Monday, December 08, 2014

Berbagilah Selagi Kau Bisa


Pengertian Berbagilah Selagi Kau Bisa mempunyai arti yang teramat luas. Banyak sekali yang bisa kita lakukan dalam hidup ini yang bisa menyebabkan seseorang atau orang lain menjadi terhibur, menjadi bahagia, bahkan menjadi seseorang yang seperti bangun dari tidurnya yang cukup. Fresh dan berbinar serta wajah merah seperti baru saja dialiri semburat darah merah melalui serabut-serabut syaraf yang terhalus di wajahnya.  Itulah kekuatan hati yang dipenuhi rasa bersyukur akan segala anugerah Allah Yang Maha Besar. Rasa syukur yang akan tersirat dari segala gerak-gerik dan prilaku seseorang. Sulit sekali menyembunyikan rasa bahagia karena kita, misalnya, telah menyebabkan seseorang lain bahagia karena kebaikan yang secara spontan kita perbuat atau kita berikan.Tanpa pamrih. Perlu diingat, tanpa pamrih.


Lakukanlah sesuatu di rumah, yang bisa menjadikan suasana hidup dan ada aura kebahagiaan yang memancar. Hilangkan airmuka yang murung bila di sekeliling Anda ada orang lain. Cerialah, walaupun Anda hanya ber-pura-pura. Pedulilah pada orang di sekeliling Anda, terutama orang-orang yang tinggal satu atap dengan Anda, seperti adik, kakak, saudara, ayah, ibu, para pembantu dan siapa pun yang ada di rumah. Jagalah body language Anda ketika Anda berbicara atau berhadapan dengan seseorang, lepas dari berapa usia mereka. Karena body language bisa bercerita banyak, malahan terlalu banyak. Bisa menimbulkan salah faham, dapat juga membuat suasana yang adem ayem menjadi kacau dan tidak menyenangkan.

Karena itu Berbagilah Selagi Kau Bisa sangat mungkin kita jalankan mulai dari rumah. Seperti yang aku sebutkan di atas sebegitu banyak yang bisa kita perbuat dalam keseharian kita yang mungkin mampu membuat orang lain merasa nyaman. Segalanya bisa dimulai dari rumah.

Jangan sekali-kali membawa keruwetan dari luar, terutama kelelahan setelah menunaikan tugas di kantor, atau aktivitas apa saja yang melelahkan. Siapa pun Anda, seorang Ayah atau Ibu, sadarkanlah diri Anda untuk tidak membawa keruwetan dari luar rumah ke dalam rumah. Kalau hal ini terjadi, akibatnya akan berdampak buruk, apalagi bila Anda memiliki anak atau anak-anak yang masih balita. Jadi cheering up is the only key that will influence anybody around you to feel happy. Trust me!

Oya, ada tip yang aku peroleh dari teman lama: "Apabila Anda sudah merasakan akan adanya amarah yang akan mencuat dari akal  dan pikiran Anda, cepatlah anda lihat kuku ibu jari Anda sejenak sambil berucap:
Subhaanallah sebanyak tiga kali. Tarik napas dalam-dalam. Maka amarah itu akan sirna. Aku sudah mencobanya. Dan berhasil. 


Senyum dan sapaan manis dalam sebuah keluarga merupakan angin sorganya dunia yang akan merebak ke luar lingkungan rumah bersama aura yang kita ciptakan dengan tulus. Mulailah berbagi dengan senyum, selagi kau bisa. Apalagi kita tahu senyum itu ibadah.




 

16 comments:

  1. Saya senyum-senyum membacanya. Makasih nasehatnya bunda, tulisannya menginspirasi.
    Mampir ke blogku ya bunda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ummu Abdillah Sri Muliana, Bunda baru aja mampir ke rumah onlennya. Tampilannya cantik dan menarik. Btw kenapa senyum-senyum membacanya? Ada yang nyangkut ya di pikiran? Hayoo, ngaku, hehe... Makasih ya sudah mampir.

      Delete
    2. Makasih bunda sudah mampir ke blogku... Templatenya buat sendiri pakai template bawaan bloggr plus edit sana sini... :)

      Delete
    3. Blognya saya follow ya bunda, kalau berkenan follow balik :)

      Delete
  2. Pekerjaan dan keluarga ... memang tidak boleh dicampur adukkan ya Bunda ...
    Masalah di Pekerjaan jangan sampai dibawa ke rumah ...
    sebaliknya ... masalah di rumah jangan sampai mempengaruhi kinerja di kantor

    So ... betul kata Bunda ... "Cheer Up always !"

    salam saya Bunda
    (8/12 : 16)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget Om Trainer nh18 sudah mampir nih. Memang betul, kalo dicampur-adukkan, akan jadi riweuh dan bikin jengkel orang yang ngeliatnya tuh.

      Delete
  3. bundaaaa... kucingnya unyuuu, siapa namanyaaa?

    iya Bund...jangan letih berbagi, meski hanya senyum^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo...itu kucingnya cucu Bunda, namanya Cleo, bawaan dari Alexandria, umurnya sudah 3 tahun. Kalo Bunda dateng dia langlsung menyambut. She is so cute and smart. Di rumah anak Bunda sudah dianggap kayak anak keduanya. Makasih ya Litha udah mampir ke rumah onlen Bunda. Mudah-mudahan membaca balasan Bunda, Litha lagi sambil senyum, hehe...

      Delete
  4. bundaaaa... kucingnya unyuuu, siapa namanyaaa?

    iya Bund...jangan letih berbagi, meski hanya senyum^^

    ReplyDelete
  5. Lama ga berkunjung ke blog bunda, masih inget Aisyah ga yaa? ^__^
    Setuju sama artikelnya, bunda.. oya kucingnya imuuut, masya Allah..

    ReplyDelete
  6. Makasih Bunda utk nasihatnya.
    Bahagia selalu ya, Bun..

    ReplyDelete
  7. well noted bundaaaa...senyum is my best accessories :)...thansk for reminding us and such a cute cat you have here...

    ReplyDelete