Sunday, December 14, 2014

Networking Itu Memang Sesuatu

Dari beberapa fotonya, foto ini yang paling aku suka. Maaf ya, Astri, Bunda curi foto ini, hehe...
Selama beberapa hari ini aku tak pernah ada kesempatan untuk ber-internet-ria. Padahal ada lesson dari Cikgu Ani Berta, salah satu pencetus Grup Fun Blogging untuk berkenalan a.k.a. bahasa kerennya networking dengan teman sesama blogger, tapi yang sama sekali belum pernah kita kenal. Bingung donk aku. Tapi dalam kebingungan ini aku dicolek oleh anak online-ku yang ada di Bandung Nchie Hanie kalau aku dilamar oleh salah seorang member Fun Blogging. Sempet kaget sih, koq berani-berani blogger itu melamar aku, padahal aku, walaupun Senior dalam usia, tapi aku  ini gak gape-gape amat dalam hal perbloggingan apalagi berkaitan dengan yang namanya networking. Pelajaran "networking" dari Cikgu Ani Berta harus aku praktekkan untuk mengikuti sebuah Networking Competition, sebagai salah satu lesson yang diberikan di Fun Blogging Group. Tapi namanya juga dilamar, apalagi ini kesempatan untuk praktek, masa mau ditolak? Udah untung ada yang melamar, hehe... dan yang melamar aku ternyata, blogger muda, bernama Astri Hapsari.



Aku klik nama Astri Hapsari, ternyata, selain blogger, Astri juga aktif di kegiatan lain untuk mengisi waktu luangnya, namun tetap bisa mendampingi Aleisha, sang permata hati yang baru berusia 2.5 tahun. Astri salah satu member di sebuah perusahaan kosmetik yang terkenal ORIFLAME. Setelah itu aku memburunya melalui chat-box.

Dalam versi yang berbeda, kami memiliki kesibukan yang seringkali menyita waktu, sehingga tidak ada kesempatan untuk berkomunikasi. Demi tetap berjalannya aktivitas networking ini, kami sepakat untuk menggunakan waktu yang ada se-efficient mungkin. Kesibukan Astri dengan puteri pertamanya dan kesibukanku dengan tugasku sebagai MC (MomongCucu) sehingga sulit bagi kami untuk mengatur waktu berkomunikasi. Walaupun kami sudah saling memberikan nomor handphone, namun komunikasi langsung belum pernah terlaksana. Waktu kami tidak pernah klop untuk berinteraksi.

Sebuah solusi kami siasati. Kami akan melakukan aktivitas ngobrol via chat-box, ada atau tidak ada kami pada saat yang bersamaan, tidak kami pedulikan. Kesempatan untuk bertwitter-ria tidak ada sama sekali. Yang penting lahan kami chat-box, hehe...

Ternyata keputusan yang kami ambil malah membuat hubungan kami terasa dekat, akrab dan hangat. Coba simak antara lain obrolan kami via chat-box di bawah ini:
Aku: Asslkm, Astri, maaf ya, di sini Bunda gak pake Emak2an or Mbak2an. Boleh, kan? Cukup menyebut Astri aja. Pastilah Astri seumuran sama anak Bunda yang bontot tuh., malah mungkin Astri jauh lebih muda dari si Bontotku. Btw, mau menerima lamarannya, nih, tapi Bunda tuh umur aja yang Senior, soal ilmu ngeblog mah masih Junior.

Astri:Wa’alaikumsalam. Iyaaa Bun, panggil namaku aja. Anggap anak sendiri yaaa, Bun. Tapi aku gak bisa kepoin sore-sore begini, Bun. Nyuapin anak sama ngajak main. Ntar malam ya, Bun, aku kepo-in. Nggak langsung jawab gak papa. Asal jangan kesel aja akunya rese. Hihiii *sungkem


Yuuk, ikuti lagi networking yang manis ini via chat-box:

Astri: Hai, Bunnn, maaf menyapa maghrib-maghrib, hihiii. Gara-gara baca notif Bunda nih. (Aku teriakkan namanya di statusku, huahahaha...) Iyaaa Bunnn maaf belum nyapa-nyapa Bunda lagi. Seharian tadi uprek di dapur. Bikin sup konro, buras dan sambal goreng ati. Pegang hape bentar-bentar doang kalau pas bunyi.

Astri: Bundaaa...

Aku: Ya Astriii...kita keknya main kucing-kucingan ya? Hihiii, iyaaa bunnn. Waktunya gak klop terus. Bunda sibuk?

Aku: Gak juga, tapi ribet fesbukan pake hape, ribet, lieur. Astri lagi ngapain?:

Astri: Biasaa Buunnn, lagi nyuapin.


Dari cuplikan komunikasi di atas bisa dirasakan kehangatan antara kami, memang seperti pembicaraan dua kawan lama, atau percakapan antara ibu dan anak.  Ada juga sedikit penyesalan ketika tidak menyadari bahwa Astri Hapsari juga hadir di Fun Blogging#2, bahkan ikut mengobrol dengan Cikgu Ani Berta dan aku. Networking ini, insya Allah akan membawa pertemanan online kami ke pertemanan offline. Aamiin.

Aku salut pada Astri, ibu muda berbintang Virgo yang lahir pada tahun 1985 ini, yang masih sempat menyisihkan waktunya untuk ngeblog yang telah dimulainya pada tahun 2008 dan punya kegiatan di ORIFLAME. Sebagai ibu muda yang jauh dari orangtua dan tidak pula ada yang membantu di rumah, sungguh harus diacungkan jempol untuk Astri.  Ketika aku berkunjung ke rumah online Astri, yang beralamat di rumah-astri.com, salut ini bertambah lagi, karena konten postingan Astri hampir semua yang aku baca berbobot. Salah satu postingan yang bikin aku jatuh cinta berjudul: "Berjilbab, Berprestasi dan Tidak Korupsi? Sumpah, Banyak Banget."  Konten yang apik, menarik, ditambah lagi memuat Menteri favorit aku juga di postingan itu. Siapa lagi kalau bukan Ibu Suci Pudjiastuti, Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan, yang keren itu.

Ketika Astri bertanya tentang bagaimana caranya mendapatkan motivasi untuk memiliki semangat ngeblog yang aku berikan hanya ini:

"Gampang koq, tanamkan saja dalam hati keinginan untuk bisa meninggalkan warisan buat si mungil  Aleisha dan sang hubby tercintrong. Postingan-postingan di blog bisa dijadikan warisan yang tidak akan lapuk oleh hujan dan tak akan lekang oleh panas. Astri harus meluangkan waktu untuk menulis walaupun hanya mampu mengetik satu baris saja. Yang satu baris ini akan menjadi berpuluh baris bahkan ratusan baris. Seperti juga kata pepatah yang pernah Bunda tahu, begini: Mulailah dengan satu langkah untuk mencapai seribu langkah, hehehe..."

Kembali ke rumah online Astri. Blog Astri memiliki konten yang berbobot. Blog Astri, patut aku jadikan contoh. Mudah-mudahan di kemudian hari aku bisa juga membuat postingan yang berbobot dan bersifat umum.   Beruntungnya aku dilamar oleh Astri Hapsari untuk dijadikan pasangan dalam membangun networking dalam LESSON di Fun Blogging dalam acara Networking Competition. 

Salam semangat!

14 comments:

  1. Selalu salut sana semangat Bunda Yati :*
    Nggak ada istilah senior junior, Bunda, begitu pun dalam dunia blogging, sama rata sama rasa :)
    Yang penting rajin update blog dan menulis terus, itu utamanya.
    You're always be my inspiration, Bunda Yati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..sekali masuk sebagai murid untuk belajar, kan kita harus bertanggung-jawab. Kita sendiri yang berkepentingan, kan? Tidak mau juga gpp, tapi kan rugi. Kita harus membangun keberanian untuk membuat sesuatu yang belum pernah kita buat. Nah, kesempatan ini yang Bunda gunakan. Insya Allah, tentang hasil Bunda serahkan kepada para pembaca, terutama Jurinya, hehe... Makasih banget Indah Juli sudah mampir.

      Delete
  2. Bunda yati dan astri, keren! kecuuup...kapan ya kita bisa berjumpa bun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dewi Rieka, woow, sebelum merespon, Bunda jalan-jalan dulu ke profile Dewi, huuhh... jauh banget di Ungaran? Kirain di Jakarta... kan kita bisa kopdaran tuh. Makasih pujian 'keren'nya untuk kami berdua, yang lebih lucu lagi kalo baca keseluruhan celotehan kami di chat-box. Makasih sudah mampir.

      Delete
  3. Indahnya pertemanan ya Bun..aku jg semangat kalo abis main kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, yang bener ketty husnia jangan bikin hati Buna ber-bunga-bunga, donk. Masa sih semangat kalau habis dari rumah online Bunda ini? Tapi, alhamdulillah kalau begitu. Betul sekali ketty husnia, pertemanan itu indah lho.

      Delete
  4. semangat ya Bunda... aku juga kenal dunia blogging salah satunya di ajak sama Astri :)

    ReplyDelete
  5. bundaaa...networking memang penting bangeeet yaaa...setujuuu :)...semoga bisa selalu semangat seperti bundaaa...makasiiiih untuk inspirasinyaaa...

    ReplyDelete
  6. bundaaaaa, bunker dulu aku panggil, bunda keren...sudah lama aku enggak ngeblog...sekarang aku main lagi ke rumah bunda, yup jadi belajar lagi mengenai ngeblog...networking...seeep, astri juga kereeen

    ReplyDelete
  7. Pa kabar Bunda? :)

    Waah baru tahu ttg kompetisi ini :)
    Mbak Astri ini kayaknya asal daerahnya sama dengan saya ya (karena masak sop konro dan buras hehehe)

    Sukses Bundaaa :)

    ReplyDelete
  8. salam kenal bunda yati dan bunda astri. patut di contoh semangatnya bunda Yati.

    ReplyDelete
  9. Sejak jaman dulu networking memang perlu ya Mbak.
    Malah banyak yang menyebut 267 (Relasi) segala
    Bisa saling bantu, saling berbagi,saling menerima apa saja
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  10. networking itu perlu ya bunda yati, salut juga sama semangat nya bunda yanti.

    ReplyDelete
  11. Dapat semangat lagi buat ngeblog dan terus networking

    ReplyDelete