendaraan mobil Avanza yang dikendarai oleh adikku yang laki-laki. Aku ltanyakan apakah mobil ini memiliki asuransi mobil dan Garda Oto. Jawabnya: "Belum."

Demi keamanan, aku pesan wanti-wanti kepada adikku agar memeriksa keadaan mobil dengan seksama. Syarat berikut adalah jangan dipaksanakan kalau sudah terserang rasa kantuk yang dahsyat. Aku katakan lebih baik aku rugi mengeluarkan uang untuk makan bareng di sebuah restoran dalam perjalanan, daripada harus mengalami hal-hal yang tak diinginkan dengan terus berjalan karena adikku memaksakan diri untuk tetap mengemudikan mobil. Apalagi mengingat adikku tidak memiliki asuransi mobil dari Garda Oto atau lain perusahaan asuransi.
Sumber gb.ngaBlogburitOTO

Beberapa kali kami berhenti, menjadikan kami bertambah akrab satu sama lain. Maklumlah kehidupan di Jakarta ini, selain karena rumah kami berjauhan, juga karena kemacetan lalu lintas, menyebabkan kami jarang sekali kami saling bertemu.

Dalam perjalanan tak kurang celoteh kakak dan adikku, apalagi sang pilot yang mengemudikan mobil. Aku sebut dia pilot karena dia selalu menyebutkan seperti ini:

"Jangan khawatir berkendaraan denganku, wahai kakak-kakakku yang tercinta, karena adikmu ini sudah memiliki jam terbang layaknya seorang pilot pesawat terbang, hehehe....

Walaupun kami tidak menamakan ini sebagai pulang kampung, namun bagi adik iparku yang memang orang Secang, Magelang, tetap saja sebagai ajang pulang kampung dan bertemu dengan sanak familinya di Secang. Adik iparku sangat mengucapkan terima kasih tentunya kepada sang pilot karena telah mendaratkan dirinya di kota Secang, sebelum perhelatan pernikahan dilaksanakan di Magelang.

Kami beruntung bisa bepergian dengan kendaraan sendiri ketimbang dengan menggunakan kendaraan umum. Keuntungan yang kami peroleh Mudik Asyik dan Aman yaitu Asyik karena bertambah akrab sesama saudara yang lama tidak saling ber-silaturakhim; aman karena setiap kali adikku diterpa rasa kantuk, kami berhenti dan menyantap makanan yang ber-aneka rasa di tiap wilayah.

Moto yang aku terapkan kepada adikku adalah seperti berikut:

Kalau ngantuk, jangan nyupir
Kalau nyupir, jangan ngantuk

Hahaha....dia ketawa. Apalagi ketika aku tambahkan, bahwa menahan kantuk itu menyakitkan. Jadi lebih baik jangan ditahan, beristirahatlah yang nyaman, walaupun akhirnya kantongku terpaksa kebobolan, tapi tidak apa-apa. Kebersamaan, walaupun bukan sepenuhnya mudik memang asyik, jadi tepat sekali kalau aku katakan bahwa mudik asyik dan aman telah kami jalanin. Alhamdulillah.




17 comments:

  1. rame dan asyik ya Bunda perjalanannya ke Magelang, coba klo sampe ke Semarang, daku bisa kopdar dg Bunda deh ;) *maunya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulangnya memang kami bermalam di Semarang, tapi silaturakhim ke Demak dulu, jadi ke Semarangnya sudah larut. Gak bisa juga kopdar sama Mamanya Noofa. Uniek Kaswarganti juga di Semarang toh. Oke deh, kapan2 kalo bunda ke Semarang, kita calling2an ya. Mksh sudah mampir ke blog bunda.

      Delete
  2. bundaaa, biasanykan kalo orang ngantuk ituu tiduur, skg udah ganti yah bund? kalo ngantuuk makaan :D hehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, tapi kan kami rame-rame tuh, jadi seru kalo supirnya ngantuk trus kita ajak makan, ngobrol, ngopi2. Matanya bersinar kembali, hehe.... Makasih Ranii udah mampir.

      Delete
  3. Wahhh bunda ikutan Event nya BlogDetik ya.

    Semoga keantol ya Bunda, kan hari ini banyak banget tuh hadiahnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Imam Sujaswanto, kemaren tuh baca di Twitter dari Mellyana Feyadin kira2 jam 17.15, lha penutupan jam 18.00. Piye iki? Yaudah, sensasinya yang bunda suka, ikutanlah. Menang gak menang, yang penting ikuuuut. Kebetulan juga bunda ikut acaranya tuh kemaren. Punya akun blogdetik tapi terakhir update blognya akhir 2012, hahaha...jadi dengan ikutan ini Insya Allah nanti mulai lagi "mosting" di blogdetik. Mksh ya kunjungannya.

      Delete
  4. Waw! Bunda aktif sekali ... Total achievment! :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eksak, aktif tapi jangan pake "sekali" donk, soalnya aktifnya kalo ada GA tuh, hehehe.... Mksh ya kunjungan eksak ke blog bunda.

      Delete
  5. Replies
    1. Tetap Lebaran di Ciputat, hehe.... PulKam biayanya guedee banget. Mksh kunjungan setia Liya.

      Delete
  6. asiknya ya Bunda, aku juga beberapa mampir ke secang magelang Bunda, masih dingin ya disana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huuuh..dingin. Bunda di Magelang-nya, yang di Secang adik ipar bunda. Mksh kunjungan fitri ke blog bunda.

      Delete
  7. motto yg terakhir juga sering saya pake bunda

    kalo udah ngantuk pas mudik ya istirahat dulu, kalo dipaksakan bisa bisa malah terjadi kecelakaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu motto bunda dapat dari Garda Oto, hehe... dan memang sebaiknya begitu, agar kita selamat sampai tujuan. Mksh kunjungan Mas Imam Boll ke blog bunda.

      Delete
  8. Hehehe motto yang essip markosip Bun.

    semoga berjaya di kontesnya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe juga deh. Moto boleh nyomot dari Garda Oto waktu ikutan ngaBlogburitOTO hari Minggu, 21 Juli, bukber antar Komunitas. Mksh kunjung Lozz ke blog bunda. Selamat berpuasa.

      Delete
  9. bener, Bunda: Kalau ngantuk, jangan nyupir
    Kalau nyupir, jangan ngantuk

    ^^ moga menaaaaang

    ReplyDelete