Friday, February 26, 2016

Saung Ibu dengan Tomyam Kelapanya

Awal mula aku mengenal Tomyam Kelapa ini adalah ketika Warung Blogger mengadakan syukuran ulang tahunnya yang ke-4 di Saung Ibu pada tahun 2015. Beberapa hidangan disajikan tapi yang spesial adalah Tomyam Kelapa. Jenis makanan ini sebenarnya ber-bau-bau asing, gitu, ya. karena makanan ini memang asli dari Thailand. Tapi dengan adanya tambahan yang spesial yaitu dengan cara penyajian yang unik --  Bukan di dalam bowl atau mangkuk sebagaimana di negara asalnya, tapi di dalam buah kelapa segar, utuh, dengan kulit kelapa yang dibersihkan untuk dudukan kelapa di atas tatakan dan bagian atas dibuat sedemikian rupa sebagai tutupnya. Memang unik. Jadilah kemudian sajian ini disebut Tomyam Kelapa. 
 
Sumber gbr. Warung Blogger
Hidangan sup yang isinya terdiri dari beragam seafood, jamur juga bakso diramu dengan racikan rempah yang dicampur dengan air kelapa muda menjadikan Tomyam hidangan sup segar, sedap. Di Tangerang Selatan ini bisa dinikmati di Saung Ibu, Jalan Sulawesi Raya No. 19 RT-08/RW-011. Sebagai ancer-ancer posisinya dekat Area parkir lapangan Tennis, Villa Bintaro Indah, Jombang, Ciputat(Call: 0823 2223 1446/0857 7707 2226 for reservation)

Kali yang kedua aku mencicipi Tomyam Kelapa ini pada hari Jum'at, tanggal 19 Pebruari 2016 ketika ada undangan dari Kumpulan Emk2 Blogger untuk 15 orang blogger. Sedianya bisa dijadikan ajang kopdar, namun karena satu dan lain hal, kami tidak bisa datang serempak. Saat itu hanya kami berempat yang datang sekitar pukul 13.30 -- aku, Cucuthnya Echa, Kurnia Amelia Subarkah dan Maya Siswadi.

Foto: dokpri Echa
Setahuku adalah Mas Baha sebagai Pemilik Saung Ibu dengan menu spesialnya Tomyam Kelapa. Sayang sekali kami tidak bertemu dengan beliau, karena ternyata sedang mengurus usaha yang sama di wilayah lain. Salut. 

Beragam menu yang tersedia di Saung Ibu, namun yang spesial adalah Tomyam Kelapa. Selain itu ada Tomyam Campur, Tomyam Udang, Tomyam Cumi, Tomyam Ayam. Tomyam Jamur. 

Sekali Anda mencoba hidangan sup Tomyam Kelapa dengan rasa asam, asin, pedas, manis yang benar-benar pas, sehingga mampu menyebabkan Anda addicted ingin kembali lagi ke Saung Ibu untuk menikmati rasanya yang khas. Kami berempat tidak menyantap Tomyam Kelapa di Saung Ibu, tapi kami membawanya pulang, karena hidangan gratis Kwetio Kungpao siap dihidangkan untuk segera disantap di situ. Jadi gak mungkinlah perut kami masih kuat menampung Tomyam Kelapa yang porsinya besar, hehe...

Singkat cerita, seusai narsis-narsisan kami pun berpisah. Sayang sekali foto gak bisa di upload nih karena tabku lagi galau, wkwkwkw.... Btw, aku pulang diantar oleh Kurnia Amelia Subarkah selamat sampai di rumah anakku di Bintaro. She is so sweet, baik hati mau repot-repot nganterin aku pulang dengan selamat. Begitu juga dengan Tomyam Kelapa yang masih hangat dikemas dengan rapih, tanpa bocor sedikit pun. Asyiik! Saatnya menikmati tomyam kelapa di rumah. Aku makan berdua dengan si Mbak daaan...daging kelapanya pun tak ketinggalan aku lahap, aku korek dengan sendok. Hhhmmm, yuummmy..

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Saung Ibu dan menginginkan hidangan lain, juga tersedia -- seperti Kwetio dengan berbagai variant. Hidangan gratis tambahan Kwetiaw Kungpao. Rasanya? Amboooi...yummmy pake banget. Apalagi dengan kuahnya yang sangat lezat melekat memanjakan lidah kami. Yang ini juga patut dicoba karena rasanya istimewa, cuma penyajiannya yang berbeda -- di piring bentuk oval, hehe...bukan di kelapa. Sekali lagi nih tentang rasa kwetio kungpao ini. Bheuuh! Nikmatnya, kalau ada jempol tangan empat pasti diacungin semua tuh.Swear!

Ini dia menu lain yang bikin kemecer lidah, hehe...


Saung Ibu dengan Tomyam Kelapanya -- Sebuah tempat makan yang sederhana, membuat pengunjung merasa seperti di rumah sendiri dengan pengaturan meja dan kursi bambunya. 

Catatan: Bagi yang tinggal di wilayah sekitar Pamulang/Ciputat/Bintaro, gampang sekali untuk sampai di alamat yang aku sebutkan di atas.  Bisa juga lihat di Google Map, atau kalau gak sabar untuk sampai di rumah dan searching di Google Map, langsung aja naik angkot: Dari Ciputat di sebelah Mesjid dekat Fly Over  banyak sekali mobil angkot berwarna hijau jurusan Jombang, bilang sama supirnya turun di Villa Bintaro Indah -- turun depan gerbang -- sudah kelihatan tuh Saung Ibu seperti di gambarku di atas.

Nah, bagi yang bermobil atau motor dan belum penah ke wilayah ini, gampang juga. Yang penting tau kan Bintaro Mall Xchange? Nah, di situ tanya aja arah ke Prapatan Duren, dari Prapatan Duren tanya lagi mana arah ke Jombang, trus, trus, trus sampai melewati pasar, stasiun KA Sudimara -- kira-kira 10 menit perjalanan mobil/motor sampailah di pintu gerbang Villa Bintaro, pandangan lurus ke depan, maka akan anda jumpai Foto di atas yang menempel di dindingnya. Sampe deh, tinggal pesan Tomyam Kelapa atau yag lainnya. Oke, Yuk, diserbu tuh Saung Ibu ya??

Kan ada pepatah yang mengatakan: MALU BERTANYA SESAT DI JALAN, hehehe...

23 comments:

  1. Bisa dipesan lewat gojek gak ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, kan di situ ada no hapenya. Mksh kunjungan Horas kr blog bunda.

      Delete
  2. Wah...ada tomyam kelapa.. rasanya gimana ya Bunda pastinya enak banget ya? Jadi laper nih..

    ReplyDelete
  3. Bundaaaaa...mau donk tomyum kelapanya. Belum pernah yang dikelapa eeuy. Bikin ngilerrrr

    ReplyDelete
  4. Hadeuh salah BW malam-malam, yang nongol makanan, jadi lapeeerr hehehe
    Sepertinya enak ya, seger2 gmn gtu ya bun?

    ReplyDelete
  5. di dalam kelapa, unik ya, sekarang orang berlomba untuk kreatif, tp kalau kuliner mah yg penting rasa

    ReplyDelete
  6. wahhh keliatannya seger banget ya bun? jadi pengen nyobain deh..

    ReplyDelete
  7. Ini sebenarnya kan cuma disuruh nyobain pesan by go food ajah bunda, bukan disuruh datang ke lokasi. Cuma kita-kita aja pada kecentilan pengen datang. Hahaha. Malah dapat bonus ya :)

    ReplyDelete
  8. Dua kali udh dpt info ttg tomyam kelapa. Tapi ulasan Bunda paling tokcer. Pengeeen nyoba!

    ReplyDelete
  9. Bun, hrganya berapaan? *buka dompet

    ReplyDelete
  10. Unik ya bun tempatnya, serba bambu, pantas aja dinamakan saung :)

    ReplyDelete
  11. Perlu dicoba yang kayak gini, unik banget :-D

    ReplyDelete
  12. haduh ngeces pengen Bun, sayang jauh sekali :D
    tapi unik ya hehhee

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah makan ituu bundaa

    pengeeenn


    semoga bunda sehat selalu yaaa


    love you bundaa

    ReplyDelete
  14. Bun, sebagai penyuka kuah tomyam, ini keliatan seger banget lho jadi kepengen, hihi

    ReplyDelete
  15. aku gak ada bayangan menuju kesana bun, padahal mupeng pingin nyobain tomyam kelapanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhooo..gampang, Lidya. kan ada tuh Bekasi-Ciputat kalo gak salah Patas 135 or 132 gitu deh. Sampe Lebak Bulus, ganti mobil kecil yang arah ke Ciputat (mobilnya putih, nomornya bunda lupa). Kslo udah nyampe Ciputat, telpon bunda deh nti kita bareng ke Saung Ibu. Kalo diatur mah, gampil atuh. Oke. Bunda siap barengan nyobain lagi Tomyam Kelapa. Makasih Lidya udah berkunjung.

      Delete
  16. gila kreatif banget. jadi pengen cobain

    ReplyDelete
  17. Iya, gila juga enaknya secara kelapanya juga bisa disantap setelah tomyamnya abis, eje... Sok, atuh dicobain. Mampir ke Saung Ibu.

    ReplyDelete
  18. Saya termasuk suka makan tomyam. Kalo di Jogja biasanya beli tomyam kepala ikan di Mas Agus atau di Bang Jo. Tapi, saya belum pernah nemu yang tomyam dengan kelapa begini. Hmm, saya membayangkan betapa nikmat dan segernya :)

    ReplyDelete
  19. pengen banget nyobain Bunda... di Serang blm ada :(

    ReplyDelete
  20. Saya penggemar Tomyam bun, jadi penasaran pegen nyicip Tomyam kelapanya, tapi jauh bangeeeet..
    Bunda aktif banget nulisnya, Sehat terus ya bun :) :*

    ReplyDelete
  21. Tomyamnya seger banget kelihatannya. Juga unik disajikan di batok kelapa. Tambah legit kayaknya. Kapan ya bis@ punya kesempatan icip2 kuliner unik ini....Anak saya suka banget tomyam. Haha alesan, padahal saya juga suka.

    ReplyDelete