Wednesday, January 20, 2016

Cara Bikin Soto Ceker Ala Bunda

Tanpa bantuan mereka Soto Cekerku gak bakalan jadi, hehe...

Berbicara tentang Cara Bikin Soto Ceker Ala Bunda ini aku jadi teringat anakku lelaki yang paling doyan pada makanan ini. Hidangan segar berkuah agak bening dengan ceker ayamnya yang empuuuk banget, hingga mudah sekali diisap atau diserusup. Sekali "emut" lepaslah daging-daging yang melekat di seluruh tulang-tulang ceker ayam, hehe...Yuummyy... Jangan lupa sediakan  mangkuk-mangkuk keramik cantik agar makannya tambah lahap, hehehe...


Tiba-tiba saja tersirat keinginan untuk membuat postingan ini. Who knows, ada yang belum tahu bagaimana membuatnya. Karena itu aku teruskan saja menulisnya, sebisaku, sampai selesai. Insya Allah. Padahal aku makfum sih, banyak pakar kuliner yang sudah jago membuat berbagai jenis soto. Tapi, aku ingin saja mengabadikannya dalam blog ini bagaimana cara bikin soto yang paling mudah dan sederhana.

Kembali kepada makanan yang juga disukai oleh anakku selain masakan Padang. Kalau disuruh memilih maka pilihannya akan jatuh kepada Ceker. Apalagi ketika napsu makannya hilang, anakku ini khusus minta dibuatkan soto apa saja, soto betawi yang kuahnya harus dicampur santan, soto daging, atau bahkan inilah yang paling ia sukai: Soto Ceker. Yang penting baginya jangan ketinggalan sambal gilanya (sambal yang terbuat dari cabe rawit semua).
Minggu lalu aku mencoba membuatnya, tapi karena meramu bumbu-bumbunya cukup ribet dengan rempah-rempah yang harus di sangrai (digoreng tanpa minyak) dulu kemudian dihaluskan, akhirnya aku memutuskan menggunakan saja satu bungkus bumbu instant Soto Ayam, selebihnya aku tambahkan jahe, sereh, daun jeruk.

Bumbu instant Soto Ayam, daun jeruk, jahe dan sereh yang akan membuat aroma soto menggugah selera.

Merebus ceker ayam harus benar-benar sampe empuk lho!
 
3 butir telur ayam, 2 bh kentang, 1/2 bungkus rice noodle, tauge, bawang goreng

  
Bahan-bahan soto:

1 kg. ceker ayam yang bagus dan segar, dibersihkan, dibuang kulit yang menyerupai sisik 
1 liter air bersih dimasak hingga mendidih
Rp. 1,500 tauge yang segar (disiangi, dibuang buntutnya) disiram air panas sebentar, sisihkan
2 buah kentang yang besar, dipotong kecil, direbus atau digoreng, sisihkan
3 butir telur ayam, direbus, dikupas, dipotong sesuai selera, sisihkan
1/2 bungkus bihun (rice noodle), cuci dan rendam dengan air panas atau direbus sebentar, tiriskan, sisihkan
1 buah tomat yang agak besar, diiris-iris bulat atau sesuai selera, sisihkan
1 piring kecil bawang goreng 
Jeruk nipis seperlunya
Sambel giling cabe rawit (bila suka)

Catatan: biasanya aku menggunakan so-un (semacam noodle yang terbuat dari sagu, tepung tapioka), tapi karena di rumah tidak ada persediaan, aku mencobanya dengan memakai rice noodle sebagai gantinya.  Hasilnya yummy juga.

 Cara memasaknya:

  • Jerang air di panci hingga mendidih.
  • Masukkan serentak, ceker, bumbu instant, jahe, sereh yang telah dipipihkan, kemudian tambahkan daun jeruk kurang lebih 5 lembar. (tanpa daun salam, ya!)
  • Rebus hingga ceker benar-benar empuk, bila belum empuk tambahkan lagi air untuk merebusnya.
  • Masukkan garam secukupnya
  • Campurkan gula pasir setengah sendok teh (bila suka)
Cara menyajikannya, diatur dalam mangkuk-mangkuk, hidangkan ketika masih panas, boleh sebagai teman makan nasi, atau pun boleh juga tanpa nasi untuk menyegarkan badan dan memancing selera makan. Karena dengan menghirup kuah soto ini terasa nikmat dan sensasinya, bukan main, segar dan nikmat.

Setiap orang pasti punya selera sendiri untuk membuat kuliner yang namanya Soto ini. Ada yang tidak suka menggunakan bumbu instant. Lebih suka dan lebih mantap meramu sendiri bumbu-bumbunya. Dulu juga aku seperti itu, tapi setelah tersedia bumbu-bumbu instant untuk berbagai jenis masakan, kenapa kita musti report-repot, hehe... Kan tinggal cemplungin aja bumbunya ke dalam panci berisi bahan-bahan masakan. Beres! Tinggal tunggu masakannya mateng. Titik.

Soal rasa dan kenikmatannya? Sudah bisa dipastikan, wuenaak-e, karena bumbu-bumbu racik itu adalah hasil olahan para pakar kuliner. So, kalau ada cara yang gampang, kenapa harus mencari yang susah dan repot??

Naah, sekarang udah tahu donk Cara Bikin Soto Ceker Ala Bunda. Gampang sekali, kan? Yuk, bagi yang berminat mencobanya, silakan. Mudah dan praktis koq.  Cepat selesai dan cepat juga tandas isinya dari mangkuk-mangkuk, hehe...

Tahukah Anda, apa yang menyebabkan kuah soto ini memiliki bau wangi yang khas soto. Itu tidak lain karena rempah utama yang kita masukkan ke dalam air rebusan, yaitu jahe, sereh yang dikepruk, daun jeruk, (terkadang) ada juga yang memasukkan lengkoas sebesar empu jari ke dalamnya. Juga tentunya harus dipipihkan dulu, agar aromanya tambah mencuat dan semerbak memenuhi ruangan makan dan dapur. Selamat menikmati Soto Ceker Ala Bunda













28 comments:

  1. Aduuh...bikin ngiler deh malem-malem begini liat soto buatan Bunda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...yuk, bikin aja, cuman bentar koq. Yang penting ada stock di freezer tuh ceker ayamnya. Guampang banget lho! Makasih kunjungan Ika ke blog bunda

      Delete
  2. Praktis banget ya bun, perlu dicoba nih maknyuss ileran deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba donk, masa sih cuman dibaca doank, hehe...Makasih kunjungan Meutia ke blog bunda.

      Delete
  3. Aku suka banget soto ceker bun, dulu pas masih kerja selalu beli di deket kantor ada yg wuenaak banget. Pas udh ngga kerja ya bikin sendiri, tapi masih idealis nih ngga mau pake bumbu instant tapi minta tolong suami buat ulekin bumbunya, hehe. Cuma masak sotonya jarang-jarang karena sebenernya masak soto itu agak ribet,banyak bahan yg harus disiapin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooo...kantornya di mana? Bunda deh yang buka warung soto ceker deket kantor rlatna dewi, wakakaka...#ngayalbolehdonk. Makasih ya kunjungan ratna ke blog bunda.

      Delete
  4. Pas banget disantap pas hujan-hujan. Bikin badan jadi anget apalagi makannya dikasih sambal. Wuih, pasti keringetan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ety, anak bunda tuh dulu kalo makan soto ceker ini, ya ampuun sambelnya sampe gimanaa gitu. Bisa-bisa soto cekernya dapet julukan Soto Ceker Gila, haha... Makasih kunjungan Ety ke blog bunda.

      Delete
  5. Replies
    1. Jiah, iya biar cepet jadinya, tapinkan gak lupa tuh tiga unsur utama bikin soto: jahe, sereh, daun jeruk. Makasih kunjungan Jiah ke blog bunda.

      Delete
  6. wah..enak sekaliii...enak bunda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eee...emangnya udah praktek nih, dan nyobaan resep ala bunda ini. Btw makasih kunjungan Dwi Puspita ke blog bunda.

      Delete
  7. aaaah, sedap sekali bunda, maksih nih sharenya, bisa jadi ide memasak buat saya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, Kanianingsih, kalau resep ala bunda ini bisa kepake. Makasih juga untuk kunjungan Kanianingsih ke blog bunda.

      Delete
  8. Jadi lapeeer mbaak..
    Saya kalau masak juga suka pake bumbu instan, lebih mudah ya dan irit waktu hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. yasinta astuti, Wooow, kunjungan balik nih ya. Jadi berasa muda nih dipanggil "Mbak" sama yasinta. I am supposed to your grandma, my dear. Makasih ya kunjungan yasinta ke blog bunda.

      Delete
  9. praktis banget ya klo ada bumbu instan kyk gini, gak perlu ngulek ngulek lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali selvyj erline, tapi jangan lupa lho tambahan 3 unsur bumbu yang bunda sebutkan itu: jahe, sereh dan daun jeruk. Ketiganya untuk mencuatkan harum wangi sensasi soto. Try it. Makasih ya kunjungan selvy ke blog bunda.

      Delete
  10. pastinya enak nih soto ceker ala bunda yati

    ReplyDelete
  11. ngileeeer banget, lapar jadinya bunda.

    ReplyDelete
  12. Kalo pas lg males masak suka pake bumbu instant soto itu jg bun tp tetep rempah2nya itu ga boleh lupa ya :)

    ReplyDelete
  13. Disini hujan bunda...liat soto ceker buatan bunda langsung ngiler,dimakan anget2 pasti cocok sm suasana hujan gini.....hehhe

    ReplyDelete
  14. Wah enak banget Bunda, ngerebus ceker sampai empuk itu brp lama ya bunda?ohya, kenapa nggak sama daun salam juga?

    ReplyDelete
  15. Aahh..Bundaa itu bumbu instan kesukaanku juga kalo bikin soto, dll nya.
    Hmm...napa perut jadi dangdutan yaaa?

    *masih adakah sotonya bun? lapeer ehhh...

    ReplyDelete
  16. Mau sotonya tapi nggak mau cekernya. Takut lihat bentuknya. >.<

    ReplyDelete
  17. Ughh.. Bunda, bikin soto ceker yang maknyus nih.. Bikinnya mudah, bahan2nya gak mahal dan yang terpenting nikmat disantap.. Maksih sdh sharring resepnya ya Bunda..

    ReplyDelete
  18. aaah ngenceees beraaat nih bundaaa..aslii enaaak pasti deh.Segeeer..pas buat winter di sini :)

    ReplyDelete