Posts

Showing posts from August, 2013

LAO TOWARDS AEC 2015.

Image
Hari ke-6 #10daysforASEAN (30 Agustus 2013 - Tema:LAOS Ternyata tantangan untuk ikut Lomba Blog #10daysorASEAN, semakin hari semakin berat juga. Tapi walaupun berat, sebuah usaha harus dilakukan agar aku tidak tercecer pada hari ke-6 ini. Banyak bahan dan bantuan yang bisa aku dapatkan dari aktifitas googling. Mungkin bukan cuma aku yang melakukannya, tetapi juga blogger lain. Secara jujur, harus kita akui, bahwa tema tentang LAOS sama sulitnya dengan tema-tema lain yang diberikan oleh pihak Panitia dan, bagi kita, para blogger, alhamdulillah sudah menyelesaikan tugas sampai hari ke-5 dengan lancar. Jadi apa susahnya membuat postingan dan berhasil lagi menuntaskan hari ke-6 ini dengan baik. Yuuuk....

.Daya Tarik Ragam Kopi Indonesia..

Image
Hari ke-5 #10daysforASEAN - Tema: KOPI

Dulu, ketika aku masih aktif bekerja, pasti kalau belum minum kopi (bukan kopi yang pekat), suasana hati jadi uring-uringan. Aneh ya, apa sebenarnya hubungan antara NGOPI dan PERASAAN HATI. Gak ada, kan? Tapi itu hanya karena sebuah kebiasaanj. Rasanya kalau belum melihat secangkir kopi di atas meja kerja, rasanya koq masih ada yang kurang. Dan office girl sudah sangat memaklumi hal ini. Ia begitu baik hati, selalu mendahulukan secangkir kopi (encer) untukku, sehingga aku bisa menyeruputnya hangat-hangat, kemudian? Huuuuhhh....lega deh.

Kenapa Visa Itu Penting?

Image
10daysforASEAN (Hari ke-4) - 29/08/2013.


Ketika aku menjadi pegawai sebuah badan organisasi internasional, aku pernah bepergian (dalam tugas) ke Hanoi (Vietnam), Bangkok dan Filipina. Semua kelengkapan dokumen dipersiapkan oleh bagian Administrasi. Aku tinggal terima. Nah, pada hari ke-4 tantangan 10daysforASEAN yang bertema VISA, jadi bingunglah aku.

Sejauh Mana Pentingnya Nation Branding?

Image
10daysforASEAN (Hari ke-3) - 28/08/2013.

Wah3x, kelihatannya semakin hari, semakin sulit nih temanya. Hari yang ketiga ini bertema: Branding Nation. Opo toh kuwi? Coba aku simak dulu tentang yang berikut ini:


Indonesia kaya dengan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-branding "Truly ASIA". Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia?  Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok  untuk Indonesia di kawasan ASEAN.
Nation Branding bagi sebuah negara, khususnya Indonesia, sangatlah penting, karena dengan dikenalnya Nation Branding, kita bisa menarik turis mengalir ke Indonesia, termasuk para investor Luar Negeri.  Mengingat, bahwa Nation Branding sebagai magnit yang kuat. Hal tersebut sebagai sebuah ajang promosi. Yes! Nation Branding is the way to promote Indonesia to the world and to give them the awesome image about Indonesia, including giving the world about how beautiful Indonesia is.Without Nation Branding, they will only familia…

Serumpunkah Negara-negara di ASEAN?.

Image
10daysforASEAN (hari ke-2),




Sudah pernah berwisata ke Candi Borobudur? Menurut penjelasan ahli sejarah, relief Borobudur  ada kemiripan dengan Candi Angkor Wat, yang berada di Kamboja. Padahal Borobudur  dibangun 3 abad sebelum Angkor Wat ada. Apakah ini menandakan bahwa  negara-negara di ASEAN itu serumpun?  Apa pendapatmu mengenai hal itu? 

Sebuah Persaingan Sehat Harus Ditempuh.

Image
Lomba blog 10daysfor ASEAN telah dimulai dengan periode 26 Agustus sampai dengan 5 September 2013. 

ASEAN, stands for Association South-East Asia Nations membentuk sebuah komunitas baru ASEAN Economic Community (AEC) 2015. Apa yang dimaksud dengan AEC ini sebenarnya adalah sebuah bagian dari pembangunan sebuah komunitas di negara-negara ASEAN yang memiliki kesamaan dengan kepentingan masyarakat dalam tiga hal, yaitu -- politik, keamanan serta masyarakat sosial.

MFF PROMPT#22 - Maafkan Aku, Ibu.

Image
"Narti, kau siap dengan permintaan Ibu, kan? Hardi, adikmu satu-satunya harus kau perjuangkan, agar apa yang menjadi mimpinya bisa terwujud. Adikmu adalah orang yang akan menjadi Wali-mu ketika kelak kaumenikah. Adikmu laki-laki lebih berhak dari pada siapa pun untuk menjadi Wali yang sah untukmu. Jadi wujudkanlah mimpinya. Hardi ingin menjadi crewsebuah kapal pesiar yang megah."
Sebuah amanah yang ia rasakan terlalu berat untuk bisa ia penuhikembali menerawangdalam benaknya. Apalah yang bisadiharapkan dari seorang yang hanya memiliki selembar ijazah SMK seperti dirinya?
Walaupun Hardi memiliki ketrampilan yang memadai untuk menjadi seorang crew kapal pesiar, namun persaingan begitu ketat. Sekarang ini siapa yang bisa memberikan uang lebih banyak dengan mudah bisa lolos. Hal itu tidak bisa ia pungkiri lagi. Apa yang harus ia lakukan? Kemana akan ia cari uang sebesartigapuluh juta rupiah sebagai uang pelicin agar Hardi bisa melangkahkan kakinya sebagai crew sebuah kapal pesia…

I love Them So Much.

Image
Gak apa-apa kan aku memberi judul postingan ini dalam bahasa Inggris: I love them so much, hehe.. Kan banyak tuh, buku-buku novel, cerpen, buku-buku bertema Chicken Soup, yang judulnya bahasa Inggris, tapi isinya dalam bahasa Indonesia. Yang penting, biar keren dan biar menjual. Agar bikin yang melihat penasaran ingin menjamah. Cocok, tertarik, langsung dibawa ke Kasir, rogoh kantong deh.  Lho, koq jadi cerita tentang buku sih ya. aku mau cerita tentang something else, bukan tentang buku..

Aku Masih Ada Untuk Mereka.

Image
Alhamdulillah, aku masih ada untuk mereka. Untuk anak-anakku tercinta dan untuk cucu-cucuku tersayang. Malam tadi sebenarnya aku ingin sekali bangun pas jam 00.00 untuk mengucapkan selamat berhari ulang tahun buat anakku, permata hatiku, namun ternyata aku tidur terlalu pules, sehingga mimpi pun tidak menghampiri aku. hiks, hiks. Tapi untunglah aku terbangun pada jam 02.20. Aku sentuh anakku yang tidur disamping cucuku. Ketika ia membuka matanya, aku beri ia ucapan selamat ulang tahun. Sambil menggeliat ia ucapkan juga: "Makasih, Mam." Syukur aku ucapkan ke Hadirat Illahi, bahwa aku masih diizinkan untuk bisa melihat anakku menapaki kehidupannya di ltahun ke-38. Aamiin.

Idul Fitri 1434-H

Image
Aku memiliki 4 orang anak, 3 orang perempuan dan satu orang anak lelaki. (Kalau Allah mengizinkan anakku lelaki yang satu lagi berumur panjang, pastilah aku memiliki dua anak lelaki). Tapi aku bersyukur memiliki 4 orang anak yang membuat aku bahagia di hari tuaku. Disamping itu aku pun memiliki 4 orang cucu, semua jagoan alias laki-laki. Keempat cucuku itu paling kompak kalau ketemuan. Salah satu hobby mereka yang sama adalah bergoyang mengikuti irama musik, apa aja, dimana aja, hehhe..... yang satu lagi hobby mereka yang sama adalah menyantap ceplok telur dan opor ayam. Wuih! kalau mereka udah ngumpul, seru banget. Melihat mereka makan rame-rame dengan lahap, sungguh merupakan sesuatu banget.



Harga-harga yang Melambung.

Image
Harga-harga yang melambung di pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri, menjadi topik obrolan para ibu-ibu, di mana pun. Dalam hatiku  juga terselip bagaimana khekhinya aku ketika di pasar (Pamulang) harga-harga demikian melambung. Proses untuk menghadirkan rendang, opor ayam dan lain sebagainya membuat aku tidak puas dengan hasil belanjaan bumbu-bumbu instan. Aku ingin membuat bumbu-bumbu itu sendiri. Bumbu-bumbu ala bunda yr. Bayangkan, beli cabe rawit yang merah aja "kudu" Rp. 5,000, gak boleh kurang dari itu. Terus, harga-harga bahan-bahan yang lain, pasti ibu-ibu, emak-emak juga tahu semua harga pasti sudah melambung sejak lama, tapi menjelang Lebaran koq tambah melambung ya. Aduuuh, si bunda ini koq ya sudah gaharu, cendana pula, sudah tahu bertanya pula. Piye toh, Bun?

Kreasi yang Menguntungkan.

Image
Siapa pun, menjelang Hari Raya yang Fitri 1434-H, pastilah semua disibukkan dengan persiapan makanan dan lain sebagainya. Dan jangan lupa harus sudah siap dengan Kreasi yang Menguntungkan. Karena bukan hal yang tidak mungkin setelah Lebaran banyak lauk pauk yang berlebih. 

Kopdar Depok yang Asyiik.

Image
Jauh-jauh hari aku sebenarnya sudah tahu rencana kedatangan salah seorang blogger yang rasanya begitu dekat di hati, hehehe.... Namanya Arie Dwi Vitaranti, biasa juga menyebut dirinya dengan Mimi RaDiAl, diambil dari nama ketiga buah hatinya, yang aku ingat cuma Rani, yang bikinin aku segelas teh manis yang setelah hangat baru aku teguk sampe hampir to the bottom. Koq disebut Kopdar Depok yang Asyiik. Setiap acara kopdar pastilah asyik, tapi yang ini asyiiknya lain lho. Bukan ketemuan di Mall, bukan pula janjian di Resto, tapi aku bertandang ke rumah Tante-nya Mimi, bisa lesehan dengan santai, bisa selonjor dengan aman. Pokoknya.................asyiiik bangeedaah!. 

PINISI Edutainment Park.

Image
Anak-anakku tahu bahwa aku paling suka melakukan aktifitas window shopping. Hanya untuk memanjakkan mata, memandang, memegang barang-barang yang bagus dan mahal. Sekedar mengelusnya kan gak apa-apa, tidak akan terjadi aktifitas merogoh kantong, karena hohohooo...harganya bow, mahal tak terkira, maklum Pasar Raya di Blok M itu kan, termasuk pasarnya orang-orang kelas menengah keatas. Cuma aku dan keluarga saja mungkin yang suka nekat melakukan window shopping thok!. Gedungnya bagus, eskalatornya oke dan ruangan dingin bikin nyaman suasana. MalMing yang menggembirakan jalan bersama anak cucu.

Pohon yang Menginspirasiku.

Image
Untuk ikutan GA-nya Mbak Murtiyarini yang berjudul "Aku dan Pohon" sih sebenarnya tidak terlalu sulit, karena kebetulan sekali aku sangat menyukai tanaman, apa saja,  asalkan yang menarik hatiku. Tapi untuk bisa berhasil keluar sebagai Pemenang GA ini, itulah yang tersulit, hehehehe.... No matter what, sensasi ikutan GA-nya yang aku gandrungi. Serius! Lebih serius lagi, terus terang, tertarik dengan hadiahnya yang, yang, yang...aduhai banget.  Yuk, aku torehkan alasan kenapa postingan ini aku beri judul Pohon yang Menginspirasiku. Banyak pohon yang bisa aku kategorikan sebagai pohon yang menginspirasiku, namun yang amat melekat di hati  cuma 2 macam pohon: (1) Sirih Merah dan (2) Sansevieria atau lidah mertua.


Pengertian Karuhun..

Image
Setelah kurun waktu hampir melewati 63 tahun, baru pada hari ini aku kembali mendengar kata "karuhun". Apa sih pengertian karuhun itu. Aku sendiri pertama kali mendengarnyadari nenekku ketika aku berumur 7 tahun. Ketika aku terjatuh dari jendela, masih terhindar dari tertancapnya pecahan sepotong kaca di keningku. Apa yang nenekku bilang? Nenekku almarhum bilang begini: