Tuesday, November 17, 2015

Berjalan Kaki Itu Menyehatkan

Sumber gb.: radaronline.co.id
Sudah sejak hari Minggu, 15 Nopember 2015 badanku terasa kurang nyaman, terasa sumeng, napsu makan serasa hilang. Apakah aku terlalu lelah? Tidak juga, karena aku berusaha untuk selalu mengerjakan sesuatu tidak melebihi kapasitas kekuatanku. I know my limit.

Pinggangku yang pernah retak tahun 1999 menyebabkan aku selalu berhati-hati dalam mengerjakan pekerjaan apa pun. Karena aku tahu "dia" (si tulang pinggang yang retak itu, hehe...) selalu memberi kode agar aku beristirahat. Nah, kode yang aku maksud, siapa pun memilikinya. Hanya saja acapkali tak pernah dihiraukan. Alhasil badan pun jadi mudah lemah dan jatuh sakit.


Khusus bagiku kode ini berupa pinggangku akan kelihatan sedikit miring ke arah kanan, hehe... Kalau sudah begini posisinya, aku harus merebahkan diri, rilex dan mengistirahatkan tubuhku beberapa menit. Kalau sedang dalam perjalanan, aku hanya harus duduk beberapa menit.  Itu sudah cukup karena si tulang belakang akan segera kembali lurus.
 
Penyakit tidak boleh dimanja, semakin dirasakan, maka ia akan semakin parah. Benarkan? Aku akan membuktikannya dengan caraku. Aku memang hampir tidak pernah berolah raga selain yoga menemani anakku, itupun hanya berjalan beberapa bulan. Setelah itu? Olah raga yang aku lakukan adalah ber-hip-hop ria mengikuti irama musik cucuku. (kalau cucuku menyetel Xbox-nya).

Tapi ketika itu aku masih bersamanya. Kini aku tinggal jauh dari cucuku, sehingga olah raga yang aku lakukan hanyalah turun-naik tangga merawat pot-pot tanaman. Berjalan di tempat selama kurang-lebih 20 menit. Ini belum cukup untuk menyehatkan tubuh yang "sumeng", keringatku belum mengucur.

Aku pernah merasakan tubuhku tidak nyaman seperti ini ketika sedang melakukan tugasku jauh dari tanah air. Aku digembleng oleh temanku yang berkebangsaan Perancis untuk bersepeda. Sudah lama sekali, tahun 1983. Tentu saja tidak ada masalah bagiku untuk bersepeda, apalagi aku sedang addicted naik sepeda, hehe... karena baru bisa bersepeda ketika aku tinggal di luar negeri dilatih oleh temanku yang baik hati ini.  Aneh tapi nyata, aku bisa bersepeda di usia 44 tahun.

Hari gini? Aku mau berkeliling naik sepeda ganti-ganti olah raga agar tubuhku sehat? No way, mana mungkin aku bersepeda dengan kondisi tubuh sejak tahun 1983 itu. Ditambah lagi usiaku kan sudah uzur. Tak pernah terlintas dalam benakku untuk naik sepeda agar berkeringat. Alih-alih badan sehat, malahan  bisa-bisa aku terjatuh dan tambah parah kondisi pinggangku.

Apa akal? Kenapa gak jalan kaki aja? Oops, betul juga, pikiran cerdasku mengajak aku berjalan kaki. Dan perintah pikiran ini telah kulakukan sejak kemarin pagi, ketika badanku sumeng, dan makananku hanya buah naga sehari dua buah, tak ada makanan berat yang bisa masuk. Yang ada selalu terasa mual. Alamaa...penyakit apa pula ini, gangguan lambung? Mungkin saja.

Jadi aku belilah obat tablet kunyah bebas resep yang dianjurkan oleh Mbak Apotheker: Magasida (Aluminium Magnesium Hydroxide-Simellthicone -- 1 x 1). Alhamdulillah lambungku sudah terasa oke dan bisa berkompromi dengan makanan berat.

Oya, kembali ke olah-raga jalan-kaki. Selama kurang lebih 30 menit aku jelajahi sudut-sudut jalan di Pamulang Barat dan Timur dari Gang 13, 12, 11, 10, 9, 8). Aku bukan berjalan santai lho, tapi berjalan cepat, sambil setiap langkah aku membaca dzikir apa saja. Sambil menyelam minum air. Kelelahan pun tidak singgah terlalu pekat.  Bila ada yang menyapa ketika aku berjalan, aku hanya menyambutnya dengan senyum dan melambaikan tangan. Badan sehat dan bisa sambil beribadah. Senyum itu ibadah. Alhamdulillah.

Aku bersimbah peluh. Badanku terasa nyaman dan segar. Penyakit "sumeng" telah keluar bersama peluh-peluh yang menitik di sekujur tubuhku.

Olah-raga berjalan kaki ini sebenarnya bisa dilakukan di rumah (berjalan cepat di tempat), tapi harus di arena terbuka agar tubuh kena sinar matahari pagi yang menyehatkan. Waktunya tentu saja paling siang pukul 09.00 untuk memperoleh dampak positif dari sinar UV (Ultra Violet) yang mampu menyehatkan tulang.

Agar bisa lihat fotoku yang naik sepeda dan untuk membandingkan betapa kemajuanku dalam menulis berkat jadi member Fun Blogging, bisa pembaca lihat di postinganku tahun 2010-an dan postinganku setelah aku mengikuti pelatihan menulis bersama Cikgu Haya Aliya Zaki di Fun Blogging. Banyak banget kan kemajuannya?

Tulisanku tahun 2010-an kalau dimisalkan dengan tampilan seseorang bisa di istilahkan dengan "culun", wkwkwk... iya, kan. Coba lihat tulisan-tulisanku tahun-tahun terakhir, kan udah lebih teratur dan manis serta enak dibaca. Diksi sudah aku pelajari sedikit demi sedikit dengan rajin membaca dan elipse pun telah aku kurangi sesuai pelajaran yang diberikan oleh Cikgu Haya. #menurutpendapatku #happyblogging  #belajarpenulisan



17 comments:

  1. Bunda Yati memang hebat euy...
    Terus tulari aku semangat ngeblog ya, Bunda...

    ReplyDelete
  2. Wuah Bunda, makasih sudah diingatkan tentang pentingnya olahraga ini ya Bunda.. Kadang memang kita suka mengabaikan protesnya badan ya.. Hehehehe..

    ReplyDelete
  3. Keren deh Bunda, masih setia olah raga. Usia 40 th lebih untuk saya dan perempuan umumnya emang paling bagus jalan kaki.
    Semoga sehat selalu Bunda Yati :D

    ReplyDelete
  4. Bunda kereeen! Tulisannya memang udah bagus, kok. Tetap semangat ya, Bun! Saya jadi malu. Olahraganya maleees hihihi.

    ReplyDelete
  5. benar bunda Yati sakit memang tidak boleh dimanja krn nanti malah tambah betah berlama-lama...

    * semangat olah raga jalan kakinya ya Bun...saya juga harus olah raga nie... :)

    ReplyDelete
  6. Semoga selalu sehat ya Bunda...


    kalau dulu turun jauh dari tempat kerja, banyak ngeluhnya, sekarang malahan turunnya suka jauh2 supaya banyak jalan kakinya ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya, dulu juga bunda seperti itu, lebih dikit dari tempat tujuan udah ngomel2, tapi kemudian koq malah minta dijauhin brentinya dari pintu gerbang kantr bunda. Makasih kunjungan Futri kd Blog bunda,

      Delete
  7. bundaku emang kereen selalu semangat!!
    aku maluu, kalah sama bunda :)

    Sehat selalu ya bun!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Embeeer, Nchie kalah pake banget sama bunda dalam usia, hehehe... Yuk, semangatnya bareng aja. Makasih kunjungan Nchie ke blog bunda.

      Delete
  8. Replies
    1. Wah, obat manjur cespleng untuk Keloid apa ya? Cucu bunda usia 17 tahun, bekas jatuh dari motornya luka jadi keloid, tambah lama tambah item dans tebal. Obatnya apa,ya. Makasih kunjungan Pengobatan Tradisional Keloid ke blog bunda.

      Delete
  9. Iyaaa, kalau malas2an ntar malah katanya ngga sembuh2, Bund. Meski sumeng, tetap rajin aktivitas yoo, Bund. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. idah, justru karena merasa sumeng nih takut sakitnya keterusan, jadi ya gak boleh dianjaaain penyakitnya, biar aktivitas bisa jalan terus. Makasih kunjungan idah ke blog bunda.

      Delete
  10. Sehat terus buat Bunda. Klo aku olahraganya genjot sepeda tiap hari

    ReplyDelete
  11. Weleh3x, Jiah...itu malah lebih asyik dan sehat. Aamiin, alhamldulillah sehat sampai saat ini. Makasih kunjungan Jiah ke blog bunda.

    ReplyDelete
  12. Tapi kalo jauh capek juga kak :(

    Hey guys, kamu punya mobil, motor, rumah, anak, istri ? daripada kamu takut mereka kenapa - kenapa, mendingan kamu daftarin deh di asuransi biar sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, pihak asuransi yang akan menanggungnya. Inilah beberapa informasi asuransi: Asuransi Prudential || Asuransi Kesehatan || Asuransi Pendidikan || Asuransi Mobil || Asuransi Sinar Mas || Asuransi Jiwa

    ReplyDelete
  13. Selalu semangat olahraga Bunda :) saya juga suka berjalan kaki

    ReplyDelete