Thursday, June 04, 2015

The First Chicken Ramen Menu at IPPUDO Indonesia

Soure:IPPUDO INA
Prolog
Sejak hari Senin 25 Mei, hatiku dag-dig-dug kayak mau ketemu gebetan aja, hihihii...Masalahnya takut banget pribahasa yang berbunyi: "Maksud Hati Memeluk Gunung, Apa Daya Tangan Tak Sampai" terjadi pada diriku.  Ape pasal ni? Karena menjelang detik-detik hari H untuk menghadiri undangan launching chicken ramen menu di IPPUDO Indonesia belum juga dapat partner untuk jalan bareng. Padahal sebelumnya anakku sudah janji akan menemaniku. At the last moment anakku gak bisa datang karena ada kelas Yoga yang tidak bisa ia tinggalkan. So? Haruskah aku ignore aja nih undangan yang bikin hati penasaran -- apa sih "ramen" itu. Oops, no way! I have to attend this IPPUDO's launching -- no matter what.


Teman blogger tidak ada yang tinggal di wilayah Ciputat, tapi seperti kilat menyambar, begitu cepat pikiran tertuju pada someone yang tinggal satu rumah dengan anakku. Aku ajak dia untuk ke acara ini menemaniku. Dia setuju daaan...Yups, aku akan pergi bersamanya. Problem solved -- IPPUDO here we come... Welcome to Jakarta Mr. Hideki Miyazaki (Research and Quality Group Head for Asia & Oceania) and Ms. Yin Ching Ng (Regional Director for IPPUDO in Malaysia, Thailand and Indonesis)

Dok.pribadi

IPPUDO (dibaca: ih-PU-doh) 

Dekorasi dinding IPPUDO yang cantik dan unik. Mas, (siapa ya?) maaf jadi fotomodel dulu ya, hehe...

 Bagi mereka, seperti juga aku, yang belum pernah tahu apa artinya "ramen" tidak ayal lagi Google  searching pun dilakukan dan di sini aku dapatkan arti ramen.

Ternyata, ramen adalah masakan mie kuah Jepang.  Orang Jepang juga menyebutnya chuka soba atau shina soba -- dalam bahasa Jepang soba atau o-soba juga berarti mie.
Jadi sebelum berangkat aku sudah bisa membayangkan akan mendapat suguhan olahan mie yang pastinya dengan tampilan yang berbeda dengan mie yang biasa aku santap di rumah, hehehe...

Penuturan Mr Takashi Mikami tentang menu pertama untuk Indonesia, khususnya untuk yang beragama Islam membuat aku berdecak kagum. Kenapa? Karena begitu besar perhatian mereka dan sangat serius untuk menciptakan menu yang cocok dengan selera kaum Muslim.  Dijelaskan lagi tentang semua peralatan makan, termasuk sumpit, juga peralatan masak, sama sekali dipisahkan dalam pemakaiannya dengan segala kitchen utensils yang digunakan untuk mengolah ramen berbahan pork. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang kehalalan menu baru ini. Ditanggung 100% halal.
Mr. Takashi Mikami sedang memperlihatkan mangkuk khas chicken ramen.

Konsumen Indonesia akan dimanjakan dengan hadirnya dua macam menu spesial, yaitu "Chicken Shoyu Ramen" dan "Spicy Chicken Ramen." Kedua macam menu ini launching pada hari, Selasa 26  Mei 2015 bertempat di IPPUDO Indonesia dan resmi akan bisa dinikmati oleh konsumen penikmat chicken ramen.

Regional Director IPPUDO Malaysia, Thailand dan Indonesia, Ms. Ng Yin Ching, mengatakan: "Kami menyajikan lebih dari sekedar semangkuk mie kepada kosumen Indonesia, kami memberi kesempatan bagi konsumen kami untuk mendapatkan pengalaman menikmati ramen yang luar biasa melalui menu andalan kami, serta pelayanan yang ramah dan menyeluruh."


Menu andalan yang dimaksud oleh Ms. Ng Yin Ching tentu saja dua menu istimewa untuk IPPUDO Indonesia yang telah disebutkan di atas. Berbicara mengenai pelayanan, memang benar apa yang dikatakan oleh Ms. Ng Yin Ching, pelayanan cepat dan menyenangkan Waiters dan Waitresses sangat cepat tanggap, cepat bergerak melayani tamu. Ketika kami masuk, dipersilahkan dengan sopan santun sekali untuk mencari tempat duduk. Kemudian baru saja kami duduk sudah datang hidangan berupa Jus Strawberry Fizz disusul dengan appetizer -- yang dihidangkan di atas piring lonjong kecil berwarna putih berisi tiga macam menu appetizer: yang bulat namanya Seared Salmon Roll, yang tengah, yang berdiri dengan gagahnya dikawal dengan sepasang mata udang yang hitam berkilat, hehehe... adalah Spicy Shrimp with Mayo Sauce dan yang paling pinggir namanya Grilled Chicken Bun.


Ini dia Seared Salmon Roll, Spicy Shrimp w/Mayo Sauce dan Grilled Chicken Bun

Setelah menyerusup Berry Fizz, aku siap dengan dua sumpit warna hitam untuk menjepit si mungil yang bulat Seared Salmon Roll, langsung aku antarkan ke mulutku. Rasanya? Amboi, nikmat nian begitu menyentuh alat perasa dalam mulutku...hhhmmm...yummy tak terkira. Kata orang Jawa "Wuenak tenan." Lha koq cuma satu ya, hihihii...keluar deh maruknya. Giliran yang kedua si gagah yang metenteng aku grab dengan jemariku, Spicy Shrimp with Mayo Sauce, karena kepiawaianku tidak mendukung untuk menggunakan sumpit, sementara aku sudah ingin cepat melahap shrimp yang sangat menantang di depanku. Jelas! Sekejab sudah licin tandas tak tersisa. Giliran yang ketiga nih: Grilled Chicken Bun -- tanpa ragu aku gigit seperti menggigit bakpau atau burger.

Waitress yang sabar ini yang membantuku menyebutkan nama-nama makanan pembuka. She is so sweet, asset buat IPPUDO Indonesia bersama dengan Waiters and Waitresses yang lain.

Hidangan pembuka yang begitu nikmat, mengundang ketidaksabaran menunggu menu utamanya, Chicken Ramen. Meredakan rasa ketidaksabaran itu aku berdiri, mondar mandir menjeprat-jepret sesuatu untuk melengkapi postinganku. Sayang sekali aku tidak membidik foto pembawa acara (MC) - the beautiful lady in red, yang ramah, ceria, dan tak segan berkeliling menghampiri tamu-tamu. Tanpa keceriaan pembawa acara, sudah bisa dipastikan akan sunyi senyap suasana launching malam itu. The lady in red mengatakan bahwa ini adalah kali pertama IPPUDO dikunjungi oleh seorang tamu yang sudah berusia lanjut sepertiku. Aku jadi bangga karena usiaku. Sementara acara berjalan, lomba di Instagram tetap juga berlanjut. Acara jadi bertambah meriah ketika diumumkan nama para pemenang yang mendapat hadiah dari IPPUDO., salah satu Pemenangnya, Cikgu Shinta Ries, salah satu Founder Grup Fun Blogging.

Meriahnya suasana launching chicken ramen.

(Atas) Aku diantara Ms.Kartika Putri Mentari, Social Media Officer dan Ms Amanda, Perwakilan IPPUDO Indonesia (Bawah: Salah seorang Founder Fun Blogging, Ms Shinta Ries)
Mengenai menu utama yang ditunggu-tunggu, Mr.Takashi mengatakan, bahwa inspirasinya juga didapatkan dengan mencoba cita rasa mie-goreng Indonesia. Betapa mereka mengadakan survey yang meyakinkan, agar diperoleh rasa yang cocok dengan selera orang Indonesia. IPPUDO Indonesia akan membuat customers sebenar-benarnya menikmati masakan ramen yang lezat luar biasa kala menyentuh lidah warga Indonesia. Ini yang paling utama menjadi perhatian IPPUDO.


Duo Ramen yang dihadirkan di IPPUDO: Chicken Shoyu dan Spicy Chicken.
Adalah Mr. Kawahara, pendiri IPPUDO sejak tahun 1985, yang telah menginspirasi agar IPPUDO bisa menyajikan dua macam menu hidangan chicken ramen pertama untuk Indonesia: Chicken Shoyu Ramen,  -- mie segar yang disajikan dalam kuah kaldu ayam jernih diimbangi dengan bumbu shoyu spesial yang dicampur dengan olahan rebung dan bakso ikan (Narutomaki), sangat cocok untuk mereka yang tidak suka pedas. Tentu saja karena bernama chicken ramen, tak lupa lengkap dengan ayam yang dilembutkan dan dibuat melingkar seperti bolu gulung, rasanya lezat bukan main -- begitu digigit sangat lembut seperti tofu. Splendid!



Chicken ramen pilihanku, Mr.Hideki sedang memberikan info 2 menu baru di IPPUDO, aku yang mulai melahap chicken ramen pilihan nan lezat, Chicken Shoyu Ramen

 Sibuk menyantap masing-masing pilihan -- aku dengan chicken shoyu ramen dan temanku dengan spicy chicken ramen, hheemmm... yummyy...










Yang kedua Spicy Chicken Ramen -- bagi mereka yang menyukai rasa pedas. Rasa pedasnya yang spesial dibuat dari campuran cabe rawit, aneka bumbu pedas dan sambal khusus yang diolah melengkapi kelezatan Spicy Chicken Ramen ini.  Aku memilih ramen yang pertama, karena aku kurang menyukai rasa pedas. Ketika aku mencicipi Spicy Chicken Ramen yang pedas ini, ya ampuun, pedasnya bener-bener cocok buat mereka yang menggilai cabe, hehe.. Bibirku terasa panas ketika mencicipi kuah dari mangkuk teman dudukku. Oops, iya, ada juga sup yang tulang-tulang ayamnya direbus selama 5 (baca: lima) jam, bisa dibayangkan bagaimana lezat kaldu supnya.

Pelayanan yang luar biasa terbukti ketika aku ditawari untuk memakai sendok garpu. Mata jeli waitress menangkap ketidakmampuanku menggunakan sumpit, huhuhuuu...Pucuk dicinta ulam tiba, memang aku sama sekali gak terampil seperti anak-anakku dalam menggunakan sumpit. Tapi, ada tetapi lho, ketika menjepit Seared Salmon Roll aku berhasil dengan baik mendaratkannya di mulutku. Yeeeaayyy... cuma itu, tapi untuk menikmati rasa chicken ramen tentu saja tawaran Waitress yang baik hati dan penuh perhatian ini aku terima dengan gembira. Mulailah aku menyantap Chicken Ramen pilihanku -- Chicken Shoyu Ramen  --  Rasanya? Amboi, yang kedua kali nih...hhheeemm, yummyy abis, sampai aku tidak bisa lagi berhenti menguyup kuahnya yang sangat lezat itu. Sayang porsinya terlalu besar untuk ukuran perutku yang sudah waktunya harus menjaga porsi makanan di usiaku yang sudah renta ini.
Source: Ippudo's

Telah aku sebutkan di atas, Founder dari IPPUDO ini adalah Mr. Shigemi Kawahara yang berfilosofi: " To continuously innovate to remain true". Sejak berdirinya tahun 1985, Mr. Shigemi Kawahara terus melakukan berbagai terobosan sehingga ia sukses mendirikan 40 gerai IPPUDO yang tersebar di seluruh penjuru dunia, sedangkan di Jepang gerai IPPUDO mencapai kurang lebih 80 gerai. Jumlah customers untuk gerai di seluruh dunia mencapai 50,000 customers every day. Sebuah video ditayangkan berkenaan dengan keberhasilan Mr. Shigemi Kawahara dalam mengembangkan usahanya. Karena kesuksesannya ini Mr Kawahara mendapat gelar King of Ramen.


Tanggal 1 Juni 2015 IPPUDO Indonesia resmi menghidangkan dua macam pilihan menu Chicken Ramen yang menantang selera, khususnya bagi warga yang beragama Islam -- Jangan khawatir -- 100% halal. Datang dan ajaklah keluarga anda, teman, saudara ke:


Opening Hours    : Daily, 11.00 am to 10.00 pm
Website                : www.ippudo.co.id
Facebook             : https://www.facebook.com/ippudoindonesia
Twitter                 : @ippudoIND
Insttagram           : @ippudoindonesia

Enjoy your day with your families, friends and aquaintances in IPPUDO Indonesia,
 Pacific Place, 5th Floor,
 SCBD, Jalan Jenderal Sudirman, Kav. 52-53, Jakarta Selatan.
  Phone: +6221 5797 3339

14 comments:

  1. Waaa sumpah enak banget ya bun ramennyaaa ^^
    kenapa ada saya nongol gitu bun qiqiqi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...soalnya kan my beloved cikgu tuh, yang sabar ngajarin bunda.

      Delete
  2. waaa. bunda ikut acara launching ippudo jugaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, terus belajar nge-review tuh, namanya juga lagi belajar, iya kan, masih banyak kekurangan di sana sini, tapi mudah2an aja menang. Makasih kunjungan Ayu.

      Delete
  3. wah bunda ikutan juga ya, enak ya bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lidya, lwuenak tenan. Jadi kepengin lagi, tapi jauhnya itu lho. Ni lagi mikirin ada voucher untuk 4 orang, piye iki, mau cabut lagi ke sana, Insya Allah. Makasih kunjugann Lidya.

      Delete
  4. Saya suka pedas dong, Bunda. :D
    Asyik ya bisa datang pas launchingnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, berkat ikutan Fun Blogging, jadi ada undangan dari salah seorang member FB. Alhamdulillah, terpilih untuk ikuttan hadir di launching. Makasih kunjungan Idah.

      Delete
  5. Ini di Jakarta aja ya, Bun? Pengin nyicip ramennya. Semoga aja buka cabang di sini juga. :D

    ReplyDelete
  6. Iya,Ila,yg pertama tuh. Md2an dibuka jg ya di lain kota.

    ReplyDelete
  7. Ngiler. Saya belum.pernah nyobain ramen bunda.

    ReplyDelete
  8. Saya masuk kemari pas jam dua siang, hmmm... berasa ga lama maghrib, hehe...
    Manyussss ya, Bund :)

    ReplyDelete
  9. Rameeen memang enaaak Bunda.. Salah satu menu favoritku ini..

    ReplyDelete