Friday, April 11, 2014

Yang Tersirat Di Balik Yang Tersurat.

fleuriethuis.nl
Ini Sekedar Prolog.

Sudah lama sekali aku tidak pernah ikutan Giveaway. Bukan apa-apa, semata karena memang lagi gak mood klak-klik info, baik tentang lomba menulis ataupun giveaway. Tapi Pakde Cholik ini berhasil mencuatkan kembali semangat narsisku untuk ikutan giveaway, hehe..

Giveaway ini menugaskan peserta untuk memilih salah satu postingan blog perempuan, kemudian mengulasnya dan menggambarkan adanya semangat Kartini di dada pemilik blog dari sudut pandangku. Wah! Susah banget ya, tapi dengan semangat yang menggebu ingin ikutan. Dan sah-sah saja kalau aku akan melihatnya lebih kepada yang tersirat di balik yang tersurat.

.
Ini Anjangsanaku ke Blog Milik Salah Seorang Blogger Perempuan, Pungky Prayitno

Tidak sulit untuk menjatuhkan pilihan pada Pungky Prayitno, karena aku kadung jatuh cinta diawal membaca sajian-sajian artikel di blognya  untuk dinilai oleh Juri SB14, KEB.
Setelah lelah dan rada ngos-ngos-an aku melakukan kegiatan scrolling dan membaca beberapa artikel, jatuhlah pilihanku pada artikel berjudul Kita Ada untuk Berbagi.
Postingan ini tertanggal 23 Pebruari 2014.
Ibu yang masih sangat ranum ini bernama asli Pungky Febriani, berusia sangat muda, 23 tahun, namun memiliki wawasan yang teramat luas, mengalahkan bunda renta yang sudah 75 tahun, hehe.... Melihat banner yang aku upload dari blognya serta melihat dengan arif foto-foto yang juga terpampang di dalamnya, siapapun, tidak akan ragu lagi, ada yang tersirat di balik yang tersurat di sana -- Ada Kartini Di Dadanya.

Pungky memiliki (kalau belum bertambah) 3 (tiga) buah blog.  Ia membuka akun blogspot pada tahun 2010. Genderang yang memukul dan bergemuruh di dadanya menggambarkan semangatnya untuk berbagi seperti yang bisa kita baca dari untaian kalimat dibawah ini:

  Aku marah, aku geram, aku hancur. Aku marah dengan segala kegagalan yang terjadi di sekitarku. Kegagalan yang sebenarnya solusinya sederhana. Kegagalan yang sangat bisa diantisipasi dengan pengetahuan dan kerelaan berbagi pengetahuan. Aku marah dengan diriku sendiri. Aku menangis untuk diriku sendiri. Aku memaki. Kemana aku selama ini?

Bagiku, untaian kalimat di atas menggambarkan betapa menggebunya semangat Pungky untuk melibatkan diri di berbagai kegiatan untuk kebaikan. Bacalah dengan seksama tulisan di blog tersebut, anda pasti akan terkesima. Untaian kalimat itu menyimpulkan berbagai upaya, semangat untuk segera berbagi pengetahuan dengan penuh kerelaan..

Usia Pungky yang masih muda, namun pretasinya dalam berbagi melalui berbagai media mampu menimbulkan decak kagum. Membaca aktifitas offline Pungky sungguh membuat aku tambah kagum, bagaimana Pungky mampu membuat schedule dan meng-organize aktifitasnya, sehingga semua bisa ia tangani dengan baik  -- sebagai Ibu muda yang memiliki balita yang mungil, sebagai isteri, Penulis, Mahasiswa, Blogger, Guru (bagi mereka yang ekonominya berada di bawah garis standard), pastinya juga sebagai Jurnalis (karena sudah banyak berbagai media memuat tulisannya. Hebat! Luar biasa dengan acungan dua jempolku.)  Belum lagi tugas-tugas barunya sebagai Penyandang Predikat Srikandi Blogger 2014 yang akan mengisi jadwal kesibukannya. Phhuuiifff.. segudang dan seabreg tugas menanti. But don't worry, be happy! I am so sure you can do it. Having gone through all your articles and your real activities, it will become just a piece of cake. You can do your task, easily. Well, my pray will always be with you.

Semangat Pungky dengan segala sepak terjangnya baik di dunia maya, melalui postingan-postingannya yang apik dan berbobot, maupun di dunia offline dengan aktifitasnya -- tulisan di berbagai media, sangat sesuai dengan  motto sebuah Grup Perejmpuan yang menaungi kami, para Emak yang tergabung di dalamnya, grup kebanggaan kami --Kumpulan Emak2 Blogger (KEB):  Kami Ada Untuk Berbagi. 

Aku bisa melihat (mungkin juga anda, para  pembaca postinganku ini) --  yang tersirat di balik yang tersurat itu sangat banyak bercerita, banyak menarik semangat kita untuk juga turut berbagi dan yuuk,   segera kita sematkan di dada Pungky sebuah PIN bertuliskan: Ada Kartini Di Dadamu.






18 comments:

  1. Replies
    1. Betul sekali, tapi bunda belum bisa mudeng tuh kalo disuruh bikin cerpen yang inspiratif tuh yang dimana ya. Bisa nunu kirimin bunda contoh cerpen (buku karya nunu, misalnya, bunda transf nanti feenya baru nunu kirim bukunya. Ada gak, nu? Tq udah berkunjung ke blog bunda, cepet banget, hehe..

      Delete
  2. Srikandi Blogger kita gitu lhoo :D....sukses Bunda Yati untuk GAnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi, cucu bunda and Srikandi Blogger kita, gitu lhoo.. Makasih do'anya ya indah nuria Savitri. Makasih juga kunjungan ke blog bunda ini.

      Delete
  3. Bundaaaaaaaaa... aku nangis baca ini...
    Huhuhu ditulis sama bunda itu prestasi banget buat aku :')
    Siapalah aku ini bunda.. cuma mamah muda kebanyakan tingkah yang jauh dari perjuangan kartini.
    Terimakasih ya bunda...
    terimakasih udah jadi inspirasi dan berbagi semangat muda tanpa kenal usia. Bunda keren banget :')
    *peluk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, sayaaaang... cupcupcup, jangan nangis donk. Lho koq malah bunda yang dibilang keren sih. Ono-ono-wae, spontanitas bunda gitu lhoo ketika beberapa waktu yang lalu baca beberapa artikel Pungky di blog. Jadi-lah nama Pungky Prayitno dicecer abis ama bunda, hehe... Makasih kunjungan Pungky ke blog bunda ya.

      Delete
  4. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway Ada Kartini di Dadamu di BlogCamp.
    Segera didaftar
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, bisa keterima, Pakde. Mudah2an gak ada yang menyalahi kriteria. Maklum udah lama keknya gak bikin postingan untuk ikutan GA. Salam hangat balik dari Pamulang.

      Delete
  5. setuju sama bunda.....dia benar2 berprestasii....saluut buat pungky salut juga buat bunda :)

    salam rindu dariku ya bunda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Chela Si Guru Kecil untuk mensupport pilihan bunda ini. Makasih juga kunjungan Chela ke blog bunda. Salam sayang dari bunda.

      Delete
  6. aahh ini sih Kartini muda masa kini yang pantas ada di dada siapapu..
    sukses ya nduuk Pungky..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iiiii..gak adil Nchie Hanie ah, koq gak ada ucapan sukses buat bunda, qiqiqiiii..biasa cemburu kasih nih. Nchie apakabar? Makasih ya udah berkunjung ke blog bunda.

      Delete
  7. dik Kandi Pungky memang hebat, bunda. Saya sepakat.
    Semoga sukses dengan GA-nya, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih do'a ani rostiani ya. Makasih juga kunjungan ani ke blog bunda.

      Delete
  8. Punky memang inspiratif ya bun, semangatnya tinggiii...
    Apa kabar bunda?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungan pu ke blog bunda. Emang betul Pungky brilliant, smart, dan segudang predikat lagi buat Pungky selain SB14. Kabar bunda baik-baik aja pu, cuma masih selalu menangis kalo ingat anak bunda. Besok sudah 40 hari dia bersamaNya.

      Delete
  9. Wuah, mbak pungky memang inspiratif ya bun.
    Sukses giveawaynya~ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungan Agung Rangga ke blog bunda dan makasih juga untuk do'anya.

      Delete