Wednesday, November 27, 2013

Teruskan yang Tertunda! -- Proyek Monumental Blogger Tahun 2014

Teruskan yang Tertunda! -- Proyek Monumental Blogger Tahun 2014 --  sengaja judul ini aku pilih karena aku punya alasan yang kuat

Dan kesempatan untuk menuangkan semua  uneg-uneg yang ada dalam dada -- sebelum semuanya menjadi sebuah asa yang hilang, dan raib begitu saja. Insya Allah, akan bisa terlahir dengan mengikuti Proyek Monumental Blogger Tahun 2014-nya Pakde Cholik.

Sebelum aku memulai menulis tentang  Teruskan  yang Tertunda! -- Proyek Monumental Blogger Tahun 2014 -- tidak ada salahnya kalau aku juga memuat yang berikut ini:



Sudah beberapa hari ini aku tidak mengopeni blogku tersayang ini. Satu dan lain hal adalah karena aku harus fokus mengurus anakku lelaki yang terserang stroke ringan tanggal 15 Nopember 2014 -- jangankan memikirkan membuat postingan, mengingat bahwa cacing-cacing di perut ini juga harus  mendapat sajian nikmat,aku pun lupa pada tugas yang satu dan amat penting ini. Padahal disaat keadaan seperti ini aku harus menjaga stamina. Tapi, itulah! Seorang ibu tidak akan bisa menyisihkan sedikit pun perhatian kepada hal-hal yang lain, selain memikirkan keadaan anak yang sedang berjuang melawan penyakitnya.

Hari ini, 24 Nopember 2014,  para blogger yang baik hati pasti heran, koq aku bisa ya hadir di online, hehe.. Sebabnya tak lain karena aku punya kesempatan satu hari ini untuk pulang dan beristirahat di rumah (anakku), sebelum,  sebentar lagi, sekitar pukul 12.00 aku harus kembali ke RS, dimana anakku sekarang mendapat penanganan sesuai dengan kondisinya saat masuk. Aku dan anak-anakku yang lain mempercayakannya kepada  Sebuah RS di wilayah Serpong, bernama RS BETHSAIDA. Jauh memang, tapi demi pilihan terbaik buat anakku lelaki, kami sekeluarga memilih jalan yang satu ini.

Lho! jangan semprot aku dulu ya, karena aku koq jadi curcol begini. Ada maksudnya sih, karena selama ini kan aku absen terus tuh bikin postingan, dan kesempatan yang hanya sedikit ini aku gunakan untuk menarikan jari jemariku di atas toets keyboard, demi untuk mengikuti dan meramaikan proyek Pakde Cholik yang sejak awal aku baca tentang gagasan  pakde Cholik yang brilian ini, sebuah keinginan telah mencuat untuk mengikutinya. Dan, inilah aku.

Kenapa aku beri judul postingan ini  Teruskan yang Tertunda! -- Proyek Monumental Blogger Tahun 2014.

Sebuah kekecewaan yang teramat bikin kesel, sebel, dan gregetan, telah terjadi di awal tahun 2013. Aku telah memiliki sebuah proyek untuk tahun 2013: Aku harus memiliki sebuah buku solo!

Begitulah, setelah beberapa belas buah cerpen aku garap, kemudian ditambah dengan beberapa cerpen yang aku ikut-sertakan dalam Lomba Menulis Antologi, jadilah sekitar 20 buah cerpen yang akan aku gabungkan menjadi  KUMCER (Kumpulan Cerpen) -- dan akan merupakan karya solo.  Btw beberapa antologi yang aku sertakan dalam kumcer ini, tentu saja dengan seizin pihak Penerbit/Penyelenggara.

Jadilah kemantapan sebuah proyek monumental blogger tahun 2013 yang akan aku lahirkan sebagai sebuah karya solo.. Alangkah bahagianya hati ini, di saat renta aku akan bisa memiliki sebuah karya solo, disamping belasan buku antologi yang telah lahir dan memuat karyaku. Tapi itu adalah antologi, bukan karya solo. So, sebuah karya solo masih tetap menjadi sebuah idaman..Itu yang menjadi harapanku akan terealisasi pada tahun 2013.

Kesempatan untuk menerbitkan karya solo ini aku dapatkan dengan keringanan yang memukau dari Penerbit, karena aku telah memenangkan Kontes Antologi. Semakin ber-bunga-bunga juga hati ini. Aku tidak usah memikirkan tentang design cover, ISBN dan lain sebagainya, yang erat kaitannya dengan penerbitan sebuah buku. Komunikasi dengan Penerbit pun berjalan lancar, sehingga tidak ada lagi keraguan untuk meneruskan lahirnya proyek ini. Namun, setelah menunggu ber-bulan-bulan, tanpa mendapat kiriman satu buku terbit untuk aku teliti lagi, di cetaklah sekitar 21 eksemplar buku solo tersebut. Lembar demi lembar aku  buka dan baca -- ternyata, banyak sekali kesalahan ejaan yang aku dapati, tidak dimuatkan endorsements dari rekan blogger/penulis/umum yang bisa menambah daya jual buku solo tersebut di kelak kemudian hari (hehe..) tidak ada alias tidak dimuat. Kecewanya hati ini. Nasi telah menjadi bubur -- aku kurang teliti memilih Penerbit -- terlalu percaya pada apa yang mereka janjikan secara tertulis -- terlalu yakin bahwa segalanya akan berjalan lancar. Jelasnya aku kurang pengalaman! Titik!. Kerugian materi pun tersangkut di dalamnya. It's oke-lah! Tidak apa-apa, semuanya aku ikhlaskan. Mungkin belum saatnya aku memiliki sebuah karya solo. Namun, mereka masih mengeluarkan royalti atas jumlah buku yang aku terima. Alhamdulillah -- royalti pertama yang aku nikmati.

Kini, tidak dapat di-tawar-tawar lagi --  Teruskan yang Tertunda! Proyek Monumental Blogger Tahun 2014 --  harus berjalan! Harus, harus, dan harus. Semoga Allah mengizinkan aku memiliki kesempatan ini dan merealisasikannya pada tahun 2014:

  • Me-revise apa yang gagal untuk melahirkan sebuah karya solo berupa kumcer dalam tahun 2013 dan positif menjadikannya sebuah proyek monumental blogger tahun 2014.
  • Memilah dan memilih tulisan-tulisan dari blog, yang selama ini telah berhasil aku kumpulkan, untuk menjadikannya sebuah karya solo pula, dan, Insya Allah, harus menjadi kenyataan di tahun 2014. 
  • Siapa tahu, aku juga bisa merealisasikan sebuah kumpulan Flash Fiction yang aku buat sebagai member dari Monday Flash Fiction dan mengikatnya untuk menambah bobot Terusan yang Tertunda -- Proyek Monumental Blogger Tahun 2014.   

Menyangkutnya sebuah asa untuk menerbitkan tulisan-tulisanku dari blog ke dalam sebuah karya solo, pun, bagiku, adalah merupakan karya yang tertunda. Aku tidak boleh berdiam dirij! Apa yang telah aku tuliskan di blog, harus, harus dan harus menjadi sebuah karya yang bisa di pegang, dibaca dan di miliki oleh anak cucuku, bukan sekedar menjadikannya sesuatu yang hanya bisa mereka nikmati ketika mereka berhubungan dengan dunia maya. Karya-ku, secara nyata harus bisa dimiliki.  Aku tahu ini baru merupakan sebuah asa yang paling dalam, tapi apa pun itu, dengan segala usaha yang positif, tidak malu bertanya kepada para Senior (maksudku senior dalam pengalaman pencetusan sebuah karya solo, hehe..) aku harus terus mengikat erat niat itu dalam hati dan pikiran dan serius menganggap sesuatu yang belum tercetus, sebagai sesuatu yang tertunda.
Kiranya tidaklah terlalu muluk keinginanku untuk merealisasikan proyek monumental blogger tahun 2014: Teruskan yang Tertunda ini, tapi paling tidak inilah juga yang harus dimiliki oleh setiap blogger yang telah bisa menghasilkan karya tulis mereka di blog dan menjadikannya sebagai sebuah karya solo. Jangan malu untuk mengatakan: Teruskan yang Tertunda! Karena apa pun yang belum kita laksanakan, berarti itu adalah sesuatu yang tertunda. Mudah-mudahan para blogger setuju dengan pendapatku.

Selamat merancang sebuah proyek unggulan di tahun 2014. Selama masih ada semangat, asa yang tergantung masih bisa kita raih. Aamiin.

 

31 comments:

  1. Semangat Bunda... semoga proyek yg tertundanya, bisa terealisasi tahun ini ya...
    Dan semoga anak Bunda bisa segera pulih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Santi Dewi atas support semangatnya dan do'a untuk anak bunda. Makasih juga sudah bertandang ke rumh ol bunda.

      Delete
  2. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Kontes Unggulan : Proyek Monumental Tahun 2014
    Akan saya catat sebagai peserta
    Keep blogging
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga, ini merupakan kesempatan bunda untuk me-refresh otak bunda. Semoga memenuhi persyaratan.

      Delete
  3. Saya ikut prihatin mbak
    Doa kami semoga ananda tercinta segera sehat kembali.
    Sabar ya Mbak
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, pakde untuk do'anya. Kesempatan untuk merespons ini karena bunda ditarik pulang satu malam (badan bunda ternyata bukan super-power granny, hehe..). Istirahat semalam, sebentar pukul 13.00 kembali lagi. Nah, badan boleh lemah, tapi otak ini tetap segar, hehe. Salam hangat dari Ciputat.

      Delete
  4. bundaaa keren semangaattnya, sukaaa sukaa :*
    smoga proyeknya berjalan lancara ya bun..
    smoga anaknya cepet sembuh jugaaa, cepet bisa aktfitas lagii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Ranii Saputra. Ini lagi istirahat dari semalam karena kondisi badan bunda agak menurun. Tapi masih kuat koq duduk di depan komputer, membalas komentar sobatS tercinta. Makasih do'a Ranii.

      Delete
  5. semangat.. mari bersama kita bisa..
    tapi ibu masih mendingan dibanding diriku. yang tak pernah berani menyelesaikan satu buku motivasi.. ah, aku memilih kabur ke dunia blog..

    ReplyDelete
    Replies
    1. agha maruf, ayo selesaikan -- itu kan merupakan sesuatu yang tertunda. Yuk, kapan lagi. Kabur ke dunia blog pun akhirnya dengan niat yang penuh, akan bisa merealisasikan sebuah buku, lho! Trust me. Yang penting ada kemauan. Makasih kunjungannya.

      Delete
  6. Moga anak Bunda cepat pulih ya Bunda, dan sukses buat Proyek Monumental nya....

    ReplyDelete
  7. Kalo hiatus ngeblog lagi kumat, saya buru-buru mampir ke blog teladan ini. Uswatun Khasanah banget deh, Bunda :-) Semangaaat, insyaAllah saya akan selalu meneladani jejak Bunda. :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucu, bukanbocahbiasa ini, kek orang yang lagi ngidam aja, hehe....Syukur alhamdulillah kalo blog bunda bisa buat pengusir si hiatus itu. Mksh kunjungannya bbb ke blog bunda.

      Delete
  8. aamiin, smga terwujud semua cita-cita dan harapannya bun.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiinn juga, rodamemn. Mksh kunjungan rodammn ke blog bunda.

      Delete
  9. Bunda ssemangat yaa meneruskan proyeknya dan semoga anak bunda cepet sehat kembali seperti sedia kala aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah menjadi salah satu penyemangat bunda. Insya Allah, keinginan bunda bisa menjadi kenyataan. Aamiin. Makasih juga kunjungan Dian ke blog bunda. Maaf lama meresponnya coz dadakan punya tugas baru: perawat rumahan, hehe..

      Delete
  10. ayo bunda seangat melanjutkan proyeknya. Bunda apa kabar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah, Lidya. Bantu do'a ya, agar bunda gak melempen merealisasikannya. Kabar bunda baik-baik, cuma anak bunda (kakak dari anak bunda yang di Bekasi sampai hari ini masih memerlukan perawatan khusus karena mengalami stroke ringan pada tgl. 15 November. Md2an keadaan Lidya, anak-anak dan suami dalam lindunganNya. Aamiin.

      Delete
  11. Semangat ya Buuuuuun *ketjup*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketjup balik buat Orin. Makasih kunjungan Orin ke blog bunda.

      Delete
  12. Good Job bu yati You always incredible woman. . two thumbs up !

    Mrprie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Come on, why didn't you put your real name on it. Usually I always delete directly something with ANONIM....LOL. Walaa, Mrprie, is that your real name? Tq 4 ur vising my blog, guy. Btw how could I visit ur blog later on, then.

      Delete
  13. Bunda mampir ya ke http://kedaistory.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koq pake ANONIM sih? Oke, insha Allah bunda mampir ya. Makasih kunjungan Anonim ke blog bunda.

      Delete
  14. Ikut mendo'akan saja, semoga cepat pulih untuk anaknya...

    Nitip info ya bunda..,,
    Kami ingin menginformasikan e-Compusoft Blog Contest

    Total Hadiah Jutaan Rupiah lho...
    Hadiah Langsung pulsa 10.000 bagi 100 Pendaftar Pertama.

    Info selengkapnya:
    e-Compusoft Writing Competition

    Bagi sahabat blogger jangan lupa kasih info ini ke yg lain ya...
    Terima kasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. e-Compusoft Writing Competition, makasih info dan kunjungan ke blog bunda serta terima kasih juga do'anya untuk anak bunda, yang sekarang sudah semakin membaik. Selama ini hampir 2 bulan memang tidak begitu aktif online karena harus mengutamakan jadi perawat, hehe... Btw bunda sudah ke TKP tapi koq tidak melihat adanya DL ya, tanggal berapa DL-nya? Pengumuman tgl. 30 Maret, but what's the DL. Please, hehe..sok2 berbahasa Inggris. Makasih. Tolong ya segera diberi info. Coz bunda jarang sekali online boleh gak info DLnya di INBOX or SMS via 0812 90 536 336. Tq. Ingin ikut meramaikan.

      Delete
  15. Wow proyek 2014 ....
    keren ..

    follow blog saya ya ..
    http://infoejaman.blogspot.com
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat semua yang mengunjungi blog bunda, maaf banget ya untuk respon yang terlambat ini. Bunda jarang online beberapa waktu terakhir ini. Btw tk untuk pujiannya. Oke, akan bunda follow segera setelah ini. Makasih untuk kunjungan nak Ahmad Saadilah.

      Delete
  16. semangat bunda bwt cita citanya. :D
    o iya kok tglnya november 2014 ??
    cpt smbuh jg bwt anaknya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah3x, jadi bingung nih bundanya, tgl. november 2014 untuk yang mana ya? Makasih kunjungan dan do'a untuk anak bunda. Sekarang sudah semakin membaik. alhamdulillah.

      Delete