Sunday, November 23, 2014

BELAJAR NGEBLOG BARENG INDARI MASTUTI

Daftar Metrik Penulisan untuk melatih kedisiplinan..
Sebenarnya acara ini sudah berlalu dan seperti biasa aku selalu terlambat memuatnya sebagai postingan di Blog. Salah satu sebabnya tak lain karena seiring dengan belajar ngeblog itu ada juga Blog Competition (Allianz) yang sudah aku ikuti juga. Cuma di sini aku ingin memuat trik dari Mbak Indari Mastuti tentang bagaimana caranya agar blog kita terisi postingan setiap hari.



Ketika aku membaca undangannya di facebook, aku langsung tertarik karena judulnya Belajar Nge-Blog Bareng Indari Mastuti. Keren kan? Jadwalnya Rabu, 15 Oktober 2014 pukul 09.00 -- 15.00. Langsung aku telpon nomor yang ada di undangan itu dan diminta untuk mentransfer uang ke norek Mr.So and So untuk keikutsertaan. Mr So and So ini ternyata seseorang yang namanya sudah begitu familiar di mataku. Gak salah lagi, itu tuh Bang Aswi, anu ti Bandung tea. Editor tuh kalo gak salah.

Mengenai alamat yang tertera dalam undangan rasanya aku sangat familiar dengan wilayahnya, Taman Jervoice Kav.10, Behind Plaza Oleos, Jl. TB Simatupang 51B, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Patokanku cuma Jalan TB Simatupang. Nah meluncurlah aku dengan taxi ke arah TB Simatupang. Dari jauh sudah terlihat PLAZA OLEOS, tapi alamatnya harus dicari ber-liku-liku jalan ke dalam. Alhamdulillah, setelah tanya sana, tanya sini, sampailah aku 'pas' di depan pintu gerbang alamat tersebut rumah No. 51B.

Acara belum dimulai, masih menunggu Mbak Indari Mastuti yang belum datang. Pastilah karena macet. Kesempatan untuk saling berkenalan dan memilih tempat duduk. Aku duduk di sebelah Desi Namora, yang selalu aku repotin dengan segala pertanyaan tentang icon-icon, hehe... Maaf, ya, Desi Namora? Resikonya berdekatan dengan blogger Senior di usia tapi tetap aja 'newbie' terus. Kalau kesel duduk deket Bunda, Desi bisa langsung melampiaskannya ke kue-kue beraneka ragam di depan kita, Des. Kue-kue yang mungil-mungil dan aduhai lezatnya. Acara Belajar Nge-Blog Bareng Indari Mastuti dikepung kue-kue lezat lho. Gimana gak semangat dan betah ber-lama-lama, wkwkwk...

Salah perkiraanku tentang kata 'Belajar Ngeblog' ini, karena ternyata bukan diajarkan caranya bikin blog, hehe...tetapi membuat isi blog itu sendiri. Langsung membuat postingan tentang Asuransi. Karena aku membawa Laptop dan membuat postingan itu kan memerlukan waktu dan energi listrik. Nah, ketika diberitahukan, bahwa ada Lomba Blog on the spot, aku jadi kelabakan. Ada hadiahnya lho sebanyak untuk 10 (sepuluh) orang. "Ah, masa sih satu aja gak bisa aku sabet nih hadiah," begitu pikirku. Serius donk bikin postingan. Selesai. Tapi pas mau di publish, batere Laptop 'ngambek a.k.a. habis.' Antara bingung, pasrah, tiba-tiba ada blogger yang baik hati (sayang aku gak tanya siapa nama Blogger yang baik hati itu) mau membantu aku mengangkat Laptop ke arah yang terdekat dengan stop-kontak. Maksudnya agar aku bisa meneruskan mem-publish postinganku untuk mendapatkan hadiah ke-10. Kesepuluh postingan ini tidak di seleksi tapi siapa yang  cepat publish ke ALLIANZ dialah masuk di antara pemenangnya. Gampang, kan?

Tapi...jreng, jreng, jreeeng...lomba ditutup. Postingan blogger ke-10 sudah masuk! Haaah, tarik napas dalam-dalam. Memang bukan rezekiku. *menghibur diri.

Mbak Indari Mastuti memberikan tip, agar kita bisa membuat postingan setiap hari. Buatlah seperti kita membuat status di facebook. Bukankah terkadang kita membuat status di facebook panjang sekali, sehingga cocok untuk sebuah postingan? Ada sebuah daftar Metrik Penulisan, namun belum bisa aku praktekkan, karena disketnya hilang, entah ketinggalan di mana, hiks, hiks...

Saran beliau agar kita membiasakan diri untuk secara teratur rajin menulis. Mendisiplinkan diri dalam menulis adalah hal yang baik kita lakukan. Kita harus membuat jadwal yang tetap untuk menulis, walaupun sepuluh menit, sehingga akan merupakan suatu kebiasaan. Kalau sudah mendarah daging menjadi satu kebiasaan, maka kita akan dengan ringan dan mudah melakukan aktivitas menulis.

Acara Belajar Ngeblog Bareng Indari Mastuti ini sangat menyenangkan, makan siang yang lezat, snacks yang lebih dari cukup, Mak Indari Mastuti yang sangat sumeh dan menjawab setiap pertanyaan dengan manisnya. Terakhir ada foto session donk, seperti biasa dilakukan oleh blogger yang kumpul-kumpul menghadiri Workshop, Seminar atau sekedar kopdar biasa.

Jangan bosan untuk menghadiri Seminar atau Workshop tentang menulis, apabila kita mempunyai waktu luang dan cuaca mendukung. Hadirilah, karena keuntungan dan tambahan ilmu  akan kita dapatkan di sana.

17 comments:

  1. Bundaaa... sayang banget itu baterenya abis ya... betul bunda, workshop spt ini bikin kita blogger makin pinter yaaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Met pagi, miafauzia, iya tuh, padahal waktu itu quality pastinya dikesampingkan. Soalnya siapa cepat dia dapat, hehe... tapi emang bukan rezekinya Bunda, ya jadi loloslah hadiahnya. Btw terima kasih kunjungan mia ke blog Bunda.

      Delete
  2. Wah menarik ya Bun. Saya juga rajin datang ke acara2 seperti ini :)

    ReplyDelete
  3. Bunda Yati semangat belajarnya tinggi ya, hebat sering datang ke acara-acara seperti ini

    ReplyDelete
  4. bunda yati keren dah.. semangat abis.. semoga saya juga bisa seperti bunda ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bunda yang postingan hangatnya dekapan ayah ko hilang ya bunda? apakah dihapus?

      Delete
    2. Iya, Uswah sayang, Bunda hapus, karena Bunda kira waktu buat postingan itu tgl. 22, jadi DL masih bisa dikejar jam 23.00, gitu, gak taunya hari itu tanggal 23, hehe...jadi terlambatlah. Sengaja Bunda hapus untuk lain kali Bunda buat postingan lebih lengkap lagi tentang Ayah Bunda. Makasih perhatian Uswah dan kunjungan Uswah ke blog Bunda.

      Delete
  5. wih ... bunda mah keren, masih semangat ikutan acara2 kayak begini. Top deh
    saya pernah juga ikut IIDN, tapi yang di Bandung, di rumahnya teh Indari Mastuti

    ReplyDelete
    Replies
    1. ani rostiani, kalau ikutan acara seperti ini, serasa Bunda masih aktif di kantor tuh, menghadiri rapat, training dan lain sebagainya. Begitu...jadi nostalgia aja serasa jadi orang kantoran lagi, hehe... Makasih kunjungan ani rostiani ke blog Bunda, ya.

      Delete
  6. semangat, Bunda...lain kali pasti bisa masuk jajaran jawara, deh. yakiiin!
    kuncinya fokus dan terus berusaha. toh hidup ini isinya memang untuk terus berusaha jadi yang terbaik, kan...

    jangan lupa ikutan giveaway saya ya Bund...kan Bunda kenal sama saya walau gak kenal2 banget, hehe

    ReplyDelete
  7. Iya Argalitha, Bunda untuk kejuaraan masih dalam level Juara Lomba Menulis di Blog aja, tapi untuk Blog Competition, belum pernah ada yang nyangkut. Makasih do'anya. Tentang GA Artalitha, Bunda ke TKP ya, cari-cari. Makasih kunjungan Litha ke blog Bunda.

    ReplyDelete
  8. Sharingnya menarik sekali, Bund! Iya, rajin menghadiri seminar dan workshop seperti ini, bikin kita dapet ilmu, menambah jalinan pertemanan dan upgrade semangat ya, Bund?

    Btw, rumah barunya apik, Bund! Kuereeen, ih!

    ReplyDelete
  9. Makin keren aja nih rumah bunda Yati sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih baru nyadar juga.. papan namanya baru juga.. wis pokoe Bunda Yati makin essip markosip..

      Delete
  10. wah, asyiknya bisa sekalian makan-makan sambil belajar ya, bun. semoga ilmunya bermanfaat dan bisa diaplikasikan.

    ReplyDelete
  11. Posting tiap hari, duh keren banget ya Bun. Aku juga pengen seperti itu. Cuman menundukan rasa malas ini yang sukar diatasi. Selamat Bunda sdh menunjukan semangat yang membara. Wajib dicontoh oleh blogger yang ingin eksis :)

    ReplyDelete
  12. waww bagus sekali bunda ,
    aku mau lo spt bunda .,. semoga yaaa
    kunjungi juga blog pertama aku yaa bund di http://goo.gl/QdI6oH
    Trimakasih ;)

    ReplyDelete