Wednesday, October 28, 2015

Apa Isi Sumpah Pemuda?

Sumber gb: tv.tropongku.com
Hari ini, 28 Oktober 2015, ketika dalam sebuah acara memperingati Hari Sumpah Pemuda,  seorang Presenter salah satu Televisi Swasta berkeliling mencari beberapa pelajar dan mahasiswa untuk menjawab sebuah pertanyaan Apa Isi Sumpah Pemuda, banyak sekali mereka yang sedang berkumpul berpencar seolah menghindar. Dengan gigih dan gaya lucu Presenter tersebut mengejar dan berhasil memegang tangan salah seorang pelajar, namun pelajar tersebut tidak bisa menjawab -- beralih secara bergantian ke pelajar yang lain -- juga tidak tahu. Ya, tak satu pun yang bisa menjawab pertanyaan tentang isi Sumpah Pemuda. Tiba giliran para mahasiswa, juga tidak tahu. Ya, ampun...bahkan mahasiswa tersebut tidak tahu kapan Sumpah Pemuda itu diikrarkan. Sungguh terharu....ooops, maksudnya sungguh terlalu. Jawaban yang diberikan 2 November. OMG (baca: o-em-ji) halooo...

Bayangkan, masa sih sampai gak tahu? Lha, kan hari ini lagi dirayakan, sebetulnya harus berpikir cepat donk. Iya, gak sih? Mahasiswa, gitu lho. Mungkin kebanyakan maen gadget sampe lupa pelajaran ketika di Sekolah Dasar. Alhamdulillah ada sekelompok pelajar SMP yang berhasil menjawab dengan hampir sempurna. Dalam hatiku koq ya sungguh keterlaluanlah kalau sampai gak tahu kapan diikrarkannya Sumpah Pemuda itu. Cucuku, Ayman, tahu lho isi Sumpah Pemuda. #gaksombongbundanyalho. Dan ketika aku tanya kapan tanggal sumpah pemuda, trus dia jawab dengan rada ketus, hehe... "Ya, hari inilah, bunda, bunda..." Padahal aku lagi ngetest dia, qiqiqiii...

Nah, biar lebih afdhol lagi berikut aku cuplikan dari sumpahpemuda.org, biar gak salah, ya, isi sumpah pemuda itu apa aja sih. Walau sebenernya aku juga hapal isinya, dan masih tetap tersimpan dalam benak, tapi seperti kataku tadi biar lebih afdhol. Ini dia:


SOEMPAH PEMOEDA
Pertama :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga :
- KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta, 28 Oktober 1928



Silahkan kalau mau meyalinnya ke dalam ejaan baru, tapi itulah asli yang aku ambil dari web sumpahpemuda.org.

Postinganku hari ini dalam rangka ikut memperingati Hari Sumpah Pemuda, walaupun cuma duduk di depan laptop jadul, hehe...agar para pemuda yang belum tahu, jadi paham apa aja sih isi Sumpah Pemuda itu. Selamat Hari Sumpah Pemuda, semoga para generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa menjadi pribadi yang kuat, tangguh, solid dan bertanggung-jawab pada diri sendiri, keluarga dan bangsa. Bangkitlah, wahai para pemuda! Aamiin.

12 comments:

  1. Aduh memang sedih ya Bunda kalo lihat generasi muda yang gak ngerti salah satu peristiwa terpenting negara ini... Selamat hari Sumpah Pemuda bunda (ini Dani pakai akun blog baru Bunda :D)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo..kenapa gak pake nama DRahmat or Dani R or something, hehe...beneran deh, malu-maluin aja, masa sih mahasiswa ampe gak tau..Makasih kunjunngan Dani ke blog bunda.

      Delete
  2. padahal udah mahasiswa, tapi gak tau sumpah pemuda. Hadeuuhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Chi, koq bisa, ya. Makash kunjungan Chi ke blog bunda.

      Delete
  3. Sedih banget dengan pelajar jaman sekarang ya bun da. Isi sumpah pemuda aja nggak tahu. Padahal jam dulu itu pelajaran wajib ya. Materi P4 aja dulu kita harus hafal ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin karena terlalu banyak waktu dihabiskan untuk main gadget, hehe... Makasih kunjungan Nunung Yuni Aj ke blog bunda.

      Delete
  4. saluuttt sama bunda yang selalu punya semangat muda.. sehat terus ya bundaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Tias, makasih untuk do'anya. Makasih juga kunjungan Tias ke blog bunda.,

      Delete
  5. Mengetahui sejarah bangsa itu penting sekali ya, Bunda, agar semangat nasionalisme dan terus berjuang untuk negeri ini senantiasa menyala di dalam dada. Agar hidup tidak egois; agar hidup memikirkan juga kebersamaan.

    ReplyDelete
  6. Sumpah pemuda, itu bukan jamannya dihafalkan butir2nya, melainkan di amalkan apa yang tertuang di dalamnya, dalam kehidupan nyata, kalau kata dosen saya sih :)

    ReplyDelete
  7. Bunda nongkrong di depan laptop jadul, aku tiduran sambil baca2 tulisan teman. . . :D

    Aku ngga ikut nyalin ah, Bund. Masih inget kok ikrarnya. :D

    ReplyDelete
  8. lalu bertanya, apakah aku masih muda ?????????

    ReplyDelete