Sunday, December 22, 2013

Predikat Blogger Adalah Sebuah Kebanggaan.



Postinganku teranyar tertanggal 27 November 2013 untuk berpartisipasi di Kontes ngeblognya Pakdhe Cholik -- Kontes Unggulan Proyek Monumental Blogger 2014 aku kerjakan di sela-sela tugas menjadi perawat pribadi anakku yang sakit sejak 15 November. (Hingga saat ini aku masih mengemban tugas mulia ini, sebagai ibu dan sebagai Perawat khusus -- berarti cukup lama aku tidak menengok blog tersayangku ini, kurang lebih tiga minggu terbengkalai.\

Postingan yang aku kirimkan untuk partisipasi sebagai peserta di ajang Srikandi Blogger 2014 ternyata  ditolak dengan manis, hehe..Aku salah kaprah tuh. (Aku tidak boleh ikutan lagi.) Sebabnya? Aku adalah Srikandi Blogger Lifetime Achievement 2013, versi ACER/KEB dengan hadiah yang aduhai banyaknya.. Aku terlalu menggebu ya? Soalnya membayangkan excitement-nya naik panggung tuh, qiqiqiqiii. Ber-angan-angan naik panggung lagi nih si bunda, huahuahua... -- udah donk, Bun! Gantian atuh sama yang lain. Oke3x, maapkeun, Mak Ketua SB2014, Haya Aliya Zaki.

O-ya, setelah di-edit di-sana-sini, tulisan ini aku muat di blog. Aku pilih judulnya Predikat Blogger Adalah Sebuah Kebanggaan --  sayang kan, kalau hasil curahan benak bunda yang (masih rada) fresh ini nggak di-arsipkan di blog, hehe.. Ini dia, buat yang berkenan membacanya, silahkan lanjut.


Keseharian dan keterlibatanku di dunia blogging.
Aku, mantan pegawai sebuah non-commercial International Organization setelah bekerja selama 23 tahun. Usiaku bulan Juli ini 75 tahun, ibu dari empat orang anak, satu laki-laki dan tiga perempuan. Mereka semua sudah pula memiliki keluarga kecil, dan akhirnya aku menjadi seorang nenek – nenek dari empat orang cucu, yang semuanya jagoan. Aku belum memiliki cucu perempuan, namun cucu perempuan dari para keponakan sudah banyak, apalagi sekarang aku sudah banyak mempunyai cucu-cucu online.  Yeeeey....aku kaya.

Sejak April 2009 aku melibatkan diri dengan dunia maya, predikat “blogger” pun menjadi embel-embel namaku. Bangganya! Siapa pun yang suka ngeblog, sebutannya -- blogger. Keren, kan?

Walaupun aku seorang nenek, namun mereka yang mengenalku, memanggilku dengan sebutan “bunda” – begitu juga dengan para blogger -- bukan karena aku ingin tetap dianggap muda lho, tapi panggilan itu sudah melekat sejak lahirnya cucu keponakan pertama seorang bayi laki-laki dari keponakanku – kini cucuku ini telah berusia 30 tahun.  (ceritanya, bila berkenan untuk membacanya, di sini.)

Seperti yang aku sebutkan di atas, aku mulai berkecimpung di dunia maya sejak April 2009  -- bermula sebagai Reseller sebuah bisnis online yang dikelola oleh JokoSusilo, yaitu Formulabisnis. Dalam perjalanannya ternyata aku kurang berhasil – mindset kurang ampuh, hehe.. Tanpa pikir panjang, aku tinggalkan bisnis ini. Blog pertamaku yang bernama BISNIS ONLINE pun menjadi sebuah rumah online yang jarang sekali aku tengok. Jumlah postinganku di blog ini sudah lumayan lho – coba aja yang berkenan membacanya, di sini.

Sebagai seorang newbie, kata keren untuk Pemula,, berani-beraninya aku ikutan Kontes SEO. Jelaslah aku terjerembab masuk ke parit yang paling dalam – itulah sifatku yang selalu penasaran dan ingin mencoba, walaupun gagal. Dan gagal adalah memang awal sebuah keberhasilan, walaupun keberhasilan itu masih harus terus aku kejar hingga aku tidak mampu lagi mengejarnya. Keberhasilan yang aku maksud di sini adalah kekayaanku dalam memiliki banyak teman online,  karena tulisan yang aku ikut-sertakan dalam Kontes SEO, mengundang minat seorang rekan, Mbak Yusi Setiawati untuk menulis tentang diriku.

Dengan big-zero pengalamanku, aku menulis Pengalaman Seorang Pemula sebagai postingan yang aku ikutkan dalam Kontes SEO tersebut, daaan...terpelanting, hehe.. Btw ada beberapa blog yang sudah aku delete karena terlalu lama tidak aku openi (yang berhubungan dengan bisnis online). Nyesel juga ya, padahal beberapa postingannya bisa aku pindahkan ke blog campur-.sari. Sayang, hasil-hasil curahan benak jadi hilang begitu saja, hiks, hiks.. Tapi it's ok-lah, masih ada kenangan yang bisa menghiburku (selamanya), yaitu sebuah lagu "Untuk Bunda" yang diciptakan khusus untukku oleh seorang blogger Jember, R.Z.Hakim bersama Grup Band TamasyaKata.. Perkenalan kami, berawal dari postingan Yusi Setiawaty, yang menulis tentang aku dengan judul Kisah Nenek 70 Tahun Ikut Kontes SEO, ckckckck...nekatnya si nenek ini!

Banyaknya fesbuker/blogger yang membaca tulisanku, banyak pula pertambahan perbendaharaan teman dunia maya. Senangnya dan asyiknya. Di usiaku kini, angka 1,294 dalam jumlah teman adalah sesuatu.

Tidak berhenti sampai di situ, kiprahku, hehe..keren banget ya pake istilah “kiprah”. Biarlah, gak ada salahnya juga, kan?

Aku tinggalkan dunia bisnis. Di tahun yang sama aku membuat blog baru, MISCELLANEOUS, sebuah blog yang berisi ber-macam jenis postingan. Dunia blogging memang something – ya, something yang tidak bisa membuat aku berhenti nge-blog, hanya karena gagal di Formulabisnis – uang bukan segalanya , pertemanan yang semakin bertambah lebih utama ketimbang uang yang aku kejar di Formulabisnis, dan ternyata gagal, karena mindset kurang mumpuni, hehe.. Tidak mengapa – tak satu jalan ke Roma. Hingga kini, blog inilah yang merupakan blog yang aktif, bukan berarti blog yang lain itu aku hapus, hanya (kalau nggak salah) ada dua blog yang sudah aku hapus. Rumah-rumah mayaku yang lain tetap berdiri, hehe..

Ada naskahku, lho!
Predikat Blogger Adalah Sebuah kebanggaan. Andaikan aku bukan seorang blogger, mana mungkin aku bisa terlibat dengan berbagai kontes/lomba menulis antologi. Semua informasi tentang lomba menulis antologi aku dapatkan dari teman-teman dunia maya. Berkat informasi ini, akhirnya aku bisa memiliki beberapa buku antologi.

Keanggotaanku di Kumpulan Emak2 Blogger (KEB) pada tahun 2012 menjadikan diriku semakin bangga sebagai blogger. Betapa tidak, KEB mengirim aku untuk bergabung dengan beberapa member lain hadir dalam wawancara di Radio Bahana, 16 Nopember 2012 -- KEB Gathering tanggal 29 April 2012 memberi aku kesempatan untuk diwawancarai oleh Internet Sehat. Kesempatan baik yang membawa aku terlibat dalam mengisi program film dokumenter WatchDoc/InternetSehat Linimassa#2 -- KEB dengan Mak Mira Sahid sebagai Founder juga mewawancarai aku dalam sebuah kesempatan acara Kompasianival di Gandaria City Mall pada bulan Nopember 2012, bertajuk "Hero Inside Me." Silahkan menyimak jurnal Mak Mira Sahid di sini.

Yang lebih membuat aku bertambah bangga menjadi blogger -- ketika  KEB merayakan ulang tahunnya yang pertama pada bulan Januari 2013, sebuah acara pemilihan Srikandi Blogger digelar -- ajang yang spektakuler ini mencuatkan namaku sebagai Srikandi Blogger Lifetime Achievement 2013  versi ACER/KEB. Bukankah ini merupakan sebuah kebanggaan yang harus disyukuri? Tak pelak lagi -- Predikat Blogger Adalah Sebuah Kebanggaan.

39 comments:

  1. Sejujurnya aku salut dg nenek yang jago di dunia blogger
    Kata-kata yg nenek gunakan juga gaul dan anak muda banget
    Memang pantes menjadi Srikandi Blogger Lifetime Achievement 2013

    btw, salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rizka, makasih pujiannya. Apa iya, kata-katanya anak muda banget? Memang itu yang ada dalam benak bunda dan meluncur melalui jari jemari, jadilah postingan, hehe.. Makasih Rizka sudah berkunjung.

      Delete
  2. Aaaahhh, Bunda memang keren, kok! Blogger keren!

    Saya setuju, Bunda, predikat "Blogger" adaah sebuah kebanggaan. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuk,,,give me five donk, hehe.. Makasih kunjungan Istiadzah ke blog bunda.

      Delete
  3. saya juga bangga kalo disebut blogger bu'e..
    sama kita :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samma donk.. yuk tost dulu. Makasih kunjungannya, ya.

      Delete
  4. Aku juga bangga disebut Blogger Bun. Disamping itu dengan jadi blogger otak terus menerus dilatih untuk berpikir. Bikin pikun agak segan datang lebih awal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. evi, pastinya semua blogger akan bangga, ya. Itu dia, semula maksud nge-blog ya untuk nge-refresh otak tuh, biar gak cepet pikun, hehe.. Mksh kunjungan evi.

      Delete
  5. Keren total :) Semoga saja semakin banyak rekan2 seusia Bunda yang terus produktif dan aktif nge-blog/menulis. Pasti Indonesia maju banget tuh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih pujian Anna, total buah segar donk, hehe.. Bunda juga bingung, apa cuma bunda x ya yang ngoyo jadi blogger, pdhl kan banyak tuh emak-emak pensiunan yang usianya pasti diatas 50-an, koq gak nge-blog and jadi member KEB ya? Makasih juga kunjungan Anna ke blog bunda. Salam hangat dari bunda.

      Delete
  6. Bunda...
    saya setuju banget dengan Bunda. Blogger memang suatu penghargaan. Walau saya baru kenal dgn dunia maya yang nyata ini.

    saya suka banget dgn lagu yg khusus buat Bunda itu, dilaptop dan hp saya ada lagu itu.
    semoga saya bisa segera bertemu dan mencium tangan Bunda..

    Salam hormat saya, Bunda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sopo toh iki? Sebelum me-respon komentar ini, bunda tuh blogwalking dulu lho ke blognya 'cuma kata-kata' - tapi sangking komputer lemotnya sistim jadi gak berhasil tuh. Akhirnya buat kembali lagi ke rumah ol bunda juga lemoot banget, hiks, hiks.. Wah, bunda tuh mau pasang link lagu ini, tapi gak tau lagi dimana nyarinya, hehe.. bagi donk link-nya, tapi jangan bilang-bilang Mas Bro a.k.a. RZ Hakim ya, coz RZH udah pernah ngasih linknya, lupaaa... Makasih kunjungan cmm ke blog bunda.

      Delete
  7. Dua kali saya berkesempatan kopdar dengan Bunda Yati, di Bobo Fair tahun lalu dan Sabtu kemarin sambil makan siomay. Blogger memang ga sembarangan. Blogger itu kumpulan orang "gila", anomali pokoknya, Di saat semua orang di dunia nyata berebut pengaruh dan saling sikut demi keuntungan, blogger malah saling berbagi menfaat dan bantuan. Ada yang rela rumahnya diinapi, gratis, padahal belum pernah jumpa sebelumnya selain lewat tulisan. Rasanya sudah lama tak bersua dan unik pertemuan blogger tuh. Saya kemarin juga ditraktir makan dan minu oleh Bunda Yati. Semoga Bunda sehat selalu dan terus ngeblog ya Bun. ... Jia you!!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Walang, ketika bunda lihat sesosok lelaki di Mesjid, koq kayaknya bunda pernah kenal nih, tapi keraguan menghambat bunda untuk menyapa. Tapi ketika ada senyum diwajah lelaki itu, yeeee.........ternyata ini dia Mas Belalang Cerewet a.k.a. Mas Walang. Tak kira ini kopdar pertama, hehe.. Seneng sih ngobrol, wlp di warung pinggir jalan sambil "nyiomay" and bunda sambil "nyoto". Makasih kunjungan Mas Walang ke rumah online bunda. Kapan2 bunda di traktir ya kalo ke Bogor, itu lho asinan bogor yang suegeer. Makasih do'anya untuk bunda dan Insya Allah soal ngeblog akan bunda tetap 'jabanin' sebisa mungkin.

      Delete
  8. Iya bener bun, jadi blogger membanggakan yaaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups, betul sekali, Ranii - bikin bangga tenan. Makasih kunjungan Ranii ke blog bunda.

      Delete
  9. o o o o o o .....
    amboy.....
    duhai....
    o la la....
    salam kenal deh dari anak baru dumay bun.
    tambah atu lagi nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamaa..lengkap kali. Salam kenal balik dari bunda and salam hangat ya dari Ciputat. Dumay, maksudnya Dumai? You are welcome-lah. Makasih kunjungan nuzulul arifin ke blog bunda.

      Delete
  10. Salam kenal bunda :)
    Setuju banget, jadi blogger adalah sebuah kebanggan. Nggak semua sanggup menulis dan bertahan dengan karya sebagai blogger ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyambut salam kenalnya di akhir tahun 2013 ini (maafkan bunda, karena jarang online, jadi baru bales nih). Semua itu bisa dipelajari selama kita masih memiliki niat dan kemauan. Bukankah begitu, Imaniar Hanida? Makasih kunjungan Imaniar ke blog bunda.

      Delete
  11. Bundaaa....salut dengan bunda yang semangatnya luaaar biasaaa....banyak belajar dari bunda niiih..bahwa kegigihan dan kerja keras pasti berbuah manis...aku pun forever newbie nih bun :D..yang penting semangaaat....peluuuuuuk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaliknya buna sangat kagum lho membaca isi blog inah nuria Savitri. Keren banget. Itu lho ada GA yang pengen banget bunda ikutin, tapi kan harus yang baru, jadi gak jadi deh ngirim, karena kebanyakan perjalanan yang bunda lakukan sudah bunda mut di blog, hiks, hiks, padahal ngiler banget liat hadiahnya, hehe..kayak yang bakal menang aja nih kalo ikutan!. Bunda2x. Makasih ya kunjungan indah ke blog bunda.

      Delete
  12. Replies
    1. Ever onward, no retreat, qiqiqiii... Makasih kunjungan Yugo ke blog bunda.

      Delete
  13. Pokoe Bunda Yati keren dan tiada duanya deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih? Malah bunda pengen banget tuh punya saingan, hehe... Makasih ya kunjungan Anak Online ke blog bunda. Maaf banget respons dari bunda telaaat. Soalnya bunda kan nyambi (100%) jadi perawat, hehe..nyambi koq 100%.

      Delete
  14. perlu banyak belajar nih sama mba Yati. salam kenal buat yang lainnya. aku pengen dong ikutan di EmakBlogger gimana caranya ya.maklum pemula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Novie Mochtar Taufiq, serasa seumuran nih dipanggil "mba" hehe... Salam kenal balik dari bunda ya. Soal jadi member Emak2Blogger gampang koq, nanti bunda minta supaya AdminS ngundang ya. Wait n see. Makasih kunjungan Novie ke blog bunda.

      Delete
  15. MakBunBun emang selalu keren.

    Bahasanya simpel dan mudah dicerna, andai tidak menyebutkan umur. Saya yakin ga ada yang tau kalo umurnya sudah 70.

    Btw, tampilan blognya makin soft aja, suka ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, masaaak sih "selalu" keren. Jadi kembang kuncup nih cuping hidung bunda, qiqiqiii... Alhamdulillah, kalo emang gak kelihatan gak seperti 75 (bukan 70 lho). Makasih kunjungan E. Novia ke blog bunda.

      Delete
  16. Buat semua yang mengunjungi blog bunda, bunda ucapkan SELAMAT MENANTI DATANGNYA TAHUN BARUJ 2014, SEMOGA TAHUN 2014 MEMBAWA KEBERKAHAN BUAT KITA SEMUA, PARA BLOGGER. AAMIIN.

    ReplyDelete
  17. Bunda Yati memang TOP banget deh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduuuh, jangan muji terlalu tinggi atuh, ntar kalo jatoh sakiiit nih, hehe. Nanti, baru top kalo udah bisa menghasilkan satu karya solo. Begitchuu, Irawati. Tapi terima kasih pujiannya. Makasih juga kunjungan Irawati ke blog bunda.

      Delete
  18. Replies
    1. Yaa, Keke Naima, jangan ikutan atuuh, tapi ayo kita jangan bergandengan, hehe. Makasih ya udah berkunjung.

      Delete
  19. bun.. aku iri jadinya, bisa ya tetep eksis dari tahun 2009.. haa.. blog aku malah sudah tak terurus, sepi pengunjung bun.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diniatin ya dalam hati untuk sekali2 menengok blognya, jadi jangan sampe gak terurus, hehe..kayak blog bunda yang lain keurus aja, qiqiqiii...

      Delete
    2. hhihi iya bener itu katanya mbak yati ^^

      Delete
  20. masuk ke blog ini dari komentar di adrewa....membaca artikelnya dan ckckckck luar biasa..baru tahu saya ada blogger di indonesia yang berumur 70an...semoga membawa insprisasi dan motivasi untuk saya...terima kasih artikelnya..

    ReplyDelete