Tuesday, April 29, 2014

Sense of Belonging.

Source:ericajames.co.uk
Alhamdulillah, pagi ini aku dapat menangkap sebuah ide. Kata Pembimbing-ku tak langsung, Pakde Cholik, dalam melahirkan sebuah postingan, kita harus bisa menangkap ide yang pating sliwer. Nah, .ini dia ide-ku pagi ini -- tentang Sense of Belonging. Maaf, bukan  aku sok-sok-an pake bahasa Inggris, tapi justru kata dalam bahasa Inggris itulah yang akan dibahas. Jujur saja, bahasa Inggris-ku masih blepotan. Tapi karena ini memang inti permasalahan yang akan aku angkat sebagai postingan, ya, haruslah pake bahasa Inggris pula judulnya, hehe... Oops, aku harus mengucapkan terimakasih kepada Mbak Diadjeng Laraswati H, yang telah, dengan tak sengaja, menjatuhkan sebuah ide, langsung saja ide itu aku pungut dan aku jadikan judul postinganku. Aku serasa menjadi seorang guru yang beruntung karena mendapat pertanyaan dari seseorang yang smart and brilliant : "Maksudnya sense of belonging itu, gimana ya, Mak?"


Kembali kepada judul Sense of Belonging, yang berarti 'rasa memiliki'. Dalam hal ini rasa memiliki itu tidak ada kaitannya dengan kata 'own' -- milik  Yuk, kita ambil contoh saja yang sederhana: Sebuah buku atau barang yang kita pinjam dari orang lain yang kita perlakukan seperti barang milik kita sendiri -- di lempar sembarang, diletakkan seenaknya, dilipat dan ditekuk 'sa-enak-e dhewe'.  "He doesn't have any sense of belonging." Beneran ,tuh orang gak punya rasa memiliki, mentang-mentang barang tersebut bukan miliknya! Begitu, kira-kira terjemahan bebasnya, hehe..

Selain itu, sering juga dalam keseharian kita dengar terselip dalam kalimat untaian kata sense of responsibility -- rasa bertanggung-jawab, sense of humor -- rasa humor.  Namun, kata sense ini bisa diperluas untuk berbagai arti, tergantung  hubungannya atau pemakaiannya dalam sebuah kalimat.

Kembali kepada pokok ide kenapa aku bisa mengambil judul sense of belonging -- karena pagi ini aku  kesel banget pada seseorang yang sama sekali gak punya rasa memiliki, padahal dia tahu barang itu adalah barang kesayanganku. Apa itu ya? Rahasia donk, hehe....

Last but not least: Andaikan ada orang yang memiliki ketiga sifat/rasa itu -- sense of belonging, sense of responsibility dan sense of humor, maka kita harus memberinya sebuah Gold Trophy, hehe. plus  predikat "Top Markotop."

Hmm..do my above mentioned explanations make sense to you?




16 comments:

  1. kalo ada orang dengan tiga kualitas diatas pastilah orang yg oyee banget bun... mau banget berteman dengannya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeee...pasti kalo ada pasti bunda duluan yang kenalan, baru momtraveler, hehe... Maksih banget kunjungan momtraveler ke blog bunda.

      Delete
  2. Mau jadi tulisan fiksi atau nonfiksi nih, Bun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang bisa? Tulisan tentang curcol bisakah jadi fiksi or non-fiksi? Maksudnya kalo bunda yang jadi penulisnya lho, hehe...pasti gak bisa, kan? Lha wong bunda masih belajar nulis. Makasih kunjungan Leyla ke Blog bunda.

      Delete
  3. Halo Bunda..., oke nih tulisannya. Makasih buat yg udah bikin Bunda kesel, karena Bunda jadi nuliiiis... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. NitaNinit Ksapink R-Ror nih paling bisa. Makasih kunjungaan Nita k blog bunda. Salam buat si Kaka yang ganteng ya.

      Delete
  4. okeh Bunda,,tulisan bunda bagus2 ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa lagi yang mau muji bunda kalo gak anak online bunda yang namanya fitri anita. Makasih kunjungn fitri ke blog bunda.

      Delete
  5. apa pun yg bunda tulis selalu keren dan penuh makna :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, masa sih? Itu kan kata anak online bunda yang berwajah manis bermata sendu ini. Makasih pujian dan kunjungan IrmaSenja ke blog bunda.

      Delete
  6. ide yg menarik Bunda..saya blm bisa memiliki ke-3-nya..sedang berlatih hehehe..tapi org2 di sekitar banyak yg memiliki, mereka yg mencintai org lain melebihi diri sendiri dan yg mencintai Allah melebihi org lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bunda juga pengen banget memiliki ketiga karakter or sifat yang disebutkan dalam postingan bunda. Makasih kunjungn ketty husnia ke blog bunda.

      Delete
  7. Terima kasih bunda, sungguh bermakna tulisannya, saya belajar banyak dari tulisan bunda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Nophi, andaikan tulisan bunda memberikan pembelajaran bagi Nophi dan dianggp penuh makna. Bunda senang sekali. Makasih kunjungan Nophi ke rumah online bunda.

      Delete
  8. Sense of belonging itu jika diterapkan kepada rasa berbangsa, pastinya akan membuat Indonesia ini tambah indah ya, Bun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Evi. Kita cuma menggantungkan asa kita setingg-tingginya untuk menuju kesana. Makasih kunjungan evi ke blog bunda.

      Delete