Thursday, November 07, 2013

Cerita ABG: Hanya Sebuah Nostalgia.


Cerita ABG ini, pastilah pernah dimiliki oleh setiap insan Allah, walaupun dengan versi yang berbeda..  Makhluk ciptaan Allah yang paling mulia, akan memiliki periode ini. Sudah pasti. Tidak mungkin seseorang dilahirkan, dewasa dan langsung menjadi tua renta, kemudian tiba saatnya untuk menghadapNya.. Masa ABG menjadi bagian dari hidup bagi mereka yang diizinkan oleh Allah berumur panjang. Begitu juga aku, ketika berada di usia ini, alhamdulillah, telah menjadi ABG yang santun dan patuh pada orang-tua, hehe... Juga telah berhasil menyenangkan hati orang-tuaku karena keberhasilanku meraih nilai yang lumayan bagus ketika hasil ujian SMP diumumkan. Ayahku mempunyai alasan untuk berbangga hati melihat hasil nilaiku yang hampir memuaskan. Kenapa? Karena pada masa ABG aku mengalami sakit dalam kurun waktu yang lama, sehingga pelajaran di sekolah selama hampir satu tahun aku pelajari di rumah, tanpa guru. Hanya berbekalkan buku-buku pelajaran thok dan sesekali belajar bersama para sahabatku. Bagiku, kini, Cerita ABG hanya sebuah nostalgia.



Pada masa aku berada di pusaran ini, benar-benar tidak pernah aku dengar Cerita ABG yang aneh-aneh, seperti pada masa kini. Cerita-cerita aneh yang aku maksud, seperti juga yang pernah para blogger baca di media atau menyaksikan tayangannya di media televisi, sangatlah memprihatinkan. ABG masa kini penuh dengan berbagai kejutan. Bukan saja kejutan  berupa berita tentang prestasi mereka, namun juga berita-berita yang sangat membuat miris hati yang membacanya, terutama para orang-tua ABG yang bersangkutan -- berita tentang tawuran, terjerumusnya ABG ke dalam kancah pergaulan bebas, dan lain sebagainya yang bernada negatif.

Dalam hal terjadi kelakuan ABG yang menyimpang, misalnya mereka terperangkap di sebuah keadaan di mana mereka sendiri tidak bisa melepaskan diri, misalnya pergaulan bebas, ke diskotik tanpa izin orangtua, atau mencicipi jenis minuman yang tidak boleh mereka tenggak, semua itu tidak bisa dikendalikan oleh orangtua. Aku tidak setuju kalau dalam hal-hal seperti yang aku sebutkan diatas, kesalahan ditimpakan kepada orangtua. Pandanglah dari kacamata yang lebih luas lagi, dan akuilah, bahwa pengaruh lingkungan  lebih mudah menyeret para ABG, ketimbang arahan-arahan dari para orangtua. Aku rasa sudah banyak kisah-kisah miring tentang Cerita ABG ini, yang tidak perlu aku ungkapkan di sini. Media masa dan media televisi sudah kerapkali mengupasnya dengan tuntas. 

Walaupun masa ABG yang aku alami tidaklah seindah ABG masa kini, namun aku harus merasa bersyukur, bahwa jalan lurus dan sederhana yang aku alami ketika aku ABG, telah membawaku ke suatu masa di mana aku merasakan kebahagiaan yang tiada tara, yaitu ketika aku memiliki seorang suami dan mampu menyerahkan harta yang paling berharga buat suamiku -- sesuatu yang tiada kuasa uang menilainya  -- mahkota yang paling berharga bagi seorang wanita. Kemudian diikuti dengan kebahagiaanku dianugerahi olehNya empat orang anak yang sehat.

Ketika ke-empat anakku satu per-satu mengalami masa transisi dari kanak-kanak ke fase ABG, aku membiarkan mereka (pada saatnya) mengalami, betapa debar dan gejolak jiwa ketika mengunjungi sebuah diskotik. Betapa pula kebanggaan bisa bergaya di cat-walk atau di stage. Yups, aku membiarkan mereka merasakan apa yang tidak pernah aku rasakan. Tetapi, ada tetapinya lho! Walaupun mereka pergi berkelompok, aku harus tetap ikut! Aku selalu menjadi Lady-Escort bagi mereka. Dan, alhamdulillah mereka tidak berkeberatan sama sekali. Bahkan mereka merasa aman dengan keberadaanku.

Last but not least, kini pun aku bangga menyandang predikat ABG, walaupun artinya berbeda -- bukan Anak Baru Gede, tetapi Angkatan Buyut-mu, Gan, hehe... Berbagai aktifitas aku lakukan pada saat setelah aku menyandang the latter ABG. Mau tahu salah satu kesibukanku terkini? Yuk, ikuti beberapa baris terakhir dari postingan ini. Aktifitasku nge-blog, menulis, mengikuti GiveAway yang diadakan oleh rekan-rekan blogger atau dari media sosial lain.. Aktifitas ngeblog telah membuat otakku terasah. Ngeblog is something. Karena nge-blog inilah aku mendapat kesimpulan yang pasti, bahwa keseriusan ngeblog tidak akan pernah mengizinkan kegalauan menghampiri kehidupan kita.  Trust me! Karena ngeblog juga yang membuat aku menyandang sebutan blogger. Aku bangga. Bahkan pada bulan April 2013 Grup Kumpulan Emak-Emak Blogger yang aku ikuti, dalam sebuah ajang yang spektakuler, memberikan apresiasi yang luar biasa untukku. Diantara lima Srikandi Blogger yang terpilih, aku adalah satu diantaranya. Predikatku adalah "Srikandi Blogger Lifetime Achievement 2013", versi ACER/KEB. Aku ABG -- Angkatan Buyut-mu -- Gan, yang masih penuh semangat.

Lihatlah, tanpa sentuhan bermacam Cerita ABG yang negatif pada masaku, aku tetap masih bisa meraih titel yang memberikan aku semangat yang melimpah di saat aku renta ini. Alhamdulillah, semoga saja aku masih bisa eksis di dunia blogger melalui Warung Blogger ataupun Kumpulan Emak-Emak Blogger. Pesanku untuk para blogger yang memiliki ABG (Anak Baru Gede), berhati-hatilah, jangan terlalu keras dalam mendidik. Pakailah istilah bahasa Jawa yang populer pada masaku juga masa kini, yaitu: "Tut wuri handayani." -- mudah-mudahan aku masih betul dalam menuliskannya.

http://www.warungblogger.org/2013/11/gerakan-pkk-cerita-abg.html


"Artikel ini turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger"

26 comments:

  1. terima kasih sudah turut mendukung gerakan PKK Warung Blogger Bun..

    Artikel udah tercatat sebagai peserta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama, bunda juga seneng bisa berpartisipasi, walaupun tahunya udah hampir terlambat.

      Delete
  2. Bundaaaa, sampai sekarang juga masih ABG deh (semangattnya) :D

    baru main lagi kesini, templatenya manis bangett Bun ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Qiqiqiqiii..(ketawanya ABG, hahaha..). Makasih kunjungan Ranii ke blog bunda. Template itu di telaltlenin sama Mak Shinta Ries, biar manis, katanya.

      Delete
  3. ABG foreveeer pokoknya ya buuun...saluut :D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih indah nuria Savitri, do'ain ya bunda masih tetap diberi kesehatan olehNya. Aamiin. Makasih juga untuk kunjungan indah ke blog bunda.

      Delete
  4. Makin salut sama bunda, aku aja masih belum bisa se fokus bunda dalam hal tulis menulis,,, kereeeeenn banget....bund.....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emi Syofyan, terimakasih pujiannya yang selangit itu, hehe.. Ternyata, dalam prakteknya, semakin kita membayangkan sebuah ide, semakin sulit bagi kita untuk menuangkan di layar laptop/PC. Tapi kalo kita langsung tak tik tuk, pasti jadi lho, kemudian, nanti, sebelum di publish, kita priksa lagi dan di edit biar enakan dibacanya. Makasih ya buat kunjungan Emi dan kata Kereeeen-nya.

      Delete
  5. Jadi ABG jaman sekarang berat juga ya Bun...bentar lagi anak2ku ABG bun....mdh2an bisa mengarahkan mereka dengan baik, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya sih gak, berat. Tapi itu tadi, seperti yang bunda tuliskan diatas, pengaruh lingkungan lebih kuat dari pada pengaruh ortu. Tapi ortu aja yang disalahin.Iya, kan? Bekali aja dengan ilmu keimanan yang mantap. Oke.

      Delete
  6. Saya juga masih ABG lho mbak, Amazing Brigadier General

    Dengan bangga saya mengundang sahabat untuk mengikuti Kontes Unggulan Proyek Monumental Tahun 2014
    Silahkan cek syarat dan ketentuannya di http://abdulcholik.com/2013/11/01/kontes-unggulanproyek-monumental-tahun-2014/

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..ABG istimewa itu mah atuh. Undangan diterima dengan senang hati. Kemaren sudah ke TKP. Makasih Pakde untuk undangan dan kunjungannya.

      Delete
  7. bunda, pasti ngerasa jadi muda lagi yah ketika posting cerita abg ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah, Mas Bambang, hehe...bunda udah merasa muda sejak jadi blogger, huahuahua.. Makasih, Mas Jay kunjungan dan komentarnya.

      Delete
  8. Bunda Yati memang ABG TOP BGT!.
    tetap semangat ngeblog ya, Bun ( jangan seperti saya yang lagi turun drastis nih )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, seneng banget ada kunjungan dari Abi-nya Sabila nih. Sejak mantenan koq emang jarang muncul ya, hehe... Makasih buat pujian ABG TOP BGT-nya. Sampe sekarang bunda belum sempet lho memiliki buku kumpulan postingan Mas Abi, malah catetan kemana pesannya udah raib entah kemana. Makasih kunjungan dan komentar Mas Abi, ya. Salam hangat dari Ciputat.

      Delete
  9. jika terlalu keras mendidik ..ntar malah jadi keras kepala dan suka membakang ya bun...
    setuju ..harus jadi pendorong semangat mera dari belakang...

    *tampilan blognya..pinky2..he2 bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nova Novili, makasih kunjungannya ke blog bunda. Mendidiknya melihat sikon, sebetulnya, asal jangan terlalu kaku dan keras. Soal tampilan blog yang pinky2 itu hadiah dari Mas Shinta Ries, hehe... Pilihan warna emang dari bunda.

      Delete
  10. bundaa tetep ABG ko..
    hatinya dan semangatnya eeaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeaa..siapa lagi yang muji kalo gak mojang Priangan yang paling geulis ini. Makasih kunjungan Nchie ke blog bunda.

      Delete
  11. Kumpulan Cerita Hot ABG Berjilbab ada disini !

    ReplyDelete
  12. tetap smangat bunda.....kita basmi artikel2 jahat dengan terus mndukung PKK WB....

    ReplyDelete
  13. cuaca dingin begini asiknya baca-baca informasi bermanfaat yang seperti ini dulu, terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  14. Cerita yang sangat bermanfaat..
    semoga sukses

    ReplyDelete
  15. Kapan ya ada kelanjutan Program PKK kembali... Setelah Cerita ABG, Prediksi Jitu, kira2 Apalagi yach ?? Ada saran nggak Bunda?? :) Ntar kalo tebakannya tepat bakal dapat Suprise dari Ane.. hehehe :D

    *SaHaTaGo [Salam Hangat Tanpa Gosong] Pojok Bumi Kalibayem - Yogyakarta
    Si Blogger yang Doyan Nongkrong di Tempat Karaoke he :D

    ReplyDelete
  16. Salam kenal dari newbie(ajji) di dunia blog.
    Para senior blogger seperti Engkau(bunda)*sebelumnya maafkan aku bun_ijinkan akku pula memanggil mu BUNDA.*
    Yang menjadi inspirasi kegiatan ngeblog-ku.
    »»Barangkali berminat bisa visit juga ke my blog duniakudalamtulisan.wordpress.com.

    "Sekali lagi salam kenal untuk bunda dan follower blog ini".!!!
    MATUR SUWUN

    ReplyDelete