Monday, July 27, 2015

Sajian Kastengels dan Nastar untuk Pakde Cholik

Tertarik untuk ikutan GAnya Pakde Cholik, walaupun sebenarnya gak bisa bikin kue seperti yang disajikan oleh Pakde pada gambar disebelah ini.

Tapi kan tak satu jalan ke Roma, hehe... pada hari Lebaran atau pada setiap Hari Raya Idul Fitri, setiap ibu-ibu umat Nabi Besar Muhammad Saw, pastilah akan mengatakan seperti ini: "Aduuh, maaf ya kue lebarannya cuma ini aja, bla, bla, bla..." Padahal yang tertata di meja ruang tamu ada bermacam toples berisi kue putri salju, kastengels dan nastar,  kacang bawang, kacang mede, dan lain sebagainya. Jadi yang dimaksud kue adalah yang itu tadi, kacang dan teman-temannya, jarang sekali yang menyediakan di meja ruang tamu kue bolu seperti yang disajikan digambar ini. Karena itu aku berani deh ikutan GA ini. Koq pake kata "berani deh." Ya, iyalah, karena kalo disuruh menyajikan kue seperti yang tertera di banner GA Pakde, pasti aku mundur teratur, karena sama sekali gak bisa bikin kue bolu dengan segala ragam jenis dan rasanya. Pokok-e yang namanya BOLU ... b-o-l-u, aku nyerah sebelum berperang.

Tapi kalo soal kue kering kastengels dan  nastar? Aku jabanin deh GA ini, mau menang atau kalah, itu urusan belakangan. Yang penting aku paling suka sensasi ikutan GA-nya. Titik.

Ini lho Pakde, aku sajikan secangkir teh pahit, beberapa kue kastengels buatanku sampun terhidang di piring kecil, tinggal nyomot pake telunjuk dan ibu jari, trus...hap...kres-kres-kres...terasa tuh gurih dan renyahnya.. Kurang gimana tuh treatment aku sama Pakde n Bude, gak usah repot-repot buka selotip yang melingkar di  toples plastik. Monggo dicicipi bareng Bude yang tercinta, ya. Secangkir berdua-lah teh pahitnya..


Kalo Bude kepincut pengen bikin kastengels dan nastar ala Bunda YR untuk Pakde tercinta, ini lho bahan-bahannya. Pakde kan hobby banget tuh melototin komputer menyelesaikan tulisan-tulisan untuk bukunya. Nah, jadi ketika beliau menerawang mengumpulkan ide, sambil ngemil kastengels yang kres-kres ini, kan cocok tenan, Bude. Takaran resep ini biasa Bunda bikin untuk ukuran 1 kg. mentega/palmboom/margarine, bahan-bahan lainnya mengikuti aja.Yuk, biar Bu De gak kesel nungguin mau baca resep, ini dia bahan-bahannya:

Bahan untuk kastengels:
1. 1 kg. mentega (biar lebih murah beli  5 sachet @200 gram.)
2. 1 irisan keju Edan berat 200 gram (diparut halus)
3. 100 gram rombuter WEISMAN
4. 1/2 sendok teh vanili
5.Terigu dalam kemasan (sesuai kebutuhan), biasanya dibutuhkan kurang lebih 1 kg.)
6. 5 - 8 butir kuning telur (tergantung kebutuhan)
7. Keju Kraft (diparut halus) - seperlunya

Cara membuatnya:
1.Mentega dikocok dengan mixer sampai ringan.
2.Masukan kedalam adonan mentega ini, bubuk keju Edam yang sudah diparut, aduk rata perlahan.
3. Masukan 100 gram rombuter Weisman, aduk rata, juga perlahan
4. Vanili
5. Masukkan teribu sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan tidak lengket di tangan. (Catatan: dalam menguleninya jangan terlalu ditekan, karena akan keluar minyak dan kue akan tidak bagus hasilnya.)
6. Cetak deh sesuai selera
7. Olesi diatasnya dengan kuning telur (pakai koas)
8. Taburi diatasnya parutan keju kraft dengan hati-hati.
9 Selesai, tinggal bakar sampai kuning kecoklatan
10.Ini hasilnya.

Bahan-bahan untuk nastar:
1. 1 kg. mentega, dikocok sampai ringan (boleh dengan tangan, boleh dengan mixer)
2. 100 gram rombuter WEISMAN
3. 1/2 sendok vanili
4. 150 gram gula halus
5. 1 kg. terigu
5. 1 pak selai nenas yang sudah jadi, tapi yang original (1/2 kg.) -- rasanya persis seperti kalau kita buat sendiri koq.
6. 5-8 kuning telur (sesuai kebutuhan)

Cara membuatnya:
1. Campurkan merata dan perlahan: berurutan: no. (1) s/d no. (5) - sampai adonan tidak lengket ditangan.
2. Bentuk kue sesuai selera, boleh seperti bentuk pastel mungil, bulat, atau dalam cetakan kue nastar.
3. Olesi dengan kuning telur hingga merata
4. Bakar di oven sampai kuning kecoklatan.

Oops, lupa, ini lho hasilnya dari 1 x adonan kastengels bisa menghasilkan lebih kurang 3.5 kg. 



Bunda hanya membuat kue kering ini untuk keluarga dan customers yang sudah pernah mencicipi kue Bunda, jadi sudah tidak ragu lagi untuk membayar Rp. 110,000/per 1/2 kg. Mahal? Yoi, emang mahal tapi seperti kata pepatah: Ada rasa, ada harga. You buy peanut, you'll get monkey.


Gimana Bude tertarik buat bikin dan dihidangkan untuk Pakde tercinta? Kelihatannya emang ribet, tapi, swear, sama sekali gak ribet, Bude. Kalau sudah dalam kemasan begini kan manis tuh, pajang di dalam lemari display di lingkungan Kolam Renang, pastiii...banyak yang melirik.

Dua macam  sajian istimewa telah terbentuk dalam kemasan seperti berikut -- kastengels dan nastar ala Bunda YR.
Catatan: Dalam kemasan -- yang tengah adalah nastar, diapit oleh kastengels, hehe...bukan pengantin aja yang diapit, kan, Pakde n Bude? Kue juga, hahaha...



Bude Cholik, selamat mencoba resep kastengels dan nastar ala Bunda yr, ya. Pasti ketika menguyah kastengelsnya yang kebayang tuh Bude tercinta, suit, suiiiit...

21 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam GA Mini: Sepotong Kue Untuk Pakde
    Segera dicatat sebagai peserta
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  2. Btw, sudah saya gerayangi dari atas ke bawah kok nggak nemu link ke blog saya yak?

    ReplyDelete
  3. Buuunn.. minta resep kaastengel sama nastarnya yaa buat bikin kue lebaran tahun depan. Lihat penampakannya aja sudah kelihatan enak bangeet..

    ReplyDelete
  4. Ya amplop, lupaaaa.... segera di edit. Maapkeun, Pakde. Emang belum dibikin, hiks, hiks...

    ReplyDelete
  5. Maaf lahir batin ya Bunda. BUnda aku mau nyicipin kastangelnya dong :)

    ReplyDelete
  6. pasti nastar dan kastengel Bunda enak bangeet nih.... :)

    ReplyDelete
  7. waaah jadi keingat kue nastar hari raya kemarin ini... cepet banget habisnya :(
    ntar mau nyoba resepnya mbak juga deh :D

    ReplyDelete
  8. your article is this very helpful thanks for sharing...:)

    ReplyDelete
  9. Bunda, aku mau yang jadinya aja deee :D habis kl bikin sendiri, ribet. Aku malah gak suka dan belum sukses bikin kuker.

    ReplyDelete
  10. favorit saya nih bunda, kue kastengelnya ^^ tapi fotonya kebalik gitu pusing liatnya bunda...hehehe

    ReplyDelete
  11. Nyem nyemmm... walo lebaran sdh lewat rasanya klo lihat kue ini jd msh berasa lebaran bunda... hihi

    ReplyDelete
  12. your article is this very helpful thanks for sharing...:)

    ReplyDelete
  13. i like it... di tunggu update selanjutnya gan...

    ReplyDelete
  14. Thanks for sharing here.
    I am very happy to read your review.
    I hope you give a useful topic for everyone.

    ReplyDelete
  15. I love your website, I would appreciate it for a good read this...!!!

    ReplyDelete